Pilih Kategori Artikel

Alasan Mengapa Gaun Pengantin Putih Sangat Populer?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ladies, pasti banyak dari kamu yang sering melihat di acara pernikahan kalau mempelai memakai gaun pengantin putih. Baik di pernikahan modern maupun pernikahan tradisional, kamu akan selalu melihat gaun yang berwarna putih mulus yang bisa jadi semulus kulitmu.

Bukan hanya di acara resepsi saja, bahkan gaun putih pun kamu juga melihatnya pada saat akad nikah atau pemberkatan. Kamu pasti bertanya-tanya mengapa gaun pernikahan itu selalu putih dan mengapa warna tersebut yang begitu populer dibandingkan warna-warna lainnya?

Supaya kamu tidak penasaran begitu lama, di bawah ini kami sajikan beberapa alasan mengapa gaun pernikahan berwarna putih selalu banyak dipakai pada saat resepsi?

Mengapa Gaun Pengantin Putih Populer?

wm_article_img

Foto: Fashion Dress Gallery

1. Terkait dengan Mitos Masyarakat Barat

Yang perlu kamu ketahui mengapa gaun warna putih begitu populer adalah karena adanya mitos yang terkandung di dalamnya. Ya, gaun pengantin asalnya dari Eropa atau Amerika yang masyarakatnya mempunyai mitos bahwa warna putih itu mengandung kesucian, kepolosan, kemurnian, kejernihan, dan juga kemewahan.

Itulah sebabnya, mereka tidak mau menggunakan gaun pengantin selain putih seperti merah atau hitam yang dianggap sebagai lambang kesialan dan kedukaan. Dengan mengenakan gaun pernikahan putih, mempelai yang mengenakannya seperti terlahir kembali dan mempunyai kesucian lahir-batin.

2. Terlihat Sederhana dan Mewah

Gaun mempelai putih jika dipandang memang mempunyai kesan yang begitu simpel dan tidak rumit jika dibandingkan dengan gaun-gaun pernikahan warna lain. Kesederhanaan itu bisa terlihat dari   gaun yang sebenarnya tidak perlu banyak ditampilkan aksesoris apa pun sehingga mempunyai kesan yang minimalis.

Meski sederhana, gaun dengan warna ini ternyata dapat memancarkan kesan yang mewah dan ekslusif bagi yang memakainya.

3. Bisa Dipadukan dengan Warna Lain

Gaun pernikahan putih tidak selamanya harus polos lho, Ladies. Apabila kamu berniat mengenakan gaun ini pada pernikahanmu, kamu pun bisa memadukannya dengan warna lain. Meski begitu, warna yang disarankan adalah emas supaya ada kesan ekslusif pada gaun yang kamu pakai.

Selain emas, kamu bisa memadukannya dengan warna-warna dasar lain yang gelap seperti biru, hijau, atau supaya terlihat menyala juga kamu bisa memadukannya dengan warna merah.

4. Banyak Modelnya

Alasan lain mengapa gaun pengantin putih populer adalah karena banyak sekali modelnya. Mulai dari ballgown, V-neck, shoulder off hingga mermaid dress. Model-model dengan gaun pengantin berwarna ini akan membuat tampilanmu anggun bak putri di negeri dongeng.

5. Cocok untuk Semua Warna Kulit dan Bentuk Tubuh

Ya, ternyata gaun pengantin warna putih bisa bersifat universal karena ternyata cocok untuk semua warna kulit, baik terang maupun gelap. Apabila kamu adalah salah satu yang berwarna gelap, sangat disarankan untuk memakai gaun dengan warna ini karena akan menyamarkan dan menyeimbangkan kulit gelapmu.

Selain cocok untuk semua warna kulit, ternyata gaun pengantin dengan warna putih juga cocok untuk semua bentuk tubuh, termasuk yang bertubuh gemuk. Kalau tubuhmu gemuk, kamu bisa memakai gaun pengantin ini dengan banyak model yang tampilannya disesuaikan supaya tubuh gemukmu tersamarkan, dan kamu tetap terlihat menawan.

6. Bisa Diaplikasikan pada Kebaya

Ternyata, gaun pernikahan putih yang sifatnya internasional itu pun bisa diaplikasikan pada kebaya yang merupakan pakaian tradisional Indonesia bahkan untuk pernikahan pun.

Hal itu bisa terlihat pada baju pengantin Sunda yang kebanyakan merupakan kebaya berwarna putih yang jika dipakai akan membuat anggun yang mengenakannya.

Selain itu, yang perlu kamu ketahui, Ladies, bahwa ternyata ada gaun pernikahan tradisional di Indonesia yang juga warna dasarnya putih, yaitu pada gaun pernikahan di Minahasa dan Maluku.

7. Cocok untuk Kamu yang Berhijab

Memilih gaun pengantin putih ternyata cocok untuk kamu yang ingin tampil syar’i dan islami di hari pernikahanmu nanti.

Kamu bisa memilih gaun pengantin dengan warna tersebut yang polos, tertutup, dan sedikit mengenakan hiasan supaya sesuai dengan ajaran agama. Untuk mempercantik kamu juga bisa mengenakan headpiece bunga-bunga di kepala.

8. Lebih Terlihat Eye-Catchy Jika Dipotret

Alasan lainnya yang perlu ketahui mengapa gaun putih begitu populer adalah lebih terlihat menawan dan menarik jika dipotret. Apalagi jika itu dipotret dengan latar belakang pemandangan yang bagus dan memukau sehingga akan menambah eye-catchy.

Juga, ketika kamu memakai gaun ini, dan dipakai dalam format foto hitam atau sepia akan semakin menambah daya tariknya. Buat kamu yang menginginkan dokumentasi pernikahanmu bagus dan memikat untuk terus-menerus dilihat, gaun pernikahan putih adalah jawabannya.

9. Ada Sejarah Dibaliknya

Nah, Ladies, yang perlu kamu ketahui lagi mengapa gaun ini populer dipakai semua orang bahkan para artis dan anggota keluarga Kerajaan Inggris memakainya karena ada sejarah dibaliknya.

Hal tersebut bermula dari kebiasaan Ratu Victoria di abad ke-19 yang memakai warna putih untuk gaun pengantinnya pada saat dinikahi oleh Pangeran Albert pada 10 Februari 1840.

Pada pernikahan itu, Sang Ratu memakai gaun putih yang disandingkan dengan mahkota bunga, dan gaun itu terbuat dari bahan satin sutra berwarna krem dengan lipatan renda ‘Honiton’ di bagian leher dan lengan.

Kemudian bagian pinggang dibuat ramping dengan detail rok penuh hiasan brokat. Dari Ratu Victorialah gaun pengantin warna putih mulai populer.

Kepopuleran semakin bertambah setelah Perang Dunia Kedua berakhir saat banyak masyarakat yang memakai gaun tersebut karena kemampuan ekonomi yang sudah mapan.

Jadilah, hingga hari ini gaun pengantin putih diproduksi secara massal dan murah, dan biasa dipakai oleh siapa saja.

Berkaitan dengan gaun pengantin putih kamu pun yang berniat memakainya di hari pernikahan bisa melihatnya di vendor gaun pernikahan Wedding Market. Banyak pilihannya dan sesuai keinginannmu. Klik aja ya di sini!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...