Ide Catering Makanan untuk Pernikahan

14 Oct 2020 | By Wedding Market | Viewers: 147
Ide Catering Makanan untuk Pernikahan
Foto: BBC

Pernikahan merupakan moment yang sakral bagi sepasang kekasih yang semestinya hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Tidak heran ditemukan banyak orang yang menghabiskan uang dan energi untuk merayakan hari bahagia tersebut. Salah satu faktor pendukung yang bisa memperlancar acara pernikahan yaitu catering makanan untuk pernikahan.

Saat ini catering untuk pernikahan menawarkan beragam kuliner, mulai dari makanan khas nusantara maupun internasional. Hidangan nusantara masih menjadi sajian favorit yang disajikan dalam acara pernikahan, dan dijadikan sebagai menu yang paling banyak disukai dalam menu buffet.  Beragam olahan makanan khas dari nusantara bisa kamu pilih yang disesuaikan dengan terma pernikahan yang kamu am bil

Untuk menentukan menu makanan yang kamu pilih tetap tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Sebelum memastikan pilihan catering makanan untuk pernikahan ada baiknya kamu memperhatikan beberapa tips dalam memikih catering tersebut, diantaranya:

  • Menentukan konsep dalam menyajikan makanan yang dipilih sebelum memilih jasa catering
  • Menyesuaikan pilihan menu dengan tema pernikahan agar nampak serasi dengan konsep pernikahan
  • Menyajikan menu utama yang biasanya umum untuk dikonsumsi oleh para tamu undangan
  • Menghindari makanan yang sulit untuk dimakan
  • Memastikan ketersediaan makanan cukup dan beragam
  • Menyeimbangkan antara menu makanan pembuka, makanan utama dan penutup
  • Melakukan tes food sebelum kamu memilih menu makanan yang akan dihidangkan dalam acara pernikahan
  • Menentukan anggaran sebelum memilih paket pernikahan

Setelah kamu memperhatikan beberapa tips untuk memilih makanan catering pernikahan saatnya kamu untuk menentukan menu apa yang akan disajikan. Jika kamu masih merasa ragu dan bingung, berikut beberapa menu catering makanan untuk pernikahan yang bisa dijadikan sebagai referensi kamu, diantaranya:

Aneka Soto

Rasa segar dari kuah soto sudah biasa disajikan untuk menu catering pernikahan. Seperti soto lamongan, madura, betawi, kudus serta soto mie bogor. Jika bosan, kamu bisa mencoba hidangan coto makassar

Aneka macam nasi

Ada banyak jenis olahan nasi yang bisa disajikan selain nasi putih. Contohnya nasi rames, nasi liwet, nasi goreng hongkong, nasi goreng merah hingga nasi goreng coklat.

Olahan Sate

Aneka olahan sate masih menjadi favorit, seperti sate ayam dan sate kambing. Kamu juga bisa menggantinya dengan sate taichan.

Aneka olahan ayam

Seperti ayam panggang bumbu bali, ayam goreng mentega, ayam bumbu rujak, ayam lapis keju dan ayam cusnut. Ada pula jenis olahan lain dari ayam, seperti chicken teriyaki, chicken cordon bleu dan sebagainya.

Aneka olahan daging

Catering makanan untuk pernikahan selanjutnya adalah aneka olahan daging. Banyak jenis olahan daging sapi untuk dijadikan menu catering pernikahan. Seperti masakan daging kecap, teriyaki, rica-rica, steak, rolade, daging lada hitam, daging krengseng, daging masak saos tiram sampai kailan sapi.

Aneka olahan mie

Banyak jenis olahan dari mie yang bisa dibuat sajian makanan utama dalam acara pernikahan. contohnya spagheti, mie seafood serta mie goreng yang sangat terkenal kelezatannya.

Olahan aneka jenis ikan

Seperti masakan ikan asam manis, ikan tuna rica-rica, kakap asam manis atau kakap fillet dengan bumbu merah.

Aneka ragam sop

Contohnya sop ayam sosis, sop kimlo, sop ayam jagung, sop iga, sop daging dan sop buntut sapi. Atau masakan sop yang lagi naik daun, zuppa soup. Zuppa soup adalah hidangan sop isi jagung dan ayam yang hangat lalu ditutup dengan roti berisi krim.

Olahan sayuran

Catering makanan untuk pernikahan selanjutnya yaitu olahan sayuran yang cocok bagi vegetarian, dan rasanya juga tidak kalah enak. Contohnya seperti capcay, gado-gado, slada bangkok dan jenis sayuran lain.

Menu makanan yang tidak kalah favorit adalah bakso, macaroni schotell, corean BBQ dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menyajikan makanan pendamping berikut ini dalam daftar menu catering pernikahan, seperti:

  • Tahu gejrot
  • Chicken wings
  • Pempek Palembang
  • Seblak pedas
  • Siomay
  • Kerupuk udang atau emping
  • Rujak pengantin

Beragam daftar menu catering pernikahan di atas tentunya bisa kamu pilih sesuai tema yang diusung. Pastikan semuanya tersaji dengan baik, sebagai wujud terima kasih atas kehadiran para tamu undangan.

Namun dengan banyaknya pilihan makanan bisa membuat kamu bingung memilihnya, selain pilihan makanan catering di atas kamu juga bisa memilih catering makanan untuk pernikahan yang kekinian, diantaranya sebagai berikut:

Es Kopi Susu 

Belum kekinian rasanya kalau di pernikahan nanti tidak ada kopi susu. Minuman es kopi susu ini sudah melekat sebagai minuman dari kaum milenial. Kamu bisa memilih menu es kopi susu ini sehingga para tamu undangan yang datang agar lebih santai dalam menikmati acara pernikahan sambil minum segelas kopi.

Hidangan Pasta

Pasta merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari negara Italia. Hidangan pasta ini memiliki banyak penggemar dengan sajian makanan yang identik disajikan dengan tambahan keju dan bumbu yang creamy.

Untuk hidangannya kamu bisa memilih pizza, spaghetti, lasagna dan yang lainnya. Namun lebih baik jika kamu memilih hidangan yang bisa bertahan lebih lama seperti lasagna dan spaghetti.

Telur Gulung

Jika dilihat telung gulung tidak seperti menu makanan modern diatas. Namun kamu bisa memilih menu ini sebagai catering makanan untuk pernikahan kekinian, karena makanan ini tak lekang oleh waktu.

Walaupun terlihat sederhana, berupa telur yang dadar yang digoreng tipis, kemudian digulung sehingga berbentuk lonjong seperti otak-otak. Orang-orang senang membeli jajanan ini karena selain murah dan enak, telur gulung juga bisa bikin kita nostalgia ke masa kecil.

Hamburger Mini yang Instagramable

Terasa ada yang kurang jika pernikahan modern dengan menggunakan menu kekinian namun tidak adah hidangan yang satu ini. Tidak jauh berbeda dengan pasta, humburger merupakan salah satu makanan favorit yang disukai banyak orang. Selain enak humberger juga lebih mudah untuk dimakan.

Kamu bisa memilih humburger yang berukuran mini agar memudahkan ketika akan dimakan dibandingkan dengan humburger yang berukuran normal.

Chocolate Fondue

Untuk hidangan penutup atau dessert catering pernikahan, kamu bisa memilih chocolate fondue. Pilihan ini merupakan pilihan yang tepat untuk menemani tamu ketika acara pernikahan berlangsung. 

Kamu bisa memilih aneka jenis buah-buahan, donat berukuran mini atau permen untuk dicelupkan pada coklat. Selain itu juga kamu bisa memilih jenis coklatnya. Saat ini banyak orang yang memilih air terjug coklat stroberi dibandingkan dengan coklat biasa.

Es Krim Sandwich

Pilihan menu catering untuk pernikahan yang bisa kamu coba selanjutnya adalah adalah ice cream sandwich. Ice cream sandwich ini adalah makanan khas Singapura. Ice cream sandwich yang dihidangkan dalam acara pernikahan kamu tentu akan membuat para tamu undangan merasa senang.

Ice cream sandwich akan membuat para tamu merasa lebih segar karena hawa yang panas, selain itu juga bisa membuat perut kenyang karena disajikan dengan roti.

Itu dia beberapa menu catering makanan untuk pernikahan yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk memilih makanan catering pernikahan di hari pernikahanmu.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket