Pilih Kategori Artikel

Inspirasi dan Tips Memilih Gaun Pengantin di Pernikahan Outdoor, Memesona Jadi Ratu Sehari
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Setiap perempuan memiliki wedding dream masing-masing, termasuk soal gaun pengantin. Gaun yang sempurna bukan semata gaun sesuai bentuk tubuh, tapi juga ‘klik’ dengan tema dan venue pilihan, makanya tak bisa sembarang menentukannya. Terlebih jika kamu dan pasangan memutuskan untuk menggelar pernikahan di luar ruangan, banyak hal patut dipertimbangkan. 

Mulai dari pernikahan di taman sampai pernikahan di tepi pantai, pastinya akan menjadi latar yang sempurna untuk mengukir hari bahagiamu. Namun, supaya serangkaian pernikahanmu minim drama karena gaun yang tak sesuai dengan kondisi tempat, simak inspirasi dan tipe memilih gaun pernikahan outdoor dari tim WeddingMarket berikut ini, yuk?

Gaun berwarna

wm_article_img
Gaun Pengantin oleh Cynthia Tan

Gaun pernikahan identik dengan warna putih karena putih melambangkan kesucian, lemah lembut, dan bersih. Walau begitu, kamu tak harus memilih warna putih untuk gaunmu, apalagi jika menghelat pernikahan di luar ruangan yang istimewa. Sangat disayangkan kalau tak sekalian memberi kesan yang out of the box. 

Pilih gaun berwarna, apa pun, entah itu peach yang sedang naik daun, kuning yang cerah, atau malah—hitam. Ya, hitam! Gaun pengantin hitam dipakai di pernikahan dengan venue taman dan berkonsep boho merupakan perpaduan yang sangat sempurna. 

Jangan ragu memakai gaun berwarna, ditambah dengan kecantikan tempat pernikahanmu yang alami, siapa yang tak akan jatuh hati 'kan? Jangan terlalu memikirkan apakah akan cocok atau tidak, ini adalah saatnya kamu menjadi dirimu sendiri dengan gaun impian pernikahan pilihanmu. 

Gaun pernikahan pendek

wm_article_img
Gaun Pengantin oleh Andreas Odang

Beberapa tahun ke belakang ini, baju pengantin pendek semakin populer, loh. Apalagi ada banyak desain untuk gaun ini, mulai dari bergaya modern dengan bentuk bawahan yang asimetris sampai desain ala pedesaan seperti bohemian. Istilahnya, gaun pendek bisa untuk segala konsep pernikahan sekaligus di mana pun venue yang diidamkan. 

Jujur saja, gaun pendek akan lebih mudah digunakan untuk pernikahan di luar ruangan seperti taman. Bayangkan saja kamu memakai gaun dengan ekor panjang dan harus berjalan melewati rumput, tidakkah menyulitkanmu? Atau jika mengenakan gaun ballroom di pantai, wah, pasti akan cukup sulit untuk diatur. 

Dan yang terpenting dari gaun pernikahan pendek yaitu kamu jadi lebih bebas bergerak, misalnya saja seperti berdansa dengan pasangan, berfoto, sampai menyapa satu per satu tamu yang datang. Tak perlu khawatir gaun rusak meskipun bebas ke mana-mana!

Gaun Strapless dan Off Shoulder

wm_article_img
Gaun Pengantin oleh Elsie Chrysila Atelier

Ingin memberi kesan timeless pada gaun pernikahanmu? Coba untuk mempertimbangkan model gaun pengantin off shoulder yang menonjolkan keindahan bahumu atau desain strapless wedding dress, gaun pengantin outdoor tanpa tali di bagian bahu. Ini akan indah dikenakan saat pernikahan tepi pantai jelang sore seperti impianmu dan pasangan. 

Tak sampai di sana, gaun tanpa tali juga memberi kesan yang elegan dan seksi. Di cuaca yang cerah tapi panas, ratu sehari di pernikahan yaitu kamu, akan menjadi satu-satunya point of view yang memberikan kesejukan buat tamu yang hadir. Namun kalau ternyata cuaca tiba-tiba tak mendukung atau kamu mendadak kedinginan, tinggal menambahkan stola atau penutup bahu tambahan lain yang tak kalah bikin memesona. 

Padukan gaun dengan gaya rambut updo atau gerai dengan tambahan mahkota kecil di kepala. Apabila enggan pakai hiasan kepala, kalung mutiara juga boleh dikenakan sebagai penambah kecantikanmu.

Gaun backless

wm_article_img
Gaun Pengantin oleh Elsie Chrysila Atelier

Menengok tren baju pernikahan dua sampai tiga tahun lalu, gaun backless adalah puncak dari gaun paling trendi. Bagaimana tidak, gaun backless bisa digunakan dalam segala musim, konsep, dan venue pernikahan. Dan umumnya, hanya perempuan pemberani yang bersedia memakainya. 

Kamu akan memamerkan bagian punggung dan ini sangat menawan apalagi jika di bagian pinggirnya tersemat manik-manik, kancing, atau renda yang indah. Pun pilihan modifikasi dari gaun backless cukup beragam, ada yang berlengan dan tanpa lengan, dengan bahan satin atau tile, dan lain-lain. 

Karena poin dari gaun ini adalah punggung indahmu, minta pada penata rambut untuk membuat penataan yang mendukung. Misalnya voluptuous updo, silken simplicity, atau gaya gelung rambut lainnya agar tidak ada sehelai rambut pun yang menutup punggung.

Gaun flowery

wm_article_img
Gaun Pengantin oleh Yogie Pratama

Ketika kamu memikirkan pernikahan outdoor, kamu tak bisa lepas dari busana pernikahan dengan tema flowery. Gaun yang dipenuhi bunga-bunga, baik itu bordir warna-warni atau dibuat dengan warna putih, tentu akan sangat indah memeluk tubuh. 

Lalu buatlah gaun berbentuk A-line, berbahan kain sifon yang ringan, dan garis leher berbentuk sweetheart. Kenapa A-line? Well, bisa dibilang gaun dengan bentuk tersebut cukup universal dan mudah dipadukan dengan bawahan, potongan lengan, dan kain jenis apa pun. Kesan kasual juga akan lebih mudah didapat, sesuai dengan tema pernikahan yang tak terlalu formal.

Tips Memilih Gaun Untuk Pernikahan Outdoor

wm_article_img
Gaun Pengantin oleh Tommy Pancamurti

Setelah mendapatkan desain gaun pernikahan yang ‘kamu banget’, jangan lupa untuk memperhatikan kenyamanannya. Nah, berikut ini tips memilih gaun untuk pernikahan outdoor yang wajib kamu perhatikan, biar tak sekadar cantik tapi juga bikin tenang. 

  1. Pemilihan kain untuk gaun pernikahan sering diabaikan demi mengikuti desain gaunnya. Padahal, kalau kainnya saja sudah bikin kamu gatal, berkeringat, sampai mudah kusut, akhirnya juga membuat stres. 

Cari tahu jenis kain apa saja yang biasa digunakan untuk gaun pernikahan, misalnya apakah satin, lace, dan sebagainya. Kemudian pertimbangkan waktu pemakaian, apakah saat pagi, siang, atau malam, dan cari kain yang mudah menyerap keringat. 

  1. Umumnya, pernikahan outdoor akan mengusung konsep non-formal di mana kamu dan pasangan tak hanya duduk manis di pelaminan, tapi juga mendatangi tamu. Tandanya, kamu membutuhkan gaun yang memudahkan gerak jadi, utamakan desain yang sederhana tapi memukau. Jadi, sebisa mungkin kamu menjauhi gaun ekor panjang, gaun yang terlalu ketat, dan gaun yang terlalu mini. 

  2. Gaun sudah sempurna, tentu pemilihan sepatu jangan diabaikan. Karena akan di luar ruangan yang mungkin tanahnya lembek, berpasir, dan licin, sangat disarankan untuk tak menggunakan sepatu dengan hak tinggi demi kenyamanan dirimu sendiri. Akan lebih ‘aman’ untuk mengenakan flat shoes, ballerinas, atau yang lagi naik daun, bridal sneakers

Tak ada salahnya untuk lebih selektif dalam memilih gaun pengantin di pernikahan luar ruanganmu nanti. Toh ini momen sekali seumur hidup, jangan sampai kurang berkesan hanya karena tak sesuai dengan gaun yang dipilih. Semoga sukses!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...