Pilih Kategori Artikel

Agar Hubungan Makin Mesra, Ini Cara Merayakan Anniversary Pernikahan untuk Pasangan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Banyak yang mengatakan bahwa spark atau percikan cinta dari pernikahan hanya akan bertahan selama beberapa waktu awal saja setelah pesta pernikahan digelar. Sisanya, orang-orang akan melanjutkan kehidupan bersama sambil menyelesaikan berbagai masalah yang datang. Menikah rasanya hanya seperti melanjutkan rutinitas. Padahal, jika spark tersebut hilang, komunikasi pun jadi kurang intim, ada juga kemungkinan pasangan akan lebih senang menghabiskan waktu dengan teman-temannya, dan muncul berbagai permasalahan lainnya.

Untuk itu, penting menjaga kemesraan untuk tetap ada walau pernikahan sudah berjalan selama bertahun-tahun. Cara sederhana yang bisa dilakukan setiap satu tahun sekali adalah dengan merayakan wedding anniversary. Hal sesederhana melakukan quality time berdua atau bertukar kado akan membuat rutinitas yang biasa terasa lebih menyenangkan.

Berikut ini beberapa ide dan tips yang bisa kamu lakukan untuk menggelar wedding anniversary yang berkesan. Simak sampai habis, ya!

Tips anniversary yang berkesan

Momen yang terjadi satu kali dalam satu tahun ini sebaiknya dipersiapkan dengan sungguh-sungguh supaya kamu dan pasangan sama-sama senang saat melakukannya. Ini dia tipsnya:

1. Persiapkan jauh-jauh hari

wm_article_img
Fotografi: Candyt Photohouse

Sebagai sebuah acara yang dianggap tidak terlalu penting, beberapa orang akhirnya memilih untuk mempersiapkan acara ini mepet dengan hari-H. Akhirnya, persiapan jadi kurang maksimal dan acara pun kurang berkesan. Mempersiapkan jauh-jauh hari akan membuatmu bisa memikirkan detail-detail yang membuat acara anniversary lebih berkesan.

2. Tambahkan unsur kejutan

Untuk membuat momen terasa lebih spesial, unsur kejutan bisa ditambahkan. Beberapa cara yang bisa dilakukan, meliputi memberikan hadiah yang tidak terduga, melakukan perjalanan ke tempat favorit tanpa memberi tahu destinasi sebelumnya, atau acara khusus lainnya yang belum diketahui pasangan.

3. Utarakan pesan melalui kalimat cinta

wm_article_img
Foto: pexels/Cottonbro Studio

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengungkapkan perasaan cinta melalui kata-kata. Namun, tidak ada salahnya untuk mengatakan hal romantis di momen yang jarang terjadi ini. Jika tidak mampu berkata secara langsung, kamu bisa menulis dan mengirim surat cinta atau menuliskan melalui media sosial.

4. Recreate momen spesial

Selama kalian menjalin hubungan sejak pacaran hingga menikah saat ini pasti ada banyak momen yang tak terlupakan, misalnya tempat pertama kali berkencan, momen melamar, dan lain sebagainya. Untuk kembali merasakan deg-degan dan gugup pada saat itu, kalian bisa recreate momen ini dengan mendatangi tempat yang sama dan melakukan kegiatan yang saat itu juga kalian lakukan, misalnya memilih menu yang sama jika tempat tersebut adalah kafe atau restoran.

5. Pilih kegiatan yang sama-sama kalian nikmati

wm_article_img
Fotografi: Queenbee Photo & WO

Manfaatkan momen ini untuk melakukan quality time bersama. Jika sudah memiliki anak, kalian bisa menitipkannya ke orang tua atau daycare yang terpercaya. Kemudian, pilih kegiatan yang sama-sama ingin kalian coba atau kalian berdua merasa menikmati saat melakukannya.

Hindari melakukan hal yang hanya disukai salah satu saja, sementara yang lain tidak suka. Misalnya, jika kamu suka kegiatan memancing atau menonton film horor, tapi pasangan tidak menyukai hal ini, sebaiknya kalian menghindari melakukan kegiatan ini. Usahakan juga untuk menghindari gangguan selama kalian bersama, misalnya dengan menjauhkan penggunaan handphone kecuali untuk hal yang sangat urgent.

6. Abadikan momen ini

wm_article_img
Fotografi: Candyt Photohouse

Walaupun sebaiknya tidak terlalu fokus dengan handphone, kalian berdua bisa menggunakannya sesekali untuk mengabadikan momen romantis selama anniversary. Foto ini akan menjadi kenangan yang berharga saat dilihat lagi satu tahun dan bahkan beberapa tahun ke depan untuk kembali merasakan perasaan bahagia yang terekam tersebut.

Pilihan kegiatan untuk anniversary

Saking seringnya bertemu, bahkan bisa setiap hari melakukan kegiatan bersama-sama, kalian bisa merencanakan kegiatan yang menyenangkan dan berbeda untuk acara anniversary. Beberapa pilihan kegiatan ini bisa dijadikan pertimbangan. 

1. Makan malam romantis

wm_article_img
Fotografi: CLAY PHOTO & CINEMA

Makanan adalah kebutuhan dasar manusia yang mana setiap hari kamu lakukan. Namun, mungkin sehari-harinya kalian tidak makan bersama atau sekadar makan sambil melakukan kegiatan lain, seperti menonton YouTube. Jadikan momen anniversary ini untuk makan malam yang romantis sambil quality time. Pilih restoran yang menyimpan momen berharga atau justru yang ingin dikunjungi, tapi belum sempat sampai sekarang. PIlih hidangan favorit atau yang ingin kalian coba. 

2. Piknik romantis atau camping

wm_article_img
Fotografi: CLAY PHOTO & CINEMA

Kalian bisa berpiknik ke tempat yang memberikan ketenangan, seperti pantai atau taman. Jangan lupa untuk membawa berbagai camilan dan minuman favorit untuk membuat hari kalian makin berwarna. Jika ingin menghabiskan waktu yang lebih lama berdua, camping akan menjadi pilihan yang lebih cocok. Ada banyak camp site yang memiliki pemandangan indah dan udara yang bagus. Dengan melakukannya, kalian bukan hanya bisa quality time, tapi juga bisa menyegarkan kembali otak.

3. Liburan ke luar kota atau negeri

wm_article_img
Fotografi: Candyt Photohouse

Apakah kalian memiliki tempat tujuan yang sudah diidam-idamkan selama ini? Jika ada, kesempatan ini akan menjadi momen yang tepat untuk mewujudkannya. Kalian bisa melakukan perjalanan singkat ke tempat yang masuk ke dalam wish list. Namun, jika tidak ada tempat yang diimpikan, kalian juga bisa melakukan perjalanan singkat yang tidak terlalu jauh dan menghabiskan dana yang tidak terlalu mahal.

4. Melakukan perawatan bersama

Melakukan kegiatan sehari-hari akan membuat kalian menimbun rasa lelah dan stres. Jika tidak ditangani, hal ini akan mengganggu kesehatan fisik kalian dan memengaruhi kualitas hubungan. Makanya, kalian bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan perawatan bersama.

Ada banyak macam perawatan yang bisa dilakukan, mulai dari pijat relaksasi, spa, hingga perawatan wajah dan tubuh. Kegiatan ini akan cocok untuk pasangan introvert, apalagi kalian bisa memanggil jasanya ke rumah tanpa harus datang ke tempat perawatan.

5. Redekorasi rumah atau tempat tidur

wm_article_img
Fotografi: CLAY PHOTO & CINEMA

Jika kalian termasuk pasangan yang aktif dan mudah bosan dengan kegiatan yang terlalu pasif, redekorasi kamar atau rumah akan menjadi kegiatan menyenangkan yang wajib dicoba. Lay out dan hiasan ruangan selama ini mungkin sudah membuat kalian bosan sehingga kegiatan ini juga akan memberikan tampilan baru yang menyenangkan. Setelah semuanya selesai,  kalian kembali menjalani hari dengan sesuatu yang baru.

6. Menelusuri memori lama

Sebelum anniversary tiba, kalian berdua bisa mengumpulkan berbagai foto, video, atau hadiah dari masa lalu dan melihatnya bersama pada hari-H anniversary. Foto dan video yang dikumpulkan bisa diedit dan dibuat menjadi sebuah film yang diisi dengan narasi. Kalian bisa melihatnya dengan bantuan proyektor untuk membuatnya lebih memorable.

7. Mengikuti kelas bersama

wm_article_img
Foto: pexels

Walaupun hanya memiliki waktu selama sehari, kalian bisa mengikuti kelas atau workshop yang bisa dilakukan seharian saja. Beberapa kelas yang bisa dipilih adalah kelas memasak, melukis, atau menari. Bukan hanya menyenangkan, kegiatan ini akan meninggalkan kenangan yang unik dan memberikan pengetahuan baru yang mungkin akan bermanfaat ke depannya.

8. Bertukar hadiah

Selama berkomunikasi sehari-hari, pasanganmu mungkin sering mengatakan bahwa ia ingin membeli sesuatu. Oleh sebab itu, kamu bisa mewujudkannya dengan kegiatan bertukar hadiah ini. Jika ia tidak memberitahukan apa yang ia inginkan, kamu tetap bisa memberikan kado dengan melakukan riset kecil-kecilan, misalnya membahasnya dengan santai supaya tidak ketahuan. Selain itu, beberapa hadiah yang bisa diberikan jika masih tetap bingung, yaitu perhiasan, jam tangan, tas atau dompet, parfum premium, hingga peralatan rumah tangga yang canggih.

9. Berkumpul dengan teman dan keluarga

wm_article_img
Fotografi: CLAY PHOTO & CINEMA

Kebanyakan orang mungkin lebih senang merayakan anniversary berdua, tapi ada juga yang ingin membagi kebahagiaan bersama orang-orang terdekat. Jika kamu dan pasangan adalah tipe yang kedua, kalian bisa mengundang mereka untuk datang dan merayakan bersama. Kegiatan yang dilakukan bisa sekadar makan, bermain game, hingga karaoke.

Nah, itu dia beberapa tips dan rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk merayakan anniversary atau ulang tahun pernikahan. Kamu bisa menggabungkan beberapa kegiatan sekaligus. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, semoga kalian berdua bisa menjalani hari-hari pernikahan selanjutnya dengan lebih bahagia dan bisa menyelesaikan permasalahan dengan kepala yang lebih dingin karena merasa bahwa kalian lebih berharga bagi satu sama lain daripada berbagai masalah yang datang.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...