Pilih Kategori Artikel

Inspirasi 6 Model Gaun Brokat untuk Akad Nikahmu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Gaun brokat merupakan salah satu jenis pakaian khas pada pernikahan. Pakaian ini sangat identik dengan acara pernikahan baik untuk pengantin maupun para tamu undangan yang akan hadir. Akan tetapi, tidak semua pengantin ingin menggunakan bahan ini sebagai pakaian pada acara akad nikah. 

Beberapa di antaranya lebih menyukai menggunakan bahan selain brokat karena modelnya bisa lebih modern dan divariasikan. Jangan keliru, karena kamu juga masih bisa mendapatkan model yang bervariasi dari bahan tersebut walaupun lebih identik dengan kesan tradisional. Apalagi, saat ini perancang busana yang modern dan kreatif sudah cukup banyak. 

Di setiap daerah pasti terdapat perancang busana yang handal dan bisa membuat pakaian akad nikah dari brokat yang lebih berbeda. Jika kamu sedang merencanakan pembuatan gaun untuk akad nikah kamu bisa mencari inspirasi dari yang sudah ada maupun berimajinasi sendiri. Hal ini bisa membuat pakaian yang kamu gunakan sesuai keinginanmu. 

Sebagai rekomendasi kamu bisa menggunakan beberapa inspirasi gaun brokat untuk acara akad nikahmu nanti. Berikut beberapa inspirasi yang bisa kamu gunakan pada gaun akad nikah yang terbuat dari kain brokat. 

1. Kebaya Standar 

wm_article_img
Foto: w.a.tulungagung

Model pertama yang bisa kamu gunakan ialah kebaya pengantin brokat dengan ukuran standar hingga menutup bagian paha. Model kebaya ini biasanya selalu menggunakan warna putih khusus untuk akad nikah. Untuk acara akad nikah biasanya adat Jawa yang paling sering menggunakan jenis model pakaian ini. 

Seiring dengan perkembangan waktu, gaun brokat yang satu ini juga banyak digunakan meskipun tidak mengusung adat Jawa dalam pernikahannya. Kamu juga bisa menggunakan jenis pakaian ini pada akad nikah untuk pernikahan yang lebih sederhana maupun dengan konsep modern.

Modelnya yang sederhana dan elegan tetap membuat gaun pengantin terlihat anggun. Model seperti ini juga nampak sangat simple dan tidak terlalu sulit untuk digunakan. Riasan tradisional maupun modern tetap masuk jika menggunakan kebaya akad nikah ini. Kamu tetap akan tampil cantik dan menawan dengan menggunakan kebaya pada akad nikahmu. 

2. Kebaya Ekor Panjang 

wm_article_img
Foto: dreamersandlovers

Model berikutnya yang tak kalah menarik ialah gaun brokat berupa kebaya dengan ekor panjang. Model ini semakin sering digunakan terutama pada acara akad nikah. Selain nampak lebih anggun, model seperti ini juga nampak lebih fresh dan modern. Kamu bisa memilih  model seperti ini terutama jika kamu menggunakan hijab. 

Meskipun kamu tidak berhijab, kamu juga bisa menggunakan model seperti ini dan membuat bagian belakangnya menjuntai cukup panjang. Daun ini biasanya sangat menonjolkan bahan brokat pada setiap bagiannya. Apalagi, model seperti ini dibuat lebih panjang sehingga detail dari bahan tersebut akan terlihat lebih jelas. 

Kebaya model ini biasanya ada yang menggunakan model atasan serta berupa dress panjang. Jika menggunakan model atasan dengan ekor panjang maka kamu perlu menggunakan bawahan berupa kain samping atau jarik yang sesuai. Padukan pula dengan riasan yang sesuai baik riasan bold maupun soft. 

3. Outer Brokat 

wm_article_img
Foto: Dalifa Ramadhani from Pinterest

Desain berikutnya yang juga unik ialah menggunakan kain brokat sebagai outer dengan gaun bahan lain didalamnya. Gaun brokat ini sangat berbeda dari biasanya terutama jika kamu gunakan pada acara akad nikah. Kamu juga bisa menggunakannya untuk acara resepsi sekaligus sehingga lebih hemat biaya. 

Gunakan outer tersebut dengan ukuran yang lebih panjang dari gaun bagian dalam. Dengan begitu outer ini akan menampakan sisi anggun dan menawan dari seorang pengantin wanita. Penggunaan model ini akan menampakkan detail dari bahan brokat sehingga pakaian yang kamu gunakan lebih menarik dan berbeda. 

Untuk desain gaun brokat ini kamu bisa memilih variasi warna selain putih. Busana akad tak harus selalu berwarna putih. Khusus untuk desain ini kamu bisa memilih warna lain yang sesuai dengan keinginanmu. Namun, kamu lebih disarankan untuk memilih warna yang lebih soft agar hasilnya lebih menarik. 

4. Gaun Lurus 

wm_article_img
Foto: dreamersandlover

Selain dibuat beberapa model gaun pengantin di atas, kamu juga bisa membuat gaun akad nikah dengan model lurus. Model ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang memiliki ukuran tubuh yang cukup lebar. Kamu bisa terlihat lebih ramping dengan menggunakan model seperti ini. Namun, jika kamu bertubuh ramping model ini juga tetap tak masalah untuk digunakan. 

Gaun brokat ini akan tetap terlihat modis dan elegan meskipun terkesan tidak menggunakan banyak aksen pada bagian pakaian. Kamu bisa tampil lebih sederhana dan hanya fokus pada detail yang ada pada motif brokat. Kamu tak perlu lagi menambahkan hiasan lain yang lebih meriah. 

Penggunaan warna putih khas akad nikah akan sangat cocok dengan model ini. Selain potongan lurus lebih nampak terlihat, penggunaan warna putih juga akan membuat tampilannya lebih elegan meskipun hanya lurus saja. Kamu tak perlu khawatir karena di tangan profesional tahun ini akan nampak sangat cantik dan mempesona. 

5. Ball Gown

wm_article_img
Foto: Aliexpress

Kain brokat juga bisa kamu gunakan untuk pembuatan gaun dengan bentuk bola atau ball gown. Gaun ini tetap bisa terlihat cantik dan anggun meskipun modelnya berukuran cukup besar serta mengembang. Kamu bisa memadukan bahan lainnya untuk bagian dalam kemudian kain brokat bisa dipasang pada bagian luarnya. 

Desain seperti ini merupakan salah satu bentuk gaun brokat yang lebih modern dari penggunaan pada umumnya. Akan lebih cantik lagi jika kamu lebih fokus pada pemasangan brokat di bagian bawah terutama pada bagian yang mengembang. Hal ini akan menjadi sebuah perpaduan yang sangat cantik. 

Meskipun untuk acara akad nikah, model seperti ini tetap bisa digunakan karena tidak menghilangkan pesan sakral dari gaun tersebut. Sebaiknya kamu gunakan warna putih untuk bagian dalam maupun luarnya agar gaun ini nampak lebih serasi dan cocok digunakan saat akad nikah. 

6. A-Line

wm_article_img
Foto: Moonlight Bridal

Model lainnya yang bisa kamu gunakan ialah A-Line. Model ini tetap cocok digunakan dengan bahan brokat sehingga menjadi gaun brokat yang sangat cantik. Seperti model lainnya untuk potongan A-line ini kamu perlu menggunakan dua bahan sekaligus yaitu brokat untuk bagian luar serta bahan lain untuk bagian dalamnya. 

Model seperti ini tetap cantik dan anggun meskipun digunakan pada saat akad nikah. Kamu tak perlu khawatir karena model ini juga sudah cukup mewah terutama dari bagian brokat yang cenderung lebih detail. Kamu juga bisa menggunakan warna lain sebagai variasi agar kamu bisa tampil berbeda. 

Demikianlah beberapa inspirasi yang bisa kamu gunakan dengan bahan brokat. Bahan ini sangat identik dengan sebuah acara pernikahan sehingga apapun modelnya kamu tetap bisa tampil cantik sebagai pengantin. Gunakan riasan yang sesuai dan tidak berlebihan agar penampilanmu juga bisa lebih cantik. 

Gaun pengantin brokat ini bisa kamu jahit sendiri di penjahit profesional dengan bantuan penata busana yang juga sudah handal. Pilih kain brokat yang memiliki desain serta motif yang modern sehingga bisa cocok untuk potongan busana apapun. Hasilnya akan membuat seorang pengantin lebih tampil percaya diri dan elegan. Pengantin tampil percaya diri dan elegan. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...