Pilih Kategori Artikel

Pentingkah Bridal Shower Cowok? Ini Penjelasannya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Bridal shower merupakan salah satu perayaan yang ditujukan untuk seorang pengantin yang akan melangsungkan pernikahannya dalam waktu dekat. Sebagian besar acara ini dilakukan oleh para kaum wanita. Namun sebenarnya bridal shower cowok atau untuk para kaum pria juga bisa dilakukan.

Perayaan ini pada dasarnya memang cukup aneh jika dilakukan oleh para kaum adam. Beberapa minggu sebelum acara pernikahan biasanya cukup jarang dilakukan perayaan ini terutama di Indonesia. Di negara barat mungkin saja perayaan ini sering dilakukan dengan tujuan tertentu.

Secara umum bridal shower untuk para cowok atau para kaum pria ini sering disebut dengan bachelor party alias pesta bujang. Secara umum brader shower juga memiliki pengertian yang sama yaitu pesta lajang dengan tujuan untuk merayakan status baru dari calon pengantin. Bridal shower cowok juga pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama.

Wujudkan Pernikahan Impianmu bersama Para Vendor Terpercaya



Perbedaan Bridal Shower Cowok

Tapi apakah bridal shower cowok itu boleh? Jawabannya tentu saja boleh dan sah-sah saja untuk dilakukan. Namun jika ingin terkesan lebih maskulin lagi istilahnya yang digunakan bukan bridal shower namun bachelor party. Tujuan dan maksudnya secara umum tetap sama namun hanya perbedaan dari siapa yang melakukannya dan istilah yang digunakan.

Tujuan

wm_article_img
Foto: Pexels.com/Giorgio Paradisi

Tujuan dari bridal shower untuk calon mempelai pengantin pria ialah sebagai pesta lajang dan perayaan sebelum sang calon pengantin berganti status. Budaya ini sebenarnya berasal dari budaya Barat yang kemudian diadaptasi sedemikian rupa di negara-negara Asia termasuk Indonesia.

Bridal shower cowok ini dibuat untuk menghabiskan waktu bersama pengantin pria sebelum ia menjadi seorang suami. Berbagai persiapan akan digelar sedemikian rupa untuk membuat momen yan berkesan bagi para sahabat pria dan terutama calon pengantin pria itu sendiri.

Di sisi lain perayaan seperti ini juga sering membuat calon pengantin menjadi lebih rileks dan sedikit diberi hiburan dalam waktu persiapan pernikahannya, seperti game bridal shower. Terkadang calon pengantin merasa lebih tegang terutama pengantin cowok yang juga perlu membuat banyak persiapan. Dengan melangsungkan perayaan ini maka calon pengantinnya bisa sedikit lebih rileks dan tidak terlalu tegang.

Apa yang Perlu Disiapkan?

wm_article_img
Foto: askmen.com

Karena dari segi pengertian juga kurang lebih sama maka pesta lajang atau bridal shower untuk cowok ini juga perlu menyiapkan berapa kebutuhan layaknya bridal shower biasa. Tak hanya untuk mempelai wanita, tema bridal shower juga perlu disiapkan sesuai dengan perayaan yang akan diambil. Namun biasanya untuk pria konsepnya lebih sederhana bahkan cenderung lebih santai.

Bridal shower untuk calon pengantin wanita biasanya terbilang cukup eksklusif dan mahal bahkan hingga menyewa sebuah tempat khusus seperti restoran maupun hotel. Berbagai pernak-pernik seperti bunga, kosmetik, balon dan lain sebagainya akan disiapkan untuk perayaan ini.

Nah, untuk bridal shower cowok ini bisa kamu sederhanakan konsepnya misalnya hanya dengan memilih rumah dari salah satu sahabat atau rumah sang calon pengantin itu sendiri. Kamu perlu mempersiapkan makanan serta perlengkapan sesuai ide dan konsep yang ingin dilakukan. Yang tak kalah penting adalah pastikan sahabat dekat dari calon pengantin harus bisa hadir.

Jika ingin sedikitpun adaptasi dari kebiasaan kaum hawa pada perayaan bridal shower maka Pilihlah beberapa kosmetik untuk melukis diatas wajah sang calon pengantin. Namun jika memiliki konsep lain maka pastikan perlengkapannya disediakan agar konsep ini menjadi lebih seru saat dilakukan.

Contoh Ide

wm_article_img
Foto: Peera_Sathawirawong on iStock

Berbagai macam ide untuk melangsungkan bridal shower bagi kaum pria bisa kamu pilih sesuai dengan budget atau ketersediaan dari situasi dan kondisi. Jika mengusung budaya Barat, maka pesta lajang akan dilengkapi dengan acara minum minuman beralkohol atau sejenisnya. Namun hal ini ini bisa diganti karena sangat bertentangan dengan budaya Timur, termasuk Indonesia.

Acara minum-minuman bersama ini bisa diganti dengan konsep bridal shower seperti barbeque atau masak-masak bersama. Pada bagian ini ide dan kreatifitas dari setiap sahabat yang hadirkan diuji karena mereka dituntut harus memasak suatu makanan yang bisa dimakan oleh semua orang. Meskipun sedikit berlebihan namun kegiatan ini cukup seru untuk dihabiskan bersama para sahabat.

Ide lain untuk bridal shower cowok yang bisa dipilih ialah menghabiskan waktu di jalanan dengan menggunakan motor kesayangan dari semua sahabat. Bridal shower ini bisa dirayakan dengan touring salah satu tempat yang dianggap bersejarah atau ke tempat lain yang cukup menyenangkan.

Motor calon pengantin pria bisa dihias sedemikian rupa tanpa sepengetahuan dari pemiliknya. Hal ini cukup berkesan dan seru untuk dilakukan dalam rangka pesta lajang. Barulah setelah itu lakukan perjalanan yang cukup mengesankan ke sebuah tempat yang sudah direncanakan dengan sangat matang.

Meskipun perayaan ini bersifat sederhana dan tidak mewah sama sekali namun tetap saja perlu sebuah perencanaan yang cukup baik. Apalagi jika didalamnya terdapat rencana-rencana untuk mengerjai calon pengantin pria maka rencana ini harus disusun dengan sangat matang. Jangan sampai calon pengantinnya mengetahui rencana dari para sahabatnya.

Wanita Boleh Hadir?

wm_article_img
Foto: AzmanL on iStock

Agar lebih seru dan berbeda sebenarnya para wanita juga bisa hadir dalam acara ini. Kehadiran mereka juga cukup dibutuhkan dalam waktu tertentu terlebih jika sang pengantin pria ini memiliki teman atau sahabat wanita. Jika ingin mengikutsertakan mereka maka pastikan acaranya sudah disusun dengan matang dan cukup aman baik untuk kaum pria maupun wanita.

Namun jika hal ini dirasa cukup merepotkan dan sulit dilakukan sesuai konsep yang ada maka hal tersebut juga bisa tidak dilakukan. Hal yang paling penting pastikan semua sahabat dekat dari sang mempelai pria ini bisa hadir termasuk mereka yang jarang bertemu di hari-hari biasa.

Hal ini akan memberikan kesan tersendiri bagi sang calon pengantin pria dalam melepas masa lajangnya. Pastikan susun konsep sematang mungkin meskipun hanya sekedar makan-makan saja. Di dalamnya harus dilakukan sebuah acara khusus yang memberikan kesan tersendiri bagi calon pengantin.

Jangan Lupa Abadikan

wm_article_img
Foto: Morsa Images on iStock

Hal yang tak kalah pentingnya lagi ialah jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen di dalamnya. Pastikan kamera sudah tersedia untuk mengabadikan setiap hal dan ekspresi yang terjadi pada perayaan tersebut. Ambillah foto secara diam-diam dari calon mempelai maupun para sahabatnya yang hadir.

Foto yang diambil tidak harus selalu resmi atau menghadap kamera. Pengambilan foto secara acak dan candid juga bisa membuat acara bridal shower cowok menjadi lebih mengesankan. Jangan lupa setiap momen yang ada harus diabadikan tanpa terlewatkan sedikitpun. Buat tema foto yang unik dan berbeda ada dengan mendandani atau membuat latar foto secara khusus.

Jadi sebenarnya bridal shower cowok boleh-boleh saja untuk dilangsungkan. Konsep dan rencana acara harus disusun sedemikian rupa agar pelaksanaannya bisa sesuai keinginan. Namun pada umumnya konsep bridal shower sederhana yang paling banyak digunakan. Pastikan penyelenggaraannya tidak mengganggu waktu persiapan pernikahan yang dilakukan oleh calon mempelai pria ini.

Susun rencana dan acara sedemikian rupa namun tetap memperhatikan perasaan maupun kondisi fisik dari calon pengantinnya. Jangan sampai merusak suasana hatinya ataupun membuatnya merasa lebih lelah. Bridal shower cowok tetap bisa dilakukan dengan perhitungan yang dan tanpa merugikan siapapun.  

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...