Saatnya Ciptakan Dekorasi Lamaran Sederhana Buatan Sendiri

13 Aug 2019 | By Wedding Market | Viewers: 9266
Saatnya Ciptakan Dekorasi Lamaran Sederhana Buatan Sendiri
Foto: Rebekah J. Murray Photography

Sudah menyiapkan dekorasi untuk lamaran? Mempersiapkan acara lamaran memang membutuhkan waktu yang lama, apalagi jika kamu juga harus memperhatikan tata ruangan dan dekorasinya. Meski demikian, tak ada salahnya jika kamu ingin meluangkan sedikit waktu untuk menyiapkan segala kelengkapannya sendiri, mulai dari menu makanan, pakaian, susunan acara, dokumentasi saat acara, dan lain-lain.

Kamu tidak harus memanfaatkan jasa EO (event organizer) atau party planner untuk membuat acaramu semakin istimewa. Apalagi kalau kamu memang menyukai bidang kreatif dan yang terbiasa mengerjakan sesuatu dengan ulet, kamu bisa menguji kemampuanmu dengan membuat dekorasi lamaran sendiri. Namun, jangan ragu untuk meminta bantuan dari orang-orang yang ada di sekitarmu jika kamu merasa kerepotan, ya!

Dekorasi lamaran menjadi elemen yang penting sehingga harus dipersiapkan dan dikonsep sematang mungkin. Di antara banyak momen yang kamu lewati bersama pasangan, sahabat, maupun keluarga, momen lamaran menjadi hal yang sangat istimewa. Sama istimewanya dengan momen pernikahan itu sendiri, tidak dapat diulang untuk kedua kalinya. Momen yang hangat ketika dua keluarga bertemu dan saling mengenal untuk pertama kalinya.

Langsung saja kita bahas beberapa ide dekorasi dari berbagai sosial media untuk acara lamaranmu kelak. Siapa tahu dekorasi tersebut bisa menjadi inspirasi saat kamu ingin membuatnya sendiri. Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan mulailah rangkai menjadi dekorasi yang istimewa, mewah, sekaligus meninggalkan kesan yang dalam.

1. Dekorasi Paper Flower

Saatnya Ciptakan Dekorasi Lamaran Sederhana Buatan Sendiri
Foto: hanahama wedding design from Pinterest

Dekorasi paper flower merupakan salah satu dekorasi yang sedang banyak diminati oleh pasangan muda. Dekorasi berbentuk bunga tiga dimensi yang cantik dan terbuat dari kertas ini tidak terlalu sulit untuk dibuat. Karena tidak memiliki ornamen yang rumit, kamu hanya perlu menyiapkan kertas dengan warna yang kamu inginkan. Pilih warna senada dengan pakaian yang akan kamu kenakan ketika acara untuk melengkapi kecantikanmu di sepanjang acara dan ketika difoto.

Selain lebih murah dibanding bunga asli, dekorasi ini juga menampilkan nuansa minimalis. Agar tidak memakan waktu yang terlalu lama dalam pembuatannya, kamu bisa menyicil sedikit demi sedikit setiap hari sembari mempersiapkan kelengkapan yang lainnya. Jika kamu merasa kesulitan dalam membuat paper flower yang cantik, beragam tutorial yang bisa kamu temukan di Youtube bisa kamu gunakan sebagai panduan.

2. Dekorasi Fabric Play

Saatnya Ciptakan Dekorasi Lamaran Sederhana Buatan Sendiri
Foto: Eyestar from Amazon

Dekorasi fabric play adalah dekorasi unik dan sangat simpel. Dalam fabric play, kamu hanya perlu memadupadankan warna kain dengan pandai. Kombinasikan setiap kain yang ada antara warna satu dengan warna yang lainnya. Dalam memilih warna, pastikan kombinasi warna yang kamu mainkan tidak membuat salah satu warnanya justru mati, misalnya memadukan warna merah tua dengan warna pink.

Sekain mengandalkan perpaduan warna-warna kain yang akan digunakan, kamu juga bisa menambahkan ornamen-ornamen kecil. Coba bubuhkan inisialmu bersama pasangan atau bentuk-bentuk hiasan lainnya yang dapat mempercantik permainan warna kain yang kamu lakukan.

3. Dekorasi Rustic

Saatnya Ciptakan Dekorasi Lamaran Sederhana Buatan Sendiri
Foto: eliordesign from Pinterest

Jika kamu menyukai dekorasi lamaran yang terasa menyenangkan dan seperti kembali ke alam, dekorasi rustic adalah jawabannya. Kamu bisa menciptakan jenis dekorasi ini dengan bermain pada hiasan daun hijau yang diatur sedemikian rupa. Tidak perlu menggunakan dedaunan hidup, kamu juga bisa menggunakan daun mati yang bisa kamu temukan dengan mudah di toko-toko hiasan dan dekorasi terdekat.

Dekorasi rustic tidak harus ribet dan mahal, karena ada banyak cara untuk mendekorasi acara lamaran dengan gaya rustic. Kamu bisa menambahkan dengan lampu-lampu kecil yang menggantung, perpaduan balon warna emas dan putih, dan kertas hias.

4. Dekorasi Balon

Saatnya Ciptakan Dekorasi Engagement Sederhana Buatan Sendiri
Foto: Dreamstime

Balon tidak hanya meriah untuk acara ulang tahun anak-anak saja, acara lamaran pun bisa tampak menarik dengan memanfaatkan balon sebagai hiasan. Hiasi ruangan dan venue acara dari berbagai sisi dengan balon. Mulai dari meja makan, photobooth, dan sisi dinding-dinding lainnya yang bisa kamu percantik dengan hiasan balon.

Agar lebih meriah, padu padankan balon putih dengan bunga kertas dan kain transparan. Kamu juga bisa menggunakan balon untuk menampilkan inisial nama, lambang cincin lamaran, atau balon warna-warni dengan gantungan kumpulan foto bersama pasangan, sahabat, serta keluarga.

5. Dekorasi Bunga dan Daun Asli

Saatnya Ciptakan Dekorasi Engagement Sederhana Buatan Sendiri
Foto: Bliss

Jika kamu memimpikan dekorasi lamaran bergaya taman dengan segala keindahannya, wujudkan saja dalam  acara lamaranmu. Meski gaya dekorasi ini cukup rumit dibanding gaya yang lainnya, dan mungkin sedikit lebih susah untuk direalisasikan.

Membayangkan bunga dan daun asli ditempel pada backdrop kayu tentu dapat membuat suasana hati lebih bahagia. Dekorasi yang tepat jika kamu ingin membuat suasana lamaran yang semestinya tegang menjadi lebih santai dan tidak lagi terasa menakutkan, tidak hanya bagimu, tetapi juga bagi kedua keluarga yang bertemu.

Sayangnya, mungkin akan sulit untuk membuat dekorasi ini sendirian. Pastikan kamu meminta bantuan pada seseorang yang ahli di bidangnya. Hal ini karena kamu tidak bisa menyicil dekorasi ini jauh-jauh dari sebelum lamaran dilangsungkan. Bunga dan daun asli yang akan digunakan harus dalam keadaan segar. Mintalah bantuan dari teman atau orang-orang terdekat jika mereka bisa membantumu mempersiapkan konsep yang kamu inginkan.

Dari semua dekorasi sederhana untuk lamaran di atas, mana yang menjadi pilihanmu? Pilihlah dekorasi yang paling sesuai dengan konsep dan dana yang kamu siapkan. Pastikan anggaranmu tetap sehat karena dekorasi bukan satu-satunya yang harus kamu beri perhatian dalam proses lamaran. Jika kamu ingin menghemat biaya, mengerjakan segalanya satu per satu sendirian memang lebih murah, tetapi jangan ragu untuk meminta bantuan dari orang-orang yang ada di sekitarmu. Semoga acara lamaranmu berjalan lancar.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket