Contoh Teks MC Pernikahan yang Mudah dan Sederhana - Wedding Market

Contoh Teks MC Pernikahan yang Mudah dan Sederhana

15 Dec 2020 | By Septina Muslimah WeddingMarket | Viewers: 122328
Contoh Teks MC Pernikahan yang Mudah dan Sederhana
Foto: artikeloka from Medium

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam setiap acara apapun apalagi pernikahan MC tentu memiliki peran yang memang tidak kalah penting. Supaya pelaksanaan acara pernikahan bisa berjalan sesuai dengan skenario sampai bisa menjadi momen yang sangat berkesan tentu membutuhkan peran MC pernikahan. Jika kamu pemula dan bingung maka contoh teks MC pernikahan dibawah ini bisa menjadi solusi.


Pada dasarnya, di dalam sebuah acara pernikahan tentu sangat membutuhkan seorang yang memang bisa memandu dalam berlangsungnya pernikahan supaya bisa dapat membuat suasana menjadi lebih indah, rapih dan elegan serta bisa membawa nuansa yang berbeda diantara acara pernikahan lain. Penting bagi calon mempelai untuk menentukan MC pernikahan secara seksama.

Oleh karena itu berikut ini adalah contoh teks MC pernikahan yang dimana mungkin bisa membantu kamu untuk menjadi seorang MC di sebuah acara pernikahan. Selain itu dalam sebuah pernikahan tentunya ada agenda atau susunan acara supaya bisa tertata dengan baik. Maka dari itu berikut ulasannya.

Contoh Susunan MC untuk Acara Pernikahan

  • Salam pembukaan
  • Pembacaan Ayat – Ayat Suci Al – Quran (untuk muslim)
  • Melakukan penerimaan keluarga pria
  • Melakukan penyerahan dari keluarga mempelai wanita
  • Nasehat pernikahan
  • Penutup dan doa

Rincian serta Poin – Poin Penting dalam Teks MC Pernikahan

Rincian serta Poin – Poin Penting dalam Teks Mc Pernikahan
Foto: Shutterstock

1. Salam Pembuka

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat Bapak............, dan tidak lupa hadirin hadirat tamu undangan yang kamu hormati. Pertama – tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu WaTa’ala atas semua karunia, limpahan rahmat, taufik dan hidayahnya. Sehingga kita bisa berkumpul di tempat yang insya Allih dimulyakan ini. 

Dalam keadaan yang sehat untuk menghadiri acara keluarga besar ........ dan ibu di pernikahan putrinya yang bernama ........ dengan saudara....... dari keluarga besar Bapak........

Sekilas itu untuk pembukaannya. Nah untuk selanjutnya kita masuk pada poin kedua.

2. Pembacaan Ayat Suci Al – Quran

Teks MC pernikahan yang kedua seperti ini : Acara yang selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Al – Quran yang nantinya akan dibacakan oleh saudara....... kepada saudara tersebut, tempat dan waktu dipersilahkan. Setelah saudara tersebut sudah selesai maka kemudian, “kepada saudara ...... kami ucapkan banyak terima kasih atas lantunan dalam pembacaan ayat suci Al quran yang sanat menyentuh hati. Semoga dari pembacaaan ayat suci tersebut kita bisa mendapatkan syafaat untuk kehidupan terutama untuk kedua mempelai.

3. Penyerahan dari Keluarga Mempelai Wanita

Contoh teks MC pernikahan yang selanjutnya adalah sebagai berikut : memasuki acara ketiga, merupakan sambutan penyerahan dari pihak keluarga mempelai wanita pada keluarga mempelai pria yang dimana akan disampaikan oleh, yang terhormat Bapak........ kepadanya dipersilahkan.

Apabila sudah melakukan penyerahan maka sebagai MC kamu melanjutkan acaranya. 

“Demikianlah sambutan penyerahan yang telah disampaikan oleh Bapak........... kepada .......... kami sampaikan terima kasih banyak sebesar – besarnya” semoga mempelai pria dan semua keluarga besarnya bisa mengerti serta dapat menerimanya dengan sepenuh hati tanpa adanya kekurangan maupun kelebihan.

4. Penerimaan Keluarga Mempelai Pria

Kemudian kamus sebagai MC melanjutkan naskah yang satu ini : acara selanjutnya adalah penerimaan dari pihak mempelai pria, sambutan tersebut akan disampaikan oleh yang terhormat dari Bapak....... kepadanya kamu persilahkan. 

Setelah sambutan sudah selesai, maka kamu sebagai Mc melanjutkan acaranya

Kepada Bapak........ kamu ucapkan terima kasih sebesar – besarnya. Demikian telah kita saksikan secara seksama acara serah terima dari kedua mempelai. Marilah kita bersama iringi do’a semoga kedua mempelai mendapatkan limpahan rahmat serta berkah dari Allah SWT. Sehingga insya Allah bisa membina mahligai rumah tangga yang bahagia fidunya wal akhirah. Amiin, Amiin Ya Robbal Alamiiin.

5. Siraman Rohani atau Nasihat Pernikahan

Contoh teks MC pernikahan selanjutnya merupakan nasihat pernikahan atau juga disebut siraman rohani seperti ini : sekarang sampailah kita ke acara yang selanjutnya yaitu nasihat pernikahan yang akan disampaikan oleh Bapak......... kepada beliau dipersilahkan.

Setelah siraman rohani tersebut sudah disampaikan atau sudah selesai maka MC kembali memimpin acaranya kembali seperti contoh berikut : kami ucapkan banyak terima kasih Bapak atas siraman rohani atau nasihat pernikahan yang telah disampaikan.

Dengan nasihat tadi yang sudah disampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kedua mempelai dan juga kita semua serta membuat kedua mempelai tersebut menjadi sebuah keluarga yang bahagia, harmonis dan sakinah, mawaddah wa rahmah.

6. Penutup dan Doa

“Bapak, Ibu,Saudara sekalian yang berbahagia. Acara demi acara telah dilaksanakan bersama. Kini tibalah kita pada penghujung acara yaitu penutup dan pembacaan doa yang nantinya akan dipimpin oleh yang terhormat dari Bapak.......... kepadanya kami persilahkan.

Setelah pembacaan do’a selesai. Mc menutup acara dengan contoh teks MC pernikahan dibawah ini :

Semoga dengan do’a yang kita semua panjatkan bisa dikabulkan oleh Alloh Swt dan terima kasih kepada Bapak yang telah memimpin do’a.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai contoh teks MC pernikahan. Semoga dengan adanya hal ini bisa membantu kamu yang mungkin baru pertama kali membawakan sebuah acara terutama di acara pernikahan. Namun, tak ada salahnya jika melihat bagaimana selebriti MC pernikahan membawakan sebuah acara untuk jadi referensi kamu.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket
Hubungi Kami!
Chat Us