Pilih Kategori Artikel

15 Cara Menyenangkan Menyambut Tamu di Resepsi Pernikahan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Para tamu adalah orang-orang pilihan yang istimewa di acara resepsi pernikahan. Ada waktu, tenaga, bahkan uang yang mereka keluarkan untuk bisa datang ke acara pernikahan yang digelar. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika ingin membuat mereka merasa spesial ketika datang di venue acara resepsi pernikahan. Salah satunya adalah dengan menyambut mereka alih-alih membiarkan mereka memasuki venue dengan cara yang biasa saja.

Ada beberapa cara yang akan memberikan kesan pertama yang bagus kepada para tamu yang datang. Mulai dari memberikan sesuatu hingga pengalaman tertentu, beberapa inspirasi berikut ini bisa kamu jadikan pertimbangan. Apa saja? Simak sampai habis, ya!

1. Welcome drink

wm_article_imgwm_article_img

Foto: bloomzflowersbali

Memberikan welcome drink adalah cara yang paling sering dilakukan untuk menyambut  para tamu yang datang. Minuman yang diberikan sebaiknya minuman yang bersifat menyegarkan, seperti infused water, mocktail, es kelapa muda, atau jus buah.   Variasi minuman juga bisa disesuaikan dengan tema pernikahan, misalnya sajikan es teh manis untuk konsep tradisional atau mocktail yang elegan untuk pernikahan modern. Jika pernikahan digelar di luar ruangan atau ketika cuaca sedang panas, beberapa minuman ini akan memberikan rasa segar yang sudah ditunggu-tunggu.

2. Photobooth

Photobooth menjadi tren yang semakin populer dalam pernikahan. Tamu disambut dengan area photobooth di pintu masuk atau area resepsi, di mana mereka dapat mengambil foto-foto yang menarik bersama teman-teman atau keluarga. Dekorasi photobooth bisa disesuaikan dengan tema pernikahan, misalnya vintage, rustic, atau glamor. Hasil foto ini bisa langsung dicetak sebagai suvenir atau dikirim secara digital. Photobooth juga bisa menjadi hiburan tersendiri sebelum acara inti dimulai, serta memberikan pengalaman menyenangkan bagi tamu.

3. Sambutan oleh among tamu

wm_article_img

Dalam pernikahan adat atau tradisional, biasanya akan ada beberapa orang yang berjejer untuk menyambut para tamu yang datang. Orang-orang ini dinamakan among tamu dan biasanya terdiri dari anggota keluarga atau sahabat dekat dari pengantin. 

Tugas among tamu adalah menyapa tamu, memberikan salam, dan memandu mereka menuju area resepsi. Sambutan ini memberikan kesan personal karena tamu merasa dihargai dengan sambutan langsung dari keluarga terdekat. Selain itu, among tamu juga berperan penting dalam menjaga kelancaran acara dengan memastikan tamu-tamu merasa nyaman dan tahu di mana mereka harus berada.

4. Walk of honor

Selain ada aisle yang digunakan untuk pengantin masuk ke dalam area pernikahan atau ke pelaminan, ada juga jalur khusus yang bisa digunakan oleh tamu, yaitu walk of honor. Jalur ini biasanya dihiasi dengan bunga, lilin-lilin, atau karpet mewah yang akan membawa para tamu ke area utama diadakannya resepsi pernikahan. Tamu yang melewati jalan dengan dekorasi indah ini akan merasa semakin istimewa.

5. Registrasi digital

wm_article_img
Foto: Everglow Pagar Ayu

Menggunakan registrasi digital adalah cara modern dan praktis untuk menyambut tamu. Tamu bisa scan barcode dari undangan yang mereka bawa untuk mendaftarkan kehadiran mereka. Selain mengurangi antrean di meja registrasi manual, cara ini juga lebih ramah lingkungan karena tidak memerlukan penggunaan kertas. Selain itu, data kehadiran tamu bisa tercatat dengan lebih rapi dan mudah diakses oleh pasangan atau wedding organizer. Penggunaan registrasi digital juga akan menciptakan kesan bahwa acara resepsi pernikahan direncanakan dengan profesional.

6. Disambut dengan live music

Menyambut tamu dengan live music, seperti penampilan pemain biola, akustik gitar, atau band jazz, bisa menciptakan suasana yang hangat dan romantis sejak awal. Musik lembut saat tamu memasuki area resepsi akan memberikan kesan pertama yang menyenangkan, menambah atmosfer pernikahan, serta membuat tamu merasa terhibur sambil menunggu acara dimulai. Lagu-lagu yang dimainkan bisa disesuaikan dengan selera pengantin atau tema pernikahan.

7. Papan ucapan selamat datang

Salah satu hal paling simpel dan bisa dilakukan untuk menyambut para tamu adalah dengan memasang papan ucapan selamat datang. Papan besar atau digital dengan pesan selamat datang dapat memberikan sentuhan personal pada penyambutan tamu. Beberapa pasangan juga bisa memilih untuk menulis pesan sambutan dan ucapan terima kasih kepada tamu yang datang di papan, lengkap dengan nama dan tanggal pernikahan. Papan ini bisa menjadi dekorasi yang menarik dan menambah elemen visual di pintu masuk.

8. Game interaktif

Untuk menambah keseruan, tamu bisa disambut dengan permainan interaktif, seperti lucky wheel atau kuis trivia tentang pengantin. Tamu yang berhasil menjawab pertanyaan atau memutar roda bisa mendapatkan hadiah kecil seperti cokelat, voucher, atau hadiah lucu lainnya. Cara ini membuat tamu merasa lebih terlibat dalam acara dan menciptakan suasana yang lebih santai dan menyenangkan.

9. Mini flower bar

wm_article_img
Foto: The Flower Room KL

Jika biasanya bar digunakan untuk minuman, kamu bisa memodifikasinya sedikit menjadi bar untuk bunga di mana para tamu bisa memilih bunga-bunga segar yang telah disediakan untuk dibawa sebagai suvenir kecil atau dipakai sebagai korsase selama acara. Cara ini akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi para tamu. Mereka bisa lebih kreatif dan dimanjakan dengan visual bunga-bunga yang cantik.

10. Pajangan kartu ucapan

Sebelum masuk ke venue acara, tamu bisa diarahkan untuk  mampir ke area di mana mereka bisa menulis pesan atau ucapan selamat untuk pasangan pengantin. Sebuah meja yang dilengkapi dengan kartu, pena, dan dekorasi kecil bisa menjadi tempat bagi tamu untuk berbagi doa dan harapan mereka. Pajangan kartu ini kemudian bisa dipajang sebagai bagian dari dekorasi atau pasangan juga bisa membacanya setelah acara selesai sebagai kenangan indah. Selain dalam bentuk kartu, saat ini ada juga berbagai alternatif lain untuk memberikan ucapan, seperti dalam format telepon yang direkam.

11. Petunjuk arah bertema

Selain disambut dengan hal-hal yang istimewa, tamu juga bisa disambut dengan sesuatu yang lebih bermanfaat seperti petunjuk arah yang memiliki tema tertentu sesuai dengan konsep pernikahan. Misalnya, jika pernikahan memiliki tema vintage, petunjuk arah bisa dibuat dari papan kayu yang memiliki gaya retro. Selain memudahkan para tamu untuk masuk ke area pernikahan, barang yang satu ini juga akan menambahkan kesan estetis pada dekorasi. 

12. Area lounge tamu

Menyediakan area lounge dengan sofa empuk dan dekorasi menarik bisa menjadi cara untuk menyambut tamu dengan lebih nyaman. Area ini bisa dijadikan tempat bagi tamu yang datang lebih awal untuk duduk bersantai sambil menikmati welcome drink atau camilan ringan sebelum acara dimulai. Area lounge ini juga bisa dihias sesuai tema pernikahan, memberikan kesan eksklusif bagi tamu.

13. Performance singkat di pintu masuk

Cara lain yang unik untuk menyambut tamu adalah dengan mengadakan pertunjukan singkat di pintu masuk. Misalnya, penari tradisional yang menampilkan tarian penyambutan atau atraksi barista yang membuat minuman langsung di hadapan tamu. Mereka bisa memberikan hiburan sekaligus pengalaman yang berbeda sehingga para tamu akan mendapatkan kesan awal yang baik.

14. Pemberian suvenir di awal

Memberikan suvenir kecil kepada tamu saat mereka baru tiba dapat menjadi tanda ucapan terima kasih yang manis. Suvenir seperti kipas tangan, bunga kering, atau gantungan kunci kecil dapat diberikan di pintu masuk. Hal ini juga bisa menjadi momen interaksi yang lebih dekat antara tamu dan among tamu atau orang yang bertugas menyambut. Mereka juga sudah ‘mengamankan’ kenang-kenangan yang bisa dibawa pulang di awal.

15. Live painting yang simpel

Jika tamu yang datang tidak terlalu banyak, kamu bisa mempertimbangkan hal yang satu ini. Gunakan jasa seorang artis yang sudah terbiasa melakukan live painting untuk membuat ilustrasi sederhana para tamu yang baru datang. Sediakan kursi untuk para tamu duduk sambil digambar. Gambar ini nantinya bisa diberikan sebagai kenang-kenangan. Jika ingin proses lebih lancar dan tidak banyak antre, kamu bisa menggunakan beberapa artis sekaligus.

Untuk membangun suasana yang bagus selama acara berlangsung, memberikan kesan pertama yang baik juga diperlukan bagi para tamu yang datang. Untuk itu, beberapa cara menyambut tamu pada acara resepsi pernikahan tersebut bisa kamu pertimbangkan.


Cover Foto: Pexels/Jonathan Borba

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...