Pilih Kategori Artikel

Simple, Soft dan Spesial, 7 Tipe Bunga Pengantin untuk Mempercantik Hari Pernikahanmu
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Momen pernikahan yang indah dan memorable menjadi impian bagi setiap calon pengantin. Untuk mewujudkan hal tersebut, tak ayal jika kedua calon mempelai mempersiapkan segala hal mulai dari yang terbesar sampai hal yang paling simple. Salah satu persiapan yang wajib dilakukan ketika akan menggelar resepsi yaitu dekorasi pernikahan. Persiapan untuk menetapkan jenis dekorasi pernikahan sendiri meliputi pemilihan tema dan vendor yang disesuaikan dengan pertimbangan budget. 

Salah satu atribut yang menjadi spotlight dalam dekorasi resepsi pernikahan adalah bunga tangan pengantin. Bunga tangan yang dibawa oleh pengantin wanita selama resepsi berlangsung, melengkapi keanggunan dari sepasang mempelai. Tak hanya berfungsi untuk mempercantik dekorasi dan penampilan, bunga tangan juga dapat menjadi properti untuk berfoto. Oleh karenanya, pemilihan jenis, warna, dan tipe bunga tangan yang tepat perlu dipersiapkan.

Kali ini, WeddingMarket telah merangkum beberapa jenis dan model bunga tangan yang akan memperindah resepsi pernikahanmu nantinya. Bagi kamu penyuka bunga dengan karakter yang soft dan lembut, ulasan tipe beserta jenis bunga berikut akan membantumu menentukan bunga pengantin yang tepat.

1. Nosegay

wm_article_img
Foto: Natural Cornhusk Flower

Tipe bunga tangan pengantin yang pertama adalah nosegay. Dilihat dari tampilannya, model bunga nosegay ini memancarkan aura kesederhanaan. Bentuknya yang mungil dan ringan juga membuat tipe nosegay juga paling populer dikenali. Tipe nosegay disusun dari kumpulan bunga yang tangkainya dipotong sama panjang, kemudian disatukan dengan ikatan pita. Beberapa dedaunan hijau juga ditambahkan di sekeliling bunga untuk menambah kesan segar. Lalu apa saja jenis bunga yang cocok untuk dirangkai dengan tipe nosegay?

  • Bunga mawar dengan warna pink pastel senada yang dipenuhi dengan dedaunan lonjong

wm_article_img
Foto: Cari Batcheler (pinterest)

  • Tak hanya bunga mawar, kemurnian karakter juga terpancar dari bunga tulip putih yang segar
wm_article_img
Foto: etsy.com

2. Biedermeier

wm_article_img
Foto: Fine Art Crafter for Weddings

Tipe bunga tangan pengantin yang kedua yaitu biedermeier. Sekilas, tipe biedermeier ini memang tampak serupa dengan model nosegay. Baik tipe nosegay maupun biedermeier, keduanya disatukan dengan simpul pita. Perbedaan keduanya terletak pada bentuk dan banyaknya bunga yang digunakan. Pada tipe biedermeier, bunga-bunga disusun secara rapat tanpa space hingga menciptakan rupa yang penuh dan bundar sempurna. Beberapa bunga berikut cocok untuk dirangkai dengan tipe bunga biedermeier.

  • Bunga mawar putih dari berbagai ukuran yang dipercantik dengan kuncup-kuncup hijau muda

wm_article_img
Foto: Clea (pinterest)

  • Perpaduan bunga dahlia, daisy, dan hydrangea berwarna baby blue menciptakan keindahan yang alami 

wm_article_img
Foto: Bella Flora (pinterest)

3. Cascade

wm_article_img

Jika kamu tak asing dengan pasangan selebritis Korea, Hyun Bin dan Son Ye Jin, maka kamu tentu telah menyaksikan beberapa foto pernikahan keduanya yang digelar pada tahun 2022 ini. Tipe bunga cascade yang menghiasi tangan Son Ye Jin pada momen prewedding, menghasilkan konsep foto yang begitu natural. 

Seperti namanya, tipe cascade menyerupai bentuk air terjun sehingga rangkaian bunganya pun terjuntai ke bawah. Kamu yang telah memilih tema garden sebagai konsep pernikahan, tipe bunga tangan cascade sangat cocok untuk mempercantik penampilanmu. Tipe cascade umumnya disusun dari serangkaian dedaunan hijau dan bunga-bunga bermahkota lebar seperti jenis bunga berikut.

  • Bunga mawar dengan warna maroon, rosewood, peach, dan soft pink yang dipadukan dengan mawar putih menghasilkan kecantikan yang sempurna

wm_article_img
Foto: etsy.com (pinterest)

  • Warna putih dari bunga anggrek akan mengiringi kemurnian karakter dari sepasang pengantin

wm_article_img
Foto: hk-wedding.jp

4. Crescent

Seperti namanya, tipe bunga crescent ini memanfaatkan bentuk bulan sabit sebagai tatanan rangkaian bunga. Uniknya, tipe crescent dapat diaplikasikan dengan bentuk bulan sabit lengkungan sempurna ataupun lengkungan asimetris. Rangka dari tipe bunga satu ini dibuat dari tangkai tanaman yang hijau dan kuat. Setelah itu, berbagai macam bunga serta daun-daunan disusun melilit rangka yang telah dibentuk sebelumnya. Karakter tipe crescent yang elegan, dinamis, dan natural dapat diciptakan dengan beberapa jenis bunga berikut.

  • Bunga amarilis yang dirangkai dengan tangkai hijau menjuntai, memberikan kesan segar bagi setiap mata yang memandang

wm_article_img
Foto: confetti.co.uk

  • Kombinasi dari bunga-bunga cantik seperti anthurium, gardenia, hydrangea, dan aster dengan berbagai warna pastel yang saling melengkapi

wm_article_img
Foto: weddingnews.jp

5. Pomander

Tipe bunga tangan yang kelima yaitu pomander. Tipe satu ini memiliki bentuk yang mungil. Bunga-bunga disusun secara rapat hingga membentuk bulatan sempurna. Sebuah simpul pita atau untaian manik-manik disematkan di bagian atas untuk mengaitkannya pada pergelangan tangan. Karena bentuknya yang minimalis dan mudah dibawa, bunga tangan pomander juga bisa dikenakan oleh bridesmaid dan pengiring pengantin anak-anak. Berikut adalah rekomendasi bunga yang sesuai untuk disusun dengan tipe bunga tangan pomander.

  • Keistimewaan bunga mawar putih memang tak diragukan lagi, bahkan ketika disatukan dengan tipe bunga pomander

wm_article_img
Foto: apracticalwedding.com

  • Bak renda, bunga baby’s breath atau dandelion dalam susunan pomander, memberikan kesan kecantikan yang minimalis

wm_article_img
Foto: weddingchicks.com

6. Composite

Tipe bunga tangan selanjutnya adalah composite. Tidak seperti tipe-tipe bunga lain yang terdiri dari rangkaian bunga utuh atau kombinasi dari beberapa jenis bunga, tipe composite menonjolkan keunikannya pada keistimewaan mahkota bunga. Ya, mahkota bunga atau petal yang berjumlah ratusan disusun rapi sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk asli bunga dalam ukuran besar. Ciri khas inilah yang membuat tipe bunga composite hanya menggunakan mahkota bunga dengan warna senada. Biasanya, tipe bunga tangan composite disusun dari mahkota bunga mawar atau  camelia karena bentuknya yang lebar. 

  • Kecantikan putih alami tercipta dari kelopak bunga mawar

wm_article_img
Foto: stylemepretty.com

  • Kombinasi bunga mawar soft pink yang dibalut dengan mawar putih terlihat seperti rupa bunga alami  

wm_article_img
Foto: blog.theknot.com

7. Pageant Bouquet

wm_article_img
Foto: Amaryl Florist

Tipe bunga tangan terakhir yaitu pageant bouquet. Tipe bunga ini juga bisa disebut dengan arm sheaf bouquet. Pageant bouquet dibawa dan diletakkan pada salah satu sisi lengan layaknya menggendong bayi. Susunannya yang penuh dengan kumpulan bunga dengan tangkai panjang membuat pageant bouquet terlihat mewah dan elegan. Beberapa bunga yang dapat dijadikan rangkaian pageant bouquet biasanya berasal dari kelompok bunga bermahkota lebar dan bunga-bunga mungil yang rimbun.

  • Tampak menggantung saat dibawa, kombinasi bunga calla lily dan anggrek putih menciptakan keindahan yang alami dalam pageant bouquet 

wm_article_img
Foto: Signe Crawford Collier (pinterest)

  • Bunga geranium, gladiol, melati, yang lengkap dengan bunga-bunga kecil lain membawa kesan anggun nan manis

wm_article_img
Foto: tietheknotsantorini.com

Ketujuh tipe bunga tangan rangkuman WeddingMarket di atas dapat kamu jadikan acuan dalam menetapkan bunga pengantin yang tepat. Sesuaikan pilihanmu dengan pertimbangan budget, selera, dan konsep pernikahan yang telah kamu rancang. Jangan lupa juga untuk memadukan tipe bunga berdasarkan karakter diri agar auramu semakin terpancar di hari pernikahan nanti.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...