10 Dekorasi Pelaminan Paling Populer Sepanjang Masa

20 Nov 2020 | By Wedding Market | Viewers: 138
10 Dekorasi Pelaminan Paling Populer Sepanjang Masa
Foto: Pexels

Mempersiapkan perayaan pernikahan yang berkesan agar menjadi kenangan yang menyenangkan, tentu menjadi satu keinginan besar dari para calon mempelai. Demi terciptanya suasana yang semarak dan juga hangat, konsep dekorasi pelaminan merupakan salah satu hal utama yang harus kalian perhatikan lho dears. 

Banyak dari calon mempelai yang merasa kesulitan dan juga bingung dalam menentukan dekorasi yang sesuai dengan konsep pernikahan impian mereka. Sejatinya, untuk menilai tatanan dan juga suguhan tampilan dekorasi yang menawan, para calon pengantin dapat melihatnya dari konsep dekorasi pelaminan yang diinginkan. 

Dekorasi pelaminan sendiri, merupakan pusat dari susunan dekorasi yang ditampilkan secara keseluruhan dalam sebuah acara pernikahan. Hal ini sendiri didasarkan pada konsep dimana kedua mempelai dan juga para orang tua akan lebih banyak menghabiskan waktu selama acara di areal tersebut sebagaimana adat dan kebiasaan dari masyarakat kita pada umumnya yang akan menghampiri kedua mempelai secara bergantian, bukan?

Nah, berikut ini adalah beberapa konsep dari dekorasi pelaminan yang bisa menjadi acuan dari kalian untuk menentukan pilihan tema dekorasi dari pernikahan impian kalian ya dears. 

1. Vintage Rustic

Dekorasi Pelaminan Vintage Rustic
Foto: weddingphotosolo from Instagram

Dekorasi pelaminan dengan konsep yang satu ini biasanya didominasi dengan design unfinished yang ditonjolkan pada ornament hiasan yang dipergunakan dears. Selain itu, unsur kayu yang kuat serta penggunaan daun dan pinus kering, bisa menjadi satu ciri khas yang cukup dominan dalam tema dekorasi pernikahan yang satu ini lho. 

Konsep Unfinished sendiri ditonjolkan dengan komposisi yang artsy dalam setiap tampilan dekorasi pelaminan bertema Vintage Rustic ini. Hal ini ditujukan agar komposisi yang ditimbulkan dari beragam paduan komponen yang terkesan belum terselesaikan ini sendiri justru dapat meningkatkan ambience yang hangat dan juga homey bagi para tamu undangan yang hadir dan juga mempelai sendiri. 

Palet warna yang dominan dapat kita lihat dari dekorasi pelaminan berkonsep ini sendiri adalah cokelat, gold, dan juga padu padan warna bernuansa pastel yang kalem dengan unsur bumi atau natural. 

Menonjolkan kesan unfinished dan juga unsur kayu didalamnya, dekorasi pelaminan rustic dekorasi pelaminan rustic pun dapat menjadi pilihan dekorasi bagi para calon mempelai yang ingin melangsungkan pernikahannya dengan nuansa alami, baik di dalam ruangan, maupun di luar ruangan ya dears. 

2. Bohemian Tropical

Dekorasi Pelaminan Bohemian Tropical
Foto: eliordesign from Instagram 

Cukup bertolak belakang dengan konsep dekorasi pelaminan sebelumnya, Bohemian Tropical sendiri hadir dengan padu padan komponen alam yang lebih berwarna lho. Memanfaatkan jenis tanaman palem untuk menonjolkan sisi bohemian dan juga greenery seperti rerumputan dan juga dedaunan hidup untuk mendapatkan kesan tropical, tema dekorasi yang satu ini, lazimnya dipergunakan untuk tema pernikahan di luar ruangan dears. 

Konsep dekorasi pernikahan yang terlahir dari penggabungan tema dekorasi pelaminan sederhana dari Bohemian style  dan Tropical style ini sendiri merupakan perpaduan yang terbilang baru dan cukup unik. Namun, dengan perpaduan dari dua konsep ini sendiri, kalian dapat lebih leluasa dalam meningkatkan suasana perayaan pernikahan yang lebih intim dan juga santai ya.

Selain itu, konsep dari dekorasi pelaminan yang ditonjolkan dalam tema Bohemian Tropical ini sendiri biasanya akan menggunakan pilihan bunga hidup yang segar namun berwarna lembut seperti orchid, aloinopsis dan juga dendrobium. Dan mengingat konsep tropical yang diusungnya, tema dekorasi yang satu ini pun terbilang sangat cocok untuk diterapkan oleh para pengantin yang ingin melangsungkan pernikahan dengan nuansa warna yang lebih santai untuk dinikmati bersama dengan para tamu undangan,bukan? 

3. Minimalis

Dekorasi Pelaminan Minimalis
Foto: weddingdesignbogor from Instagram

Konsep dekorasi pelaminan yang clean dan juga didominasi warna pastel yang cantik, merupakan satu dari sekian banyak daya tarik yang dimiliki oleh tema yang satu ini dears. Padu padan dari dedaunan kering dan juga hidup, serta penggunaan palet warna yang lembut menjadi suguhan utama yang akan kalian temui dalam komposisi serta ornament dalam tema dekorasi ini. 

Mengusung konsep utama tampilan yang clean, dekorasi pelaminan dari tema Minimalis ini sendiri dapat kalian adaptasikan dalam perayaan pernikahaan yang dilangsungkan baik didalam maupun diluar ruangan lho. Selain itu, komposisi ornament yang terbilang sederhana yang digunakan pun, justru dapat menonjolkan sisi elegan dan juga mewah ya, dears!

Padu padan warna pastel dengan gold pun hampir menjadi favorit dari banyak mempelai yang memilih konsep dekorasi pelaminan yang satu ini. Terlebih, dengan tema minimalist ini sendiri, penggunaan dari greenery berupa daun dan rerumputan serta bunga hidup terbilang cukup minim, sehingga budget yang akan dihabiskan pun terbilang lebih nyaman di kantung kalian lho! 

4. Sculptural Design

Dekorasi Pelaminan Sculptural Design
Foto: kaidangdesign from Instagram

Dekorasi pelaminan dengan konsep yang satu ini, dapat diadaptasikan oleh para calon pengantin yang ingin menggelar perayaan pernikahannya dengan jumlah tamu undangan yang terbatas atau intimate wedding, baik didalam, maupun diluar ruangan lho, dears! 

Konsep yang mengutamakan detail serta konstruksi dari komponen dekorasi ini sendiri semakin digemari oleh para calon mempelai, terlebih bagi pasangan yang memiliki selera kontemporer yang cukup tinggi. Perpaduan yang lahir dari konsep clean dengan tonjolan ornament yang spektakuler menjadi ciri khas utama dari tema dekorasi pelaminan yang popular satu ini. 

Selain itu, pemilihan warna yang didominasi palet pastel yang lembut, serta sederhana, justru semakin meningkatkan atmosfer pernikahan yang tidak hanya elegan, namun juga hangat. Ini sebabnya, mengapa dekorasi yang satu ini sangat digemari bagi para pasangan yang ingin menggelar perayaan pernikahan dengan tema intimated wedding.

5. Eco Friendly 

Dekorasi Pernikahan Eco Friendly
Foto: niccatelier from Instagram

Kesadaran akan kondisi lingkungan alam yang semakin rusak dan dilanda beragam kondisi yang kurang baik saat ini, kerap menggugah hati para calon mempelai untuk menerapkan konsep dekorasi pelaminan yang satu ini. Konsep yang kerap diadaptasikan dalam perayaan pernikahan diluar ruangan ini sendiri, terkenal atas komposisi yang sangat natural. 

Konsep dekorasi pelaminan yang didominasi dengan pemanfaatan sumber daya alam yang dapat didaur ulang ini sendiri terbilang cukup luas penggunaannya. Selain menggunakan ornament dekorasi yang ramah lingkungan, pemilihan warna yang sejuk dan lembut pun menjadi salah satu unsur utama didalamnya. 

Kesan unfinished yang tetap artsy pun kerap kali kita jumpai didalam konsep dekorasi yang satu ini. Pasalnya, pemanfaatan barang-barang daur ulang yang kerap kali tidak lengkap komponennya ini sendiri, mampu menonjolkan nuansa seni dan juga alami yang begitu kental didalamnya lho. 

Selain itu, dengan menggunakan ornament dan juga material yang terbilang cukup nyaman di kantung, konsep dekorasi pelaminan yang satu ini sepertinya dapat menjadi pilihan bagi kalian yang ingin menekan biaya dekorasi ya,dears! 

6. Modern Heritage

Dekorasi Pelaminan Modern Heritage
Foto: helenaflower

Perpaduan yang menarik dari konsep modern minimalis dengan kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia, melahirkan tema dekorasi pelaminan yang satu ini. Komponen yang minimalis dan clean dari ornament dekor yang dipertemukan dengan nuansa warna soft dan natural, melahirkan kesan artsy yang cukup kental lho. 

Pilihan palet warna yang dapat ditemukan dalam konsep dekorasi pelaminan kali ini adalah cokelat, grey, dan warna-warna berunsur natural lainnya. Penggunaan motif atau corak batik atau jenis kain lainnya dalam komponen dekoratif menjadi unsur heritage yang kerap kali ditonjolkan dalam konsep Modern Heritage ini. 

7. Shabby Chic

Dekorasi Pernikahan Shabby Chic
Foto: southerneventsonline

Konsep dekorasi pelaminan yang didominasi dengan nuansa feminim dan juga nuansa romantisme ini, sepertinya akan menjadi favorit para calon mempelai wanita ya dears! Pasalnya, komposisi dekorasi yang satu ini, biasanya akan didominasi dengan warna-warna pastel yang ceria dan manis, seperti beige dan merah muda. 

Selain itu, konsep yang biasanya diterapkan dalam wedding indoor ini pun, lazim diadaptasi kedalam tema intimated wedding dengan jumlah tamu undangan yang terbatas. Dan dengan dekorasi pelaminan bernuansa pastel yang manis, nuansa romantic pun akan semakin kental terasa dalam konsep dekorasi yang satu ini.  

8. Botanical Garden

Dekorasi Pernikahan Botanical Garden
Foto: theabbeycatering

Hampir mirip dengan konsep tropical yang sudah kita bahas sebelumnya, unsur greenery yang ditonjolkan dalam rerumputan, daun hingga bunga hidup dalam dekorasi pelaminan yang satu ini, terlihat memiliki varian warna yang lebih beragam. Palet warna natural seperti cokelat, hijau, hingga ke merah muda bisa kalian temukan dalam konsep dekorasi yang satu ini lho,dears!

Selain itu, kesan teduh dan juga artsy sangat terasa dari jenis dekorasi pelaminan yang satu ini. Hal ini lantaran pilihan jenis bunga yang dapat kalian pergunakan dalam ornament dekor terbilang lebih bebas dan bervariasi, yang tentunya berbanding terbalik dengan tema tropical yang hanya disematkan bunga dengan warna sederhana. 

9. Industrial Wedding

Dekorasi Pernikahan Industrial Wedding
Foto: M2 Photo

Untuk konsep yang satu ini, kalian bisa mengadaptasikannya kedalam konsep pernikahan indoor lho dears! Dengan menonjolkan warna-warna bernuansa lebih pekat dan kuat, dekorasi pelaminan ini pun dibantu dengan komposisi dan juga konstruksi dekor berkesan unfinished yang terkesan artsy dan elegant. 

Pilihan warna seperti cokelat, grey hingga hitam, mendominasi dari warna utama yang ditonjolkan dalam dekorasi pelaminan Industrial Wedding ini. Selain itu, sebagai pilihan ornament, kalian bisa menambahkan accessories berbahan logam untuk lebih menojolkan nuansa yang elegan namun tetap sederhana.  

10. Royal Wedding

Dekorasi Pernikahan Royal Wedding
Foto: shaadisaga

Nah, untuk konsep royal wedding sendiri, kalian bisa mengadaptasikan beberapa konsep dekorasi pelaminan, seperti nuansa eropa di abad pertengahan, atau justru suasana adat yang cukup kental di berbagai komponen dekorasi yang kalian pergunakan. 

Tentunya pemilihan Royal Wedding sebagai tema pernikahan kalian, akan memunculkan pilihan palet warna yang cukup berani dan tegas, seperti Merah, Gold, Silver, hingga Biru lho,dears! Dan untuk dekorasi pelaminan yang satu ini, kalian bisa menggunakan banyak ragam greenery dan juga bunga hidup untuk menambah kesan mewah dan glamour ya!

Lalu, dari 10 ragam dekorasi pelaminan yang sudah kita bahas, ada konsep dekorasi impian kalian? Yuk cari vendor dekorasi pernikahan terbaik hanya di WeddingMarket.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket