Pilih Kategori Artikel

9 Contoh Undangan Pernikahan Unik dan Menggemaskan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kamu sedang mencari contoh undangan pernikahan unik dan berkesan menggemaskan sehingga sayang untuk dibuang? Sepertinya kamu bisa mendapatkan jawabannya di sini. 

Untuk konsep pernikahan yang tidak terlalu mewah, santai dan intimate wedding, sepertinya bisa dipilih desain kartu undangan yang unik bahkan lucu. Meskipun tidak menutup kemungkinan, kamu bisa menerapkannya pada pesta pernikahan yang skalanya lebih besar. 

Ada banyak desain kartu undangan yang unik untuk sebuah pernikahan dan berikut ini adalah di antaranya. 

1. Kartu Kayu

wm_article_img
Foto: Amazon

Contoh yang pertama adalah undangan yang dibuat dengan material kayu. Kayu yang dipotong menyerupai potongan selembar kertas, kemudian di tulis tangan dengan menggunakan cat atau menggunakan cetakan, sepertinya bisa menjadi pilihan yang sangat menarik. 

Karena kayu cenderung berat, maka kamu bisa membuat undangan dengan satu sisi saja. Informasikan tentang acara pernikahanmu dengan singkat namun jelas serta pastikan huruf yang dipilih bisa terbaca dengan mudah. 

2. Kertas Daur Ulang

wm_article_img
Foto: thehonestconsumer

Contoh undangan pernikahan unik yang kedua adalah dengan menggunakan kartu daur ulang. Selain mudah hancur dan tidak menyebabkan limbah, kamu juga bisa menyertakan biji benih sebagai souvenir pernikahan. 

Sarankan pada penerima kartu undangan untuk menghancurkan kartu dengan menanamkannya di dalam tanah, kertas yang disertai benih akan hancur dengan mudah, sementara benih akan tumbuh menjadi tanaman. Sungguh ramah lingkungan dan unik, ya!

3. Kartu Pop Up

wm_article_img
Foto: offbeatbride

Banyak buku yang menggunakan pola pop up dan ini bisa kamu duplikasi pada kartu undanganmu. Sehingga kartu terlihat berbeda dan menarik untuk dilihat. 

Bentuk pop up yang digunakan bisa berbentuk apa saja, mulai dari bentuk hati, inisial namamu dan calon pasanganmu, hingga foto dari kalian berdua. 

4. Puzzle

wm_article_img
Foto: etsy

Kamu juga bisa mengaplikasikan konsep puzzle pada kartu undanganmu. Di mana undangan dengan konsep ini, harus disusun terlebih dahulu oleh penerima undangan dan ini bisa menjadi salah satu contoh undangan pernikahan unik. 

Buat susunan puzzle dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Hal ini tentunya untuk menghindari kemungkinan, enggannya penerima undangan untuk menyelesaikan puzzle atau tidak tahu maksud dari yang kamu inginkan. 

5. Fungsional

wm_article_img
Foto: etsy

Kamu juga bisa memilih membuat kartu undangan yang sudah kamu bagikan menjadi sesuatu yang berguna. Misalnya, desain kartu bisa dibentuk menjadi tempat pensil atau kotak penyimpanan lainnya. 

Pilihan lain contoh undangan pernikahan unik yang fungsional, bisa dicetak pada kain yang dibentuk menjadi sebuah dompet kain. Informasi undangannya sendiri bisa tertera pada bagian luar atau menyelipkan kertas pada bagian dalam dompet. 

Contoh lainnya, kamu juga bisa membuat undangan dalam bentuk kalender. Jadi selama satu tahun ke depan, semua orang yang mendapatkan undangan darimu, bisa menggunakan kartu tersebut sebagai pengingat hari. 

6. Kartu Identitas

wm_article_img
Foto: design.tutsplus

Ingin terlihat lebih unik, kamu bisa menggunakan desain ini untuk kartu undanganmu. Ya, menggunakan desain layaknya kartu identitas, seperti SIM, KTP, atau Paspor.

Kamu hanya perlu melakukan sedikit modifikasi, namun template yang digunakan sama seperti kartu identitas tanpa mengubahnya sedikitpun. Kamu bisa menggunakan kertas tebal dilengkapi amplop dengan warna senada. 

7. Kipas

wm_article_img
Foto: onefabday

Tidak saja sebagai informasi atas pernikahanmu namun, kipas yang dipilih sebagai bagian dari kartu undanganmu, bisa sekaligus dibuat menjadi souvenir. Bentuk kipas yang dipilih banyak ragamnya, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan bujet saja. 

Bila bahan dasar kipas dibuat dari kayu, maka bisa diletakkan pada kotak yang cukup kokoh agar kipas tidak retak. Sementara jika kipas dibuat dari plastik, kamu bisa menggunakan amplop dari kertas tebal untuk membungkusnya. 

8. Botol

wm_article_img
Foto: mospensstudio

Contoh kartu undangan pernikahan unik yang selanjutnya adalah undangan yang dimasukkan ke dalam botol. Cara ini terkesan unik dan tidak biasa, yang pasti akan membuat penerima undangan terkesan. 

Kertas undangan sendiri digulung kecil agar bisa masuk ke dalam mulut botol. Jangan lupa untuk mengikatnya terlebih dahulu, agar mudah saat dikeluarkan.

Untuk kemasannya, kamu juga sebaiknya meletakkannya pada wadah yang cukup kuat. Terkecuali, jika kamu sendiri yang akan langsung mengantarkan pada tamu undangan. Yang dikhawatirkan bila undangan dikirim melalui jasa kurir, kemungkinan pecah bisa saja terjadi. 

9. Kartun

wm_article_img
Foto: etsy

Yang terakhir, kamu bisa membuat kartu undangan pernikahan dengan tema kartun, animasi atau chibi. Karakternya sendiri bisa kamu sesuaikan dengan selera dan pilihan pasanganmu. Bisa kartun atau animasi favoritmu atau juga gambar kedua calon pengantin yang digambar secara khusus.

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan tema pernikahanmu agar tidak terlihat bertabrakan. Untuk kartu dengan kesan lucu ini, sebaiknya dipilih pesta pernikahan yang intim dan hanya mengundang kerabat dekat yang paham akan karaktermu. 

Itu dia beberapa contoh undangan pernikahan unik yang bisa saja kamu tiru. Masih banyak pilihan desain kartu undangan lainnya yang juga tak kalah menariknya. Jika memungkinkan, buat kartu undangan pernikahan digital juga untuk mengundang teman yang berada jauh darimu. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...