Pilih Kategori Artikel

Inilah Tujuan dan Makna Memakai Cincin Kawin Bagi Pasangan Suami Istri
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Memakai cincin kawin bagi pasangan yang telah menikah bukan sekadar hiasan. Sebenarnya, ada makna penting dalam sebuah cincin pernikahan. Namun, terkadang ada beberapa pasangan yang masa bodoh dengan hal itu.

Cincin pernikahan bukan sekadar simbolik dalam upacara pernikahan yang setelahnya bisa dilepas sesuka hati. Meski acara pernikahan telah selesai, alangkah baiknya jika pasangan suami istri tetap mengenakan cincin tersebut.

Seremonial pemakaian cincin di acara pernikahan juga bukan sekadar angin lalu. Berikut ulasan tentang makna dan tujuan pasangan suami istri memakai cincin nikah. Semoga bisa menginspirasi kamu, ya!

Sejarah Pemakaian Cincin Kawin

wm_article_img
Foto: PeopleImages on iStock

Pemakaian cincin pernikahan sebagai mas kawin pernikahan bagi suami istri ternyata ada sejarahnya. Hal itu ternyata sudah dimulai sejak 4800 tahun yang lalu, lho! Tepatnya adalah sebuah tradisi yang mendarah daging di Mesir kuno.

Namun, pada saat itu cincin yang dikenakan bukan cincin emas seperti sekarang. Lebih simpel, orang Mesir biasa membentuk alang-alang menyerupai cincin. Cincin tersebut kemudian dipakaikan di jari masing-masing pasangan sebagai simbol cinta abadi.

Tradisi ini dilanjutkan oleh bangsa Romawi dengan cincin yang lebih kokoh. Pada saat itu, mempelai pria di Romawi mengenakan cincin nikah yang berbahan dasar besi. Konon, bahan dasar besi mengartikan sebuah kekuatan. Selain itu, besi juga diartikan sebagai lambang cinta yang permanen.

Temukan Cincin Kawin Berkualitas di WeddingMarket



Budaya Pemakaian Cincin Kawin

wm_article_img
Foto: Vadven on iStock

Dalam budaya berbagai bangsa yang berbeda-beda, pemakaian sebuah cincin pernikahan sebagai mas kawin juga berbeda.

1. Budaya Mesir

Di Mesir kuno dan Romawi yang pendahulu menemukan cincin kawin. Mereka memakai cincin nikah di jari manis tangan kiri. Hal itu bukan sembarangan, tetapi ada maknanya. Orang Mesir kuno percaya bahwa di jari manis tangan kiri terdapat pembuluh darah yang terhubung langsung dengan jantung. Pembuluh ini diyakini sebagai aliran cinta atau amoris, karena berada sejajar dengan letak hati.

2. Budaya Cina

Budaya memakai cincin kawin di jari manis tangan kiri juga sama bagi masyarakat Cina atau Tionghoa. Kepercayaan Cina menyebutkan bahwa masing-masing jari adalah simbol keluarga. Hal itu di mana jari jempol adalah lambang kedua orangtua. Jari telunjuk merupakan simbol saudara, jari tengah adalah diri sendiri, jari kelingking adalah anak-anak. Sementara jari manis merupakan simbol dari pasangan.

3. Budaya Yunani

Beda halnya dengan budaya di Yunani Ortodoks. Sebelum menikah, cincin kawin dikenakan di tangan kiri. Namun, setelah upacara pernikahan selesai, cincin itu dipindahkan ke tangan kanan.

4. Budaya Yahudi

Sementara itu, bagi kaum Yahudi yang mempunyai keharusan bahwa pengantin pria harus memberi sesuatu yang berharga bagi mempelai wanita, cincin nikah dipakai di jari telunjuk selama upacara. Setelahnya, cincin tersebut dipindahkan ke jari manis.

5. Budaya Indonesia

Di Indonesia sendiri, pemakaian cincin pernikahan umumnya di jari manis tangan kiri. Namun, ada juga yang mengenakannya di tangan kanan, sedangkan jari tangan kirinya digunakan untuk memakai cincin tunangan.

Makna dari Cincin Kawin

wm_article_img
Foto: jessekarjalainen on iStock

Cincin pernikahan bukanlah cincin sembarangan sebab ada makna yang mendalam di balik pemakaiannya. 

1. Bentuk Lingkaran

Contoh mas kawin atau cincin kawin pada umumnya ditemukan dalam bentuk lingkaran. Bentuk lingkaran ini tentu ada maknanya. Selain untuk menyesuaikan bentuk jari, lingkaran juga punya makna tersendiri.

Cincin berbentuk lingkaran menandakan sebuah hubungan yang tidak pernah berakhir. Itu diasumsikan sebagai harapan dari sebuah pernikahan yang tidak akan berakhir sampai maut memisahkan.

Hubungan pernikahan tersebut juga seyogyanya terus dialiri cinta, seperti aliran amoris jari manis tangan kiri yang dipercaya. Jadi, dengan mengenakan cincin pernikahan, diharapkan cinta dari masing-masing suami istri tidak akan pudar.

2. Saling Mengikat

Makna lain dari sebuah cincin pernikahan adalah saling mengikat. Artinya, kamu dan pasangan telah diikat oleh komitmen pernikahan yang diakui negara dan agama. Simbol ikatan tersebut mewujud dalam sebuah cincin pernikahan.

3. Kekuatan Sebuah Cinta

Cincin pernikahan biasanya dibuat dari batu mulia atau emas. Itu bukan tanpa arti, melainkan sebagai simbol kekuatan cinta. Biar bagaimanapun, tidak ada yang bisa mematahkan cinta antara kamu dan pasangan, seperti kuatnya batu mulia.

Bagi kamu yang beragama Islam, mungkin mempelai pria tidak diperbolehkan memakai perhiasan emas, ya. Jangan khawatir, kamu bisa memesan cincin pernikahan dari bahan palladium. Apapun bahan dasarnya, tidak akan mempengaruhi makna mendalam dari cincin ini.

4. Saling Taat

Agar komitmen dan janji pernikahan tetap terpelihara, butuh kesetiaan dari masing-masing pasangan. Kesetiaan akan terwujud jika kedua pasangan saling menaati janji tersebut. Akhirnya, hubungan pernikahan pun akan berlangsung kekal seperti bentuk bulat cincin pernikahan.

Tujuan Memakai Cincin Kawin

wm_article_img
Foto: jacoblund on iStock

Setelah mengetahui makna sebuah cincin pernikahan, maka jelas sudah tujuan dalam memakai cincin tersebut.

1. Tanda Sudah Menikah

Mungkin ini menjadi salah satu tujuan utama dari pemakaian cincin nikah. Dengan adanya cincin yang melingkar di jari manismu, kamu secara tidak langsung telah menegaskan statusmu. Yakni, kamu sudah menikah.

2. Menjadi Pembatas

Tujuan berikutnya memakai cincin pernikahan adalah sebagai pembatas. Hal ini penting guna menghindari hal tidak diinginkan yang bisa terjadi. Misalnya saja, ada orang yang diam-diam naksir kamu. Setelah melihat cincin itu, pasti dia akan berpikir ulang karena tahu kamu sudah ada yang punya.

3. Menjadi Pengingat

Selain menjadi pembatas, memakai cincin pernikahan juga bisa menjadi pengingat. Kamu tidak tahu kapan hatimu dan pasangan akan berbolak balik. Misalnya saja, secara tidak sengaja kamu atau pasangan bertemu dengan seseorang yang pernah jadi masa lalu.

Saat ada getaran-getaran rasa yang muncul lagi, pandanglah cincin di jarimu. Kamu pasti akan teringat bahwa kini kamu telah menikah bersama orang yang lebih baik dibanding masa lalumu itu.

4. Menjadi Penyemangat

Kenapa memakai cincin pernikahan penting untuk laki-laki? Karena cincin nikah bisa menjadi penyemangat bagi laki-laki yang memiliki kewajiban mencari nafkah. Saat lelah bekerja sedang melanda, memandang cincin pernikahan akan melecutkan kembali semangatnya. Karena, kini si dia tidak lagi mencari uang untuk kebutuhan hidupnya sendiri, melainkan untuk keluarganya.

5. Obat Rindu

Khususnya bagi pasangan yang harus menjalani LDR, sebuah cincin nikah pasti bermakna banyak. Komunikasi zaman sekarang memang tidak lagi menjadi kendala, tapi cincin nikah akan menjadi obat rindu yang berbeda.

Kamu pasti akan teringat pada momen pernikahanmu saat si dia memasangkan cincin tersebut di jarimu. Duh, kalau begini namanya bukan mengobati rindu ya, tapi membuat rindu semakin bertambah. Namun, kalau rasa rindu terasa menggebu-gebu, tentu keharmonisan akan semakin tertanam, bukan?

6. Meningkatkan Citra dan Prestise

Sebuah cincin pernikahan secara tidak langsung juga akan meningkatkan citra dirimu. Seorang wanita dan pria yang mengenakan cincin akan dinilai menghargai pernikahan mereka. Artinya, mereka adalah pasangan yang sungguh-sungguh menjalankan komitmen pernikahan.

Cincin nikah yang mewah dan cantik juga akan menjadi pendongkrak prestisemu di depan orang lain. Tidak perlu lagi memakai perhiasan yang terlalu ramai kalau dengan cincin kawin emas atau silver saja kamu bisa tampil memukau. 

Nah, itu dia makna dan tujuan mengenakan cincin kawin bagi kamu dan pasangan. Bagaimana, sudah memilih model cincin kawinmu?

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...