6 Tips Agar Tak Salah Pilih Vendor Catering Pernikahan - Wedding Market

6 Tips Agar Tak Salah Pilih Vendor Catering Pernikahan

09 Aug 2022 | By Nurul Fatimah WeddingMarket | Viewers: 469
6 Tips Agar Tak Salah Pilih Vendor Catering Pernikahan
Foto: Ibu Djoko Catering

Ada banyak cara yang bisa kamu tunjukkan untuk menghargai para tamu undangan di pesta pernikahanmu kelak. Salah satunya, dengan mempersiapkan hidangan yang lezat dan nikmat untuk disantap. Tentunya, kamu perlu selektif memilih catering pernikahan dengan kualitas terbaik dan rasa yang enak. Dengan menyajikan catering terbaik, para tamu akan merasa dihargai kehadirannya. Selain itu, makanan yang enak juga bisa meninggalkan kesan yang baik dari suatu pesta pernikahan.

Namun ternyata, menyiapkan hidangan yang enak bukanlah satu-satunya yang perlu diperhatikan. Kamu juga perlu memilih vendor yang memberikan pelayanan yang baik dan tentunya berpengalaman. Pasalnya walaupun sekarang banyak pilihan vendor yang menyediakan jasa catering pernikahan, tetapi  untuk urusan rasa dan pelayanan kamu harus tetap selektif karena tidak semua vendor memiliki keduanya.  Oleh karena itu, agar bisa mendapatkan jasa catering pernikahan terbaik, haruslah memilih vendor yang berkualitas, bertanggungjawab dan tentunya berpengalaman.

Jika kamu masih bingung cara mencari vendor catering yang tepat, simak tipsnya di bawah ini :

1. Tetapkan tanggal pernikahan dan jumlah tamu undangan

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memilih vendor catering untuk pernikahan adalah menentukan tanggal pesta pernikahan dan jumlah tamu undangan. Meskipun hal ini tak berkaitan langsung dengan catering, tetapi akan menjadi acuan bagi kamu dalam menyeleksi vendor yang tepat. Penentuan tanggal ini menjadi penting untuk membantu kamu mencari vendor catering yang kosong sesuai dengan jadwal pernikahanmu.

Pasalnya di waktu-waktu tertentu, seperti setelah lebaran jumlah permintaan jasa catering akan sangat meningkat dikarenakan banyak pasangan yang melangsungkan pernikahan. Apalagi bila kamu sudah memiliki langganan atau rekomendasi catering tertentu dari kenalanmu. Memastikan vendor catering yang kamu pilih available pada saat acara digelar merupakan hal yang harus dilakukan dari jauh-jauh hari.

Selain itu, kamu juga perlu menetapkan jumlah tamu undangan. Hal ini diperlukan agar kamu bisa memperkirakan berapa kebutuhan porsi makanan untuk pesta pernikahanmu nantinya. Dari segi pemilihan catering pernikahan juga akan sangat tergantung dari berapa banyaknya jumlah tamu undangan. Sebab, ada vendor catering tertentu yang memiliki kapasitas terbatas dikarenakan kurangnya staff yang dipekerjakan. Oleh karena itu, kamu perlu menginformasikan berapa jumlah tamu undangan untuk acara pernikahanmu nanti, supaya pihak catering bisa mempersiapkannya dengan matang.

2. Menentukan budget

Foto: Umara Catering

Menentukan budget adalah salah satu hal paling penting ketika kamu mencari vendor catering. Seperti yang kamu ketahui bahwa sekarang ada begitu banyak pihak yang menyediakan jasa catering pernikahan, bukan hanya dari pihak vendor catering itu saja. Dari pihak wedding organizer atau venue pernikahan kadang juga berafiliasi dengan vendor catering dalam suatu penawaran paket pernikahan all-in. Tentu harga yang ditawarkan pun bisa berbeda. Oleh sebab itu, dari awal kamu sudah harus menentukan alokasi budget catering pernikahan.

Apabila kamu ingin mencari vendor catering pernikahan secara mandiri, luangkan waktu lebih untuk mengumpulkan berbagai referensi yang sesuai dengan kriteria dan budget yang sudah ditetapkan. Jika beruntung, kamu tidak hanya mendapatkan catering dengan rasa yang enak tapi juga lebih murah. Selain mencari vendor yang terjangkau, kamu juga bisa menghemat pengeluaranmu dengan cara memilih dan membandingkan beberapa menu prasmanan catering pernikahan yang akan kamu gunakan sesuai dengan budget. Baca juga cara menghemat biaya catering pernikahan untuk kamu yang memiliki budget terbatas.

3. Survei vendor dan memilih menu yang pas

Foto: Lezzeti Food Services

Setelah berhasil menentukan budget untuk catering pernikahan, selanjutnya lakukanlah survei vendor dan menu yang mereka tawarkan. Ketika melakukan survei, selain mempertimbangkan dari segi harga, kamu juga harus menentukan terlebih dahulu tema pernikahanmu. Misalnya kamu ingin menu internasional atau menu tradisional khusus sesuai dengan tema pernikahanmu. Dengan menentukan tema pernikahan, akan membantu kamu untuk lebih efektif menyeleksi vendor catering yang akan dipilih. Kamu pun bisa langsung mencari vendor catering dengan menu sesuai tema sehingga bisa menghemat lebih banyak waktu. 

Dalam memilih menu catering pernikahan, kamu juga harus mempertimbangkan kompleksitas masakan yang dipilih. Jika kamu memiliki dana terbatas, maka sebaiknya pilihlah menu-menu yang umum dan sesuai dengan lidah banyak orang. Sebab, semakin sulit masakan yang kamu pilih, biasanya harganya pun akan lebih mahal dibandingkan menu yang umum. Oleh sebab itu, pemilihan menu catering yang pas di kantong sangat perlu pertimbangan. Sebaiknya jangan lakukan survei sendirian, kamu bisa mengajak pasangan atau keluargamu agar bisa mendapatkan masukan dan diskusi lebih lanjut untuk memilih menu makanan pernikahan yang tepat.

4. Lakukan food tasting

Foto: Nurmaya Sari Catering

Food tasting adalah aktivitas mencicipi contoh makanan yang dilakukan oleh customer dengan tujuan mengetahui rasa makanan yang disajikan pihak catering di pernikahan nanti. Aktivitas food tasting ini sudah biasa disediakan oleh pihak catering agar calon pengantin yang datang bisa lebih yakin terhadap makanan mereka. Kamu bisa manfaatkan kesempatan ini untuk mencoba berbagai pilihan menu masakan yang cocok untuk pernikahanmu nanti.

Dalam food tasting, biasanya pihak vendor catering akan menyajikan menu andalan mereka untuk dicoba. Jika kamu merasa cocok dengan rasa dan harganya, kamu bisa langsung melakukan persetujuan dengan vendor. Namun, jika rasanya kurang cocok setelah mencicipi masakan vendor, maka kamu pun bisa melanjutkan survei ke tempat lain. Kesempatan food tasting akan sangat membantu kamu dalam memutuskan catering mana yang akan digunakan untuk hari pentingmu nanti. Agar semakin yakin, kamu juga bisa melihat ulasan WeddingMarket sebelumnya tentang 5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Food Tasting untuk menentukan catering pernikahan.

5. Perhatikan testimoni dan review klien terdahulu sebelum buat janji

Foto: Al's Catering

Sebelum kamu menentukan vendor catering mana yang akan diajak bekerjasama, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu review atau testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa vendor tersebut. Hal ini akan membantu kamu dalam menilai secara keseluruhan dari berbagai aspek yang tak bisa diukur, seperti pelayanan dan kredibilitas vendor. Jika review yang diberikan relatif bagus dan kebanyakan klien puas dengan jasa catering tersebut, maka patut untuk dipertimbangkan. Namun jika ada hal-hal yang mengganjal, seperti banyaknya komplain atau ketidakpuasan dari klien terdahulu, sebaiknya kamu pertimbangkan kembali untuk memilihnya.

Apabila kamu merasa sudah yakin dengan suatu vendor, jangan ragu untuk langsung membuat janji dengan mereka. Janji tersebut meliputi persetujuan agar vendor bisa menyediakan catering pada hari pernikahanmu. Ketika melakukan persetujuan tersebut, biasanya kamu akan diminta untuk membayar uang muka terlebih dahulu yang selanjutnya pembayaran catering bisa diangsur secara berkala atau sesuai dengan kesepakatan bersama.

6. Utamakan memilih vendor yang berkredibilitas

Foto: Alfabet Catering

Setiap calon pengantin tentunya ingin menyajikan catering dengan kualitas terbaik pada hari pernikahannya. Untuk mewujudkan hal tersebut, kamu harus memilih vendor catering yang tak hanya murah dan enak, tapi juga punya reputasi bagus serta review yang baik dari para customer-nya. Jangan tergiur dengan tawaran harga catering yang murah, tetapi belum terjamin kebersihannya. Dengan memilih vendor catering yang credible dan terpecaya, maka kamu tak perlu khawatir, makanan yang dihasilkan pun tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dengan begitu, tidak hanya kamu yang puas dengan hasilnya, para tamu pun akan menikmati makanan yang disuguhkan di pestamu.

Itulah beberapa tips memilih vendor catering yang perlu kamu ketahui. Walaupun susah-susah gampang untuk diikuti, namun tips tersebut akan sangat berguna. Tentunya kamu tidak ingin mengecewakan tamu yang sudah meluangkan waktu datang ke pesta pernikahanmu 'kan? Oleh karena itu, ikuti tips di atas agar kamu dapat menemukan vendor catering pernikahan yang pas dengan kebutuhanmu. Kunjungi laman WeddingMarket dan temukan vendor-vendor catering pernikahan terdekat dengan kualitas pengalaman yang tak perlu diragukan lagi!

Belanja Jasa dan Produk untuk Pernikahanmu di WeddingMarket Store!
Diskon hingga 20%*

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?