Pilih Kategori Artikel

Konsep Dekorasi Pernikahan Adat Jawa Modern dan Berkelas
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Bagi masyarakat suku Jawa yang masih menjunjung tinggi adat istiadat, memilih dekorasi pernikahan adat Jawa mungkin bukan lagi suatu hal yang sulit. Tetapi di era modern ini, pernikahan adat Jawa mulai diinovasi, terutama pada dekorasi pelaminan. Banyak didapati dekorasi pernikahan adat Jawa modern yang banyak dipilih oleh mempelai pengantin. Hal ini untuk menghormati latar belakang keluarga dan melestarikan  adat dan budaya Jawa.

Sama seperti halnya pernikahan adat Jawa pada umumnya, pernikahan adat Jawa modern juga harus mengikuti tatanan panjang ritual pernikahan. Seperti pemasangan tratag tarub, bleketepe, siraman, midodareni, sampai prosesi panggih. Sedangkan untuk pemasangan dekorasi sampai riasan pengantin, biasanya akan dipadukan dengan konsep modern. Konsep dekorasi yang biasa dipakai untuk dekorasi pernikahan adat Jawa modern yaitu tema rustic.

Tema rustic banyak dipakai karena memberi kesan antik ala pedesaan. Tema rustic ini merupakan konsep pernikahan adat tradisional Jawa yang tidak pernah tertelan zaman. Bila kamu keturunan Jawa, kamu bisa menggelar pernikahan adat dengan tema rustic ini menggunakan papan kayu. Tetapi sebelum kamu menentukan tema dekorasi pernikahan adat Jawa modern, ada baiknya kamu mendiskusikan beberapa hal berikut ini dengan pasanganmu agar dekorasi pernikahanmu tampak indah.

Tempat Berlangsungnya Pernikahan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu menentukan tempat berlangsungnya pernikahan. Pemilihan lokasi pernikahan ini sangat berkaitan dnegan tema pernikahan yang akan kamu laksanakan. Apabila nanti kamu akan memilih lokasi pelaksanaan pernikahan di dalam ruangan (gedung, ruangan di dalam rumah, hotel, tempat ibadah dll.) ataupun luar ruangan (halaman rumah, taman bunga, pantai dll.). Jika kamu telah menentukan lokasi pernikahan, maka akan sangat mudah bagi kamu untuk menyewa vendor pernikahan dan mencicil biaya pelaksaan pernikahan.

Tema dan Warna 

Selanjutnya yaitu menentukan warna tema dekorasi pernikahan adat Jawa modern dengan menyeragamkan penggunaan tenda, rangkaian bunga, taplak meja, dekorasi pita, seragam keluarga mempelai hingga pakaian pengantin. Sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih dekorasi pernikahan warna gold, mint, putih, dan silver. Warna-warna ini wajib ada dalam agenda dekorasi pernikahanmu.

Inspirasi Konsep Dekorasi Pernikahan Adat Jawa Modern

Nah, setelah kamu menentukan kedua hal diatas, langkah berikutnya yaitu dengan menentukan konsep dekorasi pernikahan adat Jawa modern. Berikut ini beberapa konsep dekorasi yang bisa kamu tiru untuk pesta pernikahannmu.

Ornamen Lampu Gantung Sebagai Pemanis yang Memiliki Nilai Filosofis

wm_article_img

Pernikahan adat Jawa tidak lepas dari lampu gantung yang menjadi ornamen utamanya. Kamu juga bisa menambahkan rangkaian bunga untuk memperindah dekorasi pelaminan. Nuansa klasik yang dihasilkan dari lampu gantung tradisional dan bermakna agar mempelai senantiasa diterangi oleh kebahagiaan sepanjang hidupnya.

Gunakan Tema Warna Cokelat Yang Klasik

Biasanya dalam dekorasi pernikahan adat Jawa, identik dengan warna coklat mengkilap. Hal ini bisa dibuktikan pada ornamen kayu, kursi pengantin, gebyok, dan dekorasi lainnya. Tetapi meski begitu, apabila kamu memilih menggunakan warna pastel atau warna cerah pada dekorasi pernikahan adat Jawa modern tentu tidak masalah. Kamu bisa memintanya pada vendor dekorasi pernikahan. Agar nuansa adat Jawa tidak luntur, kamu bisa menggunakan barang-barang dekorasi berbahan dasar kayu yang kemudian diberi warna sesuai keinginanmu. Tambahkan stand flower untuk mempermanis dekorasi pelaminan maupun ruangan pernikahan dilaksanakan.

Nuansa Warna Hijau Yang Classy Dan Misyc Glamour

wm_article_img

Selain warna cokelat yang menampilkan kesan klasik Jawa pada pernikahan, kamu bisa menggunakan tema warna hijau untuk kesan segar, mewah dan mistik dan glamour seperti halnya kisah laut pantai selatan. Selain warna hijau, kamu juga bisa memilih warna gelap dengan lampu tradisional berwarna kuning. Tambahkan rangkaian bunga-bunga asli untuk mempermanis tampilan pelaminan sekaligus ruangan pernikahan.

Jangan Lupa Untuk Menggunakan Gebyok Sebagai Ciri Khas Pernikahan Adat Jawa

Dekorasi pernikahan khas Jawa identik dengan gebyok sebagai latar belakang pelaminan. Gebyok sendiri merupakan tiruan dari rumah joglo yang terdiri dari dua pintu dan jendela.  Gebyok biasanya berbahan kayu jati yang dihias dnegan ukiran khas Jawa dan ukiran bunga di beberapa sudutnya. Kamu bisa menambahkan reroncean bunga melati yang menjulur ke bawah dan digantung di gebyok. 

Ornamen Gunungan Pada Kisah Perwayangan Agar Terlihat Semakin Auntentik

wm_article_img

Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan gunungan. Ornamen dekorasi khas Jawa ini merupakan alat peraga pada pertunjukan perwayangan yang biasanya digunakna untuk memperagakan, gunung, goa, hutan dan lainnya. Saat ini, gunungan juga sudah sering digunakan sebagai elemen penting untuk dekorasi pada photo booth. 

Nah, kamu bisa menggunakan ornamen gunungan ini untuk dekorasi pernikahan adat Jawa modern. Agar nuansa Jawa yang klasik dan memiliki nilai historis, menjadikan dekorasi pelaminanmu semakin baik. terdapat dua jenis gunungan yang bisa kamu pakai, yaitu gunungan blumbangan (memiliki makna perempuan) dan gunungan gapuran (memiliki makna laki-laki).

Penggunaan ornamen gunungan sebagai dekorasi pernikahan menggambarkan kehidupan dunia dengan setiap keadaannya yang harus dihadapi kedua mempelai. Peletakan gunungan ini umumnya diletakkan sebagai latar pelaminan atau diletakkan sebagai dekorasi penghias di muka panggung pelaminan.

Kamu juga bisa meletakkannya di samping kanan dan kiri kursi pelaminan. Untuk memiliki kesan yang lebih modern dan mewah, kamu bisa memilih gunungan berwarna emas. Kemudian dipadukan dengan lampu gantung yang semakin antik dan cantik.

Dekorasi Pernikahan Adat Jawa Modern dengan Kayu Ukir Pada Kursi Pelaminan

Untuk membuat kesan Jawa klasik, kamu bisa memakai kursi kayu ukir untuk kursi pelaminan dan kursi orang tua. Pilih ukiran bunga dan dedaunan berwarna gold untuk kesan mewah dan modern. Kemudian padukan dengan karpet dan ornamen lampu sorot yang menghangatkan suasana pernikahan. Jangan lupa juga untuk mengatur pencahayaan agar foto yang dihasilkan dengan latar pelaminan terlihat artistik.

Konsep Dekorasi Dengan Batik

Motif batik memang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Saat ini pun batik mulai banyak dipadukan dengan pakaian modern, atau dijahit menjadi gaun pernikahan danditambah payet-payet cantik hingga berkesan mewah. Sama halnya dengan dekorasi pernikahan adat Jawa modern. Kamu bisa menambahkan batik pada kursi pelaminan, taplak meja meja hidangan. Batik ini berfungsi untuk menampilkan kesan mewah. Tapi kamu juga perlu berhati-hati dalam memilih motif batik. Tanyakan pada orang tuamu yang lebih paham tentang motif batik.

Setelah kamu membaca pemaparan diatas mengenai konsep dekorasi pernikahan adat Jawa modern, bagaimana pendapatmu? Tentu bukan hal yang tidak mungkin diwujudkan bila kamu juga ingin mengawinkan konsep dekorasi Jawa kuno dengan konsep Jawa modern. Justru hasilnya akan terlihat mewah, bernuansa klasik, dan kreatif. Selain itu, dekorasi pernikahan yang kamu tata ini akan membuat pernikahanmu memiliki nilai histori yang khas. Menjunjung nilai adat dan budaya Jawa yang khas dan mengikuti perkembangan zaman yang modern. 

Contohnya saja dengan kamu memadukan kursi ukir pelaminan dengan karpet warna yang mewah. Atau pemilihan tema warna dekorasi pernikahan yang mewah dan beberapa kreasi dekorasi lainnya. Selain itu juga, kamu akan bangga menghadirkan nuansa adat Jawa pada tamu undangan. Bagaimana? Apakah kamu ingin mencoba dekoraai pernikahannmu dengan konsep Jawa modern? 

Foto: Mahligai, lesigadecoration, architecturendesign

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...