Rekomendasi Konsep Dekorasi Akad Nikah di Rumah yang Kekinian - Wedding Market

Rekomendasi Konsep Dekorasi Akad Nikah di Rumah yang Kekinian

04 May 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 525
Rekomendasi Desain Konsep Dekorasi Akad Nikah di Rumah yang Kekinian
Dekorasi: Lavagold Design

Melangsungkan akad nikah di rumah saat ini menjadi pilihan banyak pasangan. Hal ini dipertimbangkan dengan beberapa faktor, diantaranya: untuk menghemat biaya, dibatasinya tamu undangan, dan yang paling penting adalah  memberikan kesan yang lebih intim. Meski acara spesial tersebut dilaksanakan di rumah, konsep dekorasi tetap harus dipertimbangkan dengan matang dan dibuat semenarik mungkin supaya menjadi momen yang tak terlupakan.

Kamu bisa memanfaatkan ruang tengah atau halaman rumah untuk membuat dekorasi yang sederhana namun tetap berkesan. Sebenarnya, konsep dekorasi akad nikah yang paling penting hanya menggunakan kursi dan meja atau duduk di bawah dengan menggunakan meja saja. Kamu perlu memberikan dekorasi meskipun hanya dekorasi sederhana. Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan?

Persiapan Sebelum Dekorasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelumnya. Yang pertama adalah lokasi dan ukurannya. Dengan lokasi yang ada, apakah sudah cukup menampung semua tamu undanganmu? Pastikan bahwa space untuk pemasangan dekor tidak terlalu penuh sehingga kamu bisa memberikan tempat yang nyaman untuk tamu undangan. Jika perlu menambah beberapa tenda di depan rumah, pastikan juga kamu sudah mendapatkan izin dari tetangga sekitar, ya! Lalu, fasilitas untuk para tamu di lokasi tersebut juga perlu dipikirkan. Seperti misalnya membutuhkan kursi atau meja jika perlu, area parkir yang cukup, kipas angin atau AC, dan sejenisnya. 

Inti dari pertimbangan lokasi dan ukurannya ini adalah supaya kamu bisa memastikan bahwa rumahmu memang layak untuk diadakan sebuah acara akad nikah. Setelah itu kamu bisa menyusun layoutnya. Dimana penempatan backdrop, lampu, kursi, meja, makanan, dan sebagainya. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa seluruh tamu undangan pasti ingin menyaksikan dengan jelas prosesi akad nikah berlangsung. Yang terakhir dan tak kalah pentingnya, kamu harus mempertimbangkan apakah perlu ada daya tambahan seperti generator untuk memaksimalkan pemasangan dekorasi dan fasilitas lainnya seperti AC atau kipas angin, hingga lampu. 

Tentukan Temanya

Jika berbicara tentang dekorasi, hal pertama yang harus ditentukan adalah konsep seperti apa dari setiap komponen dekorasi. Dekorasi pada akad nikah bisa kamu sesuaikan dengan konsep pernikahan impian kamu. Konsep akad nikah di rumah juga bisa kamu susu sedemikian rupa seperti pernikahan di dalam gedung.

Konsep Dekorasi

Berikut beberapa konsep dekorasi akad nikah di rumah yang bisa kamu jadikan inspirasi:

  1. Meja akad

Untuk dekorasi meja akad kamu bisa memilih antara di halaman rumah atau di dalam rumah. Jika kamu memilih di dalam rumah, maka gunakan satu meja serta beberapa bantal saja untuk duduk lesehan. Namun jika di halaman rumah, nampaknya kamu juga perlu menyiapkan kursi untuk akad dan kursi untuk tamu. Berikut beberapa inspirasi konsep dekorasi untuk meja akad nikah di rumah:

Rustic Monochromatic

Rekomendasi Desain Konsep Dekorasi Akad Nikah di Rumah yang Kekinian

Dekorasi: messy.yetpretty 

Letakkan kain tulle sebagai alas meja dengan warna yang senada dengan kursi. Jangan lupa berikan sentuhan bunga seperti yang kamu pergunakan pada backdrop untuk mempercantik. Momen khidmat dan sakral akan terpancar dari warna-warna hangat yang kamu pergunakan. Dekorasi cantik ini tak akan pernah tampak salah deh! Apalagi untuk menciptakan suasana intimate untuk momen akad nikah yang sakral.

Tradisional Minang

Dekorasi: Aerindecora 

Memberikan kesan tradisional yang kental pada dekorasi membuat nuansa akad semakin sakral. Penggunaan meja acrylic yang transparan dengan hiasan bunga diatasnya membuat meja akad tampak lebih indah dan penuh bunga. Tempatkan beberapa kursi untuk pengantin, penghulu, dan beberapa saksi. Jangan lupa beri hiasan bunga yang senada di belakang kursi juga, ya! Dekorasi yang cantik menawan dengan sentuhan etnik khas Minang ini bisa kamu adopsi untuk hari istimewamu!

Halaman Rumah

Dekorasi oleh: Niccatelier 

Jika kamu memiliki halaman rumah yang luas, maka itu merupakan sebuah keuntungan. Letakkan satu meja dengan alas kain brocade putih tulang. Hias meja dengan rangkaian bunga yang diletakkan di setiap sudut meja. Jangan lupa beri alas karpet di bawahnya supaya tempat akad terlihat bersih dan menambah kesan artistik. Terakhir, berikan sentuhan manis di badan kursi dengan bunga-bunga yang senada dengan bunga dekorasi backdrop. Nah, halaman rumah pun akan menjadi tempat yang istimewa dengan dekorasi nan cantik ini, tentunya akan membawa suasana lebih santai dan cair tanpa mengurangi kesakralan momen ijab qabul-mu.

Rustic Bohemian Indoor

Dekorasi oleh: Daydreaming Works

Menggunakan dekorasi pernikahan dengan palet warna netral, kain brocade berwarna putih menjadi alas meja yang manis tanpa ada sentuhan apapun di atasnya. Bunga-bunga berwarna soft diletakkan pada samping bawah meja dan belakang kursi. Terakhir, sentuhan gaya bohemian dengan arrangement kain yang menghiasi langit-langit nampak aesthetic menambah kesan hangat dalam prosesi akad. Dekorasi yang artistik ini bisa kamu wujudkan juga untuk konsep pernikahan indoor maupun outdoor.

Nuansa Hangat di Dalam Rumah

Dekorasi: Lavagold Design 

Lagi-lagi tema rustic mencuri perhatian. Jika biasanya tema pernikahan ini akan lebih menyala di venue pernikahan outdoor, nampaknya konsep rustic indoor pun tetap tak kalah menarik. Dengan meja yang beralaskan kain putih dan hiasan bunga di setiap sudutnya, serta hiasan kain tulle di belakang kursi, membuat suasana akad semakin khidmat. Contoh palet warna dekorasi pernikahan rustic yang hangat dan indah ini untuk momen spesialmu.

  1. Backdrop

Untuk pemilihan backdrop sendiri kamu harus memikirkan bagaimana caranya menggunakan space yang seminimal mungkin untuk konsep yang maksimal. Berikut beberapa inspirasi konsep backdrop untuk akad nikah di rumah:

Sudut Artistik

Sumber: instagram.com  

Penempatan backdrop yang tak beraturan namun sangat artistik, bukan? Konsep seperti ini bisa kamu terapkan di dalam rumah dengan memanfaatkan sudut rumah. Bunga warna putih dan dedaunan warna hijau membuat suasana akadmu menjadi segar. Jadikan dekorasi pernikahan artistik karya Arjuna Decoration Malang ini sebagai inspirasimu!

Manipulasi Jendela

Ilustrasi: id.pinterest.com  

Jika kamu memiliki jendela yang yang cukup besar, kamu bisa menutup jendela itu dengan dekorasi sederhana namun cantik. Berikan Penutup kain tulle dengan lampu tumblr berwarna kuning. Jangan lupa berikan sentuhan manis rangkaian bunga dan daun-daun hijau di atasnya.

Mewah dan Elegan

Dekorasi oleh: Flos Decoration 

Nuansa abu-abu yang elegan memancarkan kesan yang mewah namun tetap artistik. Berikan sentuhan bunga berwarna lilac, royal blue, dan putih untuk keindahannya. Supaya tidak terlalu gelap, tambahkan lampu dan lilin-lilin di bawah serta sisi kanan kiri. Dekorasi yang menawan ini bisa menjadikan sudut di rumahmu tampak lebih mewah dan elegan.

Minimalist

Dekorasi oleh: Mazeld Project 

Untuk kamu yang memiliki sedikit space di dalam rumah, bisa memilih dekorasi pernikahan simple dengan backdrop warna putih serta sentuhan rangkaian bunga yang sederhana dengan warna putih serta dedaunan hijau. Jangan lupa letakkan lampu untuk sebagai sorotan. Dekorasi yang simple minimalist ini bisa menjadikan akad nikah di rumah juga tak kalah istimewa dengan venue lainnya.

Belakang Rumah

Dekorasi oleh: Elior Design 

Manfaatkan halaman belakang rumah dengan sempurna untuk tempat akad nikah yang istimewa, kenapa tidak?! Contoh dekorasi halaman belakang rumah dengan backdrop pernikahan berbentuk bulan sabit ini. Penempatan bunga-bunga kecil makin memberikan kesan romantis dengan lilin-lilin dibawah depannya. Berikan sentuhan segar suasana taman belakang dengan bunga cantik berwarna putih dan dedaunan hijau. Dekorasi yang menyegarkan mata seperti karya Elior Design ini tentu telah menyulap halaman belakang rumah yang biasa menjadi lebih spesial.

  1. Kursi Tamu

Salah satu hal yang penting dalam acara akad nikah adalah kursi tamu. Tentu kamu tidak akan membiarkan tamu undanganmu hanya berdiri menyaksikan momen akad, bukan? Buat mereka nyaman dengan menyediakan kursi yang bisa menjangkau pandangan ke meja akad. Berikut beberapa inspirasi konsep dekorasi kursi tamu untuk akad nikah di rumah:

Halaman Rumah

Dekorasi oleh: Savana Decoration 

Kursi panjang kayu ini bisa jadi pilihan di konsep pernikahan saat pandemi. Jika halaman rumahmu luas, kamu bisa memberikan jarak antara satu kursi dengan kursi yang lainnya. Dekorasi yang rapi ini selain menjadi alternatif untuk pernikahan ala new normal, tentu juga sangat menginspirasi, bukan?! Boleh dicoba, nih!

Mewah dan Membumi

Dekorasi oleh: Sion Decor  

Kursi acrylic yang memberikan kesan mewah menyatu dengan tema rustic dan elegan. Konsep seperti ini biasanya digunakan oleh pasangan yang menginginkan nuansa pernikahan modern. Dekorasi yang menawan seperti ini tentu akan menjadikan prosesi akad nikah di rumah menjadi lebih dreamy!

Intimate Indoor

Dekorasi oleh: Wedding Design Bogor  

Kursi yang sederhana berwarna abu-abu muda dihiasi kain tulle berwarna pastel menjadi pilihan tepat bagi pasangan yang menggunakan palet warna pastel untuk akad nikah. Dekorasi kursi tamu akad nikah yang simple dan tertata dengan manis ini bisa kamu wujudkan pula untuk pernikahanmu yang digelar di rumah.

Clean in Rustic

Dekorasi oleh: Rustique De Decoration 

Ketika kamu memilih tema rustic pada acara akad, berikanlah warna-warna yang hangat pada kursi tamu. Kamu bisa mencoba menggunakan penutup kain untuk kursi dengan warna soft nude seperti ini. Dekorasi kursi tamu akad nikah yang clean dan mewah seperti buah tangan Rustique De Decoration ini akan sangat mendukung konsep clean rustic yang dikemas.

Nyaman dan Sederhana

Dekorasi oleh: Aerin Decora  

Tanpa diberikan ornamen apapun, kursi kayu berwarna coklat dan putih ini sudah lebih dari cukup untuk membuat tamu undanganmu nyaman. Dekorasi kursi tamu yang simple namun nyaman memang pilihan yang terbaik.

  1. Meja Makan

Tak perlu dekorasi meja prasmanan yang rumit ketika kamu melangsungkan acara pernikahan di rumah. Cukup siapkan tempat yang layak untuk mereka. Manfaatkan halaman belakang rumah untuk hidangan prasmanan atau meja makan supaya memberikan kesan lebih intim untuk kerabat dekat yang datang. Berikut beberapa inspirasi dekorasi meja makan untuk acara akad nikah di rumah:

Meja Bundar

Sumber: id.pinterest.com  

Jika kamu menggunakan meja berbentuk bundar, berikan hiasan kain sebagai pemanis di atasnya. Gunakan dua warna saja supaya tidak terlalu berlebihan.

Meja Panjang


Sumber: id.pinterest.com  

Memanfaatkan sudut ruangan untuk meja prasmanan supaya tidak terlalu memakan banyak tempat. Jangan lupa berikan alas meja berupa dua warna kain dan beri sentuhan bunga yang senada.

Snack Corner

Sumber: id.pinterest.com 

Sebuah pernikahan selalu ada makanan-makanan kecil untuk pengganjal sebelum dan sesudah acara, bukan? Sediakan salah satu sudut untuk meja dengan alas brocade putih dan sentuhan rangkaian bunga di atasnya. 

Intimate Outdoor

Sumber: id.pinterest.com 

Ketika kamu memiliki space yang cukup luas di halaman depan atau taman belakang, manfaatkanlah sebaik mungkin dengan memberikan round table untuk tamu undanganmu. Konsep seperti ini akan memberikan kesan intimate untuk menjamu para tamu undangan. 

  1. Welcome Board

Memang bukan salah satu hal yang terpenting, namun welcome entrance ini akan memberikan kesan pertama yang istimewa bagi para tamu undanganmu. Berikut beberapa inspirasi konsep dekorasi welcome board akad nikah di rumah:

Wooden Board

Sumber: id.pinterest.com  

Papan kayu dengan penyangga besi yang bertuliskan selamat datang dan nama pasangan pengantin, makin cantik ketika diberi sentuhan bunga mekar serta dedaunan segar.

Acrylic

Sumber: Lyly of the Halley Floral  

Bahan acrylic yang transparan dengan sentuhan bunga bernuansa lilac begitu indah ketika berada di depan rumahmu. Kesan pertama untuk tamu undangan yang lembut dan manis ini bisa kamu wujudkan juga untuk welcome board di pernikahanmu nanti.

Chalkboard

Sumber: id.pinterest.com 

Kamu bisa memanfaatkan papan tulis kapur yang sederhana dengan tulisan putih sebagai welcome entrance. Jangan lupa berikan sentuhan manis dedaunan warna hijau untuk memberikan kesan natural.

Demikian inspirasi konsep dekorasi yang bisa kamu aplikasikan untuk acara akad nikah di rumah. Kamu juga bisa cari tahu tentang tips untuk membuat dekorasi pelaminan minimalis di halaman rumah maupun di dalam rumah, serta temukan vendor yang tepat di platform WeddingMarket. Semoga artikel ini bermanfaat dan akad nikah yang kamu laksanakan di rumah berjalan dengan lancar, ya!


Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?