Pilih Kategori Artikel

Menu Catering Pernikahan Adat Sunda yang Enak dan Lezat
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Melakukan pernikahan dengan konsep adat masih menjadi pilihan yang dilakukan oleh banyak orang, terutama generasi milenial. Adat Sunda sebagai salah satu suku di Pulau Jawa ternyata memiliki menu catering pernikahan adat sunda yang enak dan lezat. 

Selain untuk melestarikan kebudayaan, melakukan pernikahan dengan budaya adat memberikan suasana yang lebih intim dan syahdu. Konsep pernikahan dengan adat Sunda juga bisa kamu lakukan untuk memperingati hari bahagiamu tersebut. Karena menggunakan pernikahan adat, makanan yang sebaiknya kamu sajikan akan lebih baik juga merupakan makanan tradisional. 

Ternyata banyak jenis makanan khas Sunda yang bisa kamu masukkan dalam menu catering yang hendak disajikan ketika resepsi acara berlangsung. Jika masih bingung, berikut merupakan beberapa rekomendasi makanan khas Sunda untuk isian catering yang kamu pesan. 

Ayam Goreng Bumbu Lengkuas

Makanan pertam yang bisa kamu masukkan dalam menu catering adalah ayam goreng yang diberi bumbu rempah lengkuas. Menu catering pernikahan adat Sunda ini cukup mudah untuk dibuat dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya. 

Memasukkan ayam goreng dalam menu catering bisa menjadi pilihan yang baik, sebab semua orang umumnya menyukai ayam goreng. Apalagi jika ditambahkan dengan kremesan dan bumbu dari lengkuas. Selain enak dan gurih, cita rasa yang ditawarkan juga membuat ayam goreng semakin wangi. 

Gepuk Sapi

Gepuk merupakan makanan yang cukup umum ditemukan di daerah Sunda, utamanya terbuat dari daging sapi yang sudah diolah sedemikian rupa. Menu makanan ini juga sering ditemukan di berbagai acara pernikahan maupun syukuran, karena itu tidak lengkap jika kamu tidak menyajikan makanan ini ketika resepsi pernikahan dilangsungkan. 

Berbeda dengan olahan daging pada umumnya, gepuk sapi memiliki rasa yang manis dan gurih. Selain itu teksturnya juga mudah dan lunak untuk dicerna, baik untuk anak-anak maupun orang yang lebih tua. Gepuk sapi semakin lezat karena menggunakan rempah-rempah pilihan. 

Bistik Sapi Kuah Kental 

Rekomendasi menu catering pernikahan adat Sunda selanjutnya adalah bistik. Bistik di Indonesia memang merupakan modifikasi dari beef steak ala makana Barat. Namun di beberapa daerah di Indonesia, terutama Betawi, Sunda dan Jawa, bistik telah mendapatkan berbagai sentuhan rempah asli Indonesia. 

Untuk daerah Sunda, kuah yang dimiliki bistik jauh lebih kental dibandingkan dengan kuah bistik pada umumnya. Irisan daging sapi yang digunakan juga lebih tebal dan empuk, sehingga menimbulkan sensai yang lezat saat dimakan. Rempah yang digunakan juga variatif, dari jahe, pala, kapulaa, kayu manis dan juga cengkeh. 

Karedok

Karedok merupakan makanan khas dari daerah Jawa Barat, khususnya dari tanah Sunda. Karedok merupakan makanan yang dicampurkan dengan sayuran yang khas denga bumbu kacang. Sayuran yang digunakan juga bermacam-macam, dari kol, terung bulat berwarna hijau, kacang panjang, hingga tauge dan mentimun. 

Bumbu kacang yang digunakan juga merupakan bumbu yang khas, terutama dengan tambahan kencur. Sehingga bumbu kacang yang digunakan memiliki aroma yang wangi dan segar. Kamu bisa menambahkan karedok di dalam menu catering untuk pernikahan dengan adat Sunda. 

Nasi Tutug Oncom

Nasi ini merupakan menu catering pernikahan adat Sunda yang sebaiknya ada jika kamu memang hendak melaksanakan pernikahan adat. Lebih dikenal sebagai nasi TO, nasi tutug oncom menjadi hidangan yang memang mencerminkan adat Sunda itu sendiri. 

Kamu akan sering menemukan nasi ini di bebagai acara pernikahan di Sunda, karena itu sebaiknya masukkan menu makanan ini di list masakan catering yang hendak kamu pesan. Nasi dengan campuran irisan oncom ini memiliki rasa yang gurih karena bumbu dan rempah yang digunakan. 

Nasi Tumpeng Ayam

Jika kamu tidak bisa menyediakan nasi tutug oncom, alternatif lain yang bisa kamu sajikan adalah nasi tumpeng ayam. Seperti yang diketahui, nasi tumpeng cukup umum ditemui di setiap pernikahan di Indonesia, maka tak heran ia sering masuk dalam list menu makanan catering untuk resepsi nikah. 

Di Pulau Jawa cukup mudah untuk menemukan vendor yang bisa membuat nasi tumpeng lengkap dengan lauknya. Jangan lupa untuk memasukkan daging ayam dan sayuran lalapan sebagai pelengkap. Umumnya di pernikan terdapat tiga bagian dari ayam yang digunakan. ketiganya memiliki filosofinya masing-masing, yakni:

  • Ayam sebagai hewan yang melambangkan semangat untuk memulai hari, karena ia bangun di pagi hari. 
  • Ceker ayam, diharapkan pasangan pengantin tidak malas dalam mengais rizki dan mencukupi kebutuhannya. 
  • Terakhir adalah sayap ayam yang menjadi simbol sebagai cita-cita yang cukup tinggi. 

Kakap Asam Manis

Menu catering pernikahan adat Sunda lain yang bisa kamu masukkan ke list menu adalah kakap asam manis. Rasanya tidak lengkap jika tidak memasukkan makanan seafood ke dalam resepsi pernikahan. Kamu juga bisa menggunakan resep lain untuk mengolah gurame ataupun jenis ikan lainnya. 

Namun banyak masyarakat Sunda yang menyukai makanan ini, sehingga menyajikan kakap asam manis di dalam prasmanan banyak direkomendasikan oleh vendor pernikahan untuk kamu yang hendak melaksanakan pernikahan dengan adat Sunda. Pemilihan kakap sebagai jenis ikan karena ia memiliki daging yang lebih tebal, empuk, dan memiliki sedikit duri. 

Trancam Mentimun

Trancam merupakan menu makann yang kurang lebih menyerupai karedok. Namun penggunaan mentimun dalam menu makanan ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan karedok. Berbeda dengan karedok yang menggunakan bumbu kacang, trancam mentimun menggunakan bumbu serundeng yang terbuat dari parutan kelapa sangrai. 

Di dalamnya selain terdapat potongan mentimun juga terdapat potongan kacang panjang yang masih mentah, sehingga memberikan cita rasa yang segar dan nikmat. Biasanya trancam mentimun disajikan dengan nasi tutug oncom sebagai pelengkap makanan. 

Lalapan dan Sambal

Di tanah Sunda, menu catering pernikahan adat Sunda yang tidak boleh kamu lewatkan adalah lalapan dan sambal. Kamu bisa menyajikan berbagai macam sayuran sebagai hidangan tambahan atau dessert catering pernikahan, sebab masyarakat Sunda menyukai lalapan sebagai teman makan. Beberapa jenis lalapan yang sering dikonsumsi adalah mentimun, kacang panjang, terung, kubis, serta cepukak, atau terung kecil yang berwarna hijau. Kamu juga bisa menambahkan sambal tomat hijau maupun sambal kencur untuk membuat lalapan menjadi semakin lezat. 

Masih banyak lagi menu makanan pernikahan yang mewakili adat Sunda ketika melangsungkan acara pernikahan. Jangan lupa untuk berdiskusi denga pihak vendor catering agar persiapan makanan dan jenisnya telah disiapkan jauh-jauh hari. Akan lebih baik jika mereka menggunakan koki yang terbiasa memasak masakan Sunda, sehingga cita rasa yang diinginkan bisa sesuai dengan lidah orang Sunda. 

Menu catering pernikahan adat Sunda cukup bervariasi bukan? Jangan lupa untuk menyediakan makanan penutup dan jajanan tradisional sebagai pelengkap. Sehingga tamu undangan tidak hanya berfokus pada makanan utama saja. Diskusikan dan konsultasikan masalah menu makanan tidak hanya kepada vendor catering, namun minta juga pendapat orang tua kamu.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...