Pilih Kategori Artikel

Catering Pernikahan Palangkaraya? Ini Aneka Menu Khasnya yang Beragam
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan adalah suatu hal yang sangat sakral dan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan kekasih. Pergelaran pesta pernikahan kadangkala dilakukan secara besar-besaran karena banyak orang yang menginginkan acara sakral dalam hidupnya ini dapat meninggalkan kesan. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas makanan dalam menu catering pernikahan Palangkaraya yang biasa disajikan.

Pesta pernikahan manapun tentunya pasti ada berbagai varian menu hidangan yang menggugah selera mulai dari menu prasmanannya hingga hidangan menu yang lain. Jika kamu berasal dari Palangkaraya, kamu pasti tahu bahwa biaya pesta pernikahan dengan segala tetek bengeknya sangatlah mahal, namun tidak perlu risau untuk hal ini karena kamu bisa melakukan negosiasi dengan pemilik jasa. 

Dalam beberapa hal, kamu pasti kebingungan mencari berbagai varian menu yang ditawarkan oleh vendor. Belum lagi, menu yang kamu pilih harus menyesuaikan dengan banyaknya tamu undangan, untuk itu, sebaiknya perbanyaklah menu prasmanan daripada menu gubukan karena menu gubukan lebih membuat antri dan lama. 

Daftar Menu Andalan Catering Pernikahan Palangkaraya

wm_article_img
Foto: Pexels

Untuk hidangannya sendiri, ada beberapa pilihan menu makanan yang pas untuk   dihidangkan dalam pesta pernikahan kamu. Menu-menu ini mungkin bisa anda ajukan pada jasa catering pernikahan Palangkaraya yang digunakan.

1. Kue Gagatas

Kue ini merupakan makanan khas Palangkaraya yang wajib ada pada pernikahan kamu, nama lain dari kue ini adalah kue getas, bahan dari kue gagatas ini merupakan ketan yang sudah di oleh lalu digoreng dan diberi gula. Rasa khas dari kue ini adalah manis dan gurih, dan ini sangat cocok bagi tamu undangan kamu yang menyukai hidangan manis.

2. Hintalu Karuang

Hintalu karuang memiliki arti telur kelelawar, namu jangan salah mengira makanan yang satu ini bukan berasal dari kelelawar melainkan dari ketan. Disebut dengan hintalu karuang karena bentuk dari makanan ini berupa adonan tepung ketan yang berbentuk bulat. Makanan ini biasanya disajikan dengan siraman gula merah dan santan yang memberi rasa legit dan gurih. Makanan ini bisa kamu ajukan pada catering pernikahan Palangkaraya yang kamu gunakan.

3. Lemang

Lemang adalah makanan khas melayu yang masih bertahan di daerah Palangka Raya. Lemang terbuat dari beras ketan dan memiliki bentuk hampir mirip dengan lontong namun bukan lontong, bentuk yang seperti ini karena lemang dimasak dalam bambu sehingga makanan ini memiliki aroma yang khas. Makanan ini merupakan entitas nasi jadi cocok digunakan sebagai hidangan dalam pesta pernikahanmu dengan menggunakan lauk apa saja sesuai selera tamu.

4. Juhu Umbut Rotan

Menu catering pernikahan Palangka Raya yang bisa kamu ajukan kepada pihak vendor kali ini adalah makanan yang terbuat dari rotan, Juhu Umbut rotan. Rotan yang digunakan biasanya adalah rotan muda sama seperti masakan rebung, namun bedanya jika rebung umumnya hambar tapi tidak dengan rotan, rotan muda memiliki rasa yang sedikit pahit. 

Pengolahan makanan ini dengan cara direbus dan diberi bumbu, sekilas makanan ini nampak seperti gulai. Untuk kuahnya itu sendiri terkadang ada yang menggunakan santan dan ada yang tidak menggunakannya, tekstur dari rotan itu sendiri adalah kenyal dan tidak keras beda dengan rebung yang memiliki tekstur renyah walaupun sudah dimasak.

5. Keripik Kalakai

Menu Catering pernikahan Palangka Raya selanjutnya yaitu keripik kalakai, makanan ini memang cocok disajikan sebagai cemilan khusus bagi para tamu undangan yang hadir. Kalakai  merupakan tumbuhan yang hidup di hutan tropis Kalimantan, sejak dulu tanaman ini memang sudah digunakan sebagai pengobatan dan juga makanan oleh suku Dayak.

Cara pengolahan camilan ini yaitu daun karakai dicampur dengan adonan tepung yang dibumbui nantinya yang akan dijadikan kripik setelah itu digoreng. Rasa dari keripik ini yaitu gurih dan ada aroma rempah di dalamnya. Tanaman kalakai memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu bagi penderita anemia, diare, dan juga bisa digunakan untuk menjaga kekencangan kulit.Jadi  tidak salah jika kamu menggunakan keripik kalakai sebagai camilan dalam catering pernikahan Palangka Raya. 

6. Sate

Makanan ini biasanya lumrah digunakan untuk pesta pernikahan karena cukup praktis dan dan pengolahannya tergolong mudah karena hanya tinggal membakar dan memberi bumbu. kamu bisa menggunakan sate dari daerah manapun dan juga daging apapun, namun daging yang paling lumrah digunakan yaitu ayam, sapi dan kambing.

7. Pasta 

Untuk makanan yang satu ini memang tergolong makanan yang cukup mewah, selain makanan ini yang berasal dari Eropa, makanan ini merupakan menu paling populer dan kadang digunakan dalam menu hidangan pernikahan. Jika kamu ingin memasukkan makanan ini dalam menu catering pernikahan Palangkaraya sebaiknya rundingkan dulu apakah ada hidangan ini dalam menu yang ditawarkan, jika menu ini ada maka kamu bisa menjadikannya sebagai hidangan.

8. Menu Kuah

Untuk menu hidangan yang satu ini kamu bisa memilih sop, soto, ataupun gulai. Menu ini selalu sukses dan pasti laris karena kebanyakan lidah para tamu sangat cocok untuk beberapa menu lokal ini.  Menu ini harus hadir dalam meja prasmanan kamu, untuk rasa dijamin tidak akan kecewa karena masakan kuah sudah sudah merupakan ciri khas masakan Indonesia.

Untuk pemilihan menu ini janganlah terburu-buru ketika menentukan, perhatikan beberapa hal seperti budget, dalam memilih menu perhatikanlah apakah sesuai atau tidak dengan budget yang kamu miliki. Untuk catering pernikahan Palangkaraya milikmu mintalah daftar biaya agar  kamu tidak sampai menghabiskan banyak uang prosesi hidangan saja, sedangkan untuk yang lainnya belum.

Lakukan  perundingan dengan pihak vendor yang kamu pesan tentang apa saja yang harus dan tidak kamu pesan untuk makanan, pastikan menu yang kamu pilih itu pas.  Jika kamu menikah dengan orang luar daerah , seperti Jawa atau Sumatera pastikan hidangkan juga masakan adat mereka karena lidah setiap orang berbeda. Tidak masalah jika kamu menghidangkan 2 jenis makanan adat, bahkan itu bisa menjadi solusi yang baik.

Pastikan menu catering pernikahan Palangka Raya  yang kamu pesan sesuai dengan tema yang di usung. Misalkan kamu  menggunakan tema pernikahan adat maka setidaknya harus ada masakan adat di dalamnya atau padu padan kan masakan adat dengan menu masakan modern. Dan jika kamu mengusung tema pernikahan modern pastikan menu yang dipilih lebih banyak masakan modern dan padankan dengan masakan tradisional.

Cara ini bisa kamu lakukan agar tidak terjadi pembekalan biaya sehingga dana yang seharusnya digunakan hal lain harus terpakai untuk biaya makanan. Untuk itulah kamu harus mengatur setiap hal untuk acara pernikahanmu sambil meminta saran pada vendor catering pernikahan Palangka Raya yang kamu sewa, jadi jika ada sisa dana, kamu bisa alihkan untuk keperluan lain.

Itulah tadi ulasan mengenai menu catering pernikahan Palangka Raya yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk pernikahanmu dengan pasangan nanti.

Dalam mencari vendor catering pernikahan, kamu juga bisa mengunjungi situs WeddingMarket. Selain sudah pasti berpengalaman, pilihan paket yang beragam sudah tersedia secara online. Kamu juga bisa gunakan WeddingTools untuk mengelola guest list, membuat to do list, hingga mengatur vendor pernikahan secara online dan gratis.

Ingatlah,  pastikan kamu selalu mempersiapkan segala sesuatu dari jauh-jauh hari agar acara yang kamu gelar tertata dengan rapi.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...