Tips Tepat Memilih Kebaya Sebagai Gaun Pengantin Tradisional - Wedding Market

Tips Tepat Memilih Kebaya Sebagai Gaun Pengantin Tradisional

29 Apr 2020 | By Faaqih Irfan Djaelani WeddingMarket | Viewers: 1124
gaun pernikahan tradisional
Foto: Bisnis Wisata

Kebaya merupakan gaun pengantin tradisional di Indonesia yang sering digunakan oleh para pengantin yang menggelar pesta perkawinannya secara tradisional dengan mengusung adat-adat pernikahan tertentu.

Kebaya yang berasal dari bahasa Arab, abaya, yang artinya pakaian ini sering terlihat pada pernikahan tradisional dengan adat Jawa, Sunda, Betawi, bahkan Batak. Pemakaian kebaya di hari pernikahan masih merupakan hal yang populer di tengah-tengah trennya gaun pengantin Barat atau internasional.

Banyaknya ragam warna serta corak, dan mudah dikombinasikan dengan mereka yang ingin tampil secara Islami menjadi hal-hal yang menyebabkannya masih mendapat tempat di masyarakat.

Nah, Ladies, apakah kamu berniat mengenakan kebaya pada hari pernikahanmu nanti sekaligus juga melestarikan salah satu warisan budaya Indonesia ini?

Jika iya, tentu sama seperti halnya memilih gaun pengantin Barat, kamu harus memperhatikan tips-tips berikut di bawah ini ya supaya kebaya yang kamu pilih cocok dan sesuai.

1. Sesuaikan dengan Konsep Acara

Hal pertama yang perlu kamu ketahui dalam memilih kebaya sebagai gaun pengantinmu adalah kamu harus menyesuaikannya dengan konsep acara yang dibuat. Mengingat kebaya itu bersifat tradisional, maka kamu harus memakainya dalam pernikahan yang juga tradisional.

Misalkan, jika kamu adalah orang Jawa, dan berasal dari Solo, kamu tentu harus mengenakan kain jarik atau kemben sebagai dalaman kebaya.

Kalau kamu menginginkan kebaya dengan tampilan modern kamu bisa mengenakan desain dengan padu padan gaun beraksen pakaian tersebut.

Misalkan, dengan mengambil potongan badan bagian atas kebaya lalu dipadukan dengan bawahan rok bersiluet mermaid yang modern.

2. Perhatikan Setiap Detail Penampilan

Ketika memilih kebaya pada pernikahanmu kamu juga perlu menentukan konsep gaun dan tata rias wajah dan rambut hingga aksesoris. Tujuannya supaya kamu mendapat hasil tampilan akhir yang maksimal dan tidak bertabrakan dengan riasan yang lain.

Supaya mendapat hasil yang terbaik, sebaiknya kamu berkomunikasi secara intensif dengan desainer gaun pernikahanmu.

3. Kenakan Tren Warna Kekinian

Supaya kebayamu penuh dengan banyak pilihan warna dan bukan itu-itu saja seperti putih dan off white, kamu bisa memilih warna-warna romantis seperi warna pastel, rustic, dan dustyWarna-warna yang berkarakter kuat seperti salmon dan yellow butter fresh bisa juga dijadikan sebagai warna karena sedang tren.

Pilihan lainnya adalah kamu bisa mengenakan warna gelap seperti metallic blue yang bisa dikombinasikan dengan kain brokat berwarna lebih cerah seperti icy blue untuk tampilan akhir yang tetap cantik dan romantis. Meski begitu yang tidak boleh kamu lupakan, Ladies, dalam memilih warna ini adalah sesuaikan juga dengan bentuk tubuhmu ya.

Misalkan kamu berbadan kurus, sebaiknya menghindari warna-warna yang gelap karena warna tersebut akan memberikan efek semakin kecil pada tubuh. Kemudian untuk kamu yang berwarna coklat atau sawo matang sebaiknya menghindari penggunaan warna gelap yang malah akan membuat kamun semakin tenggelam atau jauh lebih gelap dari kulitmu.

4. Pilih Desain yang Menunjukkan Karakter Diri

Hal ini merupakan faktor yang sangat penting lho, Ladies karena kamu sebagai pengguna tentu memiliki gaya dan karakter yang berbeda. Karena itu, bentuk kebaya harus sepadan dengan kamu  tentunya. Mulai dari pilihan gaya yang feminin, sensual, glamor hingga eksentrik, offbeat dan adgy.

Supaya kecantikanmu terlihat luar-dalam gunakan kebaya yang menunjukkan inner beautymu pada hari pernikahanmu, Ladies.

5. Perhatikan Potongannya

Memperhatikan potongan dalam memilih kebaya sebagai gaun pengantin tradisional juga merupakan hal yang penting. Karena potongan kebaya akan menentukan keseluruhan penampilan mulai dari bentuk tubuh, kesempatan, dan kepentingan serta selera yang benar-benar diinginkan.

Apabila tidak sesuai selera, akan berakibat fatal dalam mengenakan kebaya saat di hari pernikahanmu sehingga hal itu akan menganggumu. Kalau badanmu cenderung kurus, sebaiknya hindari pada bagian lengan yang terlalu kecil. Sedangkan jika badanmu gemuk, hindari potongan bagian lengan kebaya yang terlalu besar.

Selain itu, potongan kebaya harus disesuaikan dengan tinggi badan ya, Ladies. Untuk hal ini, ada beberapa tipsnya. Kalau badanmu tinggi, bisa menggunakan potongan kebaya yang panjanh hingga menyapu lantai. Karena dengan potongan seperti ini kamu tidak akan terlihat jenjang karena kain jenjangmu yang tertutupi kain.

Lalu bagaimana dengan badan pendek? Apabila badanmu ternyata pendek, kamu bisa menggunakan kebaya yang potongannya tidak menyapu lantai, dan sebaiknya menggunakan potongan yang tidak sampai menyentuh lutut, dan cukup hanya sampai bawah pinggul.

Potongan kebaya juga harus memperhatikan konsep pernikahan yang digelar, baik outdoor maupun indoor. Apabila ingin mengenakan kebaya di pernikahan outdoor, sebaiknya jangan memakai kebaya dengan potongan yang terlalu panjang karena akan bisa terinjak-injak sehingga menghambat pergerakan dan rusak.

6. Siasasti dengan Trik Khusus

Apabila kamu menginginkan kebaya yang sesuai dengan keinginanmu namun ternyata tidak cocok dengan ukuran tubuhmu, kamu bisa meminta kepada desainer gaun pernikahan untuk trik-trik khusus ketika dibuatkan kebaya.

Misalkan, kalau kamu punya leher yang kurang jenjang, desainer yang memperhatikan kelemahan kamu tersebut bisa memberikan potongan leher yang mampu memberikan efek jenjang dengaan kerah berbentuk V atau V-necj atau berpotongan dada rendah.

7. Persiapkan Waktu

Mempersiapkan waktu ketika mengenakan kebaya pada saat hari pernikahan juga merupakan hal yang wajib untuk kamu lakukan. Idealnya adalah kamu butuh waktu 4-5 bulan untuk mempersiapkan kebaya untuk hari pernikahan. Jangka waktu seperti itu cukup untuk kamu memilih bahan, memilih model, dan hal lainnya.

Apabila kamu ingin menyewa, rajin-rajinlah mencari kebaya yang cocok, dan pastikan kebaya tersebut tersedia untuk hari pernikahanmu. Apabila kamu ingin menjahit, carilah penjahit yang bisa menyelesaikan jahitan tepat pada waktunya karena biasanya mereka akan sibuk melayani pesanan yang lain, dan bukan hanya kamu.

8. Tentukan Biaya

Kamu tentunya ingin tampil sempurna saat hari pernikahan dengan memakai kebaya yang khusus dan lain dari biasanya.

Namun yang perlu kamu perhatikan adalah biaya. Ingatlah, memilih gaun pengantin bukan hal satu-satunya yang kamu urus sebab kamu harus mengurus hal lain seperti dekorasi, catering, suvenir, tempat, dan yang lainnya.

Jangan sampai biaya untuk kebaya ini melebihi biaya-biaya yang lainnya sehingga kamu pusing. Karena itu, tentukan terlebih dahulu biayanya supaya sesuai dengan dana yang tersedia.

9. Jenis Bahan

Untuk bahan, sebaiknya pilih bahan yang membuat kamu nyaman saat memakainya. Karena dengan kenyamanan kamu jadi tidak terganggu terutama di saat hari pernikahan.

Biasanya banyak yang memilh kebaya dengan bahan dari tulle, dan dipenuhi dengan brokat yang menyebabkan gatal-gatal dan kemerahan saat memakainya. Supaya hal itu tidak menimpa kamu pilihlah kebaya dengan bahan yang bisa disesuaikan dengan tempat pernikahan.

Apabila digelar di luar ruangan, pilihlah yang kebaya yang bahannya ringan dan menyerap keringat serta memudahkan kamu bergerak ke sana kemari.

10. Jaga Bentuk Tubuh

Supaya kebaya pernikahanmu sesuai dengan ukuran tubuh, kamu dianjurkan untuk menjaga bentuk tubuhmu dengan makan yang benar dan olahraga teratur.

Selain itu, hindari stress yang berlebihan terutama menjelang pernikahan karena hal itu akan sangat mempengaruhi penampilanmu.

11. Pakai Selop Saat Fitting

Memakai selop juga merupakan hal penting terutama saat kamu fitting kebaya supaya hal-hal yang tidak diinginkan seperti selop yang tidak pas di hari pernikahan tidak terjadi. Karena itu bawalah dan pakailah selop yang ukuran dan tingginya pas dengan selop pernikahan supaya kamu bisa mengetahui dan mengira-ngira ukuran yang tepat.

Itulah, Ladies, tips-tips tepat memilih kebaya sebagai salah satu gaun pengantin tradisional di Indonesia. Dengan mengetahui tips kamu nantinya bisa memilih dan menghindari hal yang perlu dan tidak perlu sehingga ada kecocokan dan kesesuaian di hari pernikahanmu.

Nah, apakah kamu menginginkan hal itu? Jangan lupa ya untuk cek vendor gaun pernikahan yang ada di Wedding Market. Segera klik ini ya supaya kamu mendapatkan yang sesuai ya, Ladies!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket
Hubungi Kami!
Chat Us