Pilih Kategori Artikel

Klasik dan Memiliki Nilai Filosofis, Ini Dia Ornamen yang Wajib Ada Pada Dekorasi Pernikahan Adat Jawa Kuno
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dalam sebuah pernikahan, pelaminan merupakan aspek penting yang kurang lengkap apabila ditiadakan. Meskipun jasa dekorasi banyak menawarkan tema pelaminan dengan dekorasi glamour. Dekorasi pernikahan adat Jawa kuno, masih menjadi pilihan bagi para calon pengantin.

Bicara soal pernikahan adat Jawa, tidak lepas dari nilai filosofis dan energi mistis sendiri. Dikarenakan tanah Jawa merupakan wilayah yang dipercaya memiliki kekeramatan. Hal ini bisa  dibuktikan dengan keberadaan gunung Mahameru yang dipercaya menjadi tempat bersemayamnya dewa-dewa.

Di tanah Jawa, pernikahan merupakan hal yang sakral. Sehingga kedua mempelai diharuskan untuk mengikuti semua ritual kuno Jawa. Selain itu juga, terdapat beberapa ornamen pada dekorasi pernikahan adat Jawa Kuno yang khas dan memiliki nilai filosofis.

Bahkan di era ini, pernikahan adat Jawa kuno masih digunakan oleh sebagian besar masyarakat Jawa. Selain untuk melestarikan budaya Jawa, pernikahan adat ini juga memiliki kesan tradisional, sederhana, sakral dan filosofis. Contohnya seperti siraman, serah-serahan, meratus rambut, midodareni, sungkeman dan masih banyak lagi.

Selain dari ritual sakral ini, nilai filosofis pernikahan adat Jawa didapat dari riasan pada mempelai. Seperti paes pada riasan pengantin wanita, kain jarik hijau, selendang berwarna merah, dan perhiasan yang digunakan. Bahkan untuk rias paes sendiri yang terdiri dari gajahan/panunggul, pengapit, penitis, dan godheg memiliki makna filosofis yang berisi doa dan harapan.

Ornamen Dekorasi Pernikahan Adat Jawa Kuno

wm_article_img

Untuk kamu yang menginginkan dekorasi pernikahan adat Jawa kuno, berikut ini ornamen khas adat Jawa yang tidak boleh dilewatkan. Selain sebagai dekorasi, ornamen ini juga memiliki nilai filosofi yang tinggi. 

Ornamen Gebyok Sebagai Latar Pelaminan

Gebyok merupakan sebuah ornamen yang bentuknya mirip pintu dan jendela. Gebyok, kerapkali digunakan sebagai penyekat ruangan rumah khas Jawa. Terbuat dari terbuat dari papan besar berbahan kayu jati berkualitas.

Dalam penggunaannya pada dekorasi pernikahan adat Jawa kuno, gebyok berfungsi sebagai latar pelaminan. Gebyok ini merupakan produk khas Jawa yang dihias ornamen atau ukiran untuk menambah kesan mewah. Ornamen atau ukiran ini biasanya juga dipercantik dengan tanmbahan bungan di beberapa sudut. 

Sedangkan warna yang digunakan pun beragam. Jadi warna pada gebyok tidak selalu harus berwarna cokelat tua yang menampilkan kesan kuno dan klasik. Kamu juga memilih warna gebyok disesuaikan dengan tema pernikahanmu.

Replika dua pintu pada gebyok memiliki makna kehidupan baru yang akan dimasuki oleh kedua mempelai dari kehidupan sebelumnya. Sedangkan ukiran yang terdapat pada gebyok disimbolkan sebagai tujuan hidup dengan alam, tujuan hidup manusia, kesejahteraan, keharmonisan, kedamaian dan kesejahteraan.

Miniatur Joglo atau Rumah Adat Jawa

Selain gebyok yang menjadi latar pelaminan, dalam penerapannya, miniatur joglo biasanya menjadi pengganti gebyok. Bagian atap joglo berbentuk trapesium atau gunungan. Sentuhan ini menambah kesan dekorasi pernikahan yang mewah.

Pemilihan miniatur joglo untuk dekorasi pernikahan adat Jawa kuno ini memiliki makna dan simbol tertentu. Pada miniatur joglo ini terdapat empat pilar yang melambangkan empat arah mata angin. Proses pembuatanjoglo yang rumit ini menjadi simbol status bagi kalangan bangsawan atau priyayi.

Elemen Gunungan Pada Permainan Wayang Kulit Sebagai Latar Pelaminan

Siapa yang tidak kenal dengan gunungan dalam permainan wayang kulit hayo? Sebagai orang Jawa, kamu wajib tahu tentang gunungan pada wayang kulit ini. kalau tidak, mungkin banyak orang sudah mengatakanmu ‘wong Jowo kok ra ngerti jowone’ waduh! Padahal adat Jawa memiliki khas sendiri yang harus dilestarikan. Termasuk gunungan pada wayang kulit ini.

Pada permainan wayang kulit, biasanya gunungan berfungsi sebagai alat peraga pada kisah perwayangan. Misalnya gunung, api, gua, pohon besar, ombak samudera, angin ribut, dan gua. Gunungan memiliki bentuk kerucut yang di dalamnya terdapat ukiran-ukiran cantik. Nah, ukiran ini mempresentasikan kehidupan dunia.

Penerapan gunungan pada dekorasi pernikahan adat Jawa kuno, bermakna bahwa kedua mempelai akan memasuki kehidupan dunia bersama-sama. Menghadapi segala keadaan dunia, baik dan buruknya. Selain berfungsi sebagai hiasan di pelaminan, gunungan biasanya juga digunakan sebagai pemanis venue pernikahan dan dekorasi photobooth.

Patung Dua Lapik atau Patung Loro Blonyo Ikon Dekorasi Khas Jawa

Patung Loro Blonyo atau disebut juga dengan patung dua lapik digambarkan dengan laki-laki dan perempuan. Patung ini diibaratkan dengan pasangan Dewi Sri dan Sadhana. Dalam sebuah kisah, Dewi Sri menjadi penggambaran seorang gadis muda yang cantik layaknya Dewi Shinta dalam kisah Ramayana. Sedangkan Sadhana digambarkan dengan laki-laki yang memiliki rupa bagus seperti tokoh Rama dalam kisah Ramayana.Patung Loro Blonyo ini bermakna sebagai kesetiaan antara pasangan suami istri dalam rumah tangga.

Batik

Tidak hanya sebagai pakai, batik juga biasanya menjadi dekorasi pernikahan adat Jawa kuno pada pelaminan. Sebagai dekorasi pernikahan, batik diaplikasikan pada kursi tamu yang berfungsi sebagai pemanis, taplak meja jamuan, atau hiasan di pelaminan. Pemilihan batik untuk pernikahan ditentukan dari motifnya. Hal ini karena motif pada kain batik memiliki nilai filosofi tersendiri. 

Jadi kamu tidak bisa sembarangan dalam pemilihannya loh, ya! Batik yang dipilih untuk pernikahan biasanya batik bermotif Sido Asih dan Sido Mulya. Motif Sido Asih bermakna sebagai harapan dan kasih sayang dalam kehidupan rumah tangga untuk kedua mempelai. Sedangkan motif Sido Mulya yang memiliki makna kemuliaan untuk kedua mempelai.

Hiasan Berbagai Macam Jenis Bunga

Bunga seringkali dipilih menjadi hiasan tambahan dalam setiap dekorasi pernikahan. Pada dekorasi pernkahan adat Jawa kuno, hiasan bunga disimbolkan sebagai keharmonisan serta keharuman yang menjadi harapan dan akan terus menyertai kedua mempelai untuk menempuh kehidupan berumah tangga.

Lampu Tradisional

Lampu tradisonal seringkali dipilih untuk menjadi penghias dalam pernikahan adat Jawa. Lampu-lampu ini akan digantung di bagian inti pelaminan, ditata dan  diatur rapi untuk menarik perhatian tamu undangan dan bisa fokus pada kedua mempelai. Pemasangan lampu tradisional ini memberi makna tentang suatu harapan untuk kedua mempelai agar selalu dierangi dengan kebahagiaan. 

Rangkaian Buah dan Sayur

Ornamen yang terakhir yang harus ada pada dekorasi pernikahan adat Jawa kuno yang terakhir yaitu ornamen buah dan sayur. Buah dan sayur yang digunakan untuk dekorasi ini akan dipilih buah dan sayur yang memiliki kualitas terbaik. Kemudian akan disusun dan dirangkai sedemikian rupa, dipadu padankan dengan janur kuning sehingga terlihat indah. 

Rangkaian ini kemudian akan diletakkan di kedua sisi kursi mempelai. Buah dan sayur yang digunakan diantaranya buah Pir, apel, nanas, tomat, mentimun, anggur, rambutan dan lainnya. Rangkaian buah dan sayur ini memberi makna tentang harapan agar kedua mempelai selalu dilimpahi kemakmuran harta. 

Beberapa ornamen dekorasi pernikahan adat Jawa kuno yang telah dipaparkan diatas, memberi gambaran, bahwa pelaminan adat Jawa kuno dengan segala ritualnya memiliki makna yang telah dituahkan pemuka adat terdahulu. Sayang sekali rasanya apabila sebagai orang Jawa, kamu melewatkan kesempatan untuk melestarikan adat dan budaya yang luhur seperti ini. Jadi, apakah kamu akan menggunakan konsep pernikahan khas Jawa untuk melestarikan budaya nenek moyang?

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...