Pilih Kategori Artikel

Berbagai Macam Godaan Menjelang Pernikahan yang Dialami Calon Pengantin dan Cara Menyikapinya Menurut Islam
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Menikah adalah sebuah keputusan besar dalam kehidupan seseorang. Tentunya, sebelum menetapkan hati untuk menikah, ada berbagai pertimbangan-pertimbangan hingga akhirnya kamu dan sang kekasih yakin untuk hidup bersama dalam ikatan suci pernikahan. Bisa jadi, prosesnya memakan waktu bertahun-tahun atau malah sangat singkat.

Namun, cobaan tak berhenti hanya sampai keputusan tersebut dibuat. Kamu dan pasangan juga perlu mengantisipasi berbagai godaan menjelang pernikahan sebagaimana yang banyak dialami calon pengantin, yang tak jarang membuat stres atau bahkan bisa menggagalkan pernikahan. Duh, jangan sampai deh!

Godaan atau ujian menjelang pernikahan memang seringkali membuat kewalahan calon pengantin. Tiba-tiba ada rasa bimbanglah, was-was atau masalah-masalah lainnya yang mengganggu persiapan pernikahan. Tentunya tak boleh disepelekan. Justru, semakin dekat hari H, kamu dan pasangan harus semakin menyiapkan hati dan mental untuk menghadapi berbagai cobaan yang mungkin akan datang sebelum pernikahan resmi digelar.

Dalam artikel ini akan dijelaskan apa saja godaan sebelum menikah yang sering dialami calon pengantin serta cara menyikapinya, termasuk menurut pandangan Islam. Berikut ulasannya.

Macam-macam Godaan Menjelang Pernikahan yang Sering Dialami Calon Pengantin

wm_article_imgwm_article_img


1. Godaan dari lawan jenis

Jangan heran setelah kamu memutuskan untuk menikah, tiba-tiba ada lawan jenis yang mulai mendekati. Bisa jadi mantan pacar, gebetan yang dahulu ingin kamu dekati atau malah sosok orang baru yang terlihat menarik. Godaan menjelang pernikahan semacam ini kerap terjadi. Padahal, saat masih single atau sebelum memutuskan untuk menikah dengan calon pasangan yang sekarang, mungkin rasanya sulit sekali mendapatkan jodoh, ya? Kini, saat pernikahan tinggal menghitung hari malah tiba-tiba banyak yang mendekati. 

Wah, kalau sampai terjadi hal seperti ini, maka kamu harus benar-benar menguatkan hati agar tidak mudah terpengaruh. Apalagi jika kamu mulai berpikir bahwa orang yang mendekatimu tampak 'lebih' jika dibandingkan pasangan. Hati-hati ya, ini salah satu ujian sebelum menikah, jangan sampai kamu tergoda!

2. Masalah finansial

Alangkah baiknya apabila sebelum memutuskan untuk menikah, kamu dan pasangan pertimbangkan kesiapan menikah secara finansial. Banyaknya kebutuhan untuk persiapan pernikahan tak jarang juga menimbulkan berbagai masalah keuangan menjelang pernikahan. Meskipun prosesi pernikahan sudah direncanakan dengan matang, terkadang muncul biaya-biaya tak terduga yang mengakibatkan pengeluaran membengkak.


Jika kamu dan pasangan tidak segera mengatasinya, jangan heran kalau masalah finansial ini akan menyebabkan pertengkaran. Dampaknya bisa dirasakan juga oleh keluarga masing-masing. Cobaan semacam ini, seringkali dialami oleh pasangan calon pengantin menjelang pernikahannya. Maka dari itu, bila hal ini terjadi pada kamu, cobalah duduk bersama dan berdiskusi dengan pasangan untuk mencari jalan keluar terbaik. Apabila, kalian tak sanggup mengatasinya, maka mintalah bantuan pada kerabat atau keluarga dekat untuk membantu mengatasi masalah keuangan kalian.


3. Masalah keluarga

wm_article_img


Godaan menjelang pernikahan lainnya yang tak kalah menyita pikiran yakni perkara keluarga yang tak kompak, baik untuk penentuan tanggal pernikahan, adat yang akan digunakan, maupun jumlah tamu yang akan diundang. Masalah perbedaan pendapat antara dua keluarga ini dapat menjadi serius apabila tidak cepat ditangani. Oleh karena itu, cepatlah cari solusi terbaik supaya bisa menjadi jalan tengah yang bisa diterima oleh kedua belah pihak. Alangkah baiknya apabila dalam mengambil keputusan, keluarga dari masing-masing pihak sama-sama ridho dan tak ada yang lebih dominan.


4. Jadi sering bertengkar dengan pasangan

Banyak pasangan yang telah menikah mengaku, jelang hari H pernikahan mereka sering terlibat pertengkaran. Hal-hal sepele pun terkadang dapat menyulut emosi yang mengakibatkan perdebatan. Tahukah kamu, ternyata hal ini normal? Sindrom pra nikah atau stres menjelang pernikahan biasanya hadir karena kecemasan dan kegugupan menghadapi hari H. Hal ini yang membuat pasangan calon pengantin menjadi lebih sensitif. Apalagi, ditambah dengan banyaknya persiapan pernikahan dan masalah-masalah lain yang kerap muncul. Tak heran, jika hal-hal kecil pun menjadi pemicu terjadinya pertengkaran. 

Agar dapat melewati ujian ini dengan baik, bersikap tenang serta komunikasi yang baik dengan pasangan menjadi kunci agar masalah ini bisa dilewati. Kamu juga perlu sesekali mencurahkan uneg-uneg yang dirasakan kepada orang yang dipercaya agar perasaanmu menjadi lebih merasa lega. Kemudian, setelah perasaanmu sudah mulai tenang, barulah bicarakan masalah tersebut dengan pasanganmu. 

5. Tiba-tiba ragu pada pasangan

wm_article_img


Menikah memang benar-benar butuh kemantapan hati, sebab godaan yang dihadapi menjelang pernikahan bisa saja menggoyahkan kepercayaan dirimu maupun terhadap pasangan. Perasaan ragu kerap hingga tatkala sang calon pengantin mulai overthinking.


Biasanya, mendekati hari H akan muncul pertanyaan-pertanyaan seperti, “Apakah dia orang yang tepat untukku? Apakah aku benar-benar mencintainya? Bagaimana jika setelah menikah ternyata tidak bahagia?” Keraguan tersebut umumnya muncul karena stres berat menjelang pernikahan. Pada wanita, hal ini sering berkaitan dengan gejala bridezilla atau sindrom pra nikah


6. Mendapat pekerjaan impian atau tawaran menarik

Godaan menjelang pernikahan tak selamanya hanya berupa masalah-masalah saja, ada kalanya kemantapan hati calon pengantin diuji dengan suatu tawaran menarik seperti mendapatkan pekerjaan impian, atau proyek tertentu yang mengharuskannya untuk menunda pernikahan.


Tentunya hal ini akan menyebabkan dilema, karena di satu sisi pekerjaan itu adalah sesuatu yang sudah lama kamu impi-impikan dan kesempatan tak selalu datang dua kali. Jika harus mengalami situasi sulit seperti ini, maka kamu dan pasangan harus berdiskusi sebelum mengambil keputusan dengan bijak. 


Bagaimana Cara Menyikapi Godaan Menjelang Pernikahan Menurut Islam?

wm_article_img

Berbagai macam godaan menjelang pernikahan yang kerap menghampiri pasangan calon pengantin, sejatinya merupakan salah satu ujian yang diberikan Allah SWT. Ujian ini agar kamu bersabar serta sebagai pengingat bagi para calon pengantin agar selalu meniatkan segala sesuatunya karena Allah SWT, termasuk dalam urusan menikah.

Islam pun menganjurkan, agar setiap pasangan yang hendak menikah untuk benar-benar memantapkan hati dan meniatkannya untuk ibadah mencari ridha Allah SWT. Dengan demikian, berdoalah kepada Allah SWT agar membantu mempermudah segala urusannya. 

Menikah juga berarti kamu dan pasangan sudah siap menerima kekurangan masing-masing. Selama kekurangan tersebut tidak bertentangan dengan syariat, pasangan tidak melakukan tindak kekerasan atau perbuatan yang membahayakan pernikahan kelak, maka terimalah dengan ikhlas.

Apabila muncul keraguan dalam menentukan pilihan, Islam juga memberikan solusi dengan melakukan shalat istikharah. Mintalah petunjuk kepada Allah SWT dan senantiasa berdzikir kepadaNya. Berdoalah, agar kamu diberikan petunjuk dan jawaban terbaik. Tetaplah berprasangka baik selama menunggu petunjuk dari Allah SWT, karena Dia yang  maha tahu tentang apa yang terbaik untuk hamba-Nya.

Nah, itulah  berbagai macam cobaan dan godaan menjelang hari pernikahan yang mungkin akan kamu rasakan. Menikah adalah keputusan penting dalam hidupmu, meskipun terlihat menyenangkan tapi untuk mencapainya ada berbagai ujian yang harus kamu lalui bersama pasangan.


Dalam Islam sendiri, ujian sebelum menikah bertujuan agar para calon pengantin senantiasa bersabar sekaligus sebagai pengingat agar calon pengantin senantiasa meniatkan pernikahan untuk memperoleh Ridha-Nya. Godaan dan stres menjelang pernikahan sebenarnya suatu hal yang normal. Apabila kamu berhasil melaluinya dengan baik, semoga kedepannya kehidupan rumah tangga kalian bisa berjalan lebih kokoh dari berbagai macam ujian pernikahan.


Fotografi oleh: Ferenoa

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...