Pilih Kategori Artikel

Inilah Ciri Pernikahan Khas ala Barat yang Kerap Di Tiru Pengantin Indonesia
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Setiap negara memiliki ciri khas tersendiri dalam menggelar pesta pernikahannya. Kini, sebagian besar calon pengantin menjadikan ciri pernikahan ala Barat sebagai acuan untuk menggelar pernikahannya.

Pada umumnya, di Indonesia sendiri memiliki ciri khas pernikahan tradisional yang beragam, unik, serta makna yang mendalam.

Jika kamu sebagai calon pengantin ingin menggunakan konsep pernikahan internasional, tentunya kamu perlu meniru ciri pernikahan ala Barat yang mampu memberikan kesan elegan. Sebelum kamu meniru, hal utama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengetahui perbedaan dan apa saja harus ada dalam menggelar pesta pernikahan ala western ini.

Di bawah ini ada beberapa ciri pernikahan ala Barat yang sangat khas, lho. Simak dengan baik, ya.

1. Gaun Putih

Setiap menggelar sebuah acara pesta pernikahan, tentunya sebagian besar calon pengantin mengenakan busana pengantin yang sesuai dengan konsep dan keinginannya. Di Indonesia, dulu, pengantin wanita memakai kebaya dengan looks yang cantik dan menawan.

Nah, inilah ciri pernikahan ala Barat yang menjadi acuan pengantin di Indonesia, pengantin wanitanya menggunakan gaun pengantin putih dengan berbagai model yang sesuai dengan postur tubuh.

Gaun putih yang dikenakan pengantin pada pernikahan di negara bagian barat itu mulai dikenal sejak Ratu Victoria menikah pada tahun 1840-an. Dia mengenakan bahan kain putih buatan Inggris untuk pernikahannya bersama Pangeran Albert. Padahal sebelumnya, mereka memiliki kebiasaan ketika tiap kali menggelar pesta pernikahan masih menggunakan gaun yang beragam warna.

Pada zaman itu, Ratu Victoria bukan hanya berani beda dengan menggunakan gaun berwarna putih saja, tapi juga berani menolak kebiasaan pengantin kerajaan menggunakan mahkota adat, perhiasan dan jubah beludru.

Nyatanya, warna putih disimbolkan dengan warna berkabung atau kesedihan, bukan simbol kebahagiaan seperti makna dari pernikahan yang sesungguhnya. Seiring berkembangnya zaman, pengantin wanita menjadikan gaun putih dan sederhana sebagai acuan dalam menggelar sebuah pesta pernikahan dengan konsep internasional.

2. Veil

Inilah ciri khas pernikahan ala Barat kedua yang kerap kali dijadikan sebagai acuan untuk menggelar pesta pernikahan di Indonesia. Selain memilih gaun warna putih untuk dikenakan di hari spesialnya, pengantin wanita yang mengusung konsep pernikahan internasional ini juga sering menggunakan veil atau penutup kepala.

Ketika pada zaman dulu di Yunani dan Romawi kuno, penutup kepala atau biasa disebut veil ini yang digunakan pengantin dengan tujuan untuk mengusir roh jahat. Namun, kini sudah berbeda maknanya, lho.

Penutup kepala ini digunakan karena alasan keunikan dan berfungsi untuk menyembunyikan wajah pengantin agar pengantin pria tidak bisa melihat wajah pasangannya sebelum sah menjadi istri.

3. Bridesmaid

Di Indonesia, terutama calon pengantin millenilal, kini menghadirkan ciri pernikahan ala Barat yang satu ini. Bridesmaid itu sendiri memiliki makna sebagai pengiring pengantin ini dengan tujuan untuk menemani calon pengantin wanita bepergian menuju venue pernikahannya.

Tugas inti dari seorang bridesmaid adalah untuk menjaga pengantin wanita dari pria lain. Namun, pada zaman Romawi Kuno, kepercayaan yang dianut memang sengaja untuk menampilkan bridesmaid yang mirip dengan pengantin. Jadi, ketika pada saat hari pernikahan tiba itu untuk mengelabui roh jahat yang akan mencelakai pengantin wanita.

Namun, tugas bridesmaid di zaman millenial ini sudah berubah. Lebih kepada untuk bersenang-senang, seperti misalnya sebagai tim bridal shower untuk pengantin wanita dan untuk memberikan dukungan secara moril bagi pengantin wanita di momen berharganya.

4. Kue Pernikahan

Mungkin, ciri pernikahan ala Barat ini bukan salah satu faktor penunjangnya ketika menggelar sebuah pesta pernikahan. Yap, kue pernikahan ini kerap dipilih bagi calon pengantin yang memiliki budget yang cukup. Pada dasarnya, budget yang ditawarkan untuk kue pengantin ini lumayan besar. Tetapi, jika kamu ingin menghadirkan khas yang satu ini, banyak juga yang murah, kok.

Kue pengantin atau kue pernikahan ini dijadikan sebagai salah satu simbol kesuksesan dan keberuntungan bagi kedua calon pengantin ini. Itulah mengapa calon pengantin Barat menghadirkan kue pengantin, diharapkan semua doa terbaik untuk rumah tangga kedua mempelai bisa dikabulkan.

5. Mengantar Pengantin Wanita
Ciri pernikahan ala Barat yang selanjutnya adalah sang ayah yang mengantar anak perempuannya menuju altar pernikahan. Ayah dan anak perempuan tersebut berjalan menelusuri lorong di venue pernikahan demi memberikan anak perempuannya pada calon suami sang anak.

Hal ini ditandai dengan restu yang diberikan sang ayah untuk pernikahan anak perempuannya tersebut.

6. Melempar Bunga

Ciri pernikahan ala Barat yang terakir adalah dengan melempar bunga ketika prosesi pesta pernikahan sedang berlangsung. Orang Barat ini memiliki kepercayaan melempar bunga ini dipercaya akan memberikan kebaikan pada siapapun yang bisa mendapatkan bunga tersebut.

Menurut orang Barat, kalau tamu undangan di pesta pernikahan tersebut masih ada yang berstatus lajang dan kebetulan dapat lemparan bunga tersebut. Maka, diyakini kalau kamu akan segera mendapatkan jodoh dan menikah.

Itulah ciri pernikahan ala Barat yang sering kali menjadi acuan calon pengantin di Indonesia ketika menggelar pesta pernikahan. Acuan di atas teruntuk kalian yang ingin menggelar pesta pernikahan dengan konsep internasional.

Namun, harus kalian ingat. Tradisi pernikahan tradisional pun tidak kalah menakjubkannya, lho. walaupun terdengar kuno, tetapi kini pernikahan tradisional sudah modern dalam pengemasannya. Junjung tinggi nilai budaya dari negara sendiri ya, yaitu Indonesia.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...