Pilih Kategori Artikel

8 Aksesori Pengantin Hijab, Bikin Penampilan Makin Memesona!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Siapa yang tidak ingin tampil menawan di hari bahagianya? Bagi pengantin wanita, tampil cantik dan memesona pada hari pernikahan adalah sebuah keharusan. Bukan hanya pemilihan busana dan tata rias, penggunaan aksesori pun sangat penting untuk diperhatikan.

Aksesori meskipun berukuran kecil namun keberadaannya justru mampu menambah keselarasan pada penampilan mempelai wanita. Pilihan aksesori pun sudah sangat beragam, mulai dari aksesori rambut hingga aksesori hijab bagi mempelai wanita yang mengenakan kerudung.

Dengan banyaknya kreasi model hijab saat ini, penambahan beberapa aksesori akan membuat kamu semakin memesona dan tentunya menjadi bintang di hari bahagiamu. Maka dari itu, bagi kamu yang ingin mengenakan hijab saat pernikahan, ada baiknya mulai melihat beberapa referensi aksesori hijab yang bisa jadi inspirasi.

Berikut ini rekomendasi beberapa aksesori pengantin hijab, yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebagai pelengkap penampilan di pernikahanmu!

  1. Mahkota atau Tiara

Mahkota pengantin muslimah
Foto via Deliafara

Aksesori pertama adalah mahkota atau tiara. Aksesori kepala yang satu ini sering menjadi pilihan pengantin wanita untuk menghiasi rambutnya. Tentu saja, pengantin wanita yang mengenakan hijab juga bisa menggunakan mahkota atau tiara sebagai aksesori. 

Dengan mengenakan mahkota, akan memberikan kesan glamor pada pengantin wanita. Namun, sebelum memilih mahkota, kamu harus benar-benar tahu mahkota mana yang cocok dengan kepribadianmu. Maka dari itu tidak ada salahnya mencari beberapa referensi hijab serta jenis mahkota yang cocok dengan model hijabmu. 

  1. Veil

Veil pengantin muslimah
Foto via Faleri Photography

Aksesori berikutnya adalah veil pengantin. Mungkin beberapa dari kalian sudah tidak asing dengan kain bermaterial transparan ini, yang biasa digunakan untuk menutupi sebagian area kepala hingga bahu mempelai perempuan. Bahkan di beberapa budaya, kerudung transparan ini dianggap sebagai simbol kesucian dan kesopanan bagi pengantin wanita. Umumnya aksesori ini berbentuk seperti jaring-jaring kecil berbahan tulle atau brokat. Nah, buat calon pengantin muslim, penyematan veil sebagai aksesori pengantin hijab pelengkap tentu saja akan membuat tampilan semakin memesona. 

Veil ini bisa kamu gunakan untuk menutupi bagian belakang kepala yang tertutup kerudung yang sedikit menerawang, lalu dibiarkan menjuntai ke belakang agar terlihat cantik. Perpaduan antara veil dengan busana pengantin yang berwarna senada akan menjadi kombinasi yang sangat menawan dan cantik! Jadi, veil ini gak harus warna putih, kok.

  1. Headband dan Headpiece

headband untuk pengantin muslimah
Foto via Deliafara

Pilihan selanjutnya adalah headband dan headpiece. Ornamen aksesori ini bisa menjadi pelengkap yang sangat cantik untuk penampilan pengantin selama prosesi acara pernikahan. Apa bedanya headband dan headpiece?

Sederhananya, headband merupakan hiasan kepala yang hampir mirip dengan bandana. Biasanya aksesori ini digunakan di atas kepala untuk menambahkan kesan anggun yang penuh dengan estetika. Bentuknya pun bermacam-macam dan bisa kamu sesuaikan dengan selera serta model gaun yang kamu kenakan. Model yang cukup populer yang sering digunakan adalah bentuk rangkaian bunga dan menyerupai mahkota. 

headpiece untuk pengantin muslimah
Foto via faranaziir

Sementara itu, headpiece tampil sebagai ornamen hiasan kepala yang memiliki bentuk dan detail artistik. Pemilihan modelnya pun seringkali disesuaikan dengan konsep busana atau tema pernikahan pengantin. Beberapa jenis headpiece pun dibuat dengan material terbaik rangkaian mutiara dan kristal yang dapat memantulkan cahaya layaknya berlian. Aksesori kepala ini cocok bagi calon pengantin yang ingin menonjolkan hasil dari tata rias di area kepala mereka.

  1. Matha Patti

Pengantin India hijab
Foto via fauziahfatma.official

Bagi sebagian orang aksesori ini mungkin masih cukup asing. Jika melihat sejarah, aksesori pengantin yang satu ini merupakan sebuah aksesori penutup kepala tradisional yang biasanya dikenakan oleh pengantin wanita India pada hari pernikahan mereka. Meskipun berasal dari India, bukan berarti matha Patti tidak bisa digunakan untuk pengantin berhijab, lho. Matha Patti juga banyak dipilih sebagai aksesori bagi pengantin berhijab.

Meskipun bentuknya terbilang lebih rumit dengan tiga atau lebih untaian string, dan  terdapat pula sisipan ornamen dan sebuah liontin besar di bagian tengah, aksesoris yang diletakkan pada bagian kepala ini bisa mempercantik penampilan mempelai pengantin. Dengan keindahannya ini, maka tidak heran jika Matha Patti sering dikreasikan sebagai salah satu aksesori pengantin hijab yang paling dicari. 

Bentuknya boleh rumit, tapi cara penggunaannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyematkan aksesori kepala ini di perbatasan antara rambut dan kening. Dengan kilaunya, kamu akan terlihat semakin cantik dan memesona!

  1. Bros Mutiara

aksesoris pengantin
Foto via Tokopedia

Aksesori hijab yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi pengguna hijab. Bagi sebagian orang, aksesori ini menjadi salah satu elemen terpenting yang tidak boleh dilupakan. Selain karena dapat mempercantik tampilan kerudung, bros juga digunakan agar lipatan kerudung tidak mudah goyah. 

Biasanya pengguna hijab mengenakan bros yang simpel atau lucu untuk menghias hijabnya. Namun bagi pengantin yang ingin menggunakan bros untuk melengkapi busana pesta pernikahan, pemilihan brosnya tentu saja tidak boleh asal asalan. Pengantin harus memilih bros yang mempunyai tampilan elegan sebagai aksesori untuk melengkapi busana pesta pernikahan!

Salah satu pilihannya adalah bros mutiara. Dengan menggunakan bros ini dapat menonjolkan kesan mewah dan elegan pada penampilanmu di hari istimewa. Untuk lebih menawan dan jika memungkinkan, kamu bisa memilih bros mutiara yang dikombinasikan dengan permata, seperti permata Swarovski yang berkilau.

  1. Kalung Hijab

Kalung pengantin hijab
Foto via ebay

Kalung sebagai aksesori hijab? Apakah cocok? Tentu saja! Kalung sebagai aksesori hijab bukanlah hal mustahil bagi pengantin yang berencana mengenakan hijab saat mengikat janji suci. 

Sebagai aksesori andalan yang bisa digunakan di berbagai acara dan keperluan, kalung juga bisa kamu gunakan untuk mempercantik tampilan busana hijabmu. Terlebih lagi jika pakaian yang kamu gunakan tidak memiliki terlalu banyak detail di area dada, sehingga kalung bisa menjadi opsi sebagai tambahan aksesori pengantin hijab tanpa harus terlihat berlebihan.

Kamu juga perlu memperhatikan material dan model dari kalung yang akan kamu kenakan. Misalnya seperti kalung model choker dengan berbagai detail ornamen tambahan seperti berlian, mutiara, atau bahkan mata sapphire. Dengan pilihan kalung berornamen cantik ini, penampilanmu akan semakin anggun dan menawan layaknya seorang putri!

Tidak hanya sapphire, kamu juga bisa menggunakan detail utama jenis lainnya yang tidak kalah unik dan menarik. Misalnya kalung berbahan mutiara yang kilau mutiaranya akan membuat penampilanmu semakin mempesona di hari yang istimewa.

  1. Kain Brokat

aksesoris pengantin hijab
Foto via deliafara

Umumnya kain brokat digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian. Namun kain yang memiliki tekstur kasar ini juga bisa kamu gunakan sebagai aksesori hijab. Jika kamu ingin impresi yang berbeda pada hari pernikahanmu, cobalah untuk menyematkan kain brokat tepat di bawah hijab yang kamu kenakan. Pastinya kamu harus memilih desain kain brokat yang terlihat sederhana dan sesuaikan dengan warna dominan dari gaun pernikahanmu.

  1. Tulle

aksesoris pengantin hijab
Foto via gresiazumardam

Aksesori terakhir namun menjadi salah satu aksesori penting yang sering menjadi pilihan pengantin, tulle. Tulle atau netting, merupakan aksesori yang memiliki bentuk seperti jaring tipis. Seringkali orang-orang menyebut tulle dengan sebutan tilled yang dibuat membentuk kain. Aksesori ini dibuat dari berbagai bahan serat seperti sutra, nilon, bahkan juga dari serat rayon.

Beberapa model gaun pernikahan pun seringkali menggunakan hiasan berupa tulle untuk mempercantik tampilannya. Penggunaan bahan tulle dapat memberikan kesan yang mengembang pada gaun pengantin, sehingga akan terlihat begitu mewah dan juga anggun ketika dikenakan oleh mempelai wanita.

wm_article_img
Foto via deliafara

Untuk pengantin yang mengenakan hijab, penggunaan aksesori ini dapat diterapkan sebagai hiasan kepala atau headband. Saat ini sudah cukup banyak jenis tulle yang dikreasikan menjadi headband yang bisa kamu kenakan. Kamu juga tidak perlu khawatir tentang modelnya, mulai dari model sederhana hingga yang mewah berbentuk mahkota, semua bisa menjadi pilihanmu!

Itulah beberapa contoh aksesori pengantin hijab yang bisa kamu jadikan penyempurna penampilan di hari pernikahanmu nanti. Kamu juga bisa memadupadankan satu aksesori dengan yang lainnya untuk mendapatkan tampilan yang paling pas dan sempurna. Tentunya dengan mempertimbangkan pula keserasian aksesori tersebut dengan model gaun pengantin yang akan dikenakan. Semoga kamu menemukan paduan yang terbaik, ya dears!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...