Rekomendasi Henna Pengantin Simple untuk Penampilan yang Memukau - Wedding Market

Rekomendasi Henna Pengantin Simple untuk Penampilan yang Memukau

19 May 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 592
Rekomendasi Henna Pengantin Simple untuk Penampilan yang Memukau
Foto: instagram/hennabywiwie

Sebelum mengadakan sebuah pernikahan, banyak sekali hal yang dilakukan oleh calon pengantin perempuan untuk tampil cantik. Mulai dari melakukan berbagai perawatan sebelum pernikahan, mempersiapkan baju pengantin tercantik, makeup yang bagus hingga dekorasi pernikahan. Dari sekian banyak hal yang dipersiapkan oleh calon pengantin, ada satu aksesoris yang tidak boleh ketinggalan. Apakah itu? Apalagi kalau bukan Henna. 

Henna atau mehndi adalah seni lukis yang dilakukan melalui media tangan. Henna pertama kali muncul di daratan India. Namun seiring berkembangnya waktu, henna mulai berkembang ke belahan dunia lain. Fungsi henna pun mulai berubah, dari yang sebelumnya berfungsi untuk mewarnai rambut, sekarang henna justru digunakan untuk melukis tangan calon pengantin.

Seperti halnya dengan seni lukis lain yang dilakukan oleh orang-orang terampil, dalam pembuatan henna juga tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Hanya orang-orang yang sudah berpengalaman saja yang bisa melukis henna. Apalagi untuk momen sekali seumur hidupmu, jangan sampai salah memilih henna artist ya! 

Lalu, mungkin kamu juga penasaran ada model henna pengantin simpel apa saja sih yang bisa dicoba? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Desain Henna Mandala

Foto: shaadiwish.com | henna_amelia

Motif desain henna yang pertama adalah henna mandala. Desain ini mempunyai ciri khas berbentuk lingkaran. Biasanya lingkaran tersebut dilukis di tengah punggung tangan. Bentuk lingkarannya pun beragam, ada yang berbentuk kecil, ada juga yang berbentuk lingkaran besar. Bentuk lingkaran dalam henna mandala ternyata bukan sekedar motif asal-asalan saja loh! Gambar henna yang satu ini mempunyai arti bahwa lingkaran tersebut diharapkan dapat memberikan ketenangan untuk siapa saja yang memakainya.

2. Henna Motif Khaleeji

Foto:  bethany.habiba

Berbeda dengan model mandala yang memiliki bentuk lingkaran dan memenuhi punggung tangan, motif khaleeji justru hanya menerapkan di beberapa bagian, misalnya pergelangan tangan hingga sebagian punggung tangan. Dalam motif khaleeji, gambar henna pengantin simpel dibuat membentuk gelang di bagian pergelangan tangan. Gambar tersebut lalu diteruskan hingga ke punggung tangan. Pelukis henna juga menghias sela-sela jari pengantin dengan gambar cincin, sehingga lukisan tidak penuh di bagian punggung tapi juga tersebar hingga bagian jari.

3. Henna Motif Bangle

Foto: folder.pk

Desain henna yang bergambar gelang berikutnya adalah motif bangle. Motif ini merupakan gabungan antara gambar gelang dan cincin. Gabungan tersebut bisa terbentuk dengan cara pelukis membuat gambar menyerupai gelang di pergelangan tangan, dari gambar tersebut lalu dibentuk garis lurus yang menghubungkan pergelangan tangan hingga jari tengah. Di bagian jari tengah, pelukis lalu membuat gambar cincin yang mengelilingi jari. Dalam satu jari, bisa dibuat satu hingga tiga gambar cincin. Bentuk henna ini terlihat simple, tetapi sangat cantik ya

4. Henna Motif Spade

Foto: igofernando_ 

Selain gambar perhiasan, henna juga mempunyai motif lain yaitu motif spade. Maksud motif spade adalah sebuah desain henna yang dibuat menyerupai bentuk sekop. Bentuk sekop tersebut dilukis di bagian atas dengan ukuran besar. Untuk menambah nilai estetika, di samping gambar sekop, dibuat pola-pola unik di bagian atas, samping hingga bawah sekop. Tidak lupa di bagian ujung jari tangan juga ditambahkan pola unik tersebut.

Jika dilihat sekilas, motif spade memang cenderung sederhana dengan gambar henna yang tidak menutupi seluruh tangan. Namun, sekalipun motif ini sederhana, tetap bisa membuat pengantin tampil cantik dan menawan.

5. Henna Motif Flower dan Paisley

Foto: henna_amelia |lushxdesigns

Sesuai dengan namanya, henna satu ini dibuat menggunakan campuran antara gambar bunga dan pola paisley atau gambar tetesan air mata dengan ujung berbentuk melengkung. Motif ini dibuat tanpa menggunakan konsep garis lurus. Jadi ketika pelukis memulai pekerjaannya, dia akan menggambar bentuk bunga dari ujung telunjuk, lalu turun ke bagian punggung tangan. 

Di daerah tersebut, pelukis kemudian membuat gambar bunga yang dihiasi dengan pola paisley. Gambar ini dibuat hingga ke bagian bawah pergelangan tangan. Agar lebih menarik, pelukis juga membuat gambar bunga berukuran kecil di jari-jari lain. Jadi tampilan tangan pengantin tetap unik tanpa terlihat ramai. Motif ini akan sangat cantik untuk henna hitam maupun putih, apalagi dengan hiasan permata untuk momen akad nikah ataupun resepsi pernikahanmu nanti.

6. Henna Putih Desain Bunga Berjaring

Foto: ellhenna_designs

Jika henna simpel pengantin yang sebelumnya menggunakan henna hitam, desain yang satu ini justru menggunakan henna putih. Henna putih desain bunga berjaring dibentuk dengan tiga bunga bertingkat. Bunga-bunga tersebut ditempatkan di bagian jari, punggung tangan dan pergelangan tangan. Khusus untuk bagian tengah tangan, gambar bunga sengaja dibuat bertingkat yang disambungkan melalui garis lurus.

Contohnya, gambar bunga di bagian jari tengah tangan, gambar tersebut lalu diteruskan ke bawah melalui garis lurus, lalu tepat di bawah garis lurus, dibuat kembali gambar beberapa bunga. Khusus di bagian punggung tangan, selain menggunakan pola bunga, ditambahkan juga pola jaring di bagian bawah. 

Tujuannya adalah menambah variasi dan menghindari tampilan tangan jadi terlalu sepi. Setelah itu, sebagai gambar penutup, dibuat gambar bunga terakhir di bagian bawah jaring. Dari bentuk inilah, akhirnya orang-orang menyebutnya sebagai pola bunga berjaring.

7. Henna Motif Bunga Setengah Punggung Tangan

Foto: igofernando_

Model henna pengantin cantik yang lain adalah motif bunga. Pada motif ini, henna digambar di punggung tangan. Tapi tidak semua punggung tangan dipenuhi oleh coretan henna, melainkan hanya setengahnya saja. Dalam punggung tangan tersebut, pelukis henna menggambarkan bunga lalu di sampingnya dibuat gambar pagar. Penambahan gambar pagar ini bertujuan untuk menambah variasi sehingga tampilan tangan tidak monoton. 

Selain menghias di posisi punggung tangan, pelukis henna juga menghias sedikit jari-jari kamu dengan memberikan bentuk garis-garis pendek di ujung jari. Motif satu ini sangat direkomendasikan untuk yang tidak suka tampilan tangan terlalu ramai.

8. Henna Kreasi Kontemporer

Foto: hennabywiwie

Henna pengantin terbaru yang satu ini terbilang unik daripada yang lain. Pasalnya jika model henna yang lain tampilannya hanya bergantung pada desain henna saja, henna yang satu ini justru menambahkan detail kontemporer berupa permata, glitter maupun warna-warni selain merah dan putih. Kini, ada berbagai variasi warna yang bisa digunakan. Henna putih glitter bisa dikombinasikan dengan warna favoritmu. Apabila kamu ingin tampilan yang lebih glamor, bisa juga memilih henna emas dengan glitter dan permata. Dengan demikian, bukan hanya motif desain henna yang dapat memperindah punggung dan pergelangan tanganmu, melainkan juga aksesoris lainnya yang ditempatkan di sana.

Foto: hennabywiwie

Nah itulah 8 rekomendasi henna pengantin simple dan cantik yang bisa kamu aplikasikan di pesta pernikahan.  Model yang di atas memang lucu dan cantik-cantik sekali, tapi kamu harus ingat sekalipun bentuknya cantik semua, kamu sebaiknya memilih model yang sesuai dengan kepribadian. Misalnya kamu adalah tipe orang yang tidak suka terlalu ribet, maka kamu juga memilih model yang simpel saja sehingga tidak terlalu makan banyak waktu. Selain itu, sesuaikan juga dengan warna kulit dan bentuk tangan, sehingga hasilnya akan lebih maksimal. Nah, motif henna favoritmu yang mana, dears?

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?