Indahnya Contoh Mahar Uang Ini! Namun Bolehkah Uang dijadikan Mahar?

31 Mar 2021 | By Ravica WeddingMarket | Viewers: 157
Indahnya Contoh Mahar Uang Ini! Namun Bolehkah Uang dijadikan Mahar?
Foto: Sella Handmade on iStock

Kamu pasti sering melihat berbagai contoh mahar uang yang berada di dunia maya. Atau mungkin kamu juga pernah melihat kerabat atau teman yang menggunakannya.

Uang yang dijadikan mahar yang dibentuk sedemikian rupa memang terlihat sangat menarik. Bahkan mungkin kamu berpikir, bagaimana bisa uang yang dilipat-lipat kemudian disusun menjadi tampak sangat berbeda.

Burung, pohon, bunga, hati, merupakan sedikit bentuk yang bisa menggunakan uang kertas sebagai materialnya. Sayangnya, sebaiknya kamu tidak berpikir untuk melakukan hal yang sama-sama. Alih-alih ingin mengabadikan mahar menjadi kenang-kenangan dan dibuat dalam bingkai, kemudian hendak kamu pajang di dinding kamar atau ruang tamu, sebaiknya urungkan niat itu sekarang.

Mengapa begitu? Ini karena mahar dalam bentuk yang asli, baik itu kertas atau pun koin memang tidak diperbolehkan, terutama bila uang dibentuk atau dilipat, bahkan digunting hingga menjadi bentuk yang kamu inginkan. Lain halnya bila uang tidak diubah bentuknya dan tetap dalam keadaan rapi, yang berisiko pada robeknya uang, ketika mahar hendak dibuka.

Bahkan jika kamu melanggar dan tetap melakukannya. Siap-siap saja diganjar dengan pasal yang mengatur tentang mata uang, mengerikan bukan?

Untuk menghindarinya, kamu bisa menggunakan uang atau koin mainan dan bisa digunakan sebagai simbolis saja, sementara uang dalam wujud aslinya, tidak diubah sedikitpun. Namun jika kamu ingin tetap menggunakan uang sebagai mahar, ada baiknya uang tetap dibiarkan dalam bentuk utuh seperti contoh mahar uang di bawah ini.

Contoh Uang Mahar yang Cantik dan Estetik

1. Mahar Uang Kipas

Indahnya Contoh Mahar Uang Ini! Namun Bolehkah Uang dijadikan Mahar?
Foto: Elegant Channel on Youtube

Tidak mengubah bentuk uang sedikit pun, kamu bisa merangkai uang kertas seperti sebuah kipas. Kemudian diletakkan secara rapat dan tersusun rapi. Baru kemudian bisa kamu letakkan di atas alas dan frame kaca.

Untuk variasinya sendiri bisa digunakan uang yang seusai jumlah mahar yang akan diberikan. Tidak sedikit juga yang memilih jumlah mahar sesuai dengan tanggal pernikahan, atau bahkan tanggal di mana kalian pernah mengucap janji pacarannya sebelumnya.

Tentukan saja terlebih dahulu jumlah yang akan digunakan. Namun pastikan nilainya tidak memberatkan calon pasanganmu, ya! Atau jika perlu, minta pasanganmu untuk menabung terlebih dahulu, hingga kelak uang mahar yang kalian inginkan bisa tercapai.

2. Mata Uang Asing

Foto: maknaseserahan on Shopee

Tidak hanya menggunakan mata uang rupiah saja, kamu juga bisa meminta pasangan untuk mengirimkan mahar dari mata uang negara lain. Namun sama halnya seperti uang rupiah, kamu juga jangan berpikir untuk mengubah bentuknya atau melipat, hingga meletakkan lem di uang tersebut.

Namun kamu juga bisa membentuk uang sedemikian rupa, tanpa harus membubuhkan lem, bahkan mengguntingnya. Jika kamu menggunakan klip untuk menggabungkan uang, maka bagian tersebut bisa ditutup menggunakan kertas atau kain yang bertuliskan inisial kalian sebagai pengantin.

3. Uang Mainan

Indahnya Contoh Mahar Uang Ini! Namun Bolehkah Uang dijadikan Mahar?
Foto: rudi_hartono25 on Shopee

Ini adalah contoh mahar uang untuk pernikahan yang sangat menarik. Dibentuk seperti kapal pinisi dan menggunakan uang kerta lima dan dua puluh ribuan yang dilipat dan digulung, hingga menarik untuk diperhatikan . Perhatikan juga bentuk ombak yang ditampilkan, semuanya nampak sempurna dan indah.

Kamu bisa mencontoh atau memesan uang mahar yang dibentuk seperti ini pada vendor pembuat mahar. Namun sekali lagi, pastikan untuk tidak menggunakan uang asli sebagai materialnya, ya! Bisa kamu bayangkan sendiri ketika uang tersebut akan dilepas dan digunakan, pastinya akan rusak atau sobek, kan?

4. Burung

Foto: Bengkulu Express

Tidak sedikit juga yang memilih jenis mahar pernikahan dari uang yang dibentuk seperti burung. Biasanya yang dipilih adalah bentuk burung merak yang dikenal dengan ekornya yang indah dan berwarna-warni. Pastinya sulit untuk membuat mahar dengan desain seperti ini, ya! Untuk itu, dibutuhkan keahlian serta kesabaran saat melakukannya.

5. Pohon Koin

Indahnya Contoh Mahar Uang Ini! Namun Bolehkah Uang dijadikan Mahar?
Foto: lavanawedding.com

Sama menariknya dengan yang kertas, uang dalam pecahan koin pun bisa dijadikan pilihan untuk mahar pernikahan. Bentuk koin uang mainan bisa disusun sedemikian rupa hingga menyerupai pohon.

Sebab, menggunakan koin mainan maka koin bisa dilem hingga bisa menempel dengan kuat pada alas kertas atau alas untuk meletakkannya. Hiasan lainnya bisa ditambahkan origami bunga atau burung dari uang kertas. Jangan lupa, uang yang dipilih mainan, ya!

6. Mahar Uang Asli

Foto: Rumah Bolu Art on Facebook

Masih ada pilihan hiasan yang menarik dari uang yang akan digunakan untuk mahar. Salah satu contoh mahar uang kertas untuk pernikahan seperti gambar di atas. Uang sudah bisa dipastikan menggunakan uang asli, namun tidak dilipat, digunting, juga di lem, sehingga desain ini cukup aman, dan bisa kamu tiru.

Untuk mempercantik mahar, kamu juga bisa memilih menggunakan hiasan berbentuk masjid. Dilengkapi dengan nama pengantin dan tanggal pernikahan.

7. Buket Bunga

Indahnya Contoh Mahar Uang Ini! Namun Bolehkah Uang dijadikan Mahar?
Foto: Wowl_Project on Shopee

Pernahkah kamu berpikir untuk membuat mahar dalam bentuk buket? Ya, syarat mahar buket uang yang satu ini disusun membentuk kelopak bunga yang dilipat. Pasti hasilnya akan sangat cantik, apalagi jika dipadukan dengan aneka warna uang kertas.

Urungkan niatmu segera untuk melakukan ini karena kamu bisa memilih membuat buket bunga dari uang asli, dan cara yang paling aman adalah, dengan membungkus satu-persatu uang kertas dengan plastik seukuran uang, kemudian disusun menyerupai buket bunga pada umumnya.

Di sini, kamu tidak akan merusak uang sedikitpun, karena jika ada kegiatan menggunting atau menggabungkan uang, hanya akan mengenai bagian ujung plastiknya saja. Jadi ini bisa jadi pilihan terbaik, untuk membuat mahar dari uang.

Contoh mahar uang di atas hanyalah sebagian kecil. Masih banyak sekali inspirasi yang menarik untuk menjadikan uang sebagai mahar. Sayangnya, kamu memang harus memperhatikan betul, untuk tidak menggunakan uang asli. Dan jangan pernah berpikir untuk tetap melakukannya kemudian mengunggahnya ke media sosial.

Untuk membuat mahar dengan aneka desain, sebenarnya kamu sudah bisa menggunakan vendor khusus. Mereka akan menawarkan desain mana yang kamu suka, untuk kemudian dibuatkan sesuai dengan keinginan.

Harga jasa yang ditawarkannya pun cukup beragam dan ini pastinya disesuaikan dengan material yang digunakan, ukuran serta desain yang kamu pilih. Semakin sulit desain, maka akan semakin tinggi harga jasa yang harus kamu bayar.

Pilihlah vendor pembuat dekorasi mahar yang terpercaya dan berpengalaman. Dan yang tidak kalah penting, mereka juga profesional, dan bisa menyelesaikan pesanan tepat pada waktunya. Untuk menghindari terjadinya kerusakan, kamu bisa memilih vendor yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggalmu atau minimal berada di kota yang sama.

Selain uang mungkin kamu berpikir untuk memilih material lain yang bisa digunakan sebagai mahar. Perhiasan atau emas batangan bisa menjadi pilihan menarik lainnya. Yang terpenting, tidak memberatkan calon pasanganmu, hingga akhirnya tidak membuatnya mundur untuk menikahimu.

Itu dia beberapa contoh mahar uang yang bisa kamu tiru atau setidaknya bisa menjadi inspirasimu. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan material lain, seperti bunga kering, kain, atau emas batangan dan perhiasan.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket