Pilih Kategori Artikel

10 Ide Dekorasi Resepsi Pernikahan Outdoor di Halaman Belakang Rumah, Minim Budget tapi Timeless
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Ada anggapan bahwa resepsi pernikahan luar ruangan selalu memakan biaya yang besar. Hal ini didasari atas sewa venue, tenda, dan berbagai peralatan lain yang bisa memakan biaya tinggi. Belum lagi perihal dekorasi dan harus punya plan B atau C karena cuaca kerap tak menentu. 

Eits, buat kamu yang punya kebun belakang rumah yang luas sekaligus rimbun, manfaatkan saja jadi venue pernikahan alih-alih harus sewa lokasi lain. Apalagi jika didukung dengan konsep intimate, pasti jadi resepsi yang tak terlupakan baik untukmu dan pasangan, juga para tamu. 

Berikut ini ide resepsi outdoor di belakang rumah yang bisa disontek. Bisa manfaatkan apa yang ada, tapi tak kalah indahnya!

Pelaminan di pergola

wm_article_img
Dekorasi: Decor Everywhere

Punya furnitur luar ruangan di halaman belakang seperti gazebo atau pergola? Nah, kamu bisa menggunakannya sebagai pelaminan alih-alih membuat yang baru. 

Dengan aksen kayu atau rotan, kamu tinggal menambahkan tanaman subur di kanan dan kirinya untuk menciptakan suasana summer nan elegan. Atau, kamu bisa memasangkan lampu-lampu kecil yang mengelilingi furnitur. Atau, jadikan furnitur seperti ini sebagai lounge mewah untuk menyajikan beragam koktail.

Memilih tenda dengan warna natural

wm_article_img
Dekorasi: Aryagati Decoration

Jangan lupa pasang tenda! Meski kamu sudah mengusahakan tanggal pernikahan di musim panas yang minim hujan, tapi adanya tenda bisa membantu melindungi dari sengatan sinar matahari di siang hari. Menyiapkan tenda juga menjadi ketenangan mental untukmu sendiri karena dalam keadaan apa pun, tandanya kamu telah bersiap.

Kemudian, perhitungkan juga warna tenda saat resepsi outdoor yang akan dipasang. Hindari warna pink, biru, hijau, dan merah untuk pernikahan siang hari karena akan mengubah tone foto dan makeup. Pilih warna putih, abu-abu, atau krem karena akan menghasilkan warna yang lebih cerah dan sebisa mungkin masih match dengan warna gaun pernikahan outdoor kamu. 

Memanfaatkan pohon belakang rumah

wm_article_img
Dekorasi: Bali Event Styling

Jangan hilangkan pohon di taman belakang rumah kamu hanya demi pernikahan. Selain bersejarah untuk keluarga, pohon bisa dimanfaatkan untuk beragam hal, termasuk urusan aksesoris. Namun, jangan letakkan makanan dekat pohon karena ada kemungkinan daun sampai serangga yang menjatuhinya.

wm_article_img
Dekorasi: Bali Event Styling

Jika pernikahanmu digelar malam, pasangi pohon dengan lampu gantung kecil atau yang bergaya vintage hingga retro. Ide ini akan membantu kamu mendapatkan suasana yang magical. Sementara saat pernikahan digelar siang, gantungi dengan foto-foto polaroid kamu dan pasangan sebagai hiasannya.

Menambahkan stan minuman yang menyegarkan

wm_article_img
Foto: Bali Catering Company

Pernikahan luar ruangan di siang hari akan sangat panas karena matahari yang terik. Sangat disarankan buat menyelipkan stand minuman dingin yang sangat disukai tamu. Minuman ini bisa apa saja, seperti infused water atau lime juice. Ada juga vendor yang menyediakan paket resepsi pernikahan lengkap dengan gelato

Biar stan minuman dingin ini sekalian mendukung nuansa ceria ala outdoor, kamu bisa menghias dengan elemen kayu atau aksesoris lain berwarna cokelat. Tambahkan beberapa tangkai bunga segar yang diletakkan dalam vas ramping untuk hiasan.

Membuat pintu masuk dari tirai 

wm_article_img
Foto: via thecrimsonbride.com

Tak mau rumahmu turut dijajaki tamu meski menggelar resepsi pernikahan di halaman belakang? Maka solusinya adalah tidak menjadikan pintu utama rumah sebagai area masuknya. Kamu bisa pilih pintu samping atau merelakan salah satu sisi pagar halaman belakang. 

Lalu, buat pintu masuk tamu yang megah dengan tirai yang dihiasi dengan aksen dedaunan dan bunga-bunga tiruan berukuran kecil. Selain murah, pintu dengan tirai mudah dilepas-pasang juga mendukung tema pernikahan ala bohemian.

Resepsi dengan meja melingkar

wm_article_img
Dekorasi: Bali Event Styling

Apakah kamu mendamba resepsi pernikahan intimate dengan tamu yang hadir hanya keluarga dan teman terdekat? Kalau begitu, coba susun meja dengan bentuk melingkar alih-alih standing party. 

Selain membuat pernikahan jadi lebih teratur, acara makan bersama ini juga membuat kamu dan pasangan bisa dekat secara adil dengan setiap tamu. Karena mejanya bundar, tidak ada pojok, tidak ada yang merasa diutamakan, atau sebaliknya. Pengantin bisa menaruh perhatian dan berbincang dengan semuanya secara bergantian dan para tamu lebih leluasa berinteraksi.

Pilih meja dan kursi kayu berhias taplak putih. Tambahkan setiap kursi dengan nama setiap tamu agar tidak ada perebutan tempat sekaligus memberi kesan personal.

Membuat kolam renang sebagai titik visual

wm_article_img
Dekorasi: Aryagati Decoration

Jangan sembunyikan kolam renang di halaman belakangmu itu! Kamu bisa menciptakan banyak ide dari bagian tersebut dengan berbagai cara, termasuk menjadikannya titik fokus visual dari pernikahan. Misalnya dengan membuat jembatan dadakan di atas kolam sebagai lokasi akadnya. 

Atau jika ingin yang lebih gila, hilangkan air dari kolam, lalu pusatkan acara pernikahan di dalamnya. Semua bisa makan, berinteraksi, bahkan berdansa. Namun sebaiknya, tetap menyewa jasa lifeguard untuk mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan akibat adanya kolam.

Suvenir yang dekat dengan konsep pernikahan

wm_article_img
Foto: Sono Kaktus

Sering kali banyak pasangan yang bingung memilih suvenir pernikahan. Eits, tapi tak perlu khawatir untuk resepsi pernikahan outdoor karena ada banyak sekali pilihan yang bisa disesuaikan dengan konsepnya. 

Salah satunya adalah bibit tanaman herbal yang pasti akan berguna di kemudian hari. Namun jika mengingat undangan pernikahanmu didominasi oleh milenial yang sibuk, sebuah kaktus dengan pot kecil tak kalah menarik. Ikat pot dengan pita satin kecil yang sesuai warna tema pernikahan yang membuat suvenir pernikahannya terlihat menggemaskan.

Photobooth alami

wm_article_img
Foto via medium.com/@richasahni.vmpl

Sst... Satu rahasia yang tak banyak orang tahu bahwa menggelar pernikahan outdoor di taman belakang membuat hemat ongkos dekorasi biaya resepsi pernikahan di rumah. Taman belakangmu sudah cantik secara natural dengan dahan daun hijau segar, kuncup bunga, dan pot-pot tanah liat yang meski tua, tapi justru menciptakan detail berkesan. 

Apabila ingin membuat photobooth pernikahan sebisa mungkin tetap yang satu tema. Misal dengan tirai putih yang dikaitkan pada besi melengkung, lalu kanan kirinya dihiasi menggunakan tumpukan peti yang diwarnai putih, dan sela-selanya diletakkan foto pengantin warna monokrom. Klasik sekaligus timeless.

Menambah aksen bunga lavender dalam vas tinggi

wm_article_img
Foto: colorsforwedding.com

Jika kamu merasa dekorasi pernikahan terlalu monoton dengan warna hijau, coba tambahkan sentuhan warna ungu dari bunga lavender. Pilih beberapa ikat lavender yang dimasukkan dalam vas bening tinggi, lalu letakkan di tempat-tempat yang mudah terjangkau mata. Selain cantik, lavender punya aroma yang khas yang bisa sekaligus menambah daya tarik untuk pernikahanmu. Aroma inilah yang disukai manusia, tapi dihindari serangga. Menghadirkan banyak keuntungan untukmu!

Resepsi pernikahan itu tak harus mahal, tapi wajib cantik. Cantiknya sebuah dekorasi tak melulu yang digelar di hotel atau gedung mewah, tapi juga bisa dihadirkan di venue taman belakang rumah. Apalagi setelah membaca ide-ide di atas, pernikahanmu akan jadi mengesankan buat banyak orang. Tak lupa pula kunjungi WeddingMarket store, dapatkan promo dan penawaran terbaik dari vendor-vendor profesional berpengalaman untuk melengkapi gelaran resepsi pernikahanmu, mulai dari dekorasi, catering, hingga musik dan entertainment. Good luck!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...