Pilih Kategori Artikel

Inilah 7 Alokasi Biaya Untuk Acara Lamaran Pernikahan yang Perlu Dipersiapkan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dears, apakah kamu ingin mengadakan lamaran pernikahan dalam waktu dekat? Kalau begitu, informasi berikut akan sangat bermanfaat untukmu. Khususnya, dalam mempersiapkan perencanaan alokasi biaya untuk acara lamaran pernikahan yang akan digelar.  

7 Alokasi Biaya untuk Acara Lamaran Pernikahan

Sebelum menggelar sebuah prosesi pernikahan, banyak pasangan memutuskan untuk melangsungkan acara lamaran terlebih dahulu. Bahkan, tradisi lamaran ini menjadi bagian tersendiri dalam rangkaian prosesi pernikahan beberapa adat di Indonesia. Dimana, pada acara lamaran ini lah keluarga dari kedua belah pihak pertama kali bertemu untuk saling mengenal lebih jauh, serta merencanakan pesta pernikahan.

Pada acara lamaran, salah satu hal terpenting yakni terkait dengan alokasi budget untuk penyelenggaraannya. Baik lamaran pernikahan secara adat maupun modern, keduanya memiliki berbagai macam kebutuhan yang perlu dipersiapkan. Secara umum, kebutuhan-kebutuhan untuk acara lamaran pernikahan yang perlu dianggarkan secara khusus adalah sebagai berikut:

1. Venue Acara dan Hidangan untuk Menjamu Keluarga Kedua Belah Pihak

wm_article_img
Fotografi: Imagenic

Ketika kamu dan pasangan sepakat untuk menggelar prosesi lamaran pernikahan, hal pertama yang perlu dipersiapkan tentu adalah venue acara, sekaligus makanan untuk menjamu semua orang yang hadir. Biasanya, acara lamaran dilakukan di kediaman pihak wanita, tetapi banyak pula yang menyelenggarakan acara ini di tempat lain, seperti hotel dan restoran. 

Berdasarkan keputusan yang disepakati, selanjutnya barulah kamu dan pasangan bisa menentukan besaran budget yang dibutuhkan. Apabila lamaran pernikahan dilakukan di rumah, kamu cukup menganggarkan untuk biaya makanan atau catering untuk menjamu tamu. Namun, jika lamaran dilakukan di tempat lain seperti hotel, maka ada biaya sewa yang harus dibayarkan.  Biaya sewa venue dan catering ini mengambil porsi cukup besar dari seluruh budget yang dimiliki, sesuai dengan jumlah tamu undangan. 

2. Cincin Tunangan atau Perhiasan sebagai Pengikat Hubungan

wm_article_img
Fotografi: Alura Fotografi

Dalam acara lamaran, biasanya calon pengantin pria membawa cincin tunangan sebagai tanda pengikat hubungan yang akan diresmikan ke jenjang pernikahan tersebut. Oleh karena itu, kamu juga perlu menyiapkan budget khusus untuk membeli cincin tunangan ini. Hal tersebut menjadi bentuk keseriusan dari pihak pria untuk meminang kekasihnya itu.

Adapun cincin yang perlu dipersiapkan jumlahnya tidak harus sepasang. Terkadang, cukup satu saja, yang mana nantinya cincin ini akan disematkan oleh ibu calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita. Selain cincin, bentuk tanda 'pengikat' hubungan ini juga bisa berupa perhiasan, seperti kalung atau gelang. Contohnya dalam tradisi lamaran adat Tionghoa atau dikenal dengan prosesi Tingjing (kalungan). 

3. Hantaran yang Dibawa sebagai Oleh-oleh

wm_article_img
Kue Hantaran Lamaran: Mammadis Kitchen

Ketika datang untuk meminang calon pengantin wanita, biasanya pihak pria tidak datang begitu saja dengan tangan kosong, melainkan juga membawa buah tangan atau hantaran lamaran. Adapun jenis barang bawaan lamaran ini beraneka ragam, mulai dari pakaian atau perlengkapan untuk calon pengantin wanita, kue-kue tradisional atau aneka camilan modern, serta buah-buahan.  Untuk kebutuhan hantaran lamaran pernikahan ini, tentunya juga perlu dianggarkan secara khusus. 

4. Baju Seragam Agar Tampil Serasi

wm_article_img
Fotografi: Imagenic

Hal ini sebenarnya tidak wajib, tetapi apabila kamu dan pasangan ingin tampil serasi dalam acara lamaran pernikahan kalian, maka sisihkan budget khusus untuk menyiapkan baju lamaran couple yang bernuansa senada. Tentu, jika tidak ingin mengeluarkan biaya lebih, kamu juga bisa mengakalinya dengan mengenakan baju yang berwarna senada saja. Dengan demikian, nantinya kamu dan pasangan akan tampak serasi dan foto yang didokumentasikan pun lebih enak dipandang.  

5. Dekorasi Acara Lamaran juga Penting 

wm_article_img
Dekorasi: Wedding Design Bogor

Kamu tentu juga ingin menjadikan acara lamaranmu menjadi berkesan dan memiliki kenangan yang khusus, bukan? Jika demikian, menggunakan dekorasi pada lamaran pernikahan bisa dipertimbangkan. Dekorasi lamaran ini tak hanya bisa menambah estetika di venue acara lamaran digelar, melainkan juga bisa menjadi background foto yang indah dan berkesan untuk hari istimewamu itu. Maka dari itu, jangan lupa siapkan anggarannya, ya!

6. Make-up agar Semakin Memesona

wm_article_img
MUA: Trifena Klairine

Satu lagi yang perlu dianggarkan untuk acara lamaran pernikahan, yakni biaya make up. Sebetulnya, makeup bisa saja dilakukan sendiri apabila kamu cukup terampil dalam berdandan. Namun, tak jarang banyak pula para calon pengantin wanita yang rela merogoh kocek untuk menggunakan jasa makeup artist (MUA), demi mendapatkan tampilan yang sempurna di hari istimewanya itu. Oleh karena itu, biaya MUA ini juga perlu dipersiapkan. Apalagi, jika kamu ingin ibu dan saudara wanita kamu ikut didandani oleh MUA, maka biayanya pun akan bertambah.

7. Foto Dan Video Dokumentasi untuk Kenang-kenangan

wm_article_img
Fotografi: Better Art

Terakhir, jangan lupa siapkan juga budget khusus untuk biaya foto dan video dokumentasi acara lamaran. Karena momen ini hanya berlangsung sekali seumur hidup, alangkah baiknya apabila kamu menggunakan vendor atau jasa fotografer profesional yang sudah berpengalaman. Dokumentasi ini akan menjadi kenang-kenangan berharga yang bisa diceritakan kepada anak-anak dan cucumu kelak. 

Itu tadi 7 persiapan lamaran pernikahan yang perlu kamu siapkan dan alokasikan anggarannya. Di luar itu, ada pula beberapa biaya lamaran pernikahan lainnya yang juga terkadang harus dikeluarkan oleh pasangan calon pengantin, misalnya untuk undangan, souvenir, musik hiburan dan sebagainya. Namun, sifatnya tidak begitu mendesak dan bisa ditiadakan. Undangan cetak bisa diganti dengan undangan digital, begitupun dengan souvenir, tak apa bila ditiadakan.

Bagaimana, sudah cukup jelas 'kan tentang apa-apa saja yang menjadi kebutuhan dasar untuk acara lamaranmu nanti? Mari lengkapi sekarang di WeddingMarket Store

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...