Begini Cara Menentukan MUA Pengantin yang Tepat, Lihat juga Rekomendasinya, Yuk! - Wedding Market

Begini Cara Menentukan MUA Pengantin yang Tepat, Lihat juga Rekomendasinya, Yuk!

20 Mar 2021 | By Ravica WeddingMarket | Viewers: 818
Begini Cara Menentukan MUA Pengantin yang Tepat, Lihat juga Rekomendasinya, Yuk!
Foto: djedzura on iStock

Mencari MUA pengantin dianggap tidak mudah bagi sebagian calon pengantin. Meski ada banyak MUA yang menawarkan jasanya saat ini namun belum tentu semuanya cocok dengan keinginan kamu. Maka dari itu, tentunya kamu harus teliti dalam memilih agar menghasilkan riasan yang bagus di hari pernikahan nanti.

MUA merupakan singkatan dari Makeup Artist. Istilah ini sebetulnya untuk mereka yang memang hanya menangani para artis untuk menggunakan makeup.  Seiring berjalannya waktu MUA merambah dan banyak digunakan untuk merias wajah pengantin. Sebelum menjamur MUA, pengantin sudah lebih dulu menggunakan jasa perias khusus untuk pengantin.

Lalu, sebenarnya apa saja sih perbedaan antara MUA dan perias ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Perbedaan MUA dan Perias

Begini Cara Menentukan MUA Pengantin yang Tepat, Lihat juga Rekomendasinya, Yuk!
Foto: pvstory on iStock

Perias sebelum berani merias wajah, sudah bisa dipastikan akan mengenyam pendidikan sebagai seorang perias profesional. Di mana tahapannya sangatlah tidak mudah dan harus menjalani berbagai tes uji kompetensi, hingga akhirnya mereka pun memiliki sertifikat khusus perias yang tidak dikeluarkan begitu saja.

Belum lagi bila bicara tentang pakem yang harus diikuti ketika merias pengantin. Tidak hanya sekadar wajah, perias pengantin akan melayani seluruh kebutuhan rias pengantin termasuk rambut, pakaian, hingga paham bagaimana tata cara adat pengantin hingga manajemen wedding organizer. Kompleks, begitulah pekerjaan perias pengantin yang sesungguhnya.

Sementara MUA yang banyak ditemui saat ini, ada yang berawal dari "bisa" dandan untuk dirinya sendiri saja, hingga akhirnya memberanikan diri untuk merias wajah orang lain. Namun ada juga yang memang mengikuti pelatihan atau kursus secara khusus.

MUA juga biasanya terbatas hanya melayani rias wajah saja, beberapa di antaranya bisa melakukan hair do atau hijab do. Selebihnya pengantin ditangani oleh ahli lainnya. MUA yang tidak memperdalam ilmu layaknya perias, jelas tidak akan memahami, rias pengantin yang berdasarkan pakem, adat dan tradisi, terlebih lagi menguasai berbagai prosesi penting pada sebuah pernikahan.

Satu lagi yang menarik agar kamu tahu perbedaan lain antara perias pengantin dan MUA adalah, perias biasanya akan memiliki seperangkat peralatan yang berhubungan dengan dekorasi. Hal ini dikarenakan perias kerap menjadi wedding organizer yang memahami detail seluruh alur dan tata cara pernikahan. Sementara MUA hanya memiliki perangkat kerja yang tidak lebih dari peralatan makeup dan penunjangnya saja.

Nah dari penjelasan yang sudah disampaikan, kamu sudah bisa mendapatkan gambaran ya, bagaimana dan siapa itu perias dan MUA. Namun dibalik perbedaan tersebut, kemunculan MUA yang berasal dari berbagai kalangan (biasanya vlogger) ini akhirnya memang mencuri perhatian. Aktivitas mereka yang aktif di media sosial memang menjadi kunci utamanya.

Selain itu, karena zaman yang juga turut berubah, para calon pengantin yang berasal dari kalangan milenial, ingin mendapatkan pelayanan yang serba praktis dan cepat. Hal ini jelas sangat tepat bila dikaitkan dengan peran MUA. Hingga akhirnya MUA pun digunakan untuk merias pengantin. 

Terlepas dari apakah kamu akan menggunakan perias atau MUA akhirnya memang akan dikembalikan pada keputusanmu sendiri. Hanya saja, ada baiknya kamu tetap melakukan diskusi dengan pasangan maupun keluarga.

Kemudian jika kamu ingin menggunakan MUA pengantin saat menikah. Kira-kira siapakah yang akan kamu pilih? Ini pastinya wajib kamu pertimbangkan matang-matang sebelum akhirnya memilih yang terbaik. Dan berikut ini tip yang bisa kamu ikuti, bila kamu ingin menggunakan jasa MUA, simak, yuk!

Cara Memilih MUA pengantin

Begini Cara Menentukan MUA Pengantin yang Tepat, Lihat juga Rekomendasinya, Yuk!
Foto: victoriaandreas on iStock

  • Konsep

Konsep pernikahan harus kamu temukan paling awal ketika akan menyelenggarakan pernikahan. Karena dari sini, bisa diputuskan banyak hal, termasuk makanan juga riasan wajah, Untuk mendapatkan konsep yang paling tepat, memang harus dipikirkan banyak hal. Dan kamu wajib melibatkan orang tuamu di sini.

  • Rekomendasi

Berikutnya, MUA pengantin bisa kamu dapat dari hasil referensi atai rekomendasi teman, saudara atau kerabat lain yang pernah menggunakan jasanya. Meskipun kamu juga bisa dengan mudah mencari referensinya di dunia maya. Jika tidak menggunakan rekomendasi, kamu bisa memerhatikan testimoni dari pengguna sebelumnya.

  • Lokasi

Ada baiknya kamu tidak mencari MUA yang lokasinya jauh dari tempat kamu akan menikah. Tujuannya jelas untuk menghindari kemungkinan MUA datang terlambat karena, jauh atau macet. Belum lagi, bila MUA berasal dari kota lain, kamu juga harus mempertimbangkan biaya lainnya, seperti akomodasi atau transportasinya.

  • Konsultasi

Setelah mengerucutkan data MUA yang akan kamu gunakan, selanjutnya lakukan konsultasi. Di sini kamu dan sang MUA bisa mengetahui selera masing-masing, sehingga kemungkinan beda pendapat bisa dihindari. Kamu juga berhak menanyakan produk apa yang digunakan, sehingga kamu juga bisa memperkirakan, apakah produk tersebut cocok untukmu atau tidak.

  • Tes Makeup

Setelah kamu sepakat dengan MUA pilihanmu, selanjutnya kamu wajib meminta layanannya untuk melakukan test make up. Ini merupakan bagian yang sangat penting, hingga kamu bisa melihat bila terjadi kekurangan, dan apa yang tidak ingin kamu kenakan. Dan ini bisa jadi gambaran untukmu sendiri.

Jika kamu tidak cukup yakin, kamu bisa mengambil gambar dengan ponselmu, kemudian meminta teman atau saudara memberikan komentar atas hasil riasannya.

  • Budget

Ini dia tip penting yang tidak boleh kamu abaikan ketika memilih menggunakan jasa seorang MUA yaitu, budget. Untuk itu kamu harus dapatkan informasinya secara lengkap, detail dengan layanan apa saja yang akan didapatkan dari MUA nanti. Perihal mahal atau murahnya biaya untuk makeup ini memang akan bergantung pada budget yang kamu anggarkan. Kamu bisa berdiskusi lebih dahulu dengan pasangan dan keluarga.

Nah, itu dia beberapa tip yang wajib kamu pikirkan dengan baik ketika memilih seorang MUA. Berikutnya adalah beberapa rekomendasi MUA pengantin yang bisa kamu pilih salah satunya. Lihat, yuk!

Rekomendasi MUA yang Bisa Kamu Pilih

1. Novysari Lim

Begini Cara Menentukan MUA Pengantin yang Tepat, Lihat juga Rekomendasinya, Yuk!
Foto: novysarilimmakeup on Instagram

Rekomendasi yang pertama adalah Novysari Lim. Jasa MUA ini sangat cocok untuk dipilih oleh kamu yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya. Selain MUA, Novysari Lim juga seorang fashion designer, lho.

2. Munifah Makeup

Foto: munifahmakeup on Instagram

Jasa MUA Jakarta kedua yang selanjutnya bisa kamu pilih adalah Munifah Makeup. MUA yang satu ini beralamat di Jl. Bangka II, Jakarta Selatan. Tidak hanya rias pengantin, kamu juga bisa mendapatkan layanan lainnya di sini, seperti paket wedding dan lain sebagainya.

3. Sanggar Liza

Begini Cara Menentukan MUA Pengantin yang Tepat, Lihat juga Rekomendasinya, Yuk!
Foto: sanggar_liza on Instagram

Pilihan lainnya yang bisa kamu pilih adalah Sanggar Liza yang berlokasi di Jl. Asem Baris Raya. Kebon Baru, Jakarta. Di sini, Sanggar Liza menawarkan tata rias pengantin dengan berbagai konsep, baik yang moder atau kontemporer. Jasa MUA ini tetap memegang teguh ketentuan yang akan digunakan bagi setiap calon pengantin dari masing-masing adat. Hingga saat ini, Sanggar Liza juga telah berpengalaman melayani lebih dari 50 hingga 100 pasang pengantin setiap bulannya.

4. Nanathnadia

Foto: nanathnadia on Instagram  

Beranjak ke kota Bandung, di sini kamu bisa menemukan banyak sekali MUA pengantin dan salah satunya yang terkenal adalah Nanathnadia. 

Ada pun kisaran harga yang diberikan MUA ini cukup beragam. Bahkan ada sedikit perbedaan harga, bila make up dilakukan di studio miliknya atau di venue pilihan kamu. Kisarannya sendiri ada di Rp700.000 – Rp850.000. Layanan ini hanya untuk riasan, baik untuk acara siraman, tunangan, atau acara adat lainnya. Kemudian bila kamu menginginkan perias maupun asistennya untuk standby di lokasi dengan tambahan biaya yang berkisar di Rp300.000.

5. Winny Mutia

Begini Cara Menentukan MUA Pengantin yang Tepat, Lihat juga Rekomendasinya, Yuk!
Foto: winnymutiamakeup on Instagram

Nama berikutnya yang juga mulai diperhitungkan sebagai MUA asal Bandung adalah Winny Mutia. Berlokasi di Bandung Timur, perempuan muda ini kerap melayani rias pengantin setiap minggunya dan memiliki jadwal yang memang cukup padat. Maka dari itu, jika kamu ingin menggunakan jasanya, pastikan sudah menghubunginya dari jauh hari.

6. Ristika

Foto: byristika on Instagram 

Ristika adalah salah satu MUA pengantin Jawa, tepatnya di Yogyakarta. Kamu bisa melihat hasil riasannya atau berkonsultasi langsung berkunjung ke alamat di Jl. Wonosari km.7, Yogyakarta.

Jasa MUA yang satu ini juga menawarkan paket pernikahan dan kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp14 hingga Rp15 jutaan untuk akad atau resepsi. Dari harga tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan layanan makeup pengantin, satu pasang baju pengantin, hair do atau hijab do, makeup untuk dua ibu dari masing-masing pengantin, jarik, beskap, hingga tambahan bunga segar dan dia orang pendamping yang akan menemani pengantin hingga acara berakhir.

7. BennBagoes

Begini Cara Menentukan MUA Pengantin yang Tepat, Lihat juga Rekomendasinya, Yuk!
Foto: bennbagoes on Instagram

Bagi kamu yang berada di Surabaya dan sekitarnya, bisa menggunakan jasa MUA pengantin ini di hari istimewamu. BennBagoes sendiri merupakan nama dari griya busana, rias dan dekorasi, yang melayani permintaan untuk pernikahan, dan lainnya.

Periasnya sendiri yang juga pemilik dari Bennbagoes ini adalah Diyah Soetadji yang sudah puluhan tahun malang melintang di dunia rias pengantin dan dekorasi.

Ada dua paket yang ditawarkan MUA pengantin Surabaya ini, yaitu paket cantik dan paket jelita. Paketnya sendiri kurang lebih hampir sama, yaitu mulai dari rias pengantin dan busananya, dilengkapi dengan dekorasi, hingga MC, hiburan dan dokumentasi.

8. Cahya Dewi

Rekomendasi jasa MUA berikutnya cocok untuk kamu yang berlokasi di Denpasar, Bali. MUA tersebut tak lain adalah Cahya Dewi yang berlokasi Denpasar, Bali. Tidak hanya pengantin, kamu yang hendak melakukan pre-wedding pun bisa menggunakan jasanya.

9. Juneth

Foto: junethmakeup on Instagram

Selain wanita, tak sedikit tercatat jasa MUA juga hadir dari kalangan pria yang jago merias wajah pengantin. Salah satunya seperti jasa MUA yang bernama Juneth. MUA yang satu ini juga berlokasi di Bali, Denpasar.

10. Tegas Prasetya

Sementara bagi kamu yang berlokasi di Jawa Tengah, bisa juga menggunakan jasa MUA pengantin bernama Tegas Prasetyo. Pria ini bisa kamu temukan di alamat Jl. Ngleses, Ngleses, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Itu dia sepuluh rekomendasi MUA yang bisa kamu pertimbangkan. Masih banyak sekali pilihan MUA lainnya yang tersebar diseluruh kota dipenjuru Indonesia. Namun untuk mempermudah proses pencarian yang tepat, kamu bisa langsung mencarinya di media sosial seperti Instagram atau pun Facebook.

Selain dari media sosial, sebagai tambahan kamu juga bisa memilih mereka yang memiliki situs jasa MUA. Situs ini juga bisa menandakan bahwa mereka adalah jasa professional dan cocok untuk kamu pilih nantinya.

Dari masing-masing MUA pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Agar kamu tidak kecewa, kamu juga masih berhak menanyakan beberapa hal. Seperti misalnya, standar pelayanan, teknik makeup, dan hal penting lainnya. Pastikan untuk menyampaikan pertanyan dengan bahasa dan tutur kata yang baik agar tidak menyinggung.

Nah bagi kamu yang masih penasaran dengan daftar MUA, di sini kamu bisa juga melihat beberapa MUA yang kerap digunakan oleh para selebriti Tanah Air. Simak beberapa rekomendasinya di bawah ini. 

Daftar MUA yang Kerap Dipilih Selebriti Tanah Air

1. Bennu Sorumba

Begini Cara Menentukan MUA Pengantin yang Tepat, Lihat juga Rekomendasinya, Yuk!
Foto: bennusorumba on Instagram

Makeup artis papan atas yang banyak digunakan oleh selebriti baik untuk acara panggung maupun makeup pernikahan adalah Bennu Sorumba. Diketahui bahwa sekali rias wajah, Bennu memasang harga di Rp20 juta rupiah bahkan lebih.  

2. Ryan Ogilvy

Foto: ryanogilvy on Instagram

Nama lain yang juga terkenal sejak lama sebagai MUA adalah Ryan Ogilvy. Gaya andalan dari MUA yang satu ini adalah flawless dan natural. Meski begitu, ia juga tetap mampu memberikan riasan khusus untuk pengantin yang menggunakan paes dan yang lainnya. Ryan sendiri hingga saat ini masih berkolaborasi dengan brand makeup Maybelline. Maka tak heran bila ia juga diincar banyak selebriti di Tanah Air.  

3. Marlene Harima

Begini Cara Menentukan MUA Pengantin yang Tepat, Lihat juga Rekomendasinya, Yuk!
Foto: marlenehariman on Instagram

MUA yang juga difavoritkan oleh para artis dan selebriti Indonesia adalah Marlene Hariman. Tercatat banyak sudah yang menggunakan jasanya. Di antaranya seperti makeup pengantin Nikita Willy dan penyanyi Raissa. Paling terbaru, Marlene Hariman berkesempatan dipilih untuk menjadi MUA pada acara lamaran Aurel Hermansyah. 

Itu dia beberapa rekomendasi mengenai MUA pengantin. Kini saatnya kamu menentukan MUA mana yang akan kamu gunakan jasanya di acara spesialmu nanti. Sekali lagi, pastikan kamu mengajak serta pasangan dan keluarga untuk berdiskusi dan tentukan juga budget yang akan keluarkan agar tidak ada kesalahan pemilihan MUA


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket
Hubungi Kami!
Chat Us