Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Dekor Pernikahan Kekinian yang Indah dan Mempesona
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sebuah acara pernikahan tidak lengkap rasanya jika tidak menggunakan dekorasi dan penataan secara khusus untuk tempat yang digunakan. Adanya dekorasi seperti ini tentu untuk menambah kesan yang lebih sakral dan romantis untuk sebuah acara pernikahan. Banyak sekali dekor pernikahan yang bisa kamu gunakan dan tentunya selalu mengikuti perkembangan zaman. 

Meskipun sederhana sebuah acara pernikahan dengan dekorasi yang cukup kekinian dan mengikuti perkembangan zaman akan terlihat lebih menarik dan berkesan. Pihak dekorator atau vendor yang menangani bagian dekorasi ini tentunya sudah memiliki konsep sekreatif mungkin sehingga membuat suasana dan tempat acara pernikahanmu menjadi lebih nyaman. 

Hampir setiap tahun dekorasi untuk acara pernikahan terus berubah dan berkembang mengikuti tren pada masanya. Bahkan beberapa jenis konsepnya juga diangkat dari konsep yang sudah ada sejak lama atau diangkat dari konsep jadul. Dengan sentuhan yang lebih modern dan kreativitas yang tinggi hasilnya akan sangat menarik dan mengesankan.

Inspirasi Dekor Pernikahan yang Kekinian

Dekor pernikahan kekinian memiliki banyak sekali unsur dan ciri khas yang sangat menarik. Kamu bisa memadukan ciri khas dan unsur-unsur tersebut dalam satu konsep yang baru atau menggunakan konsep yang sudah ada dengan unsur tersebut. Sebagai inspirasinya kamu bisa memilih beberapa contoh ciri khas dan unsur dekorasi untuk pernikahan yang kekinian berikut ini. 

1. Dekor dengan Cahaya Natural

wm_article_imgFoto: Aisyahulfa on Pinterest

Sebuah acara pernikahan tentu membutuhkan pencahayaan yang cukup bahkan relatif lebih terang. Selain agar membuat acara berjalan dengan lancar dan nyaman cahaya tersebut juga bisa membuat suasana serta dekorasi pernikahan lebih terlihat menarik. Selain itu, konsepnya pun akan tersampaikan dengan sangat baik jika didukung oleh cahaya yang sangat tepat. 

Akhir-akhir ini konsep dekorasi dengan penggunaan cahaya yang natural sangat banyak dipilih. Warna cahaya yang dimaksud ialah tidak terlalu terang dengan lampu berwarna putih namun menggunakan lampu khusus dengan cahaya sedikit redup. Warna cahaya seperti ini terlihat lebih natural namun tetap tidak mengganggu aktivitas karena nampak terlalu gelap. 

Warnanya biasanya tidak akan terlalu terang dan cenderung berwarna kekuningan. Kemudian untuk melengkapinya sering digunakan beberapa lampu hias berukuran sedang yang dipasang berjajar di tengah area pernikahan ataupun pada bagian lainnya. Diluar atau didalam ruangan penggunaan lampu seperti ini tengah digandrungi sebagai bagian dari dekor pernikahan kekinian. 

2. Warna Bunga Seragam

wm_article_imgFoto: Dekoruma

Biasanya dalam beberapa dekorasi sering menggunakan bunga dengan warna yang cukup beragam. Bahkan jenisnya pun seringkali dipilih dari beberapa jenis bunga yang disatukan dalam satu bagian. Dekorasi yang lebih kekinian sering menggunakan warna bunga yang tidak begitu banyak bahkan cenderung hanya satu warna saja. 

Saat ini kamu pastinya sering melihat di beberapa acara pernikahan tidak terlalu banyak warna bunga pada bagian dekorasinya. Warna yang dipilih cenderung seragam bahkan hanya memilih satu warna yang sama untuk semua bagiannya. Contohnya jika ingin berwarna putih maka seluruh bagian bunga yang dipilih hanya warna putih saja. 

Dekor pernikahan saat ini memang tampak lebih simple namun hasilnya sangat elegan salah satu contohnya adalah dengan pemilihan warna bunga yang tidak terlalu banyak ini. Penggunaan warna bunga yang seragam seperti ini hanya akan dipadukan dengan hiasan dedaunan serta lampu-lampu hias yang sangat menarik. 

Untuk konsep rustic maka akan dipilih hiasan lain berupa daun kering serta ilalang-ilalang besar yang akan membuat tampilannya terlihat lebih menarik. Warna bunga yang dipilih untuk konsep ini juga tidak akan terlalu bervariasi sehingga penampilannya sangat menarik dan tidak terkesan berlebihan. 

3. Penulisan Nama Pengantin di Pelaminan

wm_article_imgFoto: murahlaris on Shopee

Saat ini hampir dalam setiap penyelenggaraan acara pernikahan pada bagian pelaminan selalu menggunakan penulisan nama dari kedua pengantin. Nama yang ditulis bisa berupa inisial huruf kedua mempelai saja ataupun nama depan dari keduanya. Bahkan tanpa terlalu banyak hiasan bunga sekalipun dengan menggunakan hiasan berupa tulisan ini dekorasi akan terlihat sangat menarik. 

Warna yang dipilih juga cukup menarik dan netral terhadap dekorasi jenis apapun. Untuk tulisan seperti ini biasanya akan dipilih warna hitam, emas, atau warna silver bergantung dengan kecocokan terhadap jenis dekor pernikahan yang dipilih. Tulisan tersebut akan dipasang tepat di area tengah pelaminan di belakang tempat pengantin berdiri. 

Hal ini sudah menjadi tren masa kini untuk dekorasi pada acara pernikahan terutama di bagian pelaminan. Meskipun acara pernikahannya dibuat sesederhana mungkin tulisan seperti ini tetap sering digunakan karena akan membuat dekorasinya terlihat lebih menawan. Saat ini pastinya kamu akan sangat sering melihat dekorasi pelaminan seperti ini di setiap acara pernikahan. 

4. Penggunaan Kain untuk Pelaminan 

wm_article_imgFoto: Qhomemart

Di area pelaminan juga sering menggunakan kain yang dipasang seperti sebuah dinding. Pemasangannya ada yang dibuat lurus dan sangat pas serta ada pula yang dipasang dengan cara dikerutkan di bagian pinggirnya. Ukurannya kurang lebih lebar 1 meter dengan panjang hingga 2,5 meter. 

Nantinya ukuran tersebut akan dibuat bervariasi sehingga bisa terlihat bertingkat setiap tingginya satu sama lain. Kain tersebut akan dipasang di sebuah bidang datar dengan ukuran sama sehingga hasilnya akan terlihat seperti dinding asli. Warna yang dipilih biasanya ialah warna putih karena sangat netral dan bisa digunakan untuk berbagai jenis dekor. 

Ada pula yang menggunakan kayu atau bahan akrilik untuk membuat dinding buatan tersebut dengan ukuran tertentu. Nantinya dinding ini akan dibuat sebagai latar di area pelaminan. Ciri khas dari unsur dekor pernikahan kekinian ini adalah bagian atasnya bisa dibuat meruncing ataupun melengkung. 

Selanjutnya dinding ini akan dihias dengan penulisan nama kedua mempelai serta beberapa jenis bunga terutama pada bagian tepi atas. Untuk bagian tengah biasanya akan banyak dikosongkan dan hanya diberi sedikit hiasan saja. Dinding seperti ini sering digunakan akhir-akhir ini dalam acara pernikahan indoor maupun outdoor. 

5. Rustic Outdoor

wm_article_imgFoto: Kaloosh

Dekorasi pernikahan outdoor saat ini lebih banyak menggunakan konsep rustic. Penggunaan warna rustic yang lebih natural membuatnya terlihat sangat menyatu dengan alam terutama jika pernikahan tersebut dilangsungkan di sebuah kebun atau taman yang yang asri. Hal tersebut akan sangat menarik dan sesuai dengan situasi di sekitarnya. 

Warna coklat dan putih akan dipilih untuk dekor pernikahan outdoor dengan konsep rustic ini. Nantinya akan ditambahkan hiasan bunga dan lampu dengan warna yang natural. Dekorasi seperti ini akhir-akhir ini sangat banyak digunakan bahkan untuk acara indoor sekalipun. Namun sebagian besar acara outdoor sering diselenggarakan dengan konsep seperti ini. 

Konsep dekorasi rustic beberapa tahun terakhir ini memang menjadi tren dan sering digunakan dalam acara pernikahan. Hiasan yang dipilih pun pada dasarnya tidak terlalu mencolok bahkan bisa terlihat sangat simple. Hal ini sangat cocok untuk kamu yang akan menyelenggarakan acara pernikahan secara outdoor dengan konsep yang menarik. 

Itulah beberapa unsur dan ciri khas yang sering digunakan akhir-akhir ini pada dekor pernikahan. Salah satunya bisa dijadikan sebagai inspirasi agar membuat acara pernikahan semakin menarik dan mengesankan. Pastikan pilih vendor yang tepat agar setiap peralatan serta penataan nya bisa sesuai bahkan lebih menarik lagi.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...