Pilih Kategori Artikel

Makin Anggun dengan Henna Pengantin Putih Glitter. Pilih Motif Kesukaanmu, yuk!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Henna merupakan satu cabang seni lukis dimana tubuh dijadikan sebagai bidang lukis. Henna sudah muncul sejak ribuan tahun lalu, tepatnya 5000 tahun lalu di India. Semakin berjalannya waktu, henna pun mulai berkembang dan tersebar ke penjuru dunia, salah satunya adalah Indonesia. Di negara ini, henna mulai populer antara tahun 2006-2007. Dari sejak itu, henna mulai digunakan di berbagai bidang kecantikan, mulai dari mengecat rambut, merias kuku hingga digunakan untuk henna pengantin.

Ada banyak jenis henna yang digunakan oleh para henna artis sebagai henna pengantin. Salah satu yang tradisional yakni henna berwarna merah atau merah kecokelatan (maroon), yang terbuat dari daun pacar. Namun, tahukah kamu kalau sekarang ada henna yang memberi kesan mewah dan berkilauan saat digunakan, yaitu henna pengantin putih glitter. Meskipun bahan baku pembuatannya berbeda, tetapi keduanya sama-sama henna pengantin cantik. 

Nah, sebelum kita melihat-lihat motif henna pengantin yang cantik, simak dulu beberapa informasi menarik seputar henna pengantin putih berikut ini, ya.

wm_article_img
Sumber: pinterest

  1. Terbuat dari bahan cat body painting

Dalam hal pembuatan, henna dengan warna-warna umum seperti coklat dan merah marun, biasanya dibuat dari bahan-bahan alami. Bahan tersebut berupa daun henna yang disaring dan diambil sari-sarinya. Daun yang umumnya digunakan berasal dari tanaman Lawsonia Inermis atau yang lebih dikenal dengan nama lokal ‘tanaman pacar’. Tanaman ini banyak tumbuh di Asia Afrika, Arab, dan Australia. Untuk mendapatkan warna yang lebih intens atau warna lain, biasanya para produsen henna menambahkan pewarna makanan.

Meskipun secara umum henna terbuat dari daun henna, tapi bahan tersebut tidak dipakai sama sekali dalam pembuatan henna pengantin putih, loh. Henna jenis ini justru terbuat dari bahan cat body paint berwarna putih. Body paint yang digunakan bukan sembarang body paint, melainkan bahan yang aman untuk dipakai di kulit, sehingga ketika diaplikasikan ke kulit pengantin tidak menimbulkan reaksi alergi.

  1. Bertekstur lengket

Perbedaan selanjutnya antara henna pengantin merah dan henna pengantin putih yakni dari segi tekstur. Jika henna biasa punya tekstur yang kental dan cepat sekali meresap, henna putih justru bertekstur lengket. Hal ini disebabkan karena henna putih terbuat dari cat body paint, bukan dari tumbuhan. Karena hal tersebut, maka tidak heran jika henna putih tidak meresap ke kulit layaknya henna merah. 

Glitter ditambahkan pada henna pengantin putih untuk finishing. Glitter ini tidak hanya berfungsi merubah tekstur henna, tapi juga menambah keindahan di tangan pengantin. Sekalipun model henna pengantin yang digunakan tergolong simple, efek glitter menjadikan tampilan henna pengantin mewah. Selain glitter, terkadang henna artist juga menambah hiasan berupa batu permata yang memberikan kesan lebih mewah.

  1. Tidak tahan lama

Berbeda dengan henna biasa yang bisa bertahan sampai tiga minggu, henna putih justru tidak bertahan lama. Hal ini tidak lepas dari bahan baku henna putih yang terbuat dari cat body paint. Jadi, tidak heran jika dalam waktu satu hari, henna putih bisa langsung hilang. Bahkan tidak meninggalkan jejak sama sekali.

Walaupun henna putih tidak bertahan lama, peminat henna putih masih banyak di pasaran. Kebanyakan dari mereka, tidak terganggu masalah ketahanan henna pengantin putih tersebut. Jadi,  meskipun hanya bertahan sebentar, henna pengantin simple cantik warna putih ini akan tetap digemari. 

  1. Motif

Dalam hal motif henna pengantin, baik warna merah maupun putih tidak ada perbedaan yang berarti. Keduanya sama-sama bisa dipakai untuk membentuk gambar henna pengantin  simple maupun kompleks,  seperti gambar bunga, sulur, kupu-kupu, bahkan burung. Untuk motif henna pengantin sendiri biasanya terdapat perbedaan dari berbagai negara. 

Di India, orang-orang cenderung menggunakan gambar-gambar yang lebih kompleks untuk henna pengantin. Faktor tersebut disebabkan karena orang India menyukai hal yang berbau keindahan. Oleh karena itu, keindahan tersebut ingin mereka aplikasikan dalam bentuk lukisan di tangan. Orang-orang India biasa menggunakan henna dari bagian jari sampai ke bagian lengan.

Beranjak ke Timur Tengah, masyarakat Arab lebih menyukai motif henna simple yang terkesan sederhana. Kesederhanaan tersebut mereka tunjukkan pada bentuk henna pengantin muslimah yang tidak terlalu rumit, yang berkisar pada bentuk bunga dan tumbuh-tumbuhan, serta tidak semua bagian tangan dilukis semua. 

5 Model Henna Pengantin Putih yang Populer 

Setelah mengetahui informasi terkait henna pengantin, selanjutnya mari kita bahas berbagai model henna pengantin putih yang bisa kamu pakai di pesta pernikahanmu nanti.

  1. Henna Pengantin Putih Berbentuk Seperempat Lingkaran

wm_article_imgSumber: pinterest

Rekomendasi model henna pengantin putih pertama adalah motif seperempat lingkaran. Sesuai dengan namanya, model henna pengantin ini digambar dengan bentuk seperempat lingkaran di masing-masing tangan pengantin. Bentuk lingkaran yang seperti itu termasuk bentuk yang unik, karena ketika pengantin menggabungkan kedua tangannya, maka terbentuklah gambar setengah lingkaran.

Oleh karena keunikannya tersebut, tidak heran banyak pengantin perempuan yang menyukai model ini. Selain karena unik, model henna ini juga termasuk ke desain henna pengantin simple. Cocok sekali untuk kamu yang menyukai hal-hal yang berbau kesederhanaan.

  1. Henna Putih Motif Bunga Matahari

wm_article_imgSumber: erinahenna/pinterest

Jika motif sebelumnya berbentuk lingkaran, motif henna pengantin simple yang kedua adalah gambar bunga matahari. Dalam proses pembuatan motif ini, henna artist akan memulainya dari bagian lengan. Di bagian tersebut, dia akan melukis bunga matahari dengan ukuran besar. Gambar tersebut lalu dilanjutkan hingga bagian jari-jari tangan dengan menambahkan berbagai detail yang membuat tampilan tangan kamu jadi makin indah.

Khusus untuk henna pengantin dengan motif bunga matahari, karena ukuran gambarnya yang cenderung besar, motif ini lebih cocok dipakai untuk pengantin bertangan kecil. Karena akan membuat tangan pengantin tampak jadi lebih bervolume.

  1. Motif Henna Floral Minimalis

wm_article_imgSumber: pinterest

Model henna pengantin simple yang selanjutnya adalah gambar floral minimalis. Sesuai dengan namanya, model henna pengantin yang satu ini hanya terdiri dari gambar bunga kecil-kecil yang digambar memanjang. Di bagian jari, dibuat hiasan berbentuk cincin dengan tambahan detail garis. Dengan bentuknya yang minimalis, henna floral bisa kamu padu padankan dengan gamis ataupun kebaya simpel yang bisa menambah kesan sederhana di tampilan kamu.

  1. Henna Putih Motif Gelang

wm_article_imgSumber: pinterest

Kalau kamu ingin bentuk yang berbeda tapi tetap terlihat sederhana, kamu bisa memilih motif gelang. Desain henna pengantin putih yang satu ini terbilang yang paling minimalis dari model sebelum-sebelumnya, karena motif yang dibuat berupa gambar gelang yang terletak di pergelangan tangan. Gambar tersebut lalu diteruskan menggunakan pola rantai hingga ke jari tengah.

  1. Henna Putih di Bagian Lengan, Leher, Hingga Punggung

Seni lukis hennapengantin ternyata tidak terbatas pada bagian tangan saja loh, kalau kamu ingin yang anti mainstream, bagian tubuh lain juga bisa dilukis. Trend model henna yang seperti ini, sudah berkembang beberapa waktu belakangan. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk menambah daya tarik para tamu undangan. Tentunya, model henna ini tidak cocok untuk henna pengantin muslimah yang menggunakan pakaian tertutup.

Sama halnya dengan henna tangan, proses pembuatan henna di leher juga tidak jauh berbeda. Henna artist menggunakan henna pengantin putih untuk melukis gambar sederhana. Setelah itu, agar gambar henna jadi lebih hidup, mereka menambahkan aksesoris seperti manik-manik atau batu permata.

Itulah informasi terkait henna putih dan beberapa model henna pengantin terbaru yang bisa kamu coba. Bagi kamu yang bosan dengan warna henna coklat ataupun merah, kamu bisa banget mencoba henna pengantin putih glitter yang mewah. Namun kamu harus ingat, sesuaikan juga dengan warna kulitmu, agar henna yang kamu pakai bisa lebih serasi dengan penampilanmu. Selamat mencoba ya, dears.

Baca juga: 5 Hal Mendasar yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Henna Pengantin

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...