Pilih Kategori Artikel

List Barang Bawaan Tunangan dan Tips Mempersiapkan dalam Jangka Waktu Singkat
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Menjelang acara pertunangan, sudahkah kamu mempersiapkan barang bawaan tunangan untuk dijadikan oleh-oleh ke keluarga pasangan nanti? Selain mempersiapkan mental, oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga pasangan juga patut diperhitungkan dengan sebaik-baiknya.


Biasanya memang pihak laki-laki yang membawa barang bawaan untuk acara tunangan, tapi tidak menutup kemungkinan apabila pihak perempuan juga turut memberikan buah tangan kepada pihak lelaki.

Sebelum menentukan barang apa saja yang bisa dijadikan bawaan untuk acara pertunangan kamu nanti, ada beberapa langkah awal dalam mempersiapkan acara tunangan agar berjalan sukses. Tentunya, kamu tidak bisa asal datang tanpa mempersiapkan apapun, bukan?

Pertama-tama, adalah untuk membuat kesepakatan dengan pasangan mengenai tanggal dan waktu acara. Membicarakan tanggal dan waktu acara sangat penting, sehingga kamu dan pasangan sama-sama bisa mempersiapkan kedatangan dan penyambutan dengan lebih maksimal.

Diskusikan mengenai tanggal yang baik untuk kamu dan pasangan juga keluarga, sehingga mereka juga yang kamu harapkan untuk hadir bisa turut hadir karena Anda dan pasangan menetapkan tanggal yang sesuai untuk segala pihak.

Setelahnya, susun acara tunangan dengan teliti dan hati-hati. Pertimbangkan jam mulai dan sesi apa saja yang akan ada pada acara nanti. Jangan sampai, acara pertunangan kamu seakan tidak terjadwal dan memberi kesan seadanya. Selalu ketahui apa saja syarat-syarat tunangan yang perlu kamu lakukan.

Kedua, mengenai barang bawaan tunangan atau yang biasa disebut hantaran. Mengenai hantaran juga perlu diskusi tidak hanya dengan keluarga, tapi juga pasangan. Terlebih bila kamu berpikiran untuk memberi pakaian atau alat make up, tentu lebih baik apabila yang sesuai ukuran dan kesukaan pasangan. Jangan ragu untuk mencari tahu mengenai ukuran baju, merk, hingga kisaran harga make up yang biasa dipakai olehnya.

Ketiga sekaligus yang paling penting adalah memperkirakan biaya acara pertunangan! Well, tunangan adalah salah satu tahap yang memang perlu dilalui sebelum menikah. Walau termasuk dalam acara penting, kamu perlu mengingat bahwa masih ada kelanjutan acara berikutnya, yaitu pernikahan, yang bisa memakan biaya lebih besar lagi.

Nah, yang perlu kamu perhitungkan adalah biaya transportasi untuk keluarga, hal ini meliputi uang bensin, atau jika memerlukan sewa mobil, biaya membeli hantaran, biaya membeli cincin tunangan, dan juga biaya untuk menggelar acara tunangan itu sendiri seperti katering, dekorasi, make up, dan lain-lainnya. Untuk persoalan biaya tunangan, biasanya pihak laki-laki dan perempuan akan saling membantu untuk memenuhi kebutuhan yang ada.

Barang Bawaan Tunangan yang Perlu Kamu Bawa

wm_article_img
Foto: centuryparkweddingjakarta

Lalu, barang bawaan tunangan atau hantaran apa saja ya yang bisa dibawa oleh kamu sekeluarga besok?

1. Cincin atau Perhiasan Lain yang Dipakai sebagai Simbol Tunangan

Acara pertunangan bertujuan untuk  menyatakan keinginan menikah seorang laki-laki pada seorang perempuan, yang apabila keinginan itu bersambut, akan dilakukan pemasangan cincin di jari manis sang perempuan. Tentunya cincin menjadi barang wajib yang perlu dibawa saat mengadakan acara pertunangan.

Supaya cincin tunangan pilihan kamu tepat baik dalam segi ukuran, model sesuai dengan keinginan pasangan, dan waktu pengerjaan yang tepat waktu, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan sejak jauh-jauh hari. Dan pastikan bahwa kamu memilih vendor cincin tunangan yang terpercaya dan terbaik.

Mengenai harga cincin tunangan, tentu bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Namun, sekalipun itu hanya cincin tunangan, pastikan kamu memilih yang terbaik dari bahan logam, berlian, ataupun modelnya. Apabila kamu membutuhkan rekomendasi cincin tunangan terbaik, kamu  bisa membuka website V&Co Jewellery untuk melihat harga cincin tunangan dan model cincin tunangan terbaru. Di website V&Co Jewellery, Anda tidak hanya bisa menemukan cincin tunangan saja, tapi juga berupa perhiasan lainnya seperti kalung, liontin dan juga cincin kawin.

2. Seperangkat Pakaian

Dalam adat jawa, memberi hantaran berupa satu set pakaian dari atasan, bawahan, baju dalam, hingga sepatu memiliki maksud bahwa agar calon pengantin nantinya bisa saling menutupi kekurangan masing-masing. Menjadi sebuah solusi yang tepat bukan apabila kemudian mensontek hantaran adat jawa ini?

Biasanya, calon pengantin lelaki akan memberikan satu set kebaya yang terdiri dari kebaya, jarik, dan juga sepatu yang bisa digunakan saat akad nikah nantinya. Nah, agar model kebaya dan ukurannya pas, membeli barang bawaan tunangan yang satu ini sebaiknya dilakukan bersama.

3. Barang Bawaan Tunangan yang Paling Umum: Makanan

Tidak lengkap apabila bertandang ke rumah orang tanpa membawa makanan sebagai oleh-oleh. Begitu juga dengan datang ke kediaman pasangan tanpa membawa makanan apapun. Untuk itu, kamu juga bisa memasukan sebuah buket buah-buahan atau mungkin makanan khas daerah kamu . Supaya lebih menarik, pastikan hantaran makanan kamu  dibungkus dengan indah.

4. Membahagiakan Pasangan Kamu dengan Membawa Hantaran Berupa Kosmetik

Kamu pasti tahu bahwa tidak ada perempuan yang tidak menyukai berdandan. Tentu menjadikan make up sebagai salah satu barang bawaan tunangan kamu nanti akan menyenangkan pasangan Anda. Pilihlah bedak, lipstick, blush on, dan perintilan-perintilan lainnya yang kerap digunakan oleh kekasih kamu. Dari jauh-jauh hari, kamu memang perlu mencari tahu mengenai apa merk kosmetik yang biasa dia pakaian dan berapa harga make up tersebut. Daripada kamu asal membeli kosmetik yang kemudian ternyata tidak sesuai dengan apa yang biasa dipakai kekasih kamu, akan menjadi hal yang sia-sia bukan?

5. Kebutuhan Pokok sebagai Pelengkap Hantaran

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa hantaran bisa berupa apa saja, termasuk perlengkapan dapur seperti kopi, teh, gula, dan lain-lain. Memberikan sembako tidak hanya berguna dalam kehidupan sehari-hari, tapi juga bisa dipakai ketika menjelang hari pernikahan nanti.

Tidak sulit bukan menentukan barang bawaan untuk acara pertunangan kamu nanti? Walau begitu, sebisa mungkin untuk mempersiapkan segala sesuatunya sejak jauh-jauh hari agar semua berjalan sebagaimana kamu rencanakan. Ketahui juga perbedaan lamaran dan tunangan jelang hari pernikahan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...