Pilih Kategori Artikel

9 Wedding Hacks, Tips Persiapan Pernikahan supaya Lebih Hemat
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan saat akan melangsungkan pernikahan. Mulai dari pemilihan tema besar hingga hal-hal detail seperti suvenir apa yang akan diberikan kepada tamu undangan yang datang. Tak heran jika ada banyak orang yang memilih untuk menggunakan jasa wedding organizer untuk mengurangi beban ini. Sayangnya, tidak semua orang mampu menggunakan jasa wedding organizer karena membutuhkan biaya tambahan.

Selain menghemat dari sisi wedding organizer, sebenarnya ada banyak hal yang bisa kamu siasati saat mempersiapkan pernikahan. Hal ini bisa membuatmu lebih hemat, personal, atau efisien dalam mempersiapkannya.

Nah, apa saja hal tersebut? Berikut ini beberapa wedding hacks alias tips pernikahan yang bisa kamu jadikan panduan. Simak selengkapnya, yuk!

1. Hindari memilih peak season

wm_article_img
Foto via Baswara Wedding

Biasanya akan ada waktu-waktu tertentu yang menjadi waktu favorit bagi para pengantin untuk menggelar acara pernikahan mereka. Waktu ini meliputi tanggal merah, long weekend, hari libur, atau bulan-bulan tertentu seperti bulan Syawal. Pada bulan ini biasanya kamu harus berebutan dengan calon pengantin yang lain untuk mendapatkan vendor dan venue sesuai dengan keinginanmu dan pasangan. Bukan tak mungkin beberapa venue favorit bahkan sudah penuh dipesan dari jauh-jauh hari. Jika bisa mendapatkannya pun, harganya mungkin akan relatif lebih mahal.

Oleh sebab itu, akan ada baiknya jika kamu bisa menghindari musim ramai pernikahan ini. Kamu bisa memilih hari kerja jika memungkinkan. Namun, risikonya akan ada beberapa orang yang tidak bisa hadir karena urusan pekerjaan. Kamu juga bisa memilih musim hujan. Walaupun mungkin lebih ribet, menikah saat hujan akan memberikan memori yang romantis pada pernikahanmu.

2. Pertimbangkan venue yang tidak biasa

wm_article_img
Fotografi: Capture Your Moment

Jika mendengar kata venue pernikahan, kamu mungkin akan terpikir gedung atau ballroom hotel. Dua tempat ini biasanya akan memberikan harga yang relatif fantastis. Jika kamu ingin menggelar pernikahan di luar rumah, tempat seperti restoran atau kafe bisa dipertimbangkan. Dengan catatan, acara yang kamu gelar bersifat intimate sehingga tidak perlu menyewa seluruh tempat dan tak perlu terlalu banyak dekorasi serta hiburan yang biasanya berisik. Hal ini akan membuat budget sewa venue lebih murah.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan jarak ke venue pernikahan juga, ya. Pastikan tempatnya tidak terlalu jauh sehingga kamu juga bisa lebih hemat energi dan biaya saat akan mengunjungi venue ini atau bolak-balik untuk menaruh barang.

Selain menggelarnya di luar ruangan, kamu juga bisa menggelar acara pernikahan di rumah apabila memungkinkan. Halaman belakang bisa kamu sulap menjadi area pernikahan dengan konsep garden party atau piknik yang menyenangkan. Pastikan minta izin ke tetangga saat menggelarnya, ya.

3. Manfaatkan teknologi

wm_article_img
Undangan pernikahan digital | Foto: undanganonlinemu

Zaman sekarang sudah ada banyak perkembangan teknologi yang bisa kita manfaatkan untuk membuat banyak hal lebih efisien, termasuk dalam hal persiapan pernikahan. Kamu bisa menggunakan bantuan teknologi untuk membuat undangan sekaligus mengirimnya. Saat ini sudah banyak aplikasi maupun website yang menyediakan template undangan pernikahan gratis maupun berbayar yang bisa kamu manfaatkan.

Selain bisa menghemat pengeluaran untuk mencetaknya, menggunakan undangan online juga membuatmu menghemat energi karena tidak perlu bertemu secara langsung dengan vendor untuk menjelaskan keinginanmu. Pun, kamu tidak perlu repot menanyakan alamat dari list undangan dan mengirimkannya pada mereka.

4. Pertimbangkan menyewa daripada membeli

wm_article_img
Foto via Flo Organizer

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu mungkin berpikir untuk membeli berbagai hal yang dibutuhkan, mulai dari baju pengantin hingga sepatu yang akan dikenakan. Namun, sepertinya kamu perlu mempertimbangkan ulang hal ini. Alih-alih membelinya dan hanya menggunakannya sekali, lebih baik untuk menyewa benda-benda ini. 

Meskipun kamu mungkin tidak mendapatkan yang persis sesuai dengan keinginanmu, kini tetap ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih yang paling mendekati. Kamu juga bisa minta penyesuaian saat melakukan fitting baju sehingga dari segi ukuran, model, dan detail, kamu tetap bisa mendapatkan yang terbaik. 

5. Lakukan DIY (Do It Yourself)

wm_article_img
Dekorasi: Aerin Decora

DIY pernikahan sudah populer di negara lain. Kamu juga bisa melakukan DIY untuk pernikahanmu. DIY memiliki kepanjangan Do It Yourself yang artinya melakukan atau membuat sesuatu sendiri. Dalam konteks pernikahan, ada banyak hal yang bisa kamu buat sendiri, misalnya mahkota bunga untuk pernikahan dengan tema rustic, background foto di photobooth yang bisa kamu hias dengan berbagai hal, seperti bunga, benda-benda lucu dan personal, dan lain-lain.

Jika jumlah tamu tidak terlalu banyak, kamu juga bisa membuat suvenir sendiri sesuai dengan hobimu supaya tidak terlalu menjadi beban. Pastikan membuatnya tidak terlalu mepet agar kamu tidak terlalu terburu-buru dalam mengerjakannya.

Hal ini membuatmu tak hanya menghemat budget, tapi juga memberikan sentuhan personal pada berbagai bagian di acara pernikahan. Tamu yang datang pun akan merasakan kesan tersebut dan merasa lebih akrab dengan suasana yang dibangun.

6. Menggunakan substitusi

wm_article_img
Dekorasi: Aerin Decora

Ada beberapa benda yang lebih mahal daripada barang lainnya. Kabar bagusnya adalah benda ini biasanya memiliki pengganti. Misalnya, alih-alih menggunakan bunga yang rimbun di seluruh dekorasimu, kamu bisa menggantinya di beberapa bagian dengan kain yang dibentuk sedemikian rupa. Kamu bisa menggunakan bunga segar di beberapa bagian saja, misalnya centerpiece pelaminan.

Kamu juga bisa melakukan substitusi ini untuk bagian pencahayaan yang elegan. Alih-alih menggunakan chandelier yang mewah, kamu bisa menggantinya dengan standing lamp atau pilihan lampu lain yang lebih murah.

Bukan hanya barang yang terlihat, kamu juga bisa mengganti kehadiran band sebagai hiburan dengan musik lain. Kamu bisa minta tolong jika memiliki teman seorang DJ untuk membuatkan musik remix yang sesuai dengan tema pernikahan. Hal ini akan banyak menghemat budget pernikahanmu.

7. Berdiskusi dengan  vendor

wm_article_img
Foto via Flo Organizer

Jika kamu memang ingin menghemat energi dengan menggunakan jasa wedding organizer, lakukan banyak riset untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Biasanya mereka akan menawarkan paket pernikahan tertentu. Hal ini bisa memberikanmu keuntungan, tapi bisa juga memberikan kerugian jika kurang teliti. Makanya, perbanyaklah referensi dengan bertanya kepada orang sekitar maupun kepada berbagai vendor lain untuk membandingkan dan mendapatkan penawaran terbaik.

8. Terimalah bantuan dari orang lain

wm_article_img
Bridesmaid pernikahan | Foto via Archiera Brides

Sering kali kita terlalu segan untuk merepotkan orang lain dan menganggap semuanya bisa dilakukan sendiri. Kenyataannya akan ada banyak hal yang harus diurus yang mana akan ada saja yang detail kecil yang terlewat sebagaimanapun kita berusaha untuk merencanakannya. Makanya, jika memang memerlukan bantuan, tak ada salahnya untuk menghubungi orang terdekat seperti keluarga atau teman. 

Kamu juga bisa meminta bantuan mereka sesuai dengan keahlian. Misalnya, seperti membuatkan desain undangan. Biasanya mereka akan cenderung memberikan harga miring karena kepentingan ini adalah untuk hari spesialmu.

9. Undang orang terdekat saja

wm_article_img
Foto: Sadajiwa Immagine

Salah satu hacks yang satu ini mungkin sudah kamu jadikan pertimbangan. Tak ada salahnya membuat pernikahan menjadi lebih intim dengan mengundang orang-orang terdekat saja. Selain menghemat berbagai hal, kamu juga bisa memiliki waktu yang lebih akrab karena semua tamu yang diundang kamu kenali dengan baik. Tantangan dari hal ini biasanya ada di orang tua yang ingin mengundang teman-teman mereka juga. Untuk itu, kamu perlu memberikan pengertian agar mereka mau memahamimu.

Beberapa tips pernikahan tersebut bisa kamu terapkan untuk bisa lebih menghemat budget. Jangan lupa untuk mendiskusikannya juga dengan pasanganmu, ya. 


Foto cover: Morden

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...