Pilih Kategori Artikel

Tak Sekadar Cantik, Ini Dia Foto Makeup Pengantin Bali Sesuai Pakemnya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pada artikel kali ini, kamu akan disuguhi sederet foto makeup pengantin Bali yang menawan. Namun tahukah kamu? Bahwa makeup para pengantin ini, dibuat tanpa menyalahi pakem atau aturannya. 

Indonesia yang kaya akan adat dan tradisi, merupakan budaya yang tidak bisa dihilangkan. Tidak saja berkaitan dengan kebiasaan, ini juga menyangkut banyak hal. Salah satunya adalah tata cara merias wajah atau makeup pada para pengantin yang akan melangsungkan pernikahan. 

Di Bali sendiri, para leluhurnya telah mewariskan sejumlah etika yang wajib diikuti oleh para perias, Bahkan aturannya sendiri dibagi menjadi dua tingkatan, yaitu payas agung dan payas madya. Di mana bila perias mengikuti pakemnya dengan baik, maka make up yang dihasilkan pun akan terlihat berbeda. 

Ini pastinya menjadi tantangan tersendiri bagi para perias pengantin. Terlebih bila pengantinnya mengajukan banyak keinginan hingga akhirnya menggodanya untuk keluar dari pakem yang telah ada. 

Sekadar tambahan informasi untuk kamu, berikut ini adalah sederet foto makeup pengantin Bali yang banyak digunakan saat ini dilengkapi dengan ciri khasnya. 

1. Serinatha

wm_article_img
Foto: muabali

Pada foto makeup pengantin Bali yang pertama ini, kamu bisa melihat bahwa pengantinnya wajib mengenakan paes yang disebut dengan serinatha. Serinatha sendiri mengandung makna “sri = indah” dan “natha = agung” yang bentuknya seperti bulan tumanggal atau bulan sabit.

Untuk membuatnya biasanya digunakan pensil alis dan digambar pada bagian dahi. Pada pengantin dengan payas agung atau tata rias pengantin Bali Agung Putri pakem, paes ini akan terlihat dengan sempurna. Sementara pada payas madya atau make up modifikasi, paes ini bisa saja tidak terlihat. 

2. Gecek

wm_article_img
Foto: semara_makeup from Instagram

Berikutnya alis akan dibentuk dengan menggunakan pensil alis berwarna hitam. Pada bagian ujung alis akan dibentuk runcing namun tetap terlihat alami. Berikutnya pemberian gecek yang berarti berkah atau urna, yang berwarna merah dan sesuai dengan warna lipstik yang digunakan. 

Pada pengantin dengan payas madya, gecek biasanya berbentuk belah ketupat dan menggunakan glitter berwarna emas.

Gecek berada diantara pangkal alis dan akan terlihat pada pengantin payas agung. Sementara bila diperhatikan lebih detail, foundation yang digunakan biasanya adalah putih kekuningan. Untuk payas madya, biasanya akan digunakan foundation yang sesuai dengan kulit wajah si pengantinnya itu sendiri. 

Warna lipstick yang digunakan pada payas agung, biasanya terbatas pada warna oranye, merah mudan atau merah sirih. Sementara pada payas madya, kamu bisa melihat pengantinnya menggunakan lipstick yang sesuai dengan kulit wajahnya. 

3. Semi

wm_article_img
Foto: eningjatiwedding from Instagram

Payas agung di Bali sendiri akan berbeda di masing-masing wilayah. Namun yang tetap digunakan karena sesuai dengan pakemnya adalah semi. Pada foto make up pengantin Bali berikut ini, kamu bisa melihat betapa anggunnya riasanya di wajahnya. Di mana pengantin dari pulau Dewata ini akan mengenakan semi yang dibuat untuk mengimbangi serinatha. 

Semi sendiri merupakan bentuk pada rambut bagian depan yang akan diberi malam. Kemudian biasanya akan menjadi tempat untuk hiasan bunga sasak. Bentuknya sendiri melengkung menuju ke bagian belakang telinga, berbentuk sunggaran atau enkung-engkungan. 

4. Gelung Kuncit

wm_article_img
Foto: gaestutoria

Beralih dari makeup, kamu akan melihat gelung kuncit yang dibuat sedemikian rupa menghiasi bagian kepala pengantin. Gelung kuncit adalah sanggul yang akan diletakkan pada bagian mahkota rambut yang terbuat dari ijuk halus. 

Bentuknya menyerupai tapal kaki kuda dan ditutup dengan bunga hidup. Jumlahnya bunganya sendiri adalah 50 buah bunga kantil putih, 50 buah bunga kantil atau cempaka kuning, 50 buah bunga kenanga hijau. Yang terakhir 1 buah bunga mawar merah. 

Berikutnya pada foto make up pengantin Bali ini terlihat, penataan rambut yang akan menghiasi riasan pengantin Bali ini meliputi, petitis gelung, bunga sasak emas, tajug emas, bunga emas yang terbuat dari emas murni yang terdiri dari bungan puspa lembo dan bunga bacangan. 

Sandat emas, bunga kap emas, bunga kompyong, juga Garuda mungkur juga akan melengkapi penataan rambut pengantin payas agung. Sementara pada pengantin payas madya, mungkin kamu tidak akan melihat sebanyak ini. 

Masih banyak detail lain yang akan kamu dapati pada riasan pengantin Bali ini. Seperti misalnya pada bagian mata. Di mana pengantin dengan payas agung akan menggunakan modifikasi warna, yang terdiri atas warna merah mudah, warna hijau muda, hingga warna ungu yang biasa digunakan pada bagian sudut mata. 

Kemudian pada bagian highlight, riasannya akan diberi warna putih. Dan pengantin juga wajib menggunakan sipat atau eyeliner berwarna hitam. Tujuannya tentu untuk mempertegas garis mata agar terlihat lebih tajam dan indah. 

Melihat dari foto makeup pengantin Bali di atas dilengkapi dengan detailnya, ternyata cukup menarik juga, ya! Dan jika kamu menjadi pengantinnya, mana yang akan kamu gunakan, payas agung atau payas madya? Yuk cari jasa makeup pengantin terbaik Bali hanya di WeddingMarket.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...