Gak Sempat Membuat Pas Foto Nikah di Studio? Ini Dia Cara Edit Background Foto Nikah Sendiri dengan Smartphone maupun Komputer - Wedding Market

Gak Sempat Membuat Pas Foto Nikah di Studio? Ini Dia Cara Edit Background Foto Nikah Sendiri dengan Smartphone maupun Komputer

22 Jan 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 1814
Gak Sempat Membuat Pas Foto Nikah di Studio? Ini Dia Cara Edit Background Foto Nikah Sendiri dengan Smartphone maupun Komputer
Contoh pas foto nikah (instagram/faradillayoshi)

Salah satu syarat wajib dalam pendaftaran pernikahan di KUA adalah menyerahkan pas foto berlatar belakang biru. Pas foto nikah background biru ini nantinya akan digunakan sebagai arsip pernikahan kamu yang akan disimpan oleh Negara. Selain itu, foto nikah background biru ini juga akan digunakan untuk foto buku nikah. Sebelumnya, sudah pernah dibahas mengenai cara membuat pas foto nikah dan apa saja yang perlu diperhatikan.


Cara paling mudah untuk mendapatkan pas foto nikah yaitu dengan melakukan pemotretan foto nikah di studio foto. Keuntungannya, kamu bisa langsung menikmati hasil foto secara instan tanpa perlu repot-repot mengedit fotomu. Foto nikah yang dihasilkan pun bisa dicetak sesuai ukuran dan memiliki background biru. Nah, bagaimana jika tidak sempat ke studio foto atau kamu memiliki budget terbatas sehingga terpaksa melakukan pemotretan foto nikah sendiri? Tidak perlu khawatir, karena zaman sekarang kamu bisa dengan mudah mengedit foto melalui aplikasi atau software pada smartphone atau komputer, termasuk mengubah background-nya menjadi berwarna biru.


Lalu, apa saja aplikasi yang bisa digunakan, bagaimana cara mengedit background foto nikah di smartphone atau komputer? Kamu bisa mengetahui informasinya dalam artikel ini. 


Kode Warna Background Foto Nikah

Sebelum mengetahui cara edit background  foto nikah dengan smartphone atau komputer, kamu bisa mengetahui terlebih dahulu mengapa background foto nikah harus berwarna biru. Dalam peraturan Undang-Undang Nomor 22 tahun 1946 dan Undang-Undang No,32 tahun 1954, dijelaskan bahwa warna background foto nikah yang merupakan syarat pernikahan untuk diserahkan ke KUA harus berwarna biru.


Namun perlu diingat, warna biru pada background foto nikah tidak boleh berwarna kehijauan maupun berwarna keabu-abuan. Jika kamu perlu bantuan untuk memastikan bahwa warna biru yang kamu gunakan sudah tepat, kamu bisa menggunakan kode warna biru #0C0CF6 pada software edit foto kamu. Kamu bisa mengcopy paste kode tersebut pada software edit foto seperti Adobe Photoshop. Lightroom, atau software edit foto lainnya. 


Software Edit Background Foto Nikah


Jika tidak sempat melakukan pemotretan pas foto nikah dan harus melakukannya sendiri dengan smartphone atau kamera milikmu, maka kamu juga harus melakukan edit background foto nikah kamu sendiri. Kamu bisa menggunakan bantuan beberapa software edit foto untuk mengubah background pas foto nikah kamu. Terdapat tiga cara mengedit  background foto nikah di smartphone atau komputer kamu. Berikut merupakan beberapa software atau aplikasi untuk mengedit background pas foto nikah kamu dengan warna biru.


Mengedit Background Foto Nikah Dengan Laptop Atau Komputer


Photo by Andrew Neel


Mengedit foto nikah termasuk background fotonya menggunakan bantuan laptop dan komputer sudah lama dilakukan jauh sebelum smartphone muncul. Mengedit background foto nikah dengan laptop atau komputer memang tidak seinstan menggunakan aplikasi di smartphone, akan tetapi kamu bisa sekaligus mengedit segala hal atau kekurangan pada foto nikah kamu. Inilah beberapa software edit foto yang dapat mengedit background foto nikah kamu menjadi warna biru.


  1. Adobe Photoshop


Software edit foto yang satu ini sudah pasti sangat dikenal oleh banyak orang sejak dulu, Software yang bisa kamu install pada laptop ini memiliki tools lengkap untuk mengedit foto nikahmu. Tidak hanya background, kamu juga bisa mengedit bagian lain, seperti pada wajah atau ukuran foto. 


Dalam mengedit background foto nikah dengan software Adobe Photoshop kamu akan memulainya dengan mengklik kanan pada layer foto kemudian pilih opsi layer from background, pada kotak dialog yang muncul buat layer menjadi 0, kemudian klik OK. Selanjutnya kamu bisa gunakan Magic Wand Tool untuk menyeleksi background foto yang akan kamu ganti. Setelah berhasil menyeleksi, ubah warna background menjadi warna biru dengan menggunakan Paint Bucket Tool. Maka akan muncul palet warna. Pilih warna biru kemudian arahkan kursor pada bagian background yang akan diubah kemudian klik maka warna background berhasil berubah menjadi warna biru. Jangan lupa disimpan ya hasilnya!


  1. Corel Draw


Selain Adobe Photoshop, kamu juga bisa menggunakan software yang tidak kalah populernya yaitu Corel Draw. Software yang sudah ada sejak tahun 90an ini sudah banyak digunakan oleh banyak desainer grafis dalam mengedit foto, termasuk background foto. Jika kamu kebetulan memiliki software ini di komputer kamu dan ingin mengganti background foto nikah kamu, maka kamu dapat mengedit dengan software ini.


Setelah foto nikah berhasil kamu masukan ke software ini maka gunakan opsi edit bitmap yang terletak pada bagian property bar. Maka akan muncul tab baru dari Corel Photo Paint. Selanjutnya gunakan Magic Wand Mask. Dengan tool ini atur tolerance dan pilih subtractive mode. Untuk mulai mengubah klik pada background yang telah diseleksi. Kemudian simpan dengan memilih opsi save pada tab file. Tutup tab Corel Photo Paint kemudian buka kembali jendela Corel Draw, maka akan terlihat bahwa background foto telah terhapus.


Selanjutnya buatlah objek baru dengan tools rectangle, sesuaikan bentuk objek dengan ukuran foto nikah. Jangan lupa untuk mengganti warna objek menjadi warna biru terlebih dahulu. Bawa objek rectangle ke bagian belakang dengan cara klik kanan lalu pilih opsi harder dan To Back Of Page. Setelah itu warna background foto nikah akan berhasil berubah menjadi warna biru. Kamu tinggal menyimpannya dengan memilih opsi save pada tab menu file.


Mengedit Background Foto Nikah Dengan Smartphone


Photo by Oliur

Smartphone hadir sebagai perangkat elektronik yang dapat memudahkan segala kegiatan manusia. Kamu bisa dengan fleksibel melakukan berbagai aktivitas dengan smartphone. Salah satu hal yang dapat dibantu oleh smartphone adalah mengedit foto. Bagi kamu yang tidak memiliki kamera, dan hanya menggunakan smartphone kamu untuk foto pas foto nikah, kamu juga bisa mengeditnya di smartphone kamu dengan aplikasi berikut ini.


  1. Background Eraser

Jika kamu tidak memiliki software edit foto di laptop atau komputer, atau bahkan kamu tidak memiliki perangkat tersebut, maka kamu bisa mengedit background foto nikah kamu dengan hp Android kamu. Saat ini sudah banyak aplikasi edit foto  yang ada pada hp Android, salah satunya adalah Background Eraser. Inilah langkah-langkah dalam melakukan edit background foto menggunakan aplikasi Background Eraser.


Untuk  mengedit background foto nikah pada aplikasi Background Eraser maka kamu bisa memilih tools auto magic untuk menghapus background secara otomatis. Kemudian ubah background foto menjadi warna biru. Merapikan foto dengan fitur repair. Setelah itu kamu bisa menyimpan foto nika yang sudah kamu edit backgroundnya menjadi warna biru. 


  1. Photoroom

Aplikasi edit foto untuk mengganti background foto nikah kamu di HP Android selanjutnya adalah Photoroom. Selain menghapus background,kamu juga bisa mengatur pencahayaan pada foto nikah kamu. Sebelum background foto kamu ubah, maka kamu dapat memasukkan foto nikah kamu terlebih dahulu ke dalam aplikasi. Aplikasi akan secara otomatis memindai pada bagian background. Selanjutnya kamu dapat mulai mengubah background foto nikah dengan memilih opsi Background. Kemudian pilih opsi fill untuk memilih warna background biru. Setelah berhasil diganti, maka kamu bisa menyimpannya di galeri.


  1. Change Background Of Photos

Sesuai dengan namanya, Change Background Of Photos merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk mengganti background foto secara praktis. Aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil sehingga sangat memudahkan kamu dalam mengedit foto nikah kamu. Untuk mengganti background dengan aplikasi Change Background Of Photos, kamu bisa menyeleksi background yang akan diganti menggunakan selection tool. Kemudian sisipkan latar belakang berwarna biru yang sudah kamu siapkan di gallery. Setelah berhasil disisipkan maka warna latar belakang foto nikah kamu akan terganti.


Mengganti Background Foto Nikah Dengan Bantuan Website Edit Foto Online


photo: via instagram/rsn.dw


Selain menggunakan aplikasi atau software yang terinstal di smartphone maupun komputer kamu. Kamu juga bisa mengganti background foto nikah dengan bantuan website edit foto online. Cara ini terbilang sangat praktis karena kamu tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi. Inilah beberapa website edit foto online yang bisa kamu gunakan. 


  1. Remove Image Background

Salah satu website edit foto online yang bisa kamu gunakan untuk mengganti background foto buku nikah kamu. Cara mengubah background foto nikah dengan website ini dapat dimulai dengan membuka website remove.bg. Lalu kamu harus mengupload foto nikah kamu dengan mengklik tombol upload image. Setelah proses upload selesai maka background foto akan otomatis terhapus. Untuk memberikan background berwarna biru, kamu bisa memilih menu edit foto kemudian pilih menu color dan pilih warna biru, setelah itu background warna biru akan terganti. Tekan tombol download maka foto yang telah diedit akan tersimpan di perangkatmu. 


2. BeFunky

Website edit background foto online selanjutnya adalah BeFunky. Selain mengganti background, Kamu bisa mengganti resolusi foto agar hasilnya bagus saat dicetak. Mulailah mengedit dengan membuka browser dan masuk ke dalam situs befunky.com. Klik Start Having Fun, tunggu hingga proses loading selesai. Pilih tempat atau lokasi foto yang akan kamu edit. Klik menu edit, kemudian klik Crop. Sesuaikan batas crop sesuai dengan kebutuhan kamu agar foto kamu lebih rapi. Lalu pilih pilih artsy effect, kemudian klik cartoonizer, kemudian klik silinder dengan kotak mode untuk mengatur penampilan foto. Klik apply untuk menyetujui perubahan. Terakhir, klik save & share untuk menyimpan foto yang sudah kamu edit. 


3. Photoscissors

Website berikutnya untuk mengganti background foto nikah adalah Photoscissors. Untuk memulai melakukan edit foto dengan aplikasi photoscissors, kamu dapat mengunjungi website Photoscissors di photoscissors.com Unggah foto nikah yang akan kamu ganti background-nya menjadi warna biru dengan mengklik upload. Tunggu hingga foto muncul di halaman website. Maka selanjutnya background foto akan terhapus secara otomatis. Klik opsi background untuk mulai memilih warna background foto nikah. Akan muncul tabel warna untuk background foto nikah kamu. Pilihlah warna biru sesuai dengan ketentuan foto nikah. Kemudian background foto nikah akan berubah langsung menjadi warna biru. Terakhir, klik logo bergambar disket untuk menyimpan foto nikah kamu yang sudah kamu edit.


Aplikasi-aplikasi di atas akan sangat berguna dan membantu kamu untuk mengedit background foto nikah milikmu dan pasangan. Jangan lupa untuk memilih warna biru yang yang jelas ya, agar pas foto nikah kamu dapat diterima oleh pihak KUA setempat. Selain pas foto nikah dengan latar belakang berwarna biru, simak juga tips untuk tampil cantik dengan hijab untuk foto nikah.


Menyiapkan segala kebutuhan untuk pernikahan harus teliti. Termasuk juga mengurus pendaftaran pernikahan seperti foto nikah. Jika kamu tidak mau repot dalam mengurus segala kebutuhan pernikahan termasuk menyiapkan pas foto dengan background biru, kamu bisa mencari bantuan jasa edit foto atau studio foto yang sudah sekaligus mampu mengedit pas foto nikah kamu. Apabila kamu membutuhkan vendor studio foto yang berkualitas, di Wedding Market kamu bisa mendapatkannya. Smart wedding platform ini memfasilitasi vendor dengan para calon pengantin untuk memberikan yang terbaik hari spesial pernikahan. Nah, semoga kamu bisa mendapatkan pas foto nikah yang bagus, ya!

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?