Pilih Kategori Artikel

7 Jenis Bunga yang Sering Dirangkai untuk Buket Pengantin, Dijamin Mempercantik Pesta Pernikahanmu!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Meski bukan merupakan tradisi asli Indonesia, lempar buket pengantin di pesta pernikahan kini menjadi hal yang lumrah dilakukan. Tradisi ini sebenarnya dimulai di negara Eropa dan Amerika Utara. Saat itu, mengoyak gaun pengantin wanita oleh tamu undangan yang masih single menjadi hal yang umum dilakukan. Potongan gaun yang berhasil koyak akan disimpan oleh tamu undangan yang berhasil mendapatkannya, dengan tujuan agar kehidupan asmara mereka berjalan lancar dan segera menyusul pengantin wanita ke pelaminan. 

Namun seiring berjalannya waktu, tradisi ini perlahan ditinggalkan karena harga gaun pengantin wanita yang semakin mahal. Maka dari itu, terciptalah lempar buket bunga pengantin untuk menggantikan tradisi masa lampau yang kerap menimbulkan kerugian bagi pasangan pengantin. 

Nah, kalian penasaran nggak bunga apa saja yang bisa digunakan untuk merangkai satu buket pengantin? 

Jenis bunganya cukup beragam dan semuanya memiliki makna indah di baliknya. Namun sebelum memilih bunga yang akan kalian rangkai sebagai buket, ada beberapa tips yang ingin WeddingMarket bagikan, nih:

  • Pilihlah jenis bunga yang kamu sukai agar membuat hati bahagia dan suasana pesta pernikahan semakin hidup. 

  • Jangan memaksakan kehendak bila bunga yang kamu inginkan belum musimnya, karena ada jenis bunga yang mekar di bulan-bulan tertentu. 

  • Pilihlah bunga yang tidak mudah layu, karena resepsi pernikahan akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. 

  • Sesuaikan warna bunga dengan tema pernikahanmu agar tampak estetik dan cantik. 

Setelah tips di atas diterapkan, kamu bisa langsung memilih jenis bunga apa yang cocok untuk dijadikan buket pengantin. Nah, berikut adalah beberapa jenis bunga yang sering dirangkai menjadi buket bunga pengantin dan bisa kamu pertimbangkan:

1. Bunga mawar

wm_article_img
Foto: House of Bloom

Kehadiran bunga mawar tampaknya sudah tak asing lagi dalam pesta pernikahan. Hal ini karena bunga mawar memiliki beragam warna, mulai dari merah, putih, hingga merah muda, yang mudah dipadu-padankan dengan tema pernikahan apa pun. 

Bunga mawar merah merupakan lambang cinta dan gairah, sedangkan bunga mawar putih melambangkan kesucian. Inilah yang membuat bunga mawar tepat dijadikan sebagai buket pengantin, karena sebagai lambang pemersatu dua insan dalam ikatan suci pernikahan. 

2. Bunga hydrangea

wm_article_img
Foto: House of Bloom

Saat mekar, bunga hydrangea akan tampak besar dan bervolume, sehingga membuatnya semakin cantik dipandang. Karena terlihat bervolume, tak perlu banyak bunga hydrangea untuk membuat satu buket pengantin. Kalian cukup merangkai 1–2 tangkai bunga saja, dan bisa dikombinasikan dengan bunga kecil seperti daisy

Warna bunga hydrangea cukup banyak, mulai dari ungu, biru, hingga pink. Menggenggam rangkaian bunga hydrangea dengan erat saat berada di pelaminan membuatmu semakin tampak anggun dan berkelas, lho, Dears!

3. Bunga krisan 

wm_article_img
Foto via mashmoshem.co.id

Dalam budaya Tionghoa, bunga krisan memiliki arti pemersatu dua insan yang saling mencintai. Itulah sebabnya bunga ini sering digunakan dalam rangkaian buket bunga pengantin, baik di dalam negeri maupun luar negeri. 

Warna bunga krisan cukup beragam, mulai dari warna kuning sebagai warna paling familiar, hingga putih, ungu, jingga, dan merah muda. Kalian bisa menggunakan bunga krisan untuk dekorasi pesta pernikahan yang lebih berwarna dan menunjukkan kesan meriah. 

4. Bunga peony

wm_article_img
Foto: Plum and Peach Floral

Bunga peony melambangkan cinta dan kebahagiaan, sehingga umum digunakan dalam rangkaian buket pengantin yang cantik nan estetik. Bunga ini memiliki kelopak yang rimbun dan aroma yang harum. Nuansa romantis begitu lekat saat beberapa bunga terangkai menjadi satu kesatuan. Buket pengantin dengan bunga peony ini menegaskan bahwa sepasang jiwa telah terikat dalam momen yang indah dan sakral. 

Bunga ini akan memberi efek bervolume saat dilemparkan ke udara, yang membuat acara lempar bunga di resepsi pernikahanmu semakin bombastis. 

5. Bunga lili

wm_article_img
Foto: House of Bloom

Sama seperti bunga peony, bunga lili juga memiliki aroma harum semerbak yang membuat siapa pun merasa ‘tersihir’ saat berada di dekatnya. Bunga ini berasal dari negara-negara di Asia Barat serta Mediterania, dan keindahannya sudah terkenal sejak zaman dahulu kala. 

Meski harganya cukup mahal, bunga lili tetap menjadi pilihan bagi banyak calon pasangan pengantin, karena bentuknya yang cantik dengan kelopak tunggal. Calon pengantin wanita biasanya menggunakan lili putih dalam rangkaian buket pengantin yang akan diterbangkan ke udara untuk diraih oleh salah satu sahabat yang berstatus single. 

6. Bunga baby’s breath

wm_article_img
Foto: Rachel Aclingen via elegantweddinginvites.com

Baby’s breath terkenal akan ukuran bunganya yang kecil-kecil dan sering menjadi pelengkap bunga dengan ukuran yang lebih besar. Untuk konsep intimate wedding dengan kehadiran orang-orang terdekat saja, kamu bisa menggunakan rangkaian bunga yang berisi baby’s breath sepenuhnya sebagai buket pengantin. 

Bunga ini memang tampak kecil seperti butiran, tetapi memiliki makna yang cukup indah di baliknya. Baby’s breath melambangkan kemurnian dan kekuatan cinta abadi, yang cocok untuk disandingkan dengan pernikahan dua insan yang sedang jatuh cinta. 

7. Anyelir (Carnation)

wm_article_img
Foto: House of Bloom

Bunga anyelir tersaji dalam bentuk bergelombang bagaikan renda, yang menjadikan bunga ini sudah tampak elegan dan mewah tanpa tambahan hiasan yang berlebihan. Anyelir kerap menjadi primadona dalam dunia buket pengantin, sama seperti popularitas bunga mawar. 

Makna indah tersimpan di balik warna merah muda yang merekah dari setiap kelopaknya, yaitu cinta, ketertarikan, dan keistimewaan. Ini artinya, seseorang yang mempersembahkan bunga anyelir dalam pernikahanmu benar-benar menunjukkan cintanya untukmu, sekaligus menganggap bahwa kamu adalah orang yang paling istimewa dan tak bisa membuatnya berpaling. Sangat indah bukan, Dears?

Bagaimana? Sudah cukup rekomendasi bunga untuk buket pernikahan yang akan kalian rangkai? 

Kalian juga bisa berkonsultasi dengan vendor bunga pengantin terpercaya yang tersedia di WeddingMarket, lho, kalau masih bingung menentukan jenis bunga yang sesuai. Selain mempersiapkan buket pengantin, jangan lupa juga untuk memperhatikan setiap detail dari pesta pernikahan kalian, ya, mulai dari akad hingga resepsi, yang akan diselenggarakan. 

Hari bahagiamu mungkin sudah menghitung hari. Namun, jangan lengah dan tetap persiapkan segalanya dengan sebaik dan seindah mungkin, ya, Dears! Kunjungi WeddingMarket untuk rekomendasi kebutuhan pesta pernikahan, dan kami akan dengan senang hati membantumu.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...