Inspirasi Dekorasi Pernikahan Warna Gold untuk Hari Bahagia yang Glamor

26 Aug 2020 | By WeddingMarket | Viewers: 1746
Inspirasi Dekorasi Pernikahan Warna Gold untuk Hari Bahagia yang Glamor
Foto: Inside Wedding

Dekorasi pernikahan warna gold sepertinya memang menarik untuk dijadikan salah satu dekorasi pernikahan. Secara psikologi warna, emas atau gold memang berkaitan erat dengan kemewahan, kemenangan, kebahagiaan, juga kemakmuran.

Di Indonesia sendiri, penggunaan warna ini memang terhitung paling banyak bila dibandingkan dengan warna lainnya. Ini karena warna emas cenderung lebih netral sehingga mudah untuk dipadupadankan dengan warna lain. Bahkan jika dikaitan dengan pernikahan, memang dekorasi ini akan terlihat lebih glamour.

Hampir di banyak pernikahan adat memang menggunakan warna emas sebagai pilihan dekorasinya. Mulai dari pelaminan, dekorasi di seluruh ruangan hingga berbagai aksesoris yang digunakan untuk pengantin dan keluarga. Hingga souvenir-souvenir yang akan dibagikan kepada tamu undangan. 

Salah satu contohnya adalah adat Minangkabau, Sumatera Barat. Sepertinya tidak ada satupun pernikahan adat ini yang tidak menyertakan warna emas sebagai dekorasinya. Bahkan 99% dari dekorasi akan menggunakan warna emas. Begitu juga dengan pernikahan adat Jawa, Betawi hingga adat Sunda sekalipun. 

Perpaduan Dekorasi Pernikahan Warna Gold dengan Warna Lain

Perpaduan Dekorasi Pernikahan Warna Gold dengan Warna Lain
Foto: WedPew

Dibalik kesannya yang mewah, sebenarnya kamu bisa memadukan warna ini dengan warna lain agar terkesan lebih ringan dan bersahaja. Sehingga siapapun yang datang ke pesta pernikahanmu tidak lantas menilai pernikahanmu berlebihan dan tetap nyaman menikmati pesta hingga akhir acara. Kemudian warna apa sajakah yang cocok disandingkan dengan dekorasi pernikahan warna gold, berikut ini adalah inspirasinya. 

1. Putih

Pernikahan identik degan warna putih yang suci, bersih dan sakral. Warna ini terbukti sangat tepat bila dipadukan dengan warna emas yang mengimbanginya dengan makna kebahagiaan. Kamu bisa memilih warna keduanya sebagai bagian dari dekorasi pernikahan kamu. 

Selain itu, ruangan yang dihias dengan warna ini juga akan terlihat lebih segar dan tentu saja tidak membosankan. Dan warna ini juga tepat sekali bila digunakan pada kartu undangan yang akan kamu sebar. 

2. Hijau Tua

Dekorasi pernikahan warna gold juga sangat tepat bila dipadankan dengan warna hijau tua atau hijau lumut atau biasa disebut dengan warna emerald. Keduanya memang memberikan kesan glamour namun untuk mengimbanginya, kamu bisa menyertakan warna cream atau putih diantara keduanya.

Begitu juga dengan gaun pernikahan yang akan kamu pakai, bisa disesuaikan dengan ketiga warna tersebut. Tidak harus melulu berwarna putih, sehingga terlihat lebih elegan dan menawan. 

3. Peach

Salah satu warna pastel ini sangat tepat bila dipadukan dengan warna emas yang berat. Meskipun terkesan sangat girly namun warna ini bisa menunjukkan kelembutan dari pengantinnya. Dan sepertinya, warna ini juga tidak salah bila digunakan pada pesta pernikahanmu. 

Dekorasi pernikahan warna gold dan peach bisa juga dipadukan dengan warna hijau terang. Sehingga kesan yang diambil menjadi lebih segar dan memberikan kesan nyaman meskipun pernikahanmu elegan dan mahal. 

4. Navy

Turunan dari warna biru yang bisa dipadankan dengan warna emas adalah Navy. Warna biru gelap ini memang sangat tepat dan membuat kesan mewah dari emas, terlihat lebih menonjol lagi. Dan untuk kamu yang lebih menyukai warna ungu, tidak pernah ada yang salah dengan warna ini. 

Karena ungupun sangat mudah dipadukan dengan warna emas. Dekorasi pernikahan warna gold dipadukan dengan warna navy atau ungu tua membuat pernikahanmu terkesan lebih elegan. Dan sepertinya warna ini sangat tepat bila digunakan pada pernikahan di malam hari

5. Merah

Sukacita dan bahagia merupakan artian dari warna merah dan warna ini juga tepat bila dipadukan dengan warna emas. Bahkan jika kamu ingat, hampir semua pernikahan adat di negara ini, menggunakan perpaduan dari kedua warna ini. 

Untuk mengimbangi kedua warna tersebut, kamu bisa memilih warna putih atau warna pastel lainnya. Namun jika kamu suka, kamu juga bisa menyertakan warna hijau tua untuk memberikan aksen segar. 

Masih dari warna merah, kamu juga bisa memilih warna merah tua atau terracota untuk dijadikan paduan yang sempurna dari warna emas. Elegan, mewah adalah kesan yang akan didapat dari perpaduan keduanya. 

Tema Pernikahan dengan Dekorasi Gold


Foto: Eddie Zaratsian

Dari sekian warna yang telah disebutkan di atas kamu bisa menentukan warna mana yang paling menunjukkan karaktermu. Selain itu pastikan juga sesuai dengan tema pernikahan yang ingin kamu gunakan. Sebagai tambahan inspirasi untuk dekorasi pernikahan warna gold yang ingin kamu pilih, berikut ini adalah tema pernikahan yang bisa kamu gunakan. 

Rustic Wedding

Bertolak belakang dengan warna emas yang terkesan mewah, sebenarnya tema pernikahan yang sedang tren saat ini tetap bisa menggunakan warna emas sebagai dekorasinya. Rustic wedding yang berkesan alami, tidak berlebihan dan sederhana memang identik dengan warna-warna pastel. 

Namun menyelipkan warna emas diantara dekorasi pernikahan rustic, akan membuat tema pernikahanmu tetap berkesan. Pita-pita berwarna emas di kursi pengantin atau hand bouquet. Lampion-lampion berwarna emas, hingga kain-kain kecil berwarna emas sebagai tambahan pemanis bisa menjadi bagian dari dekorasi pernikahan warna gold yang sederhana. 

Folk Wedding

Untuk kamu yang kekinian, bisa memilih tema folk wedding untuk pernikahanmu. Pada tema pernikahan yang satu ini, kamu bisa memadukan kesan vintage ala orang tuamu dengan tema rustic yang memang banyak digunakan saat ini. 

Kesan santai dari pesta pernikahan seperti ini masih bisa dipadukan dengan warna emas untuk menjadi bagian dari dekorasinya. Apalagi bila dikaitkan dengan barang-barang koleksi zaman dulu, yang biasanya tidak jauh dari warna emas. 

Floral Glamour

Pernikahan adalah sekali seumur hidup, begitu juga seharusnya kamu memandang. Sehingga pemilihan tema wedding berikut ini, bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk mewakili perasaanmu. Floral Glamour, tidak saja membuat pernikahanmu tidak akan terlupakan, namun juga memberikan kesan “wah” pada siapapun yang berada di sana. 

Dekorasi pernikahan warna gold di seluruh ruangan, mulai dari pelaminan, bunga dan pepohonan yang berwarna emas, karpet, hiasan meja dan kursi-kursi tamu undangan, semuanya bisa kamu wujudkan. Begitu juga dengan souvenir hingga kartu undangan yang harus sebaiknya satu tema dengan warna emas yang kamu pilih.

Klasik

Ini adalah salah satu tema pernikahan yang tidak ada matinya, klasik. Dan pada tema pernikahan ini akan sangat tepat bila kamu memasukkan unsur emas di dalamnya. Sehingga pernikahan terkesan lebih mewah dan elegan. 

Untuk ornamen yang bisa kamu sertakan pada pernikahan bergaya klasik seperti ini, kamu bisa memilih bunga-bunga segar berwarna putih untuk menghiasinya. Selain itu, tema ini juga biasanya masuk ke dalam tema pernikahan adat. Di sini, eksplorasinya akan lebih luas lagi dan sepertinya warna emas bukan warna asing lagi bagi para vendor pernikahan. 

Yang terpenting adalah, kamu menyampaikan terlebih dahulu kepada vendor pernikahan yang akan kamu pilih, perihal tema, warna hingga budget yang akan atau harus dikeluarkan. 

Itulah inspirasi menarik mengenai dekorasi pernikahan warna gold untuk pernikahanmu. Selanjutnya kamu tinggal memilih tema serta warna yang paling tepat. Perihal dekorasi pernikahan outdoor atau indoor sebaiknya kamu juga pertimbangkan matang-matang karena tetap ada kelebihan dan kekurangan dari keduanya. Selamat berbahagia!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket