Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Dekorasi Pernikahan Elegan yang Bisa Kamu Gunakan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dekorasi pernikahan elegan merupakan salah satu jenis ide yang bisa digunakan untuk membuat suasana pernikahan menjadi lebih berkesan. Kesan elegan sebenarnya tidak harus selalu mahal dan mewah. Konsep yang sederhana juga bisa menjadi elegan jika penempatannya tepat dan ditangani oleh orang yang benar. 

Tema ini kini semakin diminati karena lebih terlihat berbeda namun tetap tidak menghilangkan nilai estetikanya. Selain itu, kesan tersebut bisa masuk pada berbagai jenis tema yang digunakan. Warna apapun yang digunakan bisa memberikan kesan yang lebih elegan jika ditangani dengan baik di tangan ahlinya. 

Cara penempatan dan penggunaan ornamen pada jenis dekorasi ini cukup menentukan bagaimana hasilnya. Jika ornamen yang digunakan kurang tepat dan cenderung berlebihan maka kesan tersebut tidak dapat ditonjolkan. Biasanya konsep ini ini akan terlihat rapi, sederhana, dan memiliki nilai estetika yang tinggi. 

Meskipun pada prakteknya bisa disesuaikan, namun dasar dari konsep ini ialah menonjolkan kesan yang tidak berlebihan. Sebab, tak jarang beberapa dekorator menangani dekorasi pada acara tersebut dengan hasil yang terkesan berlebihan dan mewah. Pada konsep dekorasi pernikahan elegan hal tersebut tidak begitu digunakan. 

Untuk penataannya biasanya mengandung nilai estetika yang tinggi dengan ide kreatif didalamnya. Tanpa hal ini konsep tersebut akan lebih sulit untuk diwujudkan. Kamu bisa menggunakan beberapa inspirasi berikut ini untuk mendukung konsep tersebut. 

Pakaian Mempelai yang Tidak Mencolok

wm_article_img

Kamu bisa memilih jenis pakaian untuk kedua mempelai maupun orang tuanya dengan warna yang tidak terlalu mencolok. Biasanya beberapa vendor sering menyediakan jenis gaun pernikahan yang memiliki bentuk serta rupa yang lebih mencolok. Untuk mendukung konsep dekorasi pernikahan elegan hal tersebut tidak diperlukan. 

Kamu bisa memilih warna gaun yang cenderung lebih soft. Pilih jenis gaun yang tidak terlalu banyak menggunakan aksen payet atau renda pada setiap bagiannya. Jika kamu menyukai yang lebih sederhana kamu bisa memilih jenis pakaian yang lebih polos. Pilih gaun yang lebih menonjolkan pada potongannya bukan pada hiasannya. 

Harga yang mahal atau tidak bisa kamu bicarakan dengan vendornya. Yang terpenting kamu perlu memilih pakaian pengantin yang tidak terlalu mencolok dari segi warna serta hiasannya. Dengan begitu, dekorasi pernikahan elegan bisa kamu wujudkan dengan tidak menggunakan pakaian yang yang berlebihan. 

Nuansa Putih

Untuk tema dekorasinya kamu bisa menggunakan nuansa yang berwarna putih pada setiap bagiannya. Mulai dari bunga, peralatan hingga lampu-lampu yang digunakan. Warna putih biasanya lebih terlihat elegan jika digunakan untuk sebuah acara pernikahan. Bila perlu, setiap tamu undangan yang hadir diwajibkan untuk menggunakan pakaian dengan warna ini. 

Jadi, tak hanya dari dekorasinya saja namun setiap orang yang hadir pun memiliki kesan yang sama elegannya. Dekorasi pernikahan elegan akan lebih terlihat dengan jelas jika kamu menggunakan warna putih pada setiap ornamennya. Kamu juga bisa memastikan setiap kain yang digunakan sebagai dekorasi memiliki warna putih. 

Pastikan kainnya memiliki bahan yang cenderung lebih tipis. Dengan ditata sedemikian rupa kesan elegan akan lebih bertambah dengan bahan kain tersebut. Bahkan untuk acara pernikahan yang sederhana saja bahan kain tersebut akan cukup mendukung untuk membuat hasilnya menjadi lebih elegan. 

Warna Hijau dan Putih di Pelaminan

wm_article_img

Untuk mengusung konsep dekorasi pernikahan elegan kamu bisa menggunakan warna dasar putih untuk setiap ornamen terutama kursi serta bagian dinding di pelaminan. Gunakan kursi pelaminan yang lebih kekinian berwarna putih. Kemudian untuk bunganya kamu bisa memilih warna putih untuk menghias di sekitar pelaminan. 

Kemudian Pilihlah aksen dedaunan yang memiliki warna hijau yang cukup mencolok. Tempatkan beberapa daun tersebut di beberapa bagian pelaminan. Utamakan bagian atas pelaminan untuk ditempatkan dedaunan tersebut. Kamu bisa memasang daun tersebut memenuhi bagian atas memanjang dari ujung kiri sampai ujung kanan. 

Setelah itu barulah di bagian bawahnya kamu menempatkan bunga-bunga berwarna putih dengan sedikit aksen berwarna hijau untuk menampilkan detailnya saja. Nantinya dekorasi di bagian pelaminan ini akan terlihat lebih sederhana namun elegan. Dekorasi pernikahan elegan bisa kamu mulai dengan menggunakan inspirasi ini di bagian pelaminan. 

Warna Pastel

Berikutnya kamu juga bisa menggunakan warna-warna pastel pada setiap elemen dekorasi yang digunakan. Ornamen dengan warna ini bisa berupa bunga, hiasan-hiasan dinding, atau kayu yang biasa digunakan sebagai dekorasi. Kamu juga bisa melengkapinya dengan lampu-lampu yang berwarna putih untuk lebih menonjolkan warna pastel ini. 

Warna pastel bisa kamu tonjolkan dengan menggunakan bunga yang cukup banyak terutama pada bagian pelaminan. Di sana kamu bisa meminta dekorator untuk menata sedemikian rupa bunga bunga yang memiliki warna pastel tersebut. Dekorasi pernikahan elegan ini akan lebih terlihat jika ditangani langsung oleh vendor yang tepat. 

Pilih beberapa bunga dengan warna pastel seperti dusty pink atau biru langit yang dipadukan dengan warna putih. Beri sedikit aksen dedaunan pada beberapa bagiannya untuk menambah kesan alami atau natural pada setiap bunga tersebut. Hasilnya tentu saja akan terlihat lebih elegan apalagi jika sang pengantin juga menggunakan warna yang senada. 

Penggunaan Sedikit Bunga

Untuk mewujudkan konsep dekorasi pernikahan ini kamu tidak harus selalu menggunakan bunga yang sangat banyak. Konsep tersebut masih tetap bisa diwujudkan dengan menggunakan bunga dengan jumlah yang sedikit. Kuncinya ada pada penempatan bunga tersebut serta warna dasar yang digunakan pada bagian dekorasinya. 

Biasanya penggunaan bunga lebih ditonjolkan pada bagian pelaminan. Kamu bisa meminta vendor dekorasi nya agar menempatkan bunga yang lebih sedikit dari biasanya. Penataan dengan bentuk melingkar di bagian tengah, menyamping, atau berbentuk zigzag tidak mengharuskan untuk menggunakan bunga dalam jumlah banyak. 

Gunakan ranting dan daun buatan di sekitarnya sebagai ornamen yang membantu agar bunga ini tidak terlalu banyak digunakan. Hasil dari dekorasi pernikahan elegan ini akan terlihat berbeda namun tetap menampilkan kesan utamanya. Pastikan warna dasarnya ialah putih agar menambah kesan dari konsep tersebut. 

Latar Kaca 

Beberapa venue memiliki tempat untuk acara pernikahan dengan latar berupa kaca. Kamu bisa memilih tempat tersebut untuk membuat acara pernikahanmu menjadi lebih elegan. Dekorasi yang digunakan tidak perlu terlalu banyak atau cenderung berukuran besar dan lebar. Sebab, ornamen dekorasi sedikit saja akan nampak luas jika ditempatkan di dekat kaca. 

Kamu bisa gunakan sedikit bunga yang sederhana dengan tambahan aksen daun atau ranting. Gunakan latar kaca ini sebagai pelaminan utama. Dengan begitu, kamu bisa mewujudkan konsep ini hanya dengan latar sebuah kaca. Atur sedemikian rupa agar hasilnya lebih menarik. 

Jika tempat tersebut sulit ditemukan kamu bisa menggunakan tempat yang ada dan meminta vendor dekorasi untuk menempatkan kaca pada bagian belakangnya. Beri hiasan sedemikian rupa dan pastikan tidak terlalu banyak menggunakannya. Hal ini akan mengurangi kesan elegan yang ditonjolkan dari kaca bening tersebut. 

Itulah beberapa inspirasi dekorasi pernikahan elegan yang bisa kamu wujudkan. Untuk mewujudkan hal ini ini kamu perlu menggunakan setiap unsur yang tepat dan bersifat sederhana. Setiap unsur pernikahan yang digunakan cukup mempengaruhi terwujudnya konsep ini. Jadi pastikan kamu berkonsultasi dengan lebih baik untuk bisa mewujudkannya.

Foto: Your First Wedding, Seattle Bride 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...