Pilih Kategori Artikel

Perhatikan 7 Hal ini Agar Tidak Tertipu dengan Wedding Organizer!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Bagi semua pasangan, pernikahan merupakan salah satu acara paling membahagiakan di hidupnya. Momen-momen indah pernikahan akan selalu dikenang dan diceritakan pada banyak orang. Oleh karena itu, setiap pasangan menginginkan pernikahan mereka berlangsung sesuai dengan impian.

Banyaknya konsep pernikahan terkadang membuat sebagian pasangan bingung. Belum lagi terbentur dengan konsep keluarga atau bahkan tema pernikahan impian keduanya. Tentu tidak mudah mengalah dan mengikuti kemauan pasangan tanpa alasan jelas dan harus mengubah konsep impiannya sendiri.

Selain terbentur dengan masalah konsep, banyak pasangan juga bingung bagaimana mempersiapkan pernikahan sendiri tanpa bantuan orang lain. Pernikahan membutuhkan banyak perlengkapan dan detail yang tidak boleh terlewatkan. Bagi pasangan yang memiliki karir masing-masing, pasti merasa kesulitan ketika harus mempersiapkan pernikahannya sendiri.

wm_article_img
Foto via Clara Wedding

Melihat berbagai masalah tersebut, hadirlah wedding organizer yang menjadi jawaban. Buat kamu dan pasangan yang masih bingung menentukan konsep, detail pernikahan, hingga mengatur waktu antara pekerjaan dan persiapan, bisa menggunakan wedding organizer. Orang-orang didalamnya akan menjadi sahabat terbaik yang bisa membantu mempersiapkan pernikahan. 

Kamu tidak perlu khawatir, karena mereka merupakan orang pilihan dan profesional dalam mempersiapkan pernikahan. Pernikahan akan berjalan dengan sempurna, sesuai dengan konsep impian. Namun, karena semakin banyaknya pasangan yang mulai mempercayakan pernikahannya kepada wedding organizer, terdapat beberapa oknum nakal memanfaatkan momen tersebut.

Mungkin kamu sudah sering melihat curhatan orang-orang yang tertipu oleh wedding organizer pilihan mereka. Hal tersebut akan menjadi momok menakutkan bagi pasangan yang benar-benar membutuhkan jasa wedding organizer untuk menyempurnakan acara pernikahannya.

Untuk itu, WeddingMarket akan memberikan tips agar kamu tidak salah pilih wedding organizer atau biasa disebut dengan WO. Yuk, disimak bagaimana cara mendapatkan WO yang tepat!

1. Perbanyak rekomendasi

wm_article_img
Foto via Clara Wedding

Ada banyak sekali WO yang bisa kamu pilih untuk membantu persiapan pernikahan. Tentunya, ada banyak pula yang siap membantu dan terpercaya. Namun, terkadang WO berkualitas bisa tertutupi dengan permainan kotor oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Maka, kamu harus memiliki banyak rekomendasi nama-nama WO yang nantinya bisa disaring berdasarkan rekam jejak, portofolio karya, dan ulasan pengguna. Cara paling mudah untuk mendapatkan daftar WO terpercaya adalah dengan bertanya pada orang-orang terdekat.

Kamu bisa bertanya pada keluarga atau sahabat yang pernah menggunakan jasa WO untuk pernikahan. Bertanya dengan orang terdekat akan memudahkan kamu, karena mendapatkan ulasan secara langsung dan melihat bagaimana pernikahan yang ditangani oleh WO tersebut.

Biasanya WO akan bekerja sama dengan berbagai vendor. Kamu bisa melakukan penelusuran ke vendor-vendor yang bergabung dengan mereka. Apakah vendornya sudah dipercaya oleh banyak orang atau hanya profil tipuan. Karena perkembangan teknologi sekarang ini, kamu bisa dengan mudah mencari tahu informasi apapun yang dibutuhkan.

Manfaatkan media sosial untuk melihat bagaimana rekam jejak WO yang ingin diajak bekerja sama dan vendor-vendor mereka. Sebagai contoh, kamu bisa mengunjungi website WeddingMarket untuk melihat vendor-vendor ternama yang siap membantu kamu wujudkan pernikahan impian.

Selain menyelam di media sosial resminya, kamu bisa menambah rekomendasi WO melalui pameran pernikahan. Kunjungi laman wedding exhibition untuk melihat WO-WO dan vendor terpercaya hanya di satu tempat. Kamu juga bisa mencoba jasa-jasa yang mereka tawarkan, seperti makeup, makanan, kue pernikahan, dan sebagainya. 

2. Melihat ulasan pengguna

wm_article_img
Foto via Bunga Wedding Planner & Organizer

Secara spesifik, untuk mengetahui bagaimana kredibilitas WO, kamu bisa melihat ulasan pengguna jasa mereka sebelumnya. Bisa melalui media sosial atau kanal resmi mereka. Jangan sampai melewatkan komentar-komentar negatif yang diberikan pengguna jasa pada WO tersebut.

Jika terlalu banyak komentar negatif yang memenuhi akun media sosial WO incaran kamu, berarti pekerjaan mereka belum cukup membuat para penggunanya terkesan. Namun, kamu juga perlu melihat lebih jauh apa yang menjadi alasan dari ketidakpuasan tersebut.

Bisa jadi, pengguna jasalah yang bermasalah bukan mereka. Sebaliknya, jika kamu hanya melihat komentar positif di akun mereka, jangan langsung percaya 100 persen. Bisa jadi, komentar-komentar positif tersebut dari akun anggota mereka sendiri atau orang-orang suruhan untuk menipu calon pelanggan.

Melihat ulasan pengguna jasa sebelumnya memang salah satu cara paling ampuh untuk memastikan apakah kamu sudah berada di WO yang tepat!

3. Susun konsep utama pernikahan dan budget

wm_article_img
Foto via Star Angela Organizer

Sebelum bertemu dengan WO secara langsung, kamu dan pasangan harus memiliki konsep utama serta rancangan anggaran pernikahan. Karena para pemilik WO sudah mulai menyadari bagaimana pentingnya keberadaan mereka, tidak jarang harga yang ditawarkan cukup mahal dan melebihi ekspektasi.

Namun, biasanya WO akan menawarkan beberapa paket terbaik mereka yang bisa kamu pakai jika sesuai dengan wedding dreams. Ketika bertemu dengan WO nantinya, kamu dan pasangan sudah memiliki rancangan budget dan konsep awal yang diinginkan. Dengan begitu, diskusi akan berjalan dengan lancar dan kamu bisa dengan mudah menentukan WO mana yang sesuai dengan keinginan.

4. Bertatap muka langsung untuk memastikan

wm_article_img

Setelah memilih beberapa nama WO yang akan diajak kerja sama, kamu dan pasangan bisa langsung membuat janji untuk bertemu. Dengan bertemu langsung, kamu bisa lebih meyakinkan diri akan semua informasi yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

Jangan terlalu terburu-buru dan langsung memutuskan saat itu juga, simpan setiap jawaban yang mereka berikan untuk didiskusikan lebih lanjut bersama pasangan. Selama pertemuan ajukan pertanyaan-pertanyaan seputar jasa mereka. 

Berikut beberapa pertanyaan yang bisa banget kamu ajukan untuk pertemuan pertama bersama WO:

  • Apakah WO tersedia di tanggal pernikahan saya?

  • Berapa biaya menggunakan jasa WO dan bagaimana metode pembayarannya?

  • Apa spesialisasi WO, dari segi desain, dekorasi, dan koordinator acara?

  • Apa-apa saja vendor yang bekerjasama dengan WO?

  • Apakah WO pernah menangani pernikahan di tempat ini (tempat pernikahan yang diinginkan)?

  • Sebelumnya, apakah WO pernah menangani acara pernikahan dengan budget yang sama?

  • Jika terjadi masalah tidak terduga selama acara pernikahan, apakah rencana B yang akan dilakukan?

  • Bagaimana sistem komunikasi bersama klien selama mempersiapkan pernikahan?

  • Apakah ada referensi pernikahan yang pernah ditangani sesuai dengan budget?

  • Berapa banyak staf yang akan membantu selama persiapan hingga acara selesai?

Diluar pertanyaan tersebut, kamu bisa menanyakan apa saja sebelum memilih jasa WO terbaik untuk membantu acara pernikahan nantinya. Jadi, ketika selesai bertemu, kamu memiliki banyak pertimbangan dan tidak ada pertanyaan mengganjal.

5. Mencari WO yang komunikatif

wm_article_img
Foto via Bunga Wedding Planner & Organizer

Karena WO menjual jasa mereka, pelayanan merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan. Kamu bisa dengan mudah melihat bagaimana WO berpengalaman dengan tidak hanya lewat pelayanan mereka. Cari WO yang komunikatif dan bisa memberikan saran brilian untuk acara pernikahan kamu. Tidak hanya brilian tetapi juga out of the box!

WO yang komunikatif akan lebih mudah diajak untuk berdiskusi. Karena, menyusun konsep dan detail pernikahan memerlukan banyak saran serta waktu. Diskusi pasti akan berlangsung lama. Selain memberi saran, pastikan kamu bertemu dengan WO yang bisa menerima segala masukan dari kliennya.

6. Pertimbangkan keuntungan yang akan didapatkan

wm_article_img
Foto via Kiana WO

Menggunakan jasa WO akan memberikan berbagai keuntungan. Namun, setiap WO memiliki penawaran terbaiknya masing-masing. Pastikan kamu sudah bertanya tentang detail benefit yang akan kamu terima nantinya.

Sesuaikan benefit dengan jumlah budget pernikahan yang sudah ditentukan sebelumnya. Setelah mengetahui bagaimana keuntungan masing-masing WO yang sudah didatangi, kamu dan pasangan bisa lebih mudah untuk memilih.

7. Tingkatkan keamanan dengan surat perjanjian

wm_article_img
Foto via Clara Wedding

Jika sudah memutuskan WO yang akan diajak bekerja sama, tingkatkan keamanan dengan membuat surat perjanjian. Pastikan kamu dan pasangan membaca semua detail perjanjian. Tanyakan isi perjanjian yang mungkin kurang jelas atau tidak sesuai dengan keinginan kamu dan pasangan.

Jangan tanda tangan di atas perjanjian sebelum semua isinya dipahami. Kemudian, pastikan juga WO mampu menyanggupi permintaan kamu dan budget yang diberikan. Perjanjian juga dibuat untuk meminimalisasi kasus-kasus WO yang tidak bertanggungjawab atas tugasnya.

Sudah jelas sekali bagaimana cara memilih WO yang tepat dan terpercaya. Cus, kamu bisa langsung memilih nama-nama WO yang dapat dijadikan pertimbangan. Kalau kamu masih ragu dan belum memiliki pilihan, WeddingMarket merupakan salah satunya! Kami akan membantu kamu mewujudkan pernikahan impian sesuai dengan budget dan konsep yang diidam-idamkan.

So, tunggu apalagi? Bisa kunjungi WeddingMarket store untuk melihat vendor-vendor ternama yang akan bekerja sama untuk wujudkan impianmu!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...