Trik Membuat Konsep Gaun Pengantin ala Eropa yang Elegan

03 Nov 2020 | By Wedding Market | Viewers: 119
Trik Membuat Konsep Gaun Pengantin ala Eropa yang Elegan
Foto: Pexels

Ada banyak jenis gaun pengantin yang bisa kamu pakai, dari model nasional, klasik, ataupun model Eropa. Berbagai model gaun pengantin tersebut tentunya harus kamu sesuaikan dengan konsep pernikahan yang hendak kamu langsungkan. Jika kamu melangsungkan pesta pernikahan dengan konsep Barat dan cukup mewah, gaun pengantin ala Eropa cocok untuk kamu gunakan. 

Warna untuk gaun pengantin Eropa biasanya didominasi oleh warna putih, seperti yang Ratu Victoria gunakan. Karena itulah, warna putih atau krem pucat dianggap sebagai warna wajib untuk mereka yang hendak menggunakan konsep gaun pengantin dari Eropa. 

Selain penggunaan warna putih, keunikan yang terdapat di gaun pengantin dari Eropa adalah sleep, yang memiliki makna sebagai ekor tambahan di bagian belakang gaun. Dengan menggunakan sleep, kamu akan terlihat lebih anggun dan elegan. Penggunaan sleep juga sering ditemukan pada gaun resmi yang digunakan oleh putri kerajaan di Inggris. 

Kalau kamu hendak menggunakan gaun pengantin ala Eropa untuk pesta pernikahan nanti, berikut aksesoris dan konsep yang harus sebaiknya kamu gunakan. Dengan begitu, penampilanmu akan terlihat lebih elegan dan manis, seperti putri dari kerajaan Eropa. 

1. Menggunakan Penutup Kepala

Banyak gaun dengan desain Eropa klasik yang menggunakan penutup kepala untuk penggantin wanita. Kamu bisa menggunakan topi, kerudung yang menutupi wajah, ataupun rangkaian mahkota yang terbuat dari bunga. Penggunaan tiara ataupun mahkota kecil juga bisa kamu gunakan jika kamu tidak keberatan. Tambahan aksesoris tersebut akan membuatmu terlihat lebih anggun dan menarik. 

2. Warna Gaun yang Digunakan

Seperti yang telah kamu ketahui sebelumnya, kamu sebaiknya menggunakan warna gaun putih jika ingin mencontek desain gaun pengantin dari Eropa. Karena kebanyakan desain dan konsep gaun pernikahan dari sana menggunakan warna putih, putih tulang, ataupun krem pucat. Menggunakan warna tersebut dianggap akan menambah kesan cantik alami yang dimiliki mempelai wanita. 

3. Gaun yang Panjang dan Mengembang

Banyak gaun pengantin ala Eropa yang memiliki desain yang mengembang dan besar di bagian bawah, atau jika tidak memiliki ekor yang cukup panjang sehingga harus dipegangi ketika hendak berjalan menuju altar. Kamu juga bisa menggunakan konsep tersebut untuk gaun pernikahanmu. Penggunaan ekor atau sleep biasanya identik dengan gaun pengantin model klasik. 

Untuk desain yang lebih modern, sekarang gaun pengantin atau pesta Eropa menjadi lebih fleksibel. Model gaun tidak hanya mengembang, namun juga bisa menggunakan model layer, memanjang, ataupun gaya lain. Kamu bisa berdiskusi dengan desainer gaun pengantinmu untuk menentukan gaya gaun yang paling tepat. 

4. Membawa Bunga dan Memakai Sarung Tangan

Walaupun terlihat remeh, namun penggunaan konsep pernikahan Eropa membuatmu harus mengikuti aturan dalam pernikahannya. Salah satunya adalah menggunakan sarung tangan dan membawa buket bunga. Namun sekarang tradisi ini sudah tidak begitu ketat lagi, kamu bisa tidak membawa bunga atau memakai sarung tangan. Pilihan tersebut bisa disesuaikan dengan keinginan calon mempelai. 

5. Gaun yang Simpel dan Elegan

Hampir semua gaun pengantin ala Eropa memiliki bentuk yang sederhana dan tidak memiliki banyak hiasan. Hal tersebut karena gaun pernikahan mereka memang di desain minimalis dan sederhana. Namun bukan berarti gaun yang digunakan plain dan terkesan kosong, ada beberapa aksesoris yang ditambahkan tapi tidak begitu banyak. Misalnya payet, renda, ataupun hiasan bunga di beberapa bagian. 

6. Gaun Pengantin Hijab

Kalau kamu hendak menggunakan hijab untuk pesta pernikahan nanti, penggunan gaun ala Eropa juga bisa kamu terapkan. Ini merupakan perkembangan tren dari gaun Eropa yang cukup populer belakangan. Agar makin manis, kamu bisa menggunakan hijab yang berwarna serupa dengan gaun yang kamu gunakan. Bentuk hijab tersebut agar terlihat menarik dan tidak menutupi hiasan gaun pengantin yang kamu gunakan. 

Biasanya untuk mereka yang menggunakan hijab, ujung hijab akan dimasukkan ke dalam baju pengantin atau dibentuk sedemikian rupa, sehingga membuat pemakainya terlihat cantik. Kamu juga bisa menambahkan hiasan untuk bagian hijab, dari mahkota, bunga, ataupun hiasan payet lainnya. 

Selain menggunakan gaun pengantin ala Eropa, kamu juga harus mempertimbangkan aksesoris lain untuk menunjang penampilan ketika menggunakan gaun tersebut. Salah satunya adalah sepatu, pilihlah yang memiliki warna senada dengan gaun yang kamu gunakan. Sesuaikan tinggi sepatu dengan ukuran tubuh dan rasa nyaman, jika kamu merasa tidak nyaman menggunakan sepatu berhak tinggi, gantilah dengan wedges atau jenis sepatu yang serupa. 

Rekomendasi dari konsep gaun pengantin ala Eropa tersebut bisa kamu coba untuk pernikahanmu. Untuk mendapatkan gaun yang cantik, perbanyak referensi mengenai gaun pengantin dan lakukan diskusi dengan desainer yang merancang pakaianmu. Sesuaikan warna dan konsep gaun pengantin dengan model pernikahan yang kamu langsungkan, sehingga kamu tetap nyaman memakainya ketika pesta pernikahan berlangsung. 

Kamu juga bisa menghubungi berbagai vendor gaun pernikahan di WeddingMarket ketika ingin melangsungkan pernikahan ala Eropa. Mulai dari gaun, catering, hingga dekorasi, sudah tersedia di situs WeddingMarket. 

Gunakan juga WeddingTools untuk kelola to do list, guest list, hingga manajemen vendor pernikahan secara online dan gratis. Kalau bisa terpusat di satu platform, kenapa nggak?


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket