Pilih Kategori Artikel

Apa itu Blangko Undangan Pernikahan? Berikut Fungsi hingga Contohnya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Untuk melangsungkan suatu acara pernikahan, tentunya tidak sedikit waktu yang dibutuhkan. Karena hal yang harus dipersiapkannya pun sangat banyak, mulai dari hal besar sampai ke printilan-printilan hal kecil lainnya harus dipersiapkan sebaik mungkin. Salah satu hal kecil yang harus sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari adalah blangko undangan pernikahan

Berbicara mengenai blangko undangan, ternyata tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa mereka tidak tahu mengenai apa itu blangko undangan. Padahal pastinya dalam kesehariannya pun mereka sudah pernah melihat bahkan memegang sendiri barang yang disebut dengan istilah blangko undangan tersebut. 

Apa itu Blangko Undangan Pernikahan?

wm_article_img
Foto: Freepik

Jadi mari kita ulas ringkas terlebih dahulu mengenai blangko undangan itu sendiri. Yang disebut dengan blangko undangan adalah kertas yang merupakan bahan baku utama untuk membuat undangan. Tetapi, kertas ini bukanlah kertas putih kosong seperti untuk kertas mencetak tugas pada umumnya ya.

Kertas yang disebut sebagai blangko undangan pernikahan ini biasanya adalah kertas yang sudah terdapat desainnya tersendiri di dalamnya, desain ini memang merupakan desain dari tim percetakannya pabrik yang mengelola blangko undangan tersebut. Jadi, untuk membuat kartu undangan yang lengkap, kamu hanya perlu menambahkan data-data seperti nama mempelai, waktu, lokasi, dan lain sebagainya di blangko undangan tersebut.

Tetapi, ada juga yang dengan sengaja membuat kartu undangan dari nol, tidak menggunakan blangko undangan yang ada. Nah, untuk kasus yang seperti ini, biasanya orang tersebut memang menginginkan desain kartu undangan yang tidak pasaran, atau biasanya karena memang orang tersebut handal dalam dunia desain sehingga ingin memberikan yang terbaik untuk kartu undangan pernikahannya tersebut. Jadi, sekarang kamu sudah paham kan?

Fungsi dari Blangko Undangan

Setiap benda atau barang yang diciptakan pastinya mempunyai fungsinya tersendiri bukan? Begitu pula dengan blangko undangan pernikahan. Keberadaan blangko undangan ini sangatlah membantu baik itu bagi tim percetakan, maupun bagi calon mempelai pengantin yang akan menikah.

Karena dengan adanya blangko undangan, proses pengerjaan kartu undangan akan berjalan dengan waktu yang lebih cepat, berbeda halnya apabila kamu menginginkan untuk membuat desain dari awal. Dengan menggunakan blangko undangan, kamu hanya perlu melakukan proses setting dan proses pencetakan kartu undangan.

Proses setting ini sendiri adalah proses untuk menempelkan layout teks di blangko undangan, prosesnya sendiri dilakukan dengan teknik komputerisasi. Setelah proses setting ini menemukan hasil yang sesuai, barulah berlanjut ke proses pencetakan kartu undangan. Proses ini bisa kamu lakukan dalam dua cara, yaitu cetak print atau offset sablon.

Tapi saat ini lebih banyak menggunakan proses cetak print, karena harganya yang relatif lebih murah dan juga pengerjaannya yang lebih praktis, mudah, dan cepat. Jadi, secara tidak langsung, dengan menggunakan blangko undangan pernikahan ini, akan lebih menghemat pembiayaan pernikahanmu dan pasangan. 

Selain lebih mudah dan lebih hemat, penggunaan blangko undangan juga bisa dibilang sangat efisien, karena saat ini sudah banyak tersebar blangko undangan dengan beragam desain yang unik. Sehingga kamu bisa mempunyai lebih banyak pilihan desain untuk kartu undangan pernikahanmu nanti. 

Contoh Desain Blangko Undangan yang Unik

Setelah berbicara banyak mengenai blangko undangan dan fungsinya, pastinya kamu juga mencari-cari desain blangko undangan yang unik yang bisa kamu pakai untuk pernikahanmu nanti. Tentunya semua orang memang menginginkan desain undangan yang anti mainstream bukan? Supaya tidak dicap terlalu pasaran, betul kan?

Jadi, sekarang disini akan kita ulas mengenai beberapa contoh undangan pernikahan yang terbilang unik dan tentunya tidak pasaran.

wm_article_img
Foto: ratuundangansouvenir

Yang pertama, ada blangko undangan pernikahan dengan desain tema adat. Dalam tema adat ini, biasanya akan ditampilkan busana adat dari masing-masing mempelai di bagian depan kartu undangan. Kemudian, bisa pula ditambahkan dengan ciri khas lainnya seperti rumah adatnya.

Desain blangko undangan seperti ini belum banyak digunakan oleh orang-orang lho, padahal konsepnya sangat unik dan juga menjunjung tinggi budaya Indonesia. Desain blangko undangan seperti ini juga sangat cocok untuk kamu gunakan pada pernikahan yang mengusung konsep tradisional, sehingga sensasi tradisionalnya bukan hanya dirasakan pada hari-H pernikahannya saja, melainkan sedari hal-hal kecil sebelum itu pun bisa dirasakan.

wm_article_img
Foto: Freepik

Ada juga desain blangko undangan yang pernah tren pada beberapa tahun belakangan yang kini mulai tren kembali. Yaitu kartu undangan dengan menggunakan foto pre wedding kamu dan pasangan. Apabila kamu ingin mengusung konsep seperti ini, maka kamu dan pasangan harus bersiap-siap melakukan sesi foto pre wedding jauh-jauh hari sebelum akan memulai untuk membuat kartu undangan pernikahan.

wm_article_img
Foto: customcandybarwrappe

Desain blangko undangan pernikahan lainnya yang terbilang unik adalah dengan menggunakan desain Shabi chic. Desain ini sangat cocok untuk digunakan oleh kamu dan pasangan yang akan mengusung konsep pernikahan outdoor dengan tema yang senada dalam desain undangannya. Akhir-akhir ini juga desain blangko undangan yang satu ini termasuk ke dalam desain yang paling banyak dicari.

wm_article_img
Foto: margoandbees

Beralih ke desain blangko undangan yang lainnya, yaitu kamu bisa menggunakan desain Luxury white. Desain ini memang terkesan simpel tetapi sangat elegan dan tampak mahal. Biasanya desain blangko undangan yang satu ini hanya memadukan nuansa putih dengan tinta emas, agar kesan mewahnya semakin terlihat. Desain yang satu ini sangat cocok nih untuk kamu yang mengusung konsep glamour.

wm_article_img
Foto: adorninvitations

Selain desain yang glamour, kamu juga bisa menggunakan desain blangko undangan pernikahan yang bernuansa vintage, sehingga akan timbul kesan, ‘’old but gold’’. Kamu bisa menggunakan material kertas yang cocok dengan nuansa vintage, kemudian berikan pengikat berupa tali rami atau vintage hemp, dengan begitu kesan vintage ini akan semakin muncul, dan pastinya kartu undangan pernikahanmu akan terlihat sangat unik.

Masih berbau tali, tetapi sekarang kamu bisa menggunakan tali pita yang banyak dijual di luaran sana. Untuk desain kartu undangan pernikahan, kamu bisa membuatnya dengan simpel tapi tetap elegan, yaitu dengan menggunakan amplop yang diikat dengan tali pita. Kemudian, pilihlah warna-warna yang juga sangat elegan, seperti perpaduan biru tua dan putih.

wm_article_img
Foto: amazon

Contoh desain blangko undangan lainnya yaitu bisa kamu sesuaikan dengan tema dan konsep pernikahan yang kamu usung, seperti apabila kamu mengadakan pernikahan di venue pantai, maka kamu bisa meminta untuk menggunakan blangko undangan dalam nuansa pantai atau laut. Begitu pula apabila kamu mengusung konsep garden party, maka kamu bisa meminta tim pencetakan untuk mencarikan blangko undangan dengan desain garden atau flowers.

Dengan begitu, kartu undangan yang disebar akan sangat cocok dengan tema pernikahan yang kamu usung. Bagaimana sangat menarik bukan? Dengan kemajuan teknologi digital ini, kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan desain blangko undangan pernikahan yang cocok dengan tema pernikahan yang kamu dan pasangan adakan. Termasuk mencari jasa undangan pernikahan yang menyediakan proses pembuatan undangan dari awal hingga akhir dengan baik.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...