Memanfaatkan Dried Plants Untuk Dekorasi Pernikahan Bergaya Minimalis, Rustic, Hingga Klasik - Wedding Market

Memanfaatkan Dried Plants Untuk Dekorasi Pernikahan Bergaya Minimalis, Rustic, Hingga Klasik

21 Jun 2022 | By Dea Vinta WeddingMarket | Viewers: 1446
Memanfaatkan Dried Plants Untuk Dekorasi Pernikahan Bergaya Minimalis, Rustic Hingga Vintage
Dekorasi: Elior Design

Dekorasi pernikahan menggunakan dried plants atau tanaman kering menjadi tren terbaru beberapa tahun belakangan. Bunga yang awalnya memberikan kesan kuno, justru kini menjadi hal yang menarik dari segi estetika dan kepraktisan. Dipandang dari sisi kepraktisan, bunga kering mampu menghadirkan sifat yang tak lekang oleh waktu. Tanaman kering dapat dengan sabar disimpan dan menunggu kapan waktunya ia dipergunakan karena tidak bergantung pada musim seperti bunga segar.

Sementara itu, dari sisi estetika sendiri, tanaman kering dapat dimanfaatkan untuk segala kebutuhan pernikahan seperti mahkota pengantin, buket, souvenir, korsase pada jas pengantin pria, hingga dekorasi pernikahan dengan segala printilan pernikahan lainnya. Nuansa hangat yang dihadirkan oleh tanaman-tanaman kering ini akan sangat cocok dikombinasikan dengan palet natural yang merepresentasikan warna alam (earth-tone), seperti warna terracotta, beige, hijau dan cokelat. Namun, tak jarang pula penerapannya dengan palet-palet cerah memberi kesan yang lebih chic.

Kali ini WeddingMarket akan membagikan inspirasi dekorasi yang sangat layak untuk pernikahan menggunakan bunga kering. Baik untuk kamu yang merencanakan konsep pernikahan minimalis rustic yang santai, atau bernuansa klasik nan elegan, penerapan tanaman kering dapat menyesuaikan dengan kebutuhanmu!

Tanaman Kering Apa Saja yang Cocok Untuk Pernikahan?


Semua tanaman memang bisa dikeringkan, namun ada beberapa jenis tanaman yang jika dikeringkan akan tampak lebih istimewa. Sebab, memiliki bentuk yang unik dan artistik. Setelah prosesi pernikahan berakhir pun, kamu masih bisa menggunakannya kembali sebagai dekorasi ruangan, untuk acara yang akan datang atau sekedar disimpan sebagai kenang-kenangan dalam jangka waktu yang lama. Menarik sekali, bukan? Berikut jenis tanaman kering untuk diaplikasikan pada dekorasi pernikahan:

  1. Rumput pampas, rumput air mancur ungu, gandum, pakis dan bunny tail

  1. Daun kayu putih (eucalyptus

  1. Daun palem dan daun pakis

  1. Cabang lunaria, kapas, dan tallowberry

  1. Tanaman seperti craspedia, gomphrena dan artichoke flowers

  1. Polong benih seperti polong biji poppy, physalis dan polong biji teratai

  1. Berbagai bunga kering seperti hydrangea, delphinium, chamomile, limonium, amaranthus, Baby's Breath, mawar, sedum, lavender, anyelir, bunga beras, protea dan helichrysum.

Bagaimana Cara Pengaplikasian Tanaman Kering ke Dalam Elemen Dekorasi Pernikahan?


Dekorasi tanaman kering dapat kamu gunakan untuk berbagai tema pernikahan, baik yang diselenggarakan di pantai, rumah, gedung, maupun di taman tempat dimana mereka berasal. Apalagi jika kamu menginginkan konsep pernikahan yang minimalis, dried plants akan bekerja dengan baik sebagai unsur dekoratif yang mempermanis tampilan sederhana di pernikanmu. Selain itu, penggunaan bunga-bunga atau tanaman kering juga akan sangat cocok untuk menghidupkan konsep pernikahan rustic ala pedesaan, hingga bohemian vintage yang chic.

Pemilihan tanaman kering ini juga dapat menjadi alternatif ketika kamu ingin menghemat biaya untuk penggunaan bunga segar. Limbah yang dihasilkan pun ramah lingkungan dan dapat bertahan lama setelah acara pernikahan berlangsung, bahkan selamanya. Berikut beberapa cara untuk memanfaatkan tanaman kering untuk berbagai tema dekorasi pernikahan:

1. Dekorasi Backdrop Pelaminan

Kamu bisa mempergunakan dekorasi yang natural menggunakan satu jenis bunga kering yang rimbun dengan unsur utama batang pohon dan ranting-ranting yang indah untuk menghiasi pelaminan minimalis milikmu. Tanpa terlalu banyak ornamen, dekorasi dengan dried plants ini sudah cukup mencuri perhatian. Beberapa jenis tanaman kering memberi kesan aesthetic ketika disusun menjadi backdrop pelaminan. Ditambah penggunaan warna hangat dengan sentuhan background putih atau beberapa rangkai bunga putih segar, kesan klasik semakin terpancar dari dekorasi pernikahanmu.

Berikut beberapa ide dekorasi pelaminan menggunakan tanaman kering yang bisa kamu coba baik untuk venue indoor maupun outdoor:


2. Table Settings

Tak hanya bisa dijadikan untuk pelaminan saja, dekorasi tanaman kering juga bisa kamu aplikasikan ke meja makan untuk menghangatkan suasana para tamu undangan dalam pernikahan yang intimate. Berikut contoh penggunaan tanaman kering untuk menghias meja jamuan dalam pernikahan:

3. Lorong Altar/Wedding Hall

Tanaman kering berupa rumput pampas, gandum kering, atau ranting-ranting yang indah ini sangat cocok diaplikasikan untuk dekorasi sepanjang lorong menuju altar atau wedding hall. Penataan yang cantik dengan warna beige yang natural memberikan kehangatan tersendiri ketika kamu berjalan diantaranya. Inilah contoh pengaplikasiannya:


4. Welcome Entrance / Seating Chart

Memberikan kesan pertama yang istimewa untuk tamu undangan, salah satunya dengan dekorasi welcome entrance. Pengaplikasian daun kering yang menjalar ke atas ini sangat cantik untuk konsep pernikahan garden party maupun rustic wedding. Berikut beberapa contoh penerapannya:


5. Photobooth

Dua rangkaian tanaman kering yang minimalis bisa kamu jadikan sebagai backdrop photobooth untuk para tamu undangan. Nampaknya backdrop seperti ini akan membuat semua orang ingin membagikannya ke sosial media saking instagramable-nya. Ini dia beberapa contoh ide photobooth dengan dekorasi bunga-bunga kering yang menarik untuk pernikahanmu:

6. Wedding Cake

Masuk ke komponen-komponen terkecil dari pernikahan, tampilkan dekorasi kue yang juga menggunakan tanaman kering. Bukankah keindahan kue ini akan membuatmu sayang untuk memotongnya?


7. Corsage / Boutonniere / Buket Pengantin

Bahkan, untuk elemen-elemen kecil pun tanaman kering bisa memberikan efek dramatis, seperti pada korsase, boutonniere dan buket bunga pengantin ini. Bunga kering tak hanya menjadikan dekorasi pernikahan semakin estetis melainkan juga artistik. Berikut beberapa contoh penggunaan dried plants untuk aksesoris pernikahan:

Nah, itu dia beberapa inspirasi pemanfaatan tanaman kering untuk dekorasi pernikahan baik bergaya minimalis, rustic hingga klasik yang elegan. Kamu juga bisa cari tahu tentang Rekomendasi Dekorasi Pernikahan Sederhana Minimalis Impian Para Gadis dan temukan vendor dekorasi terbaik yang bisa mewujudkan impianmu menggunakan tanaman kering untuk pernikahan hanya di WeddingMarket. Semoga persiapan pernikahanmu berjalan lancar hingga hari-H nanti, ya!

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?