Pilih Kategori Artikel

Inspirasi 5 Model Gaun Pesta Brokat untuk Acara Resepsi
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Gaun pesta brokat merupakan salah satu pilihan yang bisa kamu gunakan untuk acara resepsi. Umumnya, bahan tersebut sering digunakan untuk pembuatan kebaya terutama untuk acara akad nikah. Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman bahan ini kini juga sering digunakan untuk pakaian pada acara resepsi.  

Bahan ini sangat identik dengan kebudayaan dan adat yang ada di Indonesia. Dengan kombinasi yang tepat maka pakaian untuk resepsi bisa menjadi lebih menarik dengan menggunakan bahan tersebut. Meskipun tema untuk resepsi cukup modern penggunaan brokat akan sangat cantik bila digunakan pada model yang tepat. 

Untuk itu, kamu perlu berkonsultasi dengan sangat matang dengan penata busana yang akan kamu pilih. Jika kamu sudah menemukan inspirasinya, kamu bisa membicarakan hal tersebut dengan penata busananya. Nantinya apa yang kamu inginkan bisa diwujudkan melalui tangan kreatif dan inovatif para penata busana.  

Biasanya untuk acara resepsi lebih banyak mengusung tema yang lebih modern dibanding acara akad nikah yang selalu mengusung tema tradisional. Gaun brokat ini akan tetap menawan jika kamu gunakan di acara pesta resepsi pernikahan. Jika kamu masih belum menemukan inspirasinya kamu bisa menggunakan beberapa inspirasi berikut ini. 

1. Gaun Duyung 

wm_article_img
Foto: essensedesigns

Model pertama yang bisa menggunakan ialah model gaun duyung atau mermaid. Model ini terbilang cukup simple namun sangat menarik untuk digunakan pada acara resepsi. Selain itu, penggunaan bahan dari brokat juga akan sangat mendukung model duyung tersebut. Bahan brokat yang lebih jatuh akan nampak cantik dengan menggunakan desain ini. 

Gaun pengantin brokat ini biasanya akan sedikit mengerucut pada bagian lutut dan sedikit mengembang pada bagian betisnya sehingga membentuk ekor duyung. Gaun pesta brokat ini akan nampak elegan dengan menggunakan warna yang lebih soft seperti biru muda, abu muda, pink, atau warna sejenisnya. Kamu bisa memilih salah satu warna tersebut untuk desain duyung ini. 

Untuk bagian belakangnya kamu bisa menambahkan ekor yang cukup panjang sebagai variasi ataupun tidak sama sekali. Keduanya tetap nampak elegan dan sangat anggun saat digunakan. Kamu juga tak perlu menggunakan riasan wajah yang terlalu mencolok. Untuk bagian rambut atau hijab kamu cukup menggunakan mahkota dengan aksen yang sederhana. 

2. Ball Gown 

wm_article_img
Foto: kleinfeldbridal

Penggunaan brokat juga masih bisa diterapkan pada model atau desain ball gown. Model seperti ini sangat identik dengan acara resepsi pernikahan yang biasanya lebih mewah dari acara akad nikah. Mempelai wanita akan nampak seperti princess saat menggunakan ball gown dengan gaun pesta brokat ini. 

Jika pada umumnya model ini hanya menggunakan jenis kain biasa yang dibuat mengembang, kamu juga bisa menambahkan bahan brokat sebagai variasi atau bahan utama. Akan tetapi, penggunaannya harus selalu ditambahkan atau disertai dengan bahan yang tebal dan tidak menerawang. 

Hal ini akan membuat bahan brokat lebih mudah dibentuk dan tentunya tidak menampakkan bagian dalam tubuhmu. Apalagi jika konsep pernikahan yang kamu gunakan adalah konsep islami. Gaun pesta brokat ini juga akan tampak lebih elegan jika menggunakan perpaduan kain pelapis dengan warna yang lembut. 

3. A-Line Rempel

wm_article_img
Foto: kleinfeldbridal

Berikutnya kamu juga bisa menggunakan model gaun dengan bentuk seperti huruf A. Sekilas model ini hampir sama dengan ball gown. Perbedaannya model ini tidak terlalu mengembang dan mengandalkan bentuk alami dari ukuran kain yang dipotong cukup lebar. Untuk acara resepsi model ini akan sangat cocok dan tampak lebih elegan. 

Kamu bisa menambahkan beberapa rempel dengan jahitan yang tidak terlalu rapat pada area perut tepatnya di bawah dada. Dari bawah dada hingga ke bagian kaki kamu bisa menggunakan bahan brokat yang ditonjolkan pada bagian tersebut. Gaun pesta brokat ini akan nampak cantik dan mempesona saat kamu gunakan. 

Penggunaan rempel pada bagian bawah dada tak perlu terlalu banyak. Cukup buat dua atau lebih penggunaan rempel yang cukup besar dan jelas. Hal ini akan menambah cantik bentuk dari gaun ini karena terdapat variasi pada bagian perut. Model ini akan lebih cocok jika menggunakan lengan panjang yang diberi kain brokat di bagian ujungnya. 

4. Potongan Lurus 

wm_article_img
Foto: dreamersandlovers

Desain berikutnya yang bisa kamu gunakan adalah potongan lurus dengan ujung gaun menutupi kaki. untuk acara resepsi penggunaan brokat bisa diterapkan pada potongan lurus seperti ini. Dengan menambahkan sedikit renda pada bagian perut maka gaun pesta brokat Ini akan nampak lebih simple namun terkesan mewah. 

Untuk potongan ini kamu tak perlu menggunakan terlalu banyak hiasan seperti kancing atau renda karena motif alami dari brokat juga sudah sangat detail. Jika kamu menambahkan hiasan lain yang lebih detail maka gaun tersebut akan nampak berlebihan. Kamu bisa menggunakan potongan ini untuk tema pernikahan yang sederhana maupun mewah. 

Untuk riasannya pun kamu bisa menggunakan jenis riasan apapun karena potongan lurus ini bersifat fleksibel dan bisa masuk ke jenis riasan apapun. Jika kamu ingin mengusung tema garden party maka gaun ini juga bisa kamu gunakan karena tidak terlalu mewah dan cocok untuk acara outdoor. 

5. Kebaya Ekor Panjang

wm_article_img
Foto: maggiesottero

Jangan keliru karena kebaya juga masih bisa kamu gunakan untuk acara resepsi. Kebaya yang digunakan merupakan kebaya ekor panjang yang menggunakan brokat pada bagian atas dan ujungnya. Jenis gaun pesta brokat ini bisa tampak lebih modern dengan penggunaan ekor panjang kombinasi brokat dan kain veil. 

Hal ini akan membuat pengantin tampak lebih anggun. Terlebih jika kamu ingin menonjolkan konsep adat atau tradisional pada setiap rangkaian acara mulai akad nikah hingga resepsi. Penggunaan gaun seperti ini akan sangat cocok dan tetap bisa tampil modis. Kamu juga bisa menggunakan mahkota khas daerah yang kamu pilih. 

Riasan natural maupun bold akan tetap cocok dengan menggunakan kebaya ekor panjang ini. Kami juga bisa memadukannya dengan kain jarik atau samping untuk penutup bagian bawah. Nuansa adat yang kental akan sangat terlihat dengan perpaduan antara kebaya dengan kain tersebut. Postur tubuhmu juga akan nampak lebih tinggi dengan menggunakan gaun ini. 

Gaun pesta brokat ini sangat mudah kamu temukan terutama di daerah Jawa dan sekitarnya. sebab, sebagian besar pengantin adat Jawa akan menggunakan potongan gaun tersebut. Sehingga sangat cocok digunakan resepsi dengan menggunakan mahkota serta pernak-pernik lain khas adat Jawa dan sekitarnya.

Demikianlah beberapa inspirasi yang bisa kamu gunakan untuk gaun resepsi dengan bahan brokat. Kamu juga bisa lihat berbagai jenis kebaya pengantin brokat untuk acara lamaran hingga resepsi pernikahanmu.

Padukan dengan riasan wajah serta aksesoris yang sesuai agar tampilan tetap sesuai dengan konsep dan potongan dari gaun pesta brokat tersebut. Nantinya kamu akan menjadi mempelai pengantin wanita yang sangat cantik dan mempesona. Konsultasikan dengan penata rias dan tata busana yang handal. 

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...