Pilih Kategori Artikel

Pentingnya Bulan Madu Bagi Pengantin yang Baru Menikah
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Melakukan kegiatan bulan madu berupa jalan-jalan ataupun pergi berlibur secara berdua saja bisa dibilang telah menjadi sebuah tradisi penting yang banyak dijalani oleh para pengantin baru.

Ada cukup banyak anggapan yang menyebutkan jika kegiatan honeymoon merupakan suatu momen yang sangat sayang apabila dilewatkan. Terlebih bagi para pasangan yang baru saja melangsungkan pesta pernikahan. Bagi sebagian pasangan, aktivitas berlibur bersama ini bisa menjadi salah satu sarana quality time yang bisa dinikmati berdua.

Pengertian Bulan Madu Secara Sekilas

wm_article_img
Foto: anyaberkut on iStock

Bulan madu atau yang biasa juga populer dengan sebutan honeymoon ini pada dasarnya merupakan suatu aktivitas perjalanan atau liburan yang pada umumnya dilakukan oleh para pasangan yang baru saja menikah untuk merayakan pesta pernikahan yang sudah digelar tersebut.

Aktivitas honeymoon ini pada umumnya sering kali dirayakan pada tempat-tempat yang relatif cukup terpencil, eksotis, hangat, dan juga bisa memberikan kesan yang romantis. Dengan demikian, maka adanya aktivitas berbulan madu tersebut akan membuat hubungan menjadi semakin intim dan juga penuh romantisme.

Dengan alasan inilah makanya tidak sedikit para pengantin yang berupaya untuk menggelar acara honeymoon bersama dengan pasangan tercinta setelah prosesi acara pernikahan tersebut usai dilakukan.

Meskipun tidak sedikit juga pasangan yang mengesampingkan kegiatan berbulan madu mereka karena berbagai alasan, namun sebenarnya aktivitas liburan berdua ini merupakan hal yang sangat menarik dan tepat untuk dilakukan oleh sejumlah pasangan.

Berbulan madu juga bukan hanya dikhususkan untuk pasangan-pasangan yang memiliki ekonomi mapan saja. Pasalnya, budget untuk melakukan aktivitas berbulan madu ini sebenarnya bisa diatur sedemikian rupa sehingga anggarannya menjadi sesuai dengan yang kamu miliki sehingga salah bila bulan madu hanya dimonopoli oleh pasangan yang berekonomi mapan.

Manfaat Penting Berbulan Madu Untuk Pengantin Baru

wm_article_img
Foto: gilaxia on iStock

Terlepas dari berbagai anggapan dan juga stigma yang beredar di masyarakat, sebenarnya honeymoon ini sendiri memiliki cukup banyak manfaat penting bagi para pasangan mempelai pengantin. Beberapa  manfaat penting dari kegiatan berbulan madu tersebut diantaranya adalah sebagai berikut  ini.

1. Menjadi Sarana Melepas Penat Paska Menyiapkan Pesta Pernikahan

Salah satu manfaat penting yang bisa didapatkan dari aktivitas berbulan madu adalah bisa menjadi sarana untuk melepas stres dan juga penat pasca mempersiapkan acara pesta pernikahan yang begitu panjang dan kompleks.

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa pernikahan merupakan rangkaian acara yang cukup panjang dan tidak bisa disepelekan. Diperlukan persiapan yang cukup matang agar bisa menghadirkan acara pesta pernikahan yang begitu lancar dalam setiap prosesnya.

Tak jarang, banyak pasangan mempelai pengantin yang merasa ‘kehabisan’ energi dan begitu penat ketika harus mempersiapkan prosesi pesta pernikahan yang cukup panjang. Maka dari itu, bulan madu dan berlibur bersama dengan pasangan tercinta bisa menjadi salah satu sarana yang tepat digunakan untuk melepas penat dan juga stres pasca mempersiapkan pesta pernikahan.

Dengan berlibur bersama pasangan, kamu bisa kembali menjadi rileks dan kemudian mengisi kembali energi untuk bisa melakukan berbagai aktivitas dan rutinitas sehari-hari. Meski demikian, ada baiknya kalau kamu memberikan jeda antara waktu keberangkatan berbulan madu dengan waktu pesta pernikahan.

Sebagai contoh, kamu bisa pergi honeymoon 4 hari setelah pesta pernikahan ataupun juga satu minggu setelah pesta pernikahan. Dengan adanya jeda waktu yang tidak terlalu mepet ini, maka kamu dan pasangan bisa merencanakan kegiatan honeymoon tersebut secara lebih matang tanpa perlu terburu-buru sehingga kegiatan liburan romantis tersebut bisa berjalan secara maksimal.

2. Menjadi Sarana untuk Quality Time Agar Semakin Mengenal Satu Sama Lain

Manfaat melakukan perjalanan bulan madu yang tidak kalah penting berikutnya adalah bisa menjadi ajang untuk melakukan quality time bersama pasangan agar bisa lebih mengenal satu sama lain. Dengan demikian, kamu dan pasangan bisa tetap menjaga hubungan pernikahan yang penuh dengan nuansa romantisme.

Kehidupan pernikahan pada umumnya bukan merupakan hal yang mudah untuk dijalani. Pasalnya kamu akan bisa menemukan berbagai macam persoalan dan kondisi yang akan terjadi dalam rangkaian pesta pernikahan. Maka dari itu, ada baiknya jika kamu dan pasangan memiliki quality time bersama untuk terus mengenal secara lebih mendalam mengenai kehidupan pasangan tercinta.

Maka dari itulah, momen berbulan madu bisa dijadikan sebagai ajang untuk bisa lebih mengenal pasangan baik itu kelebihan maupun kekurangannya yang mungkin selama ini belum kamu ketahui.

3. Bisa Digunakan untuk Melatih Kepekaan Diri Terhadap Pasangan

Ketika melakukan aktivitas berbulan madu, tentunya kamu akan dituntut untuk saling fokus pada masing-masing pasangan tanpa perlu memikirkan hal-hal lainnya yang bisa mengganggu momen-momen intim dan juga nuansa romantis yang dimiliki. Semakin lekat hubungan yang terjalin dalam perjalanan honeymoon penuh keromantisan ini, pada umumnya juga akan membuat kamu lebih peka terhadap pasangan.

Terlebih jika selama ini kamu dan pasangan termasuk orang-orang yang sibuk dengan berbagai aktivitas masing-masing yang cukup padat. Tentu momen bulan madu ini akan bisa digunakan untuk semakin mengasah kepekaan diri terhadap pasangan yang mungkin selama ini lebih banyak terabaikan.

4. Digunakan untuk Menciptakan Kenangan Manis

Mungkin banyak yang mengatakan bahwa perjalanan kehidupan rumah tangga tidaklah selalu mulus. Aral, rintangan, dan sejumlah batu-batu kerikil lainnya siap menjadi ujian yang cukup kentara dan juga nyata bagi perjalanan cinta dan rumah tangga yang akan menguji kekuatan cinta serta komitmen mu dan pasangan.

Ketika kamu dan pasangan mengalami masa-masa yang terbilang cukup ‘berat’, tidak ada salahnya untuk mengenang momen-monen manis  dan juga romantis yang sudah dilalui berdua agar ikatan cinta antara kamu dan pasangan tetap terjaga dengan sangat baik.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk membuat momen-momen atau kenangan manis ini adalah dengan berbulan madu. Kenangan manis yang terjadi dalam kegiatan bulan madu akan bisa menjadi pengingat bagi kamu dan pasangan terkait cinta yang dulunya pernah membara dan juga mengingat tujuan pernikahan yang sudah kamu dan pasangan rencanakan.

5. Dapat Digunakan untuk Melancarkan Komunikasi

Salah satu masalah yang terbilang cukup krusial bagi para pasangan adalah terkait dengan komunikasi yang tidak berjalan dengan baik. Tanpa adanya komunikasi yang lancar dan baik, bukan tidak mungkin bahwa kehidupan pernikahan bisa berada di ujung tanduk. Maka dari itu, kegiatan berbulan madu menjadi salah satu cara yang tepat untuk digunakan sebagai sarana melancarkan komunikasi antara kamu dan pasangan.

Komunikasi yang berjalan secara lancar dan optimal akan bisa menghindarkan kamu dan pasangan dari pemikiran-pemikiran buruk yang bisa saja menimbulkan percikan-percikan atau prahara dalam rumah tangga.

6. Mempererat Hubungan Emosional Pasangan Suami-Istri

Banyak yang memiliki asumsi bahwa berbulan madu hanya dikhususkan untuk pasangan  yang baru saja melakukan pernikahan. Pada dasarnya hal ini tidak sepenuhnya benar. Pasalnya bulan madu juga bisa dilakukan oleh pasangan suami-istri yang sudah cukup lama menikah. Istilah yang cukup umum untuk hal ini adalah berbulan madu kedua.

Pergi berbulan madu bisa digunakan untuk mempererat hubungan emosional dengan pasangan tercinta karena kegiatan tersebut dilakukan secara berdua tanpa perlu melibatkan orang lain termasuk kerabat maupun keluarga dekat.

Maka dari itu, kegiatan berbulan madu yang kamu lakukan bersama dengan pasangan tercinta akan bisa memberikan ikatan emosional yang lebih intens. Terlebih selama kegiatan honeymoon ini, kamu akan lebih banyak berdua bersama pasangan. Berangkat dari hal ini, tidak mengherankan apabila berbulan madu bisa digunakan untuk meningkatkan hubungan emosional yang pada akhirnya menciptakan hubungan yang romantis.

7. Meningkatkan Kebugaran dan Kesehatan Tubuh

Pada saat melakukan aktivitas berbulan madu, ada baiknya jika kamu dan pasangan melibatkan berbagai aktivitas fisik yang cukup menyenangkan semisal bersepeda bersama, jalan-jalan santai di pinggir pantai, dan lain sebagainya.

Kegiatan-kegiatan yang melibatkan adanya aktivitas fisik ini dapat digunakan untuk menyegarkan kembali tubuh akibat rasa penat dan juga letih akibat tuntutan pekerjaan, prosesi penyiapan acara pernikahan, dan lain sebagainya.

Mengingat cukup pentingnya manfaat ini, tidak ada salahnya jika sekali-kali kamu melakukan aktivitas honeymoon ini untuk menghangatkan hubungan kembali bersama pasangan dan sekaligus menyegarkan kembali tubuh dari rutinitas dari kegiatan yang melelahkan.

8. Meningkatkan Kembali Rasa Saling Percaya Antar Pasangan

Ketika hubungan rumah tangga mulai terasa renggang akibat komunikasi yang mulai terasa kurang lancar, tentunya akan bisa memunculkan prasangka-prasangka atau dugaan-dugaan tidak berdasar yang bisa merugikan kedua belah pihak.

Maka dari itu, kamu dan pasangan dapat memanfaatkan momen bulan madu ini sebagai cara untuk menghangatkan hubungan dan juga meningkatkan rasa saling percaya diantara kedua pasangan.

Pada momen berbulan madu ini, kamu dan pasangan bisa berbincang-bincang secara lebih baik dan juga lebih intens sehingga bisa meminimalisir perasaan curiga yang bisa menimbulkan pertengkaran ataupun prahara dalam rumah tangga.

9. Mengajarkan Mengenai Makna Bersyukur

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua orang berkesempatan untuk bisa menikmati kegiatan honeymoon seperti yang kamu lakukan. Maka dari itu, aktivitas ini juga bisa menjadi salah satu refleksi yang cukup baik untuk mengenal rasa bersyukur atas berbagai nikmat dan juga kelebihan yang sudah kamu terima seperti acara pernikahan yang lancar dan juga bisa melakukan kegiatan honeymoon bersama dengan pasangan tercinta.

10. Menghangatkan Kembali Hubungan Intim yang Renggang

Seperti yang sudah disebutkan dalam pembahasan sebelumnya bahwa bulan madu bukan hanya diperuntukkan bagi pasangan yang baru saja selesai melakukan pernikahan. Namun bisa juga digunakan oleh pasangan suami-istri yang sudah beberapa waktu menikah.

Seiring berjalannya waktu, tidak sedikit pasangan suami istri yang mulai merasa bahwa hubungannya tidak lagi ‘sehangat’ setelah pesta pernikahan. Hal ini diakibatkan oleh banyak faktor semisal pekerjaan, rutinitas, dan juga yang lainnya.

Maka dari itu, untuk meminimalisir kondisi yang demikian, tidak ada salahnya kalau kamu dan pasangan melakukan kegiatan berbulan madu berdua untuk menyegarkan kembali hubungan yang mulai terasa ‘tidak hangat’ lagi. Dengan adanya kegiatan berbulan madu ini, maka hubungan romantis dan mesra bersama pasangan pun bisa kembali dihadirkan.

Tips Melakukan Perjalanan Berbulan Madu yang Tepat

wm_article_img
Foto: SHansche on iStock

Setelah mengetahui manfaat yang begitu penting dari kegiatan berbulan madu, ada baiknya jika kamu dan pasangan tidak melewatkan aktivitas honeymoon yang satu ini. Namun sebelum memutuskan berangkat berbulan madu, ada baiknya kalau kamu terlebih dahulu memperhatikan beberapa tips bulan madu penting berikut ini.

1. Tentukan Besarnya Anggaran untuk Berbulan Madu Terlebih Dahulu

Tips pertama yang perlu kamu perhatikan jika ingin melakukan bulan madu bersama dengan pasangan adalah dengan menentukan alokasi budget atau anggaran yang akan dihabiskan untuk kegiatan tersebut. Ada baiknya jika sedari awal kamu sudah menentukan perkiraan alokasi anggaran yang ingin dihabiskan agar tidak terjadi pembengkakan biaya selama melakukan aktivitas honeymoon tersebut.

Selain itu, dengan mengetahui perkiraan anggaran yang akan dihabiskan tersebut juga akan memudahkan kamu dan pasangan untuk menyusun kegiatan dan tujuan bulan madu ke mana saja yang akan dikunjungi.

2. Jangan Memaksakan Keadaan Finansial

Jika kamu ingin melakukan bulan madu namun kondisi finansial yang kamu miliki masih belum mendukung, ada baiknya jika kamu tidak terlalu memaksakannya. Sebagai alternatif, kamu bisa mempersiapkan bulan madu tersebut di lain waktu atau bisa juga mengganti destinasi menuju ke daerah yang lebih sesuai dengan kondisi finansial yang kamu miliki.

Terlalu memaksakan kegiatan berbulan madu  dengan kondisi finansial yang kurang sesuai, bisa memberikan dampak yang kurang baik kedepannya terhadap arus keuangan yang kamu miliki. Terlebih setelah menikah maka kamu akan mempunyai beban kebutuhan finansial yang lebih banyak bila dibandingkan ketika masih melajang.

3. Bijak Dalam Memilih Penerbangan dan Penginapan

Tips berikutnya yang tidak kalah penting untuk dicermati kalau kamu ingin melakukan aktivitas bulan madu bersama dengan pasangan tercinta adalah dengan lebih bijak dalam memilih penerbangan juga penginapan.

Ketika melakukan perjalanan liburan menggunakan pesawat, tidak sedikit para pasangan yang berupaya untuk memilih kursi dengan kelas yang lebih tinggi daripada kelas ekonomi. Bahkan pada saat berbulan madu. Tetapi perlu kamu catat bahwa penerbangan dengan kelas bisnis tentunya akan jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan kelas ekonomi.

Jika biaya penerbangan untuk kelas bisnis tersebut bisa digunakan untuk membayar satu atau dua minggu di beberapa hotel yang benar-benar bagus, tidak ada salahnya kalau kamu dan pasangan menggunakan penerbangan kelas ekonomi dan menggunakan selisih biaya penerbangan tersebut untuk meng-cover biaya penginapan hotel saat di tempat bulan madu.

4. Sebaiknya Hindari Berbulan Madu Saat Puncak Musim Liburan

Untuk mendapatkan kualitas bulan madu yang jauh lebih maksimal dan juga optimal, ada baiknya kalau kamu menghindari kegiatan berbulan madu pada saat puncak musim liburan tiba. Beberapa puncak musim liburan yang patut untuk dihindari saat ingin melakukan honeymoon adalah tahun baru, liburan sekolah, dan ataupun libur lebaran.

Selain karena tempat-tempat yang akan dikunjungi menjadi lebih ramai dan juga padat, ongkos tiket untuk transportasi dan penginapan pun pada umumnya juga akan bisa mengalami kenaikan akibat musim liburan. Jika kamu dan pasangan menikah di musim peak season liburan, tidak ada salahnya untuk sedikit menunda kegiatan berbulan madu agar bisa mendapatkan harga yang terbilang normal dan tidak dalam puncak musim liburan.

Itulah beberapa alasan penting melakukan kegiatan bulan madu bersama dengan pasangan tercinta. Setelah mengetahui beberapa manfaat dan juga tips penting untuk bulan madu hemat, kini kamu tidak perlu ragu atau bingung lagi jika ingin berbulan madu untuk menghangatkan momen-momen romantis bersama pasangan tercinta.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...