Pilih Kategori Artikel

Foto Pernikahan Batak Lebih Fenomenal dengan 5 Pakaian Adat Ini
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Acara pernikahan tentunya menjadi momen yang paling dinantikan oleh setiap pasangan. Namun, dari sekian banyaknya konsep pernikahan modern yang ada, pemikahan adat masih menjadi primadona bagi sebagian masyarakat di indonesia apalagi bagi masyarakat yang tinggal didaerah yang masih berpegang teguh pada adat dan istiadat seperti yang terjadi di suku Batak. Karenanya, tak jarang foto pernikahan Batak seringkali kamu lihat di internet.

Suku Batak terkenal dengan serangkaian prosesi pernikahan yang cukup panjang hingga berhari-hari. Tak hanya itu, memilih gaun pengantin pun tidak boleh sembarangan. Kamu harus memakai yang sesuai dengan margamu. Berikut ini adalah 5 gaun pengantin yang akan membuat foto pernikahan adat Batak lebih fenomenal:

1. Baju Adat Batak Karo

Pakaian pengantin ini berasal dari salah satu suku terbesar di sumatera utara yakni suku Karo. Pakaian ini terlihat mirip dengan pakaian adat Batak lainnya. Dengan hiasan kepala yang menjadi ciri khas pakaian adat Batak. Warna dominan untuk pakaian adat ini adalah warna merah dengan sedikit sentuhan warna emas. Sesuai dengan nama kainnya yakni kain UIS Gara.

Uis Gara dalam bahasa Batak sendiri memiliki arti kain berwarna merah dan terbuat dari tenunan benang merah Terdapat sedikit aksen motif benang dengan warna perak dan emas yang membuat pakaian menjadi lebih menarik. Jadikan foto pernikahan adat Batak mu lebih indah dengan balutan gaun ini.

2. Baju Adat Batak Simalungun

Sama halnya dengan suku karo, Simalungun juga merupakan salah satu suku besar yang ada di Provinsi Sumatera Utara dan memiliki beberapa marga. Diantaranya ialah marga Damanik, Sinaga, Purba dan Saragih. Hiasan kepala juga dikenakan oleh pasangan pengantin, hiasan ini terbuat dari lilitan kain yang ditumpuk hingga tinggi. 

Pakaian adat ini tergolong sopan dan nyaman karena sudah menjadi ciri khas dari pakaian pernikahan adat Batak Simalungun ialah baju yang panjang hingga dengkul. Selain itu, kedua mempelai juga memakai bawahan yang cukup panjang hingga mata kaki. foto pernikahan adat Batak kamu akan lebih sopan dengan gaun ini. Foto pernikahan adat ini juga cocok untuk kamu yang muslimah.

Terbiasa menjunjung norma kesopanan membuat bagian lengan juga didesain panjang sehingga semakin menunjukkan keanggunan dari pengantin wanita. Warna yang dipilih untuk pakaian ini cukup beragam. Namun layaknya pakaian pengantin bbtak, pada umumnya tetap ada corak emas dan merah pada pakaian ini.    

3. Baju Adat Batak Samosir

sebenarnya suku Samosir dikelompokan dalam etnis Toba. Namun, setelah ada pengelompokan distrik HKBP, Samosir terpisah. Dengan adanya pembagian ini Samosir dinyatakan memiliki etnis yang berbeda dengan Toba.  Pakaian adat yang dimiliki tenyata memiliki kemiripan, baik dari bahan yang digunakan hinggga modelnya pun sama.  Itu terlihat dari beberapa foto pernikahan adat Batak. Itu hal yang sangat wajar karena keduanya memiliki hubungan masa lalu.

Namun perbedaannya terletak pada pemilihan warna. Warna yang dominan gelap menjadi ciri khasnya. Selain itu, beberapa pengantin  pria suku Samosir juga tidak mengenakan atasan baju. Mereka hanya menggunakan kain ulos dan ikat pinggang sebagai penutup tubuh bagian atas. Ciptakan foto pernikahan kamu lebih fenomenal dengan konsep ini.

4. Baju Pernikahan Adat Mandailing

Suku Mandailing memiliki daerah persebaran yang cukup besar di daerah Tapanuli Selatan, Padang Lawas dan Mandailing Natal. Sama dengan Pakaian adat suku batak lainnya,  pakaian suku batak Mandailing juga di dominasi oleh warna merah dan corak keemasan, yang menunjukkan ciri khas dari suku Batak. Warna dominasi inilah yang akan membuat foto pernikahan adat Batak akan memberikan kesan mewah.

Bagi pengantin pria, pakaian yang dikenakan ialah baju dengan lengan panjang dan mengenakan lilitan kain ulos  dan untuk menambah kegagahan, biasanya ditambah dengan aksesoris berupa gelang dan kalung yang berwarna keemasan.

Untuk baju pengantin wanita, sekarang sudah pilihan banyak baju Batak modern. Kamu hanya perlu menambahkan beberapa aksesoris seperti kalung dan ikat pinggang agar tetap menujukkan ciri khas suku Batak. 

Untuk bagian bawah, kain ulos yang berwarna senada dengan atasan masih menjadi pilihan para pengantin. Selain itu, Kamu juga bisa mengenakan hiasan kepala dengan corak keemasan yang menjadi ciri khas suku Mandailing yang akan menambah kesan mewah pada foto pernikahan adat Batak mu. 

5. Baju Adat Batak Toba

Baju adat ini berasal dari suku Batak Toba tepatnya di pulau Toba yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Sama dengan suku Batak lainnya, tentunya suku ini juga memiliki pakaian adat sendiri yang menjadi identitas dan pembeda dengan suku lain yang ada di Sumatera Utara serta menjadi ciri khas tersendiri. 

Sama dengan pakaian adat Batak lainnya, kain ulos masih menjadi kain favorit masyarakat suku Batak dalam membuat pakaian adatnya. Seperti yang lainnya, foto pernikahan adat Batak dengan penggunaan kain ulos ini akan menambah kesan mewah. Apalagi ciri khas dari pakaian adat Toba ini adalah corak geometris yang membuat pakaian menjadi lebih indah. Selain itu warna yang dikenakan juga merupakan warna cerah sepertii warna merah dan keemasan yang menjadi warna khas dalam pakaian adat ini.

Pengantin wanita maupun pria menggunakan sebuah kain yang digunakan dengan cara dililit baik untuk atasan maupun bawahan. Namun, tata cara penggunaan yang berbeda. Sementara untuk hiasan kepala untuk pengantin wanita dan pria sedikit berbeda. 

Beberapa foto pernikahan adat Batak yang bertebaran di sosial media terlihat lebih mewah ketika para pengantin menggunakan pakaian adatnya yang masih cukup tradisional ditambah sedikit sentuhan modern pada gaun penikahan adat. Hal itu justru akan menambah kesan mewah namun tetap menampakkan sisi tradisional yang masih cukup kental.

Selain gaun yang mewah, pengantin wanita juga akan semakin terlihat cantik alami dengan mengenakan kain ulos yang diikat di kepala sedangkan pengantin pria mengenakan tutup kepala. Berbeda dengan pengantin wanita,  pengantin pria mengenakan tutup kepala. Tutup kepala ini menyerupai topi namun memiliki ujung yang runcing ke arah atas. Hal ini ternyata memiliki makna tersendiri yang menandakan bahwa pria adalah pemimpin bagi wanita.  Pakaian pengantin pria justru membuat kamu terpukau dengan kegagahnnya dan foto pernikahan adat Batak akan terlihat lebih elegan.

Itulah yang bisa kamu kenakan kalau kamu ingin menciptakan foto pernikahan adat Batak yang elegan namun tetap tradisional. Untuk menciptakan momen tersebut, kamu bisa memilih fotografer pernikahan yang memang sudah profesional yang nantinya akan menyarankan bagaimana cara kamu berias untuk menciptakan foto pernikahan adat yang terbaik. Yuk temukan vendornya di WeddingMarket!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...