Pilih Kategori Artikel

Tips Memilih Veil Pengantin Berdasarkan Macam-macam Bahan hingga Hiasannya
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Veil pengantin adalah sebuah aksesoris untuk mempercantik tampilan pengantin yang sudah ada sejak lama. Dulunya veil digunakan untuk menutupi wajah pengantin dan menghindarkannya dari roh jahat supaya tidak mengganggu selama proses pernikahan berlangsung. Kini hal yang satu ini dijadikan elemen dekoratif yang membuat tampilan pengantin menjadi lebih cantik. 

Jika dulu veil pengantin berwarna merah, sekarang veil ini lebih sering ditemui dalam warna putih atau disesuaikan dengan warna gaun yang dikenakan. Bahkan, kini veil juga dikenakan saat seseorang mengenakan kebaya untuk acara pernikahannya.

Walaupun terlihat hanya seperti selembar kain yang digunakan untuk menutupi kepala, ternyata ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih aksesori yang satu ini untuk mendapatkan tampilan yang elegan dan kenyamanan yang tetap terjamin. Nah, apa saja hal tersebut? Simak yuk selengkapnya!

Tips Memilih Veil Pengantin 

wm_article_img
Wedding veil and gown Enzy Storia by Monica Ivena

Memilih wedding veil yang tepat adalah salah satu hal penting dalam perencanaan pernikahan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam memilihnya.

1. Sesuaikan dengan gaun pengantin

Pertimbangkan gaya dan desain gaun pengantin kamu saat memilih wedding veil. Pastikan kedua hal ini saling melengkapi dan menciptakan tampilan yang harmonis. Jika gaun memiliki banyak detail atau hiasan, pertimbangkan veil yang sederhana untuk menjaga keseimbangan. Jika gaun lebih sederhana, kamu bisa memilih veil yang memiliki detail dan hiasan yang lebih meriah.

2. Panjang veil

Pilih panjang veil yang sesuai dengan suasana dan gaya pernikahanmu. Misalnya, veil panjang yang menjuntai di lantai memberikan sentuhan elegan dan formal, sementara veil pendek atau birdcage veil memberikan tampilan yang lebih santai dan retro. Pertimbangkan juga faktor kepraktisan, seperti aktivitas yang akan kamu lakukan selama pernikahan dan resepsi, serta tempat pernikahan yang dipilih.

3. Material veil

Pilih material veil yang cocok dengan gaun pengantinmu. Banyak pilihan material yang tersedia, seperti tulle, lace, chiffon, organza, atau satin. Pertimbangkan juga keinginanmu terkait tekstur dan transparansi dari veil tersebut.

wm_article_img
Jessica Mila' Veil and Wedding Gown by Yefta Gunawan

4. Hiasan dan detail

Jika kamu menginginkan tambahan hiasan atau detail pada veil, seperti renda, payet, atau bordir, pastikan hiasan ini sesuai dengan gaya dan motif gaun pengantin yang kamu kenakan. Pastikan hiasan tersebut juga tidak mengalihkan perhatian dari gaun pengantin atau aksesori lain yang ada.

5. Mencoba langsung dan konsultasi

Cobalah berbagai jenis veil saat mencoba gaun pengantinmu. Mintalah saran dari penjahit atau stylist pernikahan jika kamu kesulitan dalam memilih. Kamu juga dapat mengambil gambar dan meminta pendapat orang terpercaya untuk membantu membuat keputusan yang tepat.

veil pengantin muslimah
Kebaya dan veil pengantin hijab oleh Dinda Firdausa

6. Kenyamanan

Pastikan kamu merasa nyaman saat mengenakan wedding veil. Pertimbangkan berat, panas, atau gangguan apa pun yang mungkin timbul akibat penggunaan veil jenis tertentu. Kamu akan mengenakan veil sepanjang hari, jadi pastikan kamu merasa nyaman dan bebas bergerak.

Ingatlah bahwa pilihan veil pengantin adalah hal yang pribadi dan yang terpenting adalah memilih sesuai dengan kepribadian, gaya, dan preferensi sendiri. Mengenakan dengan percaya diri bisa membuat hasil veil yang kamu kenakan terlihat lebih indah.

Macam-macam Bahan untuk Veil Pengantin

veil pengantin kristen
Wedding veil and gown by Hian Tjen

Ada berbagai macam bahan yang umum digunakan untuk membuat veil pengantin. Berikut adalah beberapa contoh bahan veil yang populer:

1. Tulle

Tulle adalah bahan yang paling umum digunakan untuk membuat veil pengantin. Bahan ini bersifat tipis, ringan, dan transparan yang terbuat dari serat seperti nilon atau sutra. Tulle memberikan efek lembut dan mewah saat digunakan pada veil. Kain ini tersedia dalam berbagai warna yang bisa kamu sesuaikan dengan gaun.

2. Lace

Lace atau renda adalah bahan yang sering digunakan untuk memberikan sentuhan romantis dan elegan pada veil pengantin. Ada berbagai jenis renda, seperti renda Chantilly, renda Alencon, atau renda Guipure yang memiliki pola dan detail yang berbeda-beda. Renda dapat digunakan sebagai aksen pada seluruh veil atau digunakan sebagai keseluruhan bahan.

wm_article_img
Wedding veil and gown by Yefta Gunawan

3. Organza

Organza adalah bahan yang tipis, ringan, dan sedikit kaku. Sifat ini memberikan efek yang transparan dan memberikan bentuk yang indah pada veil. Organza dapat memberikan tampilan yang berbeda tergantung pada bagaimana bahan ini dipotong dan digunakan. Bahan ini sering digunakan untuk membuat veil dengan aksen layer atau detail yang lebih terstruktur.

4. Satin

Satin adalah bahan yang halus, berkilau, dan memberikan tampilan yang mewah pada veil. Bahan ini adalah pilihan yang bagus jika kamu menginginkan veil dengan kilauan dan kelembutan yang indah. Namun, karena sifatnya yang lebih berat, satin sering digunakan untuk membuat veil yang berukuran pendek atau untuk aksen seperti trim atau pita.

5. Chiffon

Chiffon adalah bahan yang lembut, ringan, dan flowy. Sifat ini memberikan tampilan yang elegan dan romantis pada veil. Chiffon sering digunakan untuk membuat veil panjang yang bergerak dengan anggun saat digunakan. Bahan ini juga memberikan sentuhan transparan yang lembut.

Selain bahan-bahan tersebut, ada juga bahan-bahan lain seperti silk, velvet, atau organza silk yang bisa digunakan untuk menciptakan efek yang berbeda dalam veil pengantin. Pilihan  bahan bisa disesuaikan pada gaya dan preferensi pribadi serta kecocokan dengan gaun pengantin yang dikenakan.

Macam-macam Hiasan Veil

wm_article_img
Wedding gown and veil Jessica Iskandar by Monica Ivena

Selain kain itu sendiri, biasanya veil akan tampak lebih indah dengan berbagai hiasan di permukaannya. Ada berbagai macam hiasan yang dapat digunakan untuk mempercantik veil pengantin. Berikut ini beberapa contoh hiasan yang umum digunakan pada veil.

1. Renda

Renda merupakan hiasan yang sering digunakan untuk memberikan detail dan pola yang indah pada veil. Renda bisa diaplikasikan pada seluruh veil atau digunakan sebagai aksen pada bagian tertentu, seperti tepi atau layer tertentu.

2. Payet dan manik-manik

Payet dan manik-manik dapat digunakan untuk memberikan kilau dan detail yang memesona pada veil. Hiasan ini bisa ditempatkan dengan menyebarnya di permukaan atau diaplikasikan dalam bentuk pola-pola yang lebih rumit.

veil pengantin
Wedding veil Eva Celia by Hian Tjen

3. Bordir tangan

Bordir tangan adalah teknik menghias yang dilakukan dengan menjahitkan benang-benang atau manik-manik secara manual untuk membentuk pola atau desain tertentu pada veil. Bordir tangan dapat memberikan sentuhan personal dan unik pada veil.

4. Pita

Pita bisa digunakan untuk menghiasi tepi atau bagian lain dari veil. Pita dapat memberikan tampilan yang elegan, romantis, tapi juga playful terutama jika dipilih dalam warna atau lebar yang kontras dengan veil.

5. Bunga

Bunga segar atau palsu dapat menjadi hiasan yang indah untuk veil. Bunga dapat diaplikasikan secara langsung pada veil atau digunakan sebagai mahkota atau bandana di rambut untuk memperkuat tema floral.

veil pengantin kristen
Wedding veil by Yefta Gunawan

6. Hiasan bulu

Bulu-bulu lembut seperti bulu burung atau bulu sintetis dapat digunakan sebagai hiasan yang unik dan dramatis pada veil. Bulu-bulu ini dapat memberikan dimensi dan tekstur yang menarik.

7. Hiasan kain

Potongan-potongan kain seperti pita, kain tulle, atau organza dapat digunakan untuk membuat detail atau layer tambahan pada veil. Kain ini bisa digunakan untuk menciptakan aksen dan tampilan yang lebih meriah.

8. Permata dan bros

Permata atau bros yang cantik dapat digunakan sebagai hiasan yang menonjol pada veil. Hiasan ini bisa ditempatkan di mana saja pada veil, tergantung pada gaya dan preferensimu.

veil pengantin muslimah
Wedding Attire and Veil by Dinda Firdausa

Pilihan hiasan veil tergantung pada gaya, tema, dan keinginan pribadi kamu. Penting untuk memilih hiasan yang melengkapi gaun pengantin dan mencerminkan kepribadian dan visimu untuk tampilan pernikahan yang sempurna.

Nah, itu dia beberapa tips dan pilihan bahan serta hiasan untuk veil pengantin yang bisa kamu kenakan di hari bahagiamu. Untuk ukuran dan bentuk, kamu juga bisa menyesuaikannya dengan berdiskusi dengan penjahit atau vendor gaun pengantin. Tentunya, kamu dapat menemukan desainer busana pernikahan pernikahan terbaik di WeddingMarket. Cek sekarang, yuk!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...