Pilih Kategori Artikel

11 Mix & Match Veil Pengantin Cantik, untuk Gaun Modern maupun Kebaya Tradisional
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Veil pengantin adalah sebuah aksesori kepala yang banyak dikenakan oleh mempelai wanita, khususnya yang menggunakan konsep modern. Meskipun begitu, ternyata penggunaan veil ini sudah dilakukan sejak era Romawi Kuno, lo. Dulunya veil lebih banyak menggunakan warna merah dan digunakan sebagai penangkal roh jahat. Ukurannya mulai dari ujung kepala hingga ke mata kaki.

Kini, terjadi beberapa perubahan pada aksesori yang satu ini. Alih-alih mengenakan veil berwarna merah, ada lebih banyak yang mengenakan veil yang berwarna putih. Semakin banyak pula pengantin yang mengenakan veil, baik pengantin modern yang menikah dengan konsep internasional hingga pengantin yang menikah dengan konsep tradisional. Ukuran dan bahannya pun lebih variatif. 

Jika kamu ingin mengenakannya juga, tapi bingung model seperti apa yang cocok dan bagaimana menerapkannya pada rambut indahmu, maka beberapa veil ini bisa kamu jadikan inspirasi. Simak, yuk, seperti apa!

1. Veil dengan desain simpel berukuran panjang

wm_article_img
Fotografi: Axioo Bali

Veil yang satu ini memberikan kesan yang simpel walaupun memiliki panjang yang menjuntai sampai ke lantai. Kain tile polos tanpa hiasan memberikan kesan ini. Untuk membuatnya terlihat lebih manis, headpiece yang memiliki bentuk floral bisa dipasangkan di bagian rambut. 

Sementara itu, untuk hair do, kamu bisa menatanya dengan bun, terurai, atau half bun karena kain tile yang transparan akan tetap memperlihatkan keindahan rambutmu walau samar-samar tertutup. Veil ini akan cocok untuk gaun yang juga memiliki panjang yang melebihi mata kaki.

2. Veil asimetris

wm_article_img
Veil & Gaun: Tiffany Liem Studio

Veil yang satu ini juga terbuat dari kain tulle yang polos dan transparan, mengimbangi gaun yang berbentuk long mermaid dress. Namun, ada perbedaan dengan veil yang sebelumnya, yaitu potongan asimetris yang membuatnya terlihat memiliki aksen yang lebih menarik. Tepian yang dibordir membuat veil ini juga terlihat lebih rapi.

Perbedaan lain adalah veil ini disematkan bukan dari ujung kepala, tapi dari bagian tengah rambut yang ditata dengan model low bun sehingga bisa jatuh dari bagian belakang saja.

3. Veil dengan motif bulat tiga dimensi

wm_article_img
Gaun & Veil Pengantin: Tinara Brides

Veil yang satu ini terlihat lebih variatif karena memiliki motif timbul tiga dimensi. Selain itu, veil disematkan di bagian bun dengan aksesori yang indah berbentuk anggrek yang senada dengan buket bunga yang dijadikan properti untuk berfoto. Veil ini akan cocok untuk gaun off shoulder yang mengekspos bagian bahu sehingga kamu bisa bereksperimen pada rambut bagian bawah. Untuk memberikan kesan yang fun, tapi tetap feminin, poni bisa dibiarkan terurai di sisi wajah.

4. Veil dengan kain yang sama dengan gaun

wm_article_img
Gaun dan Veil: Monica Ivena

Veil yang dikenakan oleh selebritas Enzy ini jauh dari kata polos. Alih-alih menggunakan bahan kain tile yang tidak bermotif, Enzy mengenakan bahan kain yang memiliki aksen bordiran yang senada dengan gaunnya yang berenda. Bagian tepi veil pun dipotong sesuai dengan bentuk motif yang bergelombang sehingga jauh dari kata membosankan. Veil yang sudah cukup meriah bisa dipadukan dengan gaya rambut sleek yang ditarik ke belakang. Dengan ini, pengantin juga bisa mengekspos anting yang on point.

5. Veil dengan panjang sepinggang

wm_article_img
Fotografi: Alinea.

Selain veil yang panjang hingga ke mata kaki, ada juga veil yang memiliki panjang hingga sampai ke pinggang saja. Ukuran ini akan memberikan kesan minimalis yang pas untuk gaun yang sudah ramai dengan payet atau mutiara. Pilihan bahannya juga bisa dibuat yang polos saja. Sematkan veil dari bagian atas bun yang dibuat bervolume, maka penampilanmu akan semakin chic.

6. Veil yang digabung dengan aksesori tradisional

wm_article_img
Attire & Headpiece: Sanggarkayo

Jangan dikiran bahwa veil hanya cocok dipadupadankan dengan gaun internasional saja. Ternyata kamu juga tetap bisa mengenakannya walaupun mengenakan pakaian tradisional. Misalnya, saat mengenakan kebaya dan batik yang lengkap dengan aksesori kepala seperti cunduk mentul, kamu tetap bisa mengenakan veil dari bahan yang sama dengan kebaya.

Bahkan, kamu tetap bisa mengenakan sanggul, lo. Hal yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan panjang dan sebaiknya kenakan kebaya berwarna putih juga agar tidak terlalu ramai.

7. Veil dan mahkota yang digabungkan dengan pakaian tradisional

wm_article_img
Busana pengantin: Griya Dewi Mustika

Veil ini juga dipadukan dengan pakaian tradisional adat Jawa, yaitu kebaya dengan bawahan batik. Namun, bahan yang digunakan berbeda sedikit berbeda dengan bahan kebaya. Jika kebaya dibuat dengan motif bordir tiga dimensi, veil justru dibiarkan polos dengan beberapa motif bunga saja. Bagian tepi veil dibuat rapi dengan dibordir juga. Yang membuat penampilan ini semakin unik adalah aksesori kepala yang berbentuk mahkota kecil yang dipilih.

8. Veil dengan high bun

wm_article_img
Busana pengantin: Fadlan Indonesia

Satu hal yang unik dari penataan veil ini adalah high bun hairstyle yang dipilih. Biasanya veil dipadukan dengan gaya rambut yang diuraikan, half bun, atau low bun. Namun, ternyata menata rambut di bagian atas seperti ini malah membuat pengantin terlihat unik dan cantik.

Semua rambut yang ditarik ke belakang mengekspos seluruh wajah pengantin sehingga membuatnya tampak lebih segar. Sementara itu, veil bisa dipasangkan dari bagian atas bun. Bahan dengan motif yang terdiri dari garis-garis yang tipis membuat pengantin terlihat semakin elegan.

9. Veil berukuran pendek

wm_article_img
Foto: Hairdo by Belle

Ternyata veil juga bisa berukuran sependek ini, lo. Normalnya, kamu mungkin akan melihat panjang veil minimal sepinggang, tapi ada juga desainer yang membuat veil berukuran sedikit di bawah bahu. Veil jenis ini akan cocok untukmu yang ingin menambahkan kesan manis pada rambut dengan gaya yang sederhana. Tak hanya itu, mahkota dengan berbagai hiasan mutiara dan floral juga akan menambah kemanisan dalam gaya berpakaianmu.

10. Veil dengan motif tiga dimensi

wm_article_img
Gaun dan Veil: Julia Sposa

Menyesuaikan dengan doll-like makeup, pengantin mengenakan veil yang tak kalah meriah. Veil ini memiliki motif tiga dimensi yang sangat menarik, apalagi disematkan dengan headpiece yang juga cukup menonjol. Dua headpiece diletakkan di sisi kanan dan kiri rambut pengantin dengan motif floral. Warna silvernya serasi dengan warna motif veil yang satu ini. Tak hanya itu, pengantin juga mengenakan anting besar dengan warna serupa.

11. Veil klasik yang panjang

wm_article_img
Fotografi: Afat Jaya

Melihat gaun off shoulder dengan warna broken white ini rasanya sangat cocok dipadukan dengan veil berbentuk persegi panjang yang polos dari kain tulle yang menyentuh lantai. Tanpa terlalu banyak motif tambahan dan headpiece yang biasanya akan menjadi statement di bagian kepala, veil ini rasanya sudah sempurna apa adanya. Cocok untukmu yang ingin menikah dengan daya internasional, tapi tetap memilih konsep klasik atau vintage.

Beberapa veil tersebut bisa kamu jadikan inspirasi untuk dikenakan di hari istimewa nanti. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan gaun atau kebaya pengantin yang dikenakan juga, ya. Sebenarnya selain berwarna putih, kamu juga bisa menyesuaikan warna veil dengan baju, lo. Asal jangan lupa untuk tetap membuatnya tampak serasi, ya.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...