Inspirasi Baju Nikah Adat Sunda Pria Paling Populer - Wedding Market

Inspirasi Baju Nikah Adat Sunda Pria Paling Populer

03 May 2022 | By Dea Vinta WeddingMarket | Viewers: 446
Inspirasi Busana Adat Pria Sunda Paling Populer
Busana Adat Sunda: Berkat Kebaya | Fotografi: Vanilla Latte Photo

Pernikahan adat Sunda saat ini menjadi salah satu yang paling populer, terutama jika dilihat dari busana yang dikenakan. Dahulu, orang melangsungkan sebuah prosesi adat suatu daerah berdasarkan darah kelahirannya. Namun saat ini kepopulerannya tak hanya terpaku berdasarkan tendensi dari adat itu sendiri, melainkan karena keindahan dari busana yang dikenakannya.

Tata busana pengantin adat Sunda dibedakan menjadi 3 jenis diantaranya: Tata busana pengantin Sunda putri, tata busana pengantin Sunda siger, dan tata busana pengantin Sunda sukapura. Jika dilihat dari namanya, yang paling menonjol dari tata busana adat pengantin adalah busana pengantin wanita. Namun jangan salah, tata busana pengantin pria Sunda juga tak kalah menarik dan memiliki keindahan tersendiri.

Bagaimana Busana Pengantin Sunda Berkembang di Indonesia?

Baju adat pengantin Jawa Barat, terkhusus pada pengantin Sunda, terinspirasi dari busana putri kerajaan Sunda pada zaman dahulu. Kekuatan penampilannya yang sangat menghipnotis ini ternyata merupakan salah satu hasil dari kebudayaan tertua di Indonesia, dilihat dari detail busana dan aksesoris yang terpasang. Saat ini, busana pernikahan adat Sunda sebenarnya telah melewati beberapa tahap modifikasi yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Meski begitu, setiap pemakaiannya tetap memperlihatkan ciri khas budaya Sunda.

Ada beberapa jenis busana pengantin adat Sunda yang populer di masyarakat, antara lain: Sunda Putri, Sunda Siger, dan Sunda Sukapura. Berdasarkan 3 jenis pakaian adat pengantin Sunda yang telah disebutkan, dahulu pakaian-pakaian tersebut disesuaikan dengan strata sosial, tanah kelahiran, maupun acara seperti apa yang akan dihadiri. Namun saat ini, pengaruh strata sosial sudah tidak diperlukan lagi, sehingga setiap orang bebas menggunakan jenis pakaian Sunda apapun di waktu yang tepat.

Busana Pengantin Pria Adat Sunda

1. Pengantin Sunda Putri

Pada saat prosesi seserahan, pengantin pria Sunda biasanya memakai busana bebas dengan celana panjang atau sarung. Namun jika acara tersebut dilaksanakan bersamaan dengan acara ngeuyeuk seureuh maka busana yang dikenakan berupa kain polekat, hem putih, jas buka, peci dan selop tutup. 

Berbeda halnya saat prosesi akad nikah. Pengantin pria mengenakan kain sidomukti dan lereng eneng atau lereng pamor, kemeja putih berlengan panjang, stagen, kewer dan katimang dari beludru, rompi, jas prangwedana dengan keris di pinggang bagian kiri depan, bendo, selop tutup, dan jas tutup panjang berkancing logam dengan bordiran di lengan bagian bawah.

Selain itu juga mengenakan perhiasan berupa bros yang dipasang di bendo, seutas tali bandang dengan bros sebagai pengait di dada, serta sebuah bros yang menyatu dengan tali bandang yang terletak didepan (diatas kalung bunga). Seperti gambar di bawah ini:

Busana Adat Sunda Putri | House of Sekar

2. Pengantin Sunda Siger

Pada saat prosesi seserahan, pengantin pria memakai jas pantalon. Namun apabila prosesi tersebut dilaksanakan bersamaan dengan acara ngeuyeuk seureuh maka pengantin pria memakai sarung polekat, kemeja, peci, jas, selop, dan dasi panjang. Ketika acara akad nikah, pengantin pria mengenakan kain sidomukti, lereng eneng lereng garutan (harus di wiru), jas tutup pendek atau panjang, stagen, kewer/boro, selop, dan keris. Untuk pakaian resepsi sendiri, pengantin pria tampil lebih simple dengan mengenakan kain seperti akad nikah, jas tutup panjang, jas tutup pendek, keris, dan selop. Seperti pada gambar di bawah ini:

Pernikahan adat sunda citra kirana dan rezky adityaBusana Pengantin Adat Sunda Siger ala Citra Kirana dan Rezky Aditya | Ancha Wedding 

Nampak perhiasan yang dikenakan juga lebih simple namun tetap elegan, yaitu dengan bros di depan, seutas tali bandang, serta additional saputangan.

3. Pengantin Sunda Sukapura

via instagram.com/davebadjoe

Dibandingkan dengan Sunda putri dan Sunda siger, busana pengantin pria Sunda sukapura nampak paling sederhana. Dibedakan dari segi kastanya, busana Santana mengenakan kain sunda (garut, tasik, ciamis), jas tutup panjang dengan pasmentapa bunga tabur di badan jas dan bendo, sedangkan untuk busana bangsawan mengenakan celana panjang, jas tutup, kain/dodotan, boro sarangka keris beserta kerisnya. Perhiasan yang dikenakan juga lebih sedikit, yaitu mengenakan kalung badang dengan bros sebagai pengait, bros emas atau bros bunga untuk baju sebelah kiri, dan bros untuk bendo.

Rekomendasi Busana Pengantin Pria Adat Sunda Paling Populer

  1. Pengantin adat Sunda yang nampak menawan dengan nuansa abu kecoklatan

    Pernikahan Adat Pria Sunda Raditya Dika dan Anissa Aziza

    Busana Pengantin Adat Sunda ala Raditya Dika & Anissa Aziza | via instagram/anissaaziza

  1. Pengantin adat sunda dengan nuansa putih yang melambangkan kesucian 

pernikahan adat sunda ali syakieb dan margin wieheerm

Busana Pengantin Adat Sunda ala Ali Syakieb dan Margin Wieheerm | Ancha Wedding


Baju pernikahan adat sunda lesty kejora dan rizky billar

Baju Nikah Adat Sunda ala Rizky Billar dan Lesty Kejora via Instagram/lestykejora


  1. Pengantin adat Sunda yang tampil bold dengan warna merah marun


Baju Nikah Adat Sunda ala Rizky Billar dan Lesty Kejora | Fotografi : Aldi Photography


  1. Pengantin adat Sunda yang nampak manis dengan warna pastel yang romantis

pernikahan adat sunda kesha ratuliuvia Baju Nikah Adat Sunda ala Kesha Ratuliu dan Pasangan | via instagram/kesharatuliu05


  1. Pengantin adat Sunda tampil segar dengan nuansa soft blue 

pernikahan adat sunda adly fairuz
Baju nikah adat Sunda Siger ala Adly Fairuz | Anis Safira Studio

6. Baju pengantin Adat Sunda berkesan Glamor dengan nuansa gold
Pernikahan adat sunda vidi aldiano dan sheila dara
Baju pengantin adat Sunda ala Vidi dan Sheila | Vera Kebaya
Demikian inspirasi busana adat pria Sunda yang memiliki arti dan keunikan tersendiri. Karena tingkat kepopulerannya yang cukup tinggi, semoga artikel ini dapat memberikanmu inspirasi untuk busana pernikahanmu nanti. Cari tahu juga tentang inspirasi pernikahan adat dan temukan vendor pernikahan terbaikmu di WeddingMarket!

Wujudkan Pernikahan Impianmu bersama WeddingMarket

Silahkan Klik Disini

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?