Pilih Kategori Artikel

Biaya Tunangan Cuma 3 Juta! Cek Tips Persiapannya Disini
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Berapa kira-kira anggaran yang harus disiapkan untuk biaya tunangan? Pertanyaan ini selalu muncul di benak setiap calon pengantin yang ingin melangsungkan tunangan. Tak dapat dipungkiri, setiap susunan acara menjelang pernikahan pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.


Mulai dari lamaran, tunangan, prewedding, akad nikah, hingga pada puncak acara yaitu resepsi pernikahan. Sebanyak apapun anggaran yang kamu miliki, wajib hukumnya untuk merencanakan dulu berapa persentase batas biaya yang akan dikeluarkan untuk setiap item yang diperlukan untuk tunangan. Hal ini berguna agar biaya tunangan yang dikeluarkan tidak melebihi dari batas budget yang kamu miliki.

Bagi kamu yang memiliki gaji pas-pasan, sangat sulit tentunya untuk membiayai tunangan yang dikhawatirkan tidak sesuai dengan anggaran. Tenang, kamu tetap bisa mengadakan tunangan dengan budget minim namun tetap berkesan. Kamu hanya perlu menyisihkan gaji bulanan untuk biaya tunangan hanya sebesar 3 juta!

Ada 3 item inti yang perlu dibiayai dalam sebuah pertunangan, yaitu biaya hantaran/seserahan, biaya cincin tunangan, dan biaya sumbangan kepada pihak keluarga wanita. Berikut akan kami jabarkan biaya standar yang perlu dikeluarkan pada acara tunangan. Biaya masing-masing item bisa juga dilebihkan atau dikurangi berdasarkan kebutuhan dan jumlah anggaran yang kamu miliki.

  1. Biaya Hantaran/Seserahan – 1 juta

Berdasarkan tradisi di Indonesia, pada umumnya keluarga pihak pria wajib membawa hantaran atau seserahan ketika mendatangi rumah mempelai wanita. Hantaran/seserahan ini merupakan barang yang nantinya akan diberikan kepada keluarga pihak wanita dan biasanya berjumlah ganjil. Untuk ukuran standar, keseluruhan paket hantaran atau seserahan memiliki jumlah nominal sekitar 1 juta.

Untuk list barang bawaan tunangan, ada banyak pilihan barang yang bisa kamu beli, misalnya seperangkat alat sholat, makanan, buah-buahan, alat make up, gamis, pakaian formal, dan masih banyak lagi. Biasanya barang hantaran disesuaikan dengan adat tradisi yang berlaku di daerah masing-masing dan umumnya mengandung makna tertentu yang sangat dalam.

Misal, jika kamu tinggal di daerah Jawa, bentuk seserahannya dapat berupa kebaya, batik, jenang, wajik, dan sepatu.  Kamu bisa menanyakan pasangan atau dari pihak keluarga wanita perihal barang apa yang diinginkan untuk dijadikan seserahan.  Namun, untuk menghemat biaya tunangan, kamu bisa terus terang kepada pihak keluarga wanita tentang berapa nominal anggaran yang kamu sanggupi, sehingga mereka bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Tidak perlu malu ataupun gengsi sehingga harus memaksakan diri membiayai sesuatu di luar batas kemampuanmu. Hal itu nantinya dikhawatirkan akan menimbulkan beban tersendiri dan bahkan mungkin pertengkaran ketika acara tunangan selesai. Tentunya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

  1. Biaya Cincin Tunangan – 500 ribu

wm_article_img
Foto: vncojewellery.com

Di dalam susunan acara pertunangan nanti, akan ada sesi dimana kamu dan pasangan saling menyematkan cincin tunangan. Sesi ini menyimbolkan bahwa kamu dan pasangan sudah terikat perjanjian dan komitmen untuk segera melangsungkan pernikahan. Kamu dapat menanyakan pasangan tentang kriteria cincin tunangan yang sesuai dengan selera dia atau bahkan mengajaknya langsung ke toko perhiasan terdekat.

Tidak perlu untuk memaksakan diri membeli cincin tunangan dengan warna atau model yang sama hanya agar dianggap serasi. Setiap wanita memiliki seleranya masing-masing, ada yang menyukai emas kuning, emas putih, palladium, atau titanium. Perlu diingat bahwa beberapa wanita mungkin alergi dengan jenis zat kimia tertentu yang dikandung pada logam cincin, sehingga kamu perlu memastikan hal tersebut tidak terjadi pada pasanganmu. 

Bagi kamu yang ingin menghemat biaya tunangan, kamu bisa memilih cincin tunangan dengan harga yang terjangkau. Biasanya cincin tunangan dengan jenis logam perak, emas putih, dan palladium memiliki harga sekitar 200 ribu - 300 ribu tergantung dengan model dan berapa karat yang dimiliki. Jika kamu membeli sepasang, maka mungkin biaya yang harus kamu keluarkan sekitar 500 ribu.

Biasanya ada beberapa toko mas yang menggratiskan biaya ukir nama pada permukaan bagian dalam cincin. Cincin dengan nama kamu pada umumnya dipakai oleh pasanganmu begitu juga sebaliknya. Sebelum membeli cincin tunangan, pastikan keadaan cincin tersebut terhindar dari cacat, goresan, bekas noda. Periksa pula apakah cincin tunangan yang kamu beli sudah memiliki sertifikat garansi keaslian sehingga kamu terbebas dari penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.  

  1. Biaya Sumbangan kepada Pihak Keluarga Wanita – 1 juta

Karena rumah kediaman mempelai wanita dijadikan lokasi acara pertunangan, maka keluarga wanita biasanya membutuhkan biaya dan tenaga yang cukup besar untuk menyiapkan banyak hal. Mulai dari dekorasi rumah, karpet, hidangan makanan untuk keluarga besar dan tamu undangan, dan masih banyak lagi. Biasanya, para pasangan yang akan melangsungkan pertunangan menggunakan jasa wedding organizer untuk mengurus segala hal mulai dari teknis hingga dekorasi.

Namun, hal ini memerlukan anggaran yang cukup besar karena mereka akan menyediakan banyak sekali item tunangan yang mungkin tidak terlalu kamu butuhkan. Untuk memangkas biaya tunangan, kamu bisa meminta bantuan kerabat dekat untuk mengurus segala susunan acara tunangan dan memastikan semuanya berjalan tanpa hambatan. Orang-orang terdekat pasti akan lebih peduli dengan momen bahagiamu daripada tim yang ada di wedding organizer sehingga mereka lebih tahu apa yang kamu butuhkan.

Untuk konsep acara tunangan, kamu bisa memilih indoor (di dalam ruangan) ataupun outdoor (di luar ruangan). Menggelar acara tunangan di luar ruangan mungkin membutuhkan biaya tunangan yang cukup besar karena harus menyediakan tenda dan set meja-kursi. Namun, jika kamu menggelar di dalam rumah, maka kamu cukup menyediakan karpet panjang untuk tamu undangan yang datang.

Untuk dekorasi, saat ini banyak sekali toko yang menjual dekorasi pertunangan secara online sehingga kamu bisa memilihnya sesuai dengan anggaran kamu. Namun, barang yang kamu beli secara online tersebut mungkin akan cukup lama tiba di rumah kamu. Solusinya, kamu bisa membuat dekorasi pertunangan dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar rumahmu, seperti pita, kain, kertas karton, tirai, dan masih banyak lagi. Membuat dekorasi dengan cara ini akan lebih cepat dan hemat biaya.

  1. Transportasi – 300 ribu

wm_article_img
Foto: 100layercake.com

Untuk menuju ke rumah kediaman mempelai wanita, pasti kamu akan membawa rombongan keluarga kamu. Biaya standar yang mungkin akan kamu keluarkan adalah sekitar 300 ribu untuk bensin mobil atau mungkin kurang dari itu jika jarak rumah kamu dengan pasangan cukup berdekatan. Kami sarankan kamu dan rombongan berangkat 3-5 jam sebelum acara tunangan untuk menghindari kemacetan dan segala hal yang terjadi luar ekspektasi kamu. Di sana kamu bisa melihat situasi dan mempersiapkan diri lebih matang saat acara tunangan nanti. Hindari datang terlalu mepet atau bahkan terlambat sehingga mungkin akan membuatmu bersikap gugup atau bahkan merusak mood kamu pada hari bahagia ini.

  1. Lain-lain – 200 ribu

Biasanya dalam mempersiapkan acara pertunangan ada biaya tambahan seperti sewa lokasi, busana tunangan, tata rias, dan fotografer. Dalam rangka menghemat biaya tunangan, kamu bisa menggelar acara tunangan di rumah mempelai wanita. Untuk busana tunangan, cukup hanya memakai kebaya dan batik yang ada di lemari pakaianmu atau meminjam dari kerabat/teman terdekatmu.

Kamu bahkan bisa sekalian minta bantuan mereka untuk merias wajahmu dan mendokumentasikan acara tunanganmu. Bukankah teman dekat selalu ada dalam suka maupun duka? Dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot mengeluarkan jutaan rupiah untuk membayar jasa fotografer, MUA, dan sewa gedung. Suasana acara tunangan akan berubah menjadi sangat intim karena privasi lebih terjaga dan lebih akrab.

Perlu kami ingatkan bahwa acara tunangan bukanlah sesuatu yang harus dilakukan secara mewah sehingga harus menghabiskan uang dalam jumlah banyak. Ada acara inti yang perlu kamu prioritaskan yaitu pernikahan. Di acara pernikahan nanti tentunya kamu akan dihadapkan pada banyak vendor yang memerlukan biaya yang lebih besar sehingga kamu perlu menghemat anggaran pada acara tunangan ini.

Dalam mempersiapkan acara tunangan, kamu perlu mengumpulkan kedua pihak keluarga untuk membahas segala sesuatunya. Bersikaplah terbuka, terus terang, dan tenang dalam mengambil keputusan saat terjadi perbedaan pendapat. Kamu bisa menjelaskan kepada mereka tentang sejauh apa kesanggupanmu dalam menanggung biaya tunangan dan pernikahan nanti.

Jika ada sesuatu yang mengganjal dan tidak pada tempatnya, sampaikan dengan bahasa yang baik dan sopan kepada pihak keluarga. Hindari untuk menyalahkan atau menggunjing orang lain karena itu akan menimbulkan pertengkaran sehingga dikhawatirkan akan menjadi penyebab acara tunanganmu batal. Ingat, pertunangan merupakan hasil persetujuan antara kedua belah pihak keluarga, sehingga apabila yang satu tidak setuju, maka pertunangan tidak dapat dilakukan.

Demikian persiapan anggaran untuk biaya tunangan 3 juta. Semoga informasi ini dapat membantu kamu mempersiapkan dan merencanakan anggaran untuk acara tunanganmu sesuai dengan budget yang kamu miliki. Ketahui juga apa perbedaan lamaran dan tunangan. Semoga acara pertunanganmu bersama pasangan berjalan lancar, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...