Pilih Kategori Artikel

6 Pertimbangan Penting Sebelum Menentukan Tanggal Pernikahan yang Harus Kamu Ketahui!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Penentuan tanggal pernikahan menjadi hal paling penting sebelum diadakannya pesta. Kesepakatan dua belah pihak menjadi faktor utama dalam menentukan tanggal pernikahan. Kadang kala, para calon pengantin memilih hari pernikahan dengan menyamakan dengan tanggal istimewa agar senantiasa mudah diingat. 

Nah, selain mencari tanggal istimewa, ternyata ada faktor-faktor penting lainnya, lo, sebelum menentukan tanggal pernikahan! Beberapa faktor tersebut seharusnya menjadi pertimbangan sebelum tanggal pernikahan disepakati. 

Karna tanggal pernikahan bukan hanya tentang kedua mempelai. Lebih jauh dari itu, melibatkan banyak orang yang akan hadir, serta momentum yang mendukung agar pernikahan yang dilangsungkan berjalan dengan khidmat dan sakral, namun tetap menjadi momen yang membahagiakan bagi semua pihak.

  1. Hari libur 

wm_article_img
Foto: pexels/leeloo-thefirst

Hari libur menjadi patokan pada umumnya saat akan menggelar pesta pernikahan. Dengan diadakan pada hari libur, diharapkan akan banyak orang yang hadir, serta meramaikan momen bahagia tersebut. Hari libur juga akan memudahkan kedua mempelai apabila keduanya adalah seorang pekerja yang memiliki jam kerja yang cukup padat. 

Dengan memilih hari libur tidak akan merugikan apapun dan siapapun. Sehingga seluruhnya akan fokus pada hal hal bahagia saat itu. Namun, hari libur dapat menjadi opsi kesekian apabila kedua mempelai bersepakat untuk melaksanakan diluar itu. Hari libur memang menjadi salah satu faktor penentu, tetapi bukan yang utama ya.

  1. Ketersediaan Venue

wm_article_img
Foto: pexels/natasha-fernandez

Cara menentukan tanggal pernikahan selanjutnya, usahakan sesuai dengan ketersediaan venue yang diinginkan. Jika tidak, maka akan ada kemungkinan terjadi tabrakan jadwal dengan calon pengantin lainnya yang mengincar venue yang sama. Sehingga, kamu harus mengganti tanggal atau tempat pernikahan yang telah direncanakan. Namun, akan lebih indah jika keduanya selaras. So, save the date!

Oleh karena itu, venue dan tanggal merupakan hal yang perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. Terlebih lagi jika kamu dan pasangan menikah berdekatan dengan tanggal cantik. Jadi, sebisa mungkin sebelum menentukan tanggal, pastikan bahwa kalian akan mengadakan pesta pernikahan di tempat yang kalian inginkan dan sesuai dengan konsep pernikahan impian. Bicara tentang venue, jika kamu tertarik memilih Bandung sebagai venue pernikahanmu, bisa melihat referensinya disini

  1. Kondisi Cuaca   

wm_article_img
Foto: Its True Design Styling

Memilih tanggal dan bulan sebaiknya tidak pada musim hujan. Selain karena sulitnya menemukan venue yang diinginkan, akan ada banyak kemungkinan-kemungkinan yang belum tentu kita bisa atasi. Terutama untuk pernikahan outdoor. 

Kebanyakan orang akan menentukan tanggal pernikahan di musim panas. Ini tentu akan lebih baik bagi semua pihak. Mereka yang sudah berdandan rapi dan sempurna tidak perlu takut akan datangnya hujan, juga mempelai akan jauh lebih rileks, karena tidak was-was terhadap kemungkinan yang diluar dari kendalinya. 

Kondisi hujan seringkali menghambat kelancaran acara untuk kalian yang memilih tema outdoor. Dengan tema outdoor kondisi hujan sama sekali tidak bisa ditolerir. Sementara itu, untuk pernikahan indoor, hujan akan mempengaruhi keinginan datangnya para tamu, meskipun di satu sisi  acara bisa terus berlangsung. Jadi, memastikan tanggal yang kalian pilih diluar musim hujan menjadi sangat penting untuk mendukung momen bahagia kalian ini, ya!

  1. Jarak dari tanggal penentuan

wm_article_img
Foto: Al's Catering

Memastikan bahwa calon pengantin memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan pernikahan sebaik mungkin, jangan sampai menentukan tanggal dengan terburu-buru. Jarak yang terlalu singkat akan menimbulkan ketidakmatangan konsep, sehingga pelaksanaannya pun akan menjadi tidak sempurna. 

Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan adalah antisipasi terbaik. Minimal jika kalian memang cukup terburu-terburu, maka berikan jarak 4-6 bulan. Hal ini dihitung untuk mempersiapkan gaun, venue, catering, jumlah tamu undangan, dan hal-hal detail lainnya. Terlebih lagi jika kamu dan pasangan telah melangsungkan lamaran. 

Usahakan untuk memberikan jeda terlebih dahulu sebelum melangsungkan pernikahan. Simak infonya lebih lanjut disini. Persiapan yang terlalu singkat bukan berarti tidak mungkin, tapi ini perlu diperhatikan agar pernikahan yang kalian impikan berjalan dengan sempurna.

  1. Hindari tanggal tua

wm_article_img
Foto: Askar Photography

Nah, tanggal tua cukup perlu menjadi perhatian ya! Selain memudahkan calon pengantin, tanggal tua juga sangat membantu tamu undangan. Tamu undangan tidak akan merasa keberatan dalam menghadiri acara bahagia tersebut. Dengan begitu, besar kemungkinan pesta pernikahan kita akan lebih banyak dihadiri orang-orang tercinta seperti yang diharapkan. Jadi, menghindari tanggal tua hal yang perlu diperhatikan ya agar nantinya semua orang dapat menikmati hari bahagia tersebut tanpa beban.

  1. Hindari hari  hari sibuk calon mempelai

wm_article_img
Foto: Numoto Thp

Menghindari bulan atau hari sibuk perlu digaris bawahi dan menjadi patokan yang penting pula. Jika hari bahagia dilaksanakan pada rutinitas yang sibuk, biasanya kedua mempelai tidak bisa menikmati acara secara totalitas. Akan ada banyak sekali hal hal yang mengganggu konsentrasi pada hari tersebut. Hal ini merupakan salah satu penyebab pasangan merasa stres menjelang pernikahan

Nah, itu tadi 6 referensi yang bisa kamu gunakan bersama pasangan untuk menentukan tanggal pernikahan. Tidak perlu memaksakan diri untuk mendapatkan tanggal yang cantik, karena sejatinya pernikahan yang harmonis tidak ditentukan dari pemilihan waktu semata. Selamat mencoba!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...