Pilih Kategori Artikel

8 Tipe Veil Pengantin Berdasarkan Ukuran. Pilih yang Sesuai dengan Gaun Pernikahan!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Keinginan untuk tampil cantik dan sempurna di hari pernikahan tentunya menjadi impian setiap calon pengantin. Tak cukup dengan gaun pernikahan saja, aksesori seperti wedding veil atau kerudung pengantin pun sering kali ditambahkan untuk semakin mempercantik tampilan. Veil memberikan sentuhan magis pada tampilan pengantin, dan dapat memberikan gaya yang elegan dan romantis.

Veil adalah kerudung yang terbuat dari bahan ringan seperti organza atau tulle, sehingga memberikan efek yang lembut dan mengambang saat pengantin berjalan. Penggunaan veil pengantin memiliki akar yang dalam dalam tradisi pernikahan di berbagai budaya di seluruh dunia. Selama berabad-abad, kerudung pengantin telah menjadi simbol penting yang melambangkan keanggunan, kesucian, dan peralihan status dari seorang wanita menjadi seorang istri.

Tahukah kamu bahwa ternyata ada berbagai jenis veil pengantin? Ya, setidaknya ada 8 jenis wedding veil menurut ukurannya. Dari yang paling simple blusher veil hingga yang paling dramatis yakni royal veil. Ukuran material kerudung pengantin ini menjadi faktor penting dalam menentukan penampilan keseluruhan sang mempelai wanita.

1. Blusher Veil

wm_article_img
Gaun dan Veil: Hian Tjen 

Blusher veil merupakan jenis kerudung pengantin yang menutupi seluruh wajah, biasanya mencapai sekitar bagian bahu atau tengkuk. Blusher veil memberikan sentuhan misterius dan dramatis yang membuat momen yang sangat istimewa menjadi semakin memikat. Tipe kerudung pengantin yang satu ini dapat dijadikan alternatif untuk pernikahan yang digelar di pagi hari.

Biasanya jenis veil pengantin ini menggunakan bahan tulle yang ringan sebagai lapisan tambahan untuk menyembunyikan wajah pengantin. Jadi, penggunaannya bisa dipadukan dengan jenis veil lainnya sebagai kerudung yang utama. Tak jarang blusher veil juga digunakan sebagai tambahan layering di bagian belakang, sehingga memberi tampilan yang lebih elegan. 

2. Shoulder-Length Veil

wm_article_img
Foto: bridelily.com

Seperti namanya, shoulder-length veil, ukuran kerudung pengantin ini mencapai panjang sebahu, memberikan tampilan yang ringan dan elegan. Biasanya, tipe kerudung pengantin ini memiliki panjang tak lebih dari 50 cm. Jenis veil ini sering dipilih oleh pengantin yang menginginkan aksen yang lebih minimalis, namun tetap ingin menambahkan elemen tradisional pada penampilan mereka. Namun kini, banyak pula calon pengantin yang menggunakan jenis veil ini sebagai aksesori untuk foto prewedding

3. Elbow-Length Veil

wm_article_img
Foto: shaadidukaan.com

Elbow-length veil adalah veil yang mencapai siku. Veil ini memberikan tampilan yang lebih formal dan klasik. Banyak pengantin yang memilih jenis veil ini karena memberikan keindahan yang elegan tanpa menjadi terlalu berlebihan. Biasanya, panjang kerudung pengantin yang satu ini sekitar 60 cm atau sebatas siku pengantin. 

4. Fingertip-Length Veil

wm_article_img
Foto: belairebridal.com

Fingertip-length veil adalah salah satu pilihan yang paling populer di antara pengantin. Veil ini mencapai ujung jari tangan dan memberikan tampilan yang romantis. Panjangnya yang proporsional membuatnya mudah dikombinasikan dengan berbagai jenis gaun pernikahan. Jenis veil pengantin ini biasanya berukuran sekitar 100 cm.

5. Waltz-Length Veil

wm_article_img
Gaun dan Veil pengantin: Hian Tjen

Kemudian ada waltz-length veil mencapai antara lutut dan pergelangan kaki atau dengan panjang sekitar 150 cm. Panjangnya yang sedang memberikan sentuhan drama yang lembut saat pengantin berjalan di lorong menuju altar. Veil ini sempurna untuk pengantin yang menginginkan tampilan yang elegan dan sedikit berbeda.

6. Chapel-Length Veil

wm_article_img
Foto: thedressbride.com

Chapel-length veil adalah jenis veil yang mencapai sekitar 2,4 meter dari kepala pengantin. Panjangnya yang dramatis memberikan kesan yang mewah dan elegan. Veil ini sering digunakan dalam upacara pernikahan yang lebih formal dan besar. 

7. Cathedral-Length Veil

wm_article_img
Gaun dan Veil Pengantin by Monica Ivena

Ingin tampil memukau dengan tampilan yang spektakuler di hari pernikahanmu? Cathedral-length veil adalah jenis kerudung pengantin yang paling panjang, biasanya mencapai sekitar 3 meter atau lebih. Veil ini memberikan tampilan yang sangat megah dan spektakuler. Biasanya dipilih untuk veil pengantin Kristen, pernikahan formal di Gereja atau yang bertema kerajaan. 

8. Royal-Length Veil

wm_article_img
Gaun dan Veil Pengantin: Yefta Gunawan

Terakhir adalah kerudung pengantin untuk tampilan yang paling dramatis yang sering dipakai pada pernikahan kerajaan. Royal-length veil adalah kerudung pengantin yang mencapai panjang lantai atau lebih panjang dari itu. Ukuran kerudung pengantin yang satu ini bisa mencapai 4,5 meter dari kepala. Veil ini memberikan tampilan yang sangat dramatis dan spektakuler. Hanya pengantin yang berani mengambil risiko dan ingin memberikan kesan yang tak terlupakan yang memilih jenis veil ini.

Pemilihan jenis veil pernikahan yang tepat berdasarkan ukuran dapat memberikan kesan yang berbeda pada penampilan pengantin. Dengan mempertimbangkan ukuran tubuh, gaya pernikahan, dan tema acara, kamu dapat menemukan veil yang sempurna untuk melengkapi penampilanmu di hari yang istimewa. Diantara delapan jenis kerudung pengantin tersebut, mana yang jadi favoritmu? 

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...